Saat R15 DOHC ready, Honda siap dengan senjata rahasia.

Santernya issue tentang mesin DOHC Yamaha untuk 150cc engine memang makin lama makin kencang. Selain ditunggu kemunculannya oleh banyak orang, juga banyak biker galau menunggu. Engine DOHC Yamaha memang patut ditunggu, lihat saja performa R25 dengan DOHC 250cc nya.  Walau R25 sendiri tidak begitu disukai karena model dan fiturnya yang kelihatan murahan untuk motor fairing eksklusive kelas 250cc, gue masih angkat jempol kalau soal mesinnya. Sayang sekali karena miss product strategy walau kini R25 didiscount sampai 8 juta an (beberapa dealer malah 8.5 jt), market juga tidak bergeming karena core problemnya memang bukan di harga🙂 . Bahkan effect jeleknya MT25 yang baru aja keluar sudah ditunggu tunggu diskonan 8jutanya….ampun ampun.

Kembali soal engine DOHC 150cc, memang layak ditunggu. Untuk Vixion? Nanti dulu ah… R15 dan MT15 lebih layak ditunggu dan didiskusikan. Positioning Product dan Value R15 tidak bisa disamakan dengan R25. R15 punya potential value yang mampu mengedor market. Dengan SOHC engine aja mampu meluluhkan hati banyak orang karena fiturnya yang lebih  berasa R series dibanding sang kakak R25. Desain yang sport racing murni, banana arm aluminium memiliki target market yang jelas. Sayang value jadi blurr karena pemakaian SOHC ini. Bayangkan jika DOHC engine yang dipasangkan pada R15 ini. Rasa racing sport sejati, posisi mengemudi yang nunduk racing, body dan style buritan yang nungging, banana arm aluminium, dan model delta box look like….😉 ditambah performa mesin DOHC. Perfect dech dengan DNA Yamaha, pastinya memiliki market yang clear dan pasti. Kompetitor juga susah mengusik. CBR dan R15 akan hidup di kolam market yang jelas…sekali lagi JELAS berbeda. Hal ini bukan berarti bisa semerta merta diartikan bahwa penjualan R15 akan lebih baik dari CBR150. Sekali lagi tidak… Hanya saja posisi penjualan R15 akan firm di market fittingnya secara aman. Target market yang jelas, positioning product yang tepat dan tentunya differentiation yang clearly.

Aman…. Eit….belum…. Bukan Honda namanya kalau tidak mampu mengganggu market kompetitornya. Honda bisa saja masuk ke dalam dua kolam market diatas dengan single product line up. Dikolamnya sendiri sebagai market leader mutlak dengan new CBR 150 yg sudah lebih fresh dengan head lamp depan model ngumpet dan red led tail baru. Dan ganggu kolam market R15 DOHC serta membelah penguasaan market share di kolam tersebut dengan senjata rahasianya new CBR 150 SP with pro arm untuk menandingi sekaligus mengungguli banana arm Yamaha.

Uhuuuuuuy bukan???

NOTE:
Artikel yang apik dan epic ini Gue tulis berkat ngobrol ringan tetapi berbobot dan bernilai tinggi dengan seorang pakar marketing strategic yaitu Mr. Wiyanto Sudjono yang memberikan pandangan pandangan strategi yang dimungkinkan bila Yamaha memang siap dengan mesin DOHC 150cc nya. Jadi seandainya Yamaha siap dengan mesin DOHCnya beginilah pandangan market dan peperangan ke depannya.
Lontaran pertanyaan pertanyaan Gue terjawab dengan candaan tetapi mengandung visi yang dalam dan jauh kedepan. Sedikit saja… Gue paparkan di sini…. Biar diskusi dan candaan ringan kami dinikmati bukan oleh segelintir orang saja. Ha ha ha… Uhuuuuuuuuuuy lagi dech.

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

27 responses to “Saat R15 DOHC ready, Honda siap dengan senjata rahasia.

  1. Betul juga… Selama ini positioning r15 tidak jelas… Sport fairing harian (sohc) tapi modelnya racing. Model racing nunduk habis, jok 2 level yang nungging tapi mesin sport harian.

    Kalau r15 jadi dohc positioning produk jadi sharp. Differentiation jelas dari kompetitor.

    Bisa jalan sendiri sendiri… Lebih aman dari gesekan kompetitor yang lebih powerful secara financial dan manpower. Bisa melenggang aman sendirian.

