Benarkah Honda siap kuasai pasar Sport Indonesia

Honda bisa saja memiliki plan yang sistematis dan rapi dalam usahanya menguasai pasar sport di Indonesia. Akan tetapi tentu saja usaha dilapangan tidak akan berjalan semulus rencana dan serapi penataan plannya.

Formula kemenangan Honda vs Yamaha bisa saja terulang. Pada kasus matic category…ingat Yamaha hanya punya 1 pilar utama penjualan yaitu mio series. Begitu mio series ini ditumbangkan…blummm hancur m/s Yamaha di pasar matic…Honda meraih kemenangan mutlak dipasar itu.
Formula ini masih berlanjut...rupanya di pasar bebek /cub/moped Yamaha hanya memiliki 1 pilar utama saja setelah vega zr berhasil di jebol absolute revo, yaitu jupiter z series, terakhir jupiter z1. Nah pilar utama inilah yang dihancurkan blade..  Sehingga Honda juga menjadi penguasa mutlak di market ini juga. Sedikit gue jelaskan untuk jupMX series yang kelihatannya memiliki contribution penjualan yg cukup besar bagi Yamaha, itu justru terjadi karena 2 line up produk bebek yang lain tumbang habis…sehingga terlihat yang tersisa ini jadi terlihat besar. Itupun Honda berancang ancang menghabisinya dengan new sonic reborn 150cc.

Kembali ke market peperangan final ini. Rupanya Yamaha masih saja tidak belajar dari kesalahannya walau sudah 2 kali terjatuh KO di 2 market category yg lainnya. Di segment market sport Yamaha masih mengandalkan single fighter unitnya yaitu Vixion. Nah apakah formula kesuksesan yang sama bisa dipakai Honda untuk menumbangkan Yamaha?

Kali ini sedikit berbeda:

1. Musuh yang terdesak dan mempertahankan hidupnya mati matian tak akan mudah begitu saja dikalahkan.
2. Saat ini, Desain selera Sport konsumen di Indonesia sedikit kurang cocok dengan characters dan taste design Honda global dalam hal ini produk sport . So Honda harus belajar selera sport Indonesian market. Kedepan taste selera di matic yang sudah well taste design bisa dibawa ke sport. Bisa bayangin muka next CBR khan? Mirip vario 150 terbaru githu, lampu headlamp ngumpet dan tajam. Begitu pula design tailnya….jadi keren khan untuk ukuran masyarakat Indonesia. CB yg lebih futuristic tapi gahar, dan Versa yang sedikit lebih ekslusive tentunya akan jadi strategy product design Honda.
3. Character konsumen Indonesia yang split psychographic antara 150cc kebawah dengan 250cc dan 600cc ke atas. Honda harus mengetahui ini dengan well know, apalagi Yamaha… xi xi xi.
4. Pertaruhan kapasitas produksi (new plant) vs penyerapan market. Demand projection telah direvisi dari 8juta unit untuk tahun 2015 menjadi hanya 7juta unit.

So mau gak mau, tidak tunda tundaan lagi…Honda harus bisa menyerap market dan memenangkan pertempuran secara mutlak di all category. Termasuk point utama dan goal utama saat ini adalah segera menguasai market sport category secepat dan semutlak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Dan itu tidak mudah, jauh lebih sulit daripada konsep Honda selama ini yang bermain menggerogoti alon alon dan merebus kodok pelan pelan.

Uhuuuuuuuuy dulu kawan. Ayo sambung diskusi aja…..

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

17 responses to “Benarkah Honda siap kuasai pasar Sport Indonesia

  1. Uhhhuuuuuuuyyyyy

  2. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy juga

  3. uhuuyyyyy deudeuuhh

  4. So…, desain motor sport AHM yg akan datang bukan lagi desain motor global ya bro? Akankah market Indonesia jadi pusat RnD Honda untuk menelurkan produk produk baru khususnya motor 250cc kebawah untuk pasar Global atau Asia Tenggara?

  5. setelah saya baca ttg market strategy om MG diatas sepertinya msih banyak PR yg akan dilakukan H walau alon2 menghanyutkan, so saya rasa H gak akan bisa masif 100% dalam penyerapan market utk thun ini.

    Jika hanya utk mengimbangi penyerapan market akan sangat mungkin dengan hasil max 45-55 % krn utk sekarang ini posisi H masih rentan dan fluktuatif so jika tahun ini sukses H2H dalam penyerapan maka imbas pertempuran yg sebenarnya baru akan terasa di tahun berikutnya yaitu pertempuran sebenarnya di 2016-… utk kategori sport 150cc-250cc.

    Di satu sisi Y sudah maju 1 langkah kedepan dibanding H dengan mendeklarasikan RnD sport didaulat lokal YIMM so dgn bgtu akan lebih leluasa dalam mengolah market trends kedepan dibanding H sehingga akhir 2016/ awal 2017 baru isa kelihatan siapa yg akan menggenggam market sport

    Bukankah begitu kang MG..??

  6. Sangat mudah sekali bagi honda, secara customer loyal sudah terbentuk dari segment low, tinggal membuka kartu andalan saja melalui honda customer care adanya difrensiasi product sesuai peruntukan naik kelas kubikasi dengan kualitas pelayanan dan perhatian yang semakin yahud membuat betah dan yakin customernya untuk langsung menjatuhkan pilihannya terlepas dari apapun desain dan typenya.

    *asumsimabuk
    *abaikansaja
    #eeh

  7. yamaha masih punya simpenan di kelas 150 sport.. yaitu design MT125 ma DOHC, tinggal diliat ntar CB gress keluar.. tergerogotinya seberapa gede MS si vixion, klo parah ya mau ga mau design ala MT125 plus engine DOHC jadi senjata terakhir..

  8. Tulus Budi

    setidak-tidaknya bagi YIMM yang laen boleh kalah tapi Vixion ga boleh tumbang….. MT150 ? kunci terakhir dan harus tetap menyandang nama besar gen Vixion….

  9. thedeadbone

    mudah saja honda hancurin sport YIMM secara dari kapasitas produksi juga gedean ahm p lg kalo plan sport udah jd…

    asal jgn terulang lagi kayak yg dulu udah market leader tp minim inovasi…

    kalo pertarungan kayak gini kan joosss konsumen yg diuntungkan sekarang dgn banyak pilihan

  10. Motor Batangan

    Kok akhir akhir ini diskusinya kurang hot yah.. Banyak komentator seru gak keliatan juga.

  11. ditengah lesunya ekonomi indonesia??? mungkinkah menggenjot produksi???

  12. saya rasa AHM baru full power paling cepet 2016 …tahun ini hanya melempar kerikil-kerikil kecil sambil melihat reaksi pasar.
    lha wong disodori produk wah pun kalau