    Sayang diakhir cerita juga dibuka awal pertempuran baru. Honda bisa saja hadir di kolam “aman” tersebut dengan ikan buas yang masih satu species dgn cbr150 yaitu cbr150sp .

    Terus… Bingung lagi ini gimana. Skak mat ujung ujungnya.

  2. edian… betul pake mono arm kang??? bungkus gan!!!

  3. penganguran tajir

    hmmm siapakah anda MG ..how come u know “head lamp depan model ngumpet dan red led tail baru.” …… ada yang bermain api nih

  4. point yg bisa ane tangkep, kedepan bukan hanya akan perang pada market positioning tp akan lebih ke image produk secara brand quality value so ….. tambah mumet dompete….

  5. gw pikir sih yamaha juga untuk evolusi R15 ga cuman comot model R15 yg sekarang ini…
    cos juga g mau image R15 SOHC nempel di new R15 DOHC…
    bener” model freshhhhhh R15 V3

    yamaha juga ud mikir tinggal duel di segi desain kalo udah bener” R15 DOHC..

    misal harga R15 DOHC diset harga CBR150R…
    trus yg cbr150sp dikasih harga brp nih? 32 33 34?
    kayak e daya beli masyarakat kita masih sensi di angka 30 kbwh…
    kalo 30 keatas ud lirik kelas 250 skalian gengsinya lebih uhuyyyy

    untuk kelas 150 kayak e pabrikan juga ga ngotot” amat memberikan sesuatu yg lebih..
    margin juga pasti dikit
    uhuuuuyyyyyy

  6. @thedeadbone
    Untuk update R15 ane sependapat tuh jika akan upgrade ke dohc engine, tp disisi lain Y tetap makan berupaya untuk membuat pasar baru diatas NVL/NVA ==> mngkin MT15 setelah R15 utk memecah kompetitor dan ini sudah bisa terbaca di market kedepan
    so utk msalah positioning harga, klas 150cc it sudah msuk ranah insidentil & mempunyai efek luar biasa kepada produk lainnya so kedepan pastinya akan lebih ke emotional strategy yg melibatkan image brand walau margin tipis dan hasilnya yg dapat memenangkan kelas 150cc sport akan dapat mempermudah melenggang utk type lainnya, itulah alasan mengapa H ngotot ingin merajai & Y ngotot mempertahankan

  7. Pingback: Gosip lagi… Honda Siapkan CBR150R SP Monoarm untuk hadang Sport Yamaha 150cc DOHC | WARUNGASEP★★★☆☆

  8. yach yg pasti r15 dohc design akan di modif seditkit. r15 sohc pasti dimatiken,

    sohc cuma di pake u/ nvl dan dohcnya u/ gen mt 150

    dan dohc cb 150 versi sfa/cx-01 akan head dgn mt 150

    begitu pula cbr 150 sp juga akan ikutin trahnya cbr 1000r.

    jadi marketnya masing-masing jelas, tapi tdk saling makan,

    filosophi design itulah yg memisahkannya.

    cbr 150 sp lampu model sketch cbr 250 r pastinya, tapi kaynya sedikit berbeda dari sisi lekukan aja,

  9. Buahaha…Bloger Kurawa…

  10. What you posted made a great deal of sense. But, think about this, what if you wrote a catchier title?
    I ain’t saying your content is not solid., however what
    if you added a post title to maybe get people’s attention? I mean Saat
    R15 DOHC ready, Honda siap dengan senjata rahasia.
    | Mind Genesis is a little vanilla. You ought to look at
    Yahoo’s home page and see how they create article headlines to get people to
    open the links. You might try adding a video or a pic or two to grab readers
    excited about everything’ve got to say. In my opinion,
    it would make your posts a little bit more interesting.

  11. Mau masuk ke market positioning yang tepatpun sudah disiapkan counter attacknya. Skak mat ck ck cck

  12. Motor Batangan

    All hail the power of capital! :))

    Semua arahnya kok jadi ke situ ya blogger blogger ini, siapaaa yg goreng isuuu niihhh..😄

    Semua seakan mengarah ke DOHC Y akan utk, let’s say, MT150. R15 upgrade duluan ke DOHC lalu yg sekarang dimatikan. Lalu H selalu punya senjata rahasia. Haha.

    R15 update berikutnya hajar DOHC gak pake lama lah, Y lagi hot hotnya nih. Lalu gubah desain lebih moge look dari segi ukuran. CBR150 lebih keliatan gagah di jalan krn lebih gede, gak cum atampang yg moge look tapi ukuran juga dapet. R15 tangki kecil kali bah. Trus hajar pake asepdon, udah aman dah. Harga naik 1-2 jutaan gpp lah. Kalo mau keren lagi pake midship muffler. Mukanya kasih air inlet aja biar kaya R6 yang desainnya abadi. Sekalinya update jangan nanggung gitu, kaya pas keluarin NMAX, lempar bom ke market.

    Btw, menurut gue R25 core problemnya ada di desain. Nanggung kemana mana.

  13. Motor Batangan

    Eh eh btw om MG bikin temu keakraban dengan pembaca donk.. Masa ketemuan berdua doank, suhu semua lagi. Kan gue juga pengen ngobrol ngobrol.. (Baca: ngelmu XD)

  14. @motor batangan
    R25 problem di desain dan fitur yg mengakibatkan valuenya terbaca rendah di mata target market fairing 250cc indonesia. Core problem di value positioning sekaligus value proposition.

    Khan di artikel ini tertulis seandainya…xi xixi MG cuma mengikuti asap yang mengepul.

  15. Oalah. Tiwas ngenteni vixion Dohc… Jebule methu vixion advance Sohc. Worong tuku. Kabare cak Devan vixion 2016 Dohc..ngenteni maneh… Lek r15 Dohc yo mendhing r15 ae.

    Banana arms vs Pro arms yo aku mileh Pro arm koyok nsr sp ku mbiyen.

    Wis nabung ae ngenteni Pro arm. Sip iku paklik.

  16. Sohc yamaha lebih baik dari dohc honda.

    Apalagi

    Dohc yamaha pasti jauh lebih tok cerrr dari pada dohc honda.

    Yamaha semakin di depan Honda

  17. “….. new CBR 150 yg sudah lebih fresh dengan head lamp depan model ngumpet dan red led tail baru.”
    Desainnya CBR Series ke depan, memang gak bakalan jauh dari gambar ini …. https://sarikurnia980.files.wordpress.com/2014/05/honda_cbr250r_competition.jpg

  18. Isu ini ada benarnya.

  19. Yamaha punya MT series, tapi yang keluar vixion advance ?
    Yamaha itu leader di sport 150cc batangan tapi cuma maen aman menghindari gempuran ombak Honda yg pelan tapi menghayutkan, atau hanya usaha Yamaha buat memperpanjang life vixion ?
    lebih baik Yamaha tidak ketularan sama pola pikir FBY, hahahahahahahaaaa *kidding

    setuju dengan MG ttg R15 dan CBR yang pny market berbeda, walaupun R15 gak menang tapi dia main aman, itung-itung balikin modal😀

    Vixion itu ibarat makanan dengan bahan dasar nasi yang enak banget tapi kalau terus menerus ya bosen walaupun di tambah dengan lauk yang lebih gede gede (*jadi laper), sedangkn CB150 itu seperti salat yang baru dipetik dari kebun, seger tapi bagi yang biasa makan nasi itu merupakan hal biasa, TAPI hati hati dengan musim hidup sehat, apalagi hidup sehat mulai digalakan secara masif,
    hahahahaaaaa

  20. ya intinya sih sangat mustahil sekali Yamaha bisa menjadi market leader lagi. Ya karena kekuatan finansial AHM yang unlimited (mau ngapain aja bisa). Mau Yamaha berkreasi lebih baik, pasti AHM akan selangkah didepan Yamaha (tinggal pasang mata2 mudah deh) begitu seterusnya. Plus mindset Konsumen Indonesia yang terlanjur menancap motor Honda irit, sehingga ada brand lain bkin motor yang lebih irit ya percuma, pst mindsetnya Honda pst lebih irit dari itu (tanpa ada pembuktian test atau rekor2 muri). Sehingga Yamaha mau gak mau harus puas jadi brand nomer 2. Tapi bukan brarti brand nomer 2 itu buruk, contoh saja Kawasaki, meski bebek gak bersemangat, Matik gak produksi, motor 250cc dan motor gedhe sangat konsen. Padahal dulu Kawasaki hadir sebagai brand nomer 2 d segmen motor 250cc (Karena dpandang bukan brand apa2, dan kekuatan 3S yang sangat lemah dbanding penguasa 2 brand), tapi dengan konsen yang baik akhirnya jadilah nomer 1 (meski nanti suatu saat pst bakal jadi nomer 2 karena ada AHM yang dger2 siap all out 250cc, namun orang akan memandang Kawasaki menjadi brand nomer 2 yang baik).

    Jadi, meski Yamaha mustahil jadi nomer 1, setidaknya harus menjadi brand nomer 2 yang baik, oke masalah penjualan bukan nomer 1, setidaknya kualitas bisa d sandingkan dengan brand nomer 1, ketersediaan part lebih baik (inovasi pembelian part secara online mgkn), tenaga mekanik yang berkualitas, model produk yang secara kasat mata punya cirikhas dbanding brand nomer 1, kalau masalah harga minimal sama lah dengan brand nomer 1 (syukur2 lebih murah). Maka hasil yang d dapat orang akan memandang kalau bosen pakai brand nomer 1, bisa coba brand nomer 2, atau mungkin kalau tidak bisa menggapai brand nomer 1, brand nomer 2 tidak buruk juga. ya mustahil jadi market leader, tapi kalau penjualannya bisa menekan penjualan brand nomer 1 saja sepertinya tidak mustahil.

  21. siapa bukan sih

    kalo menurut ane pribadi sih, pas awal yamaha masukin r15 itu ane acungin jempol banget apalagi armnya nggak di ganti pake yang mainstream, tapi kesalahan yamaha itu ya nggak merubah disain dari si R15, harusnya sih dikasih penyegaran, dan masalah R25 emang bener banget, nggak ada yang meragukan kekuatan mesin si R25 tapi sayang modelnya terlalu biasa aja, yang bikin istimewa ya headlampnya sama arm nya yang nggak mainstream, tapi untuk fairing samping menurut ane terlalu standar dan nggak mencerminkan disain yamaha karena biasanya yamaha klo soal disain sih agresif, MT25 juga kalo dari spyshot yg keluar menurut ane terlalu biasa, ya nggak tau ya nanti kalo liat langsung, soalnya z250 yg sangar begitu aja penjualannya nggak terlalu besar

  22. r15 dohc pasti d tunggu tp ntar aja g usah buru2 ntar klo pake mesin dohc sekalian d rubah bodynya biar kelihatan benar2 baru contoh pake bodi r6 mirip aslinya 11-12 body blkng tumpuk ala r6,knalpot desaign r6,tangki r6,skok depan pake ukuran byson pake lampu dpn r1 2013 trus jgn lupa bwat yamaha yg perlu diingat tuh design calter mesin masa mulai vixion new vixion sampe r15 sama aja bagus punya mx masian tp tuh motor bisa dijual 2017-2018 klo dekat2 kasian yg terlanjur beli r15 ntar harga jual bisa jatuh….

  23. Desain new cbr250 dan 150 asli karya lokal bro.. Allnew cbr 250 twin dan k45g jga developmen anak indo.. Emang anak2 indo uhuy broh…
    Pesanq buat yimm jgn takabur dan sombong…ndang dbrojolin timbang tumpes…. Jgnlah ms spdhmotor dikuasai honda <80%..biae sehat dan ada kterlangsungan persaingan. Cz tanpa yamaha, konsumen indo bakal jdi manusia goa. Ms 70% buat honda mayan lah

  24. sebagus2nya desain Yamaha, ujung2nya dicopas juga sama Hondbul…

  25. pokoknya ada hubungan nya antara Mario Devan dn MindGenesis ini(sma2 seperguruan dn bersohib/malh satu orang)….suhunya sama sih Om Wiyanto….klo MG lebih dulu kluarin artikel kya gni e…lo Mario Devan baru2 ini d bulan 9-2015…ngoahahahahha

  26. @mariodevan
    Nah loe disebut sebut euu

    Kalau gue muridnya Bro Komeng, berarti om Wiyanto Kakek guru owe dan mario paman guru owe.

    Lumayan berkat belajar di blog perguruan Mind Genesis ini ilmu marketing gue bertambah banyak. 5 tahun lalu gue sales biasa. Saat gue nulis komen ini sejarang dah level GM Marketing.

    Dan masih rindu belajar di blog ini.

  27. Gaperduli mesin yg penting model keren, cewek gak ngerti mesin yg penting model keren hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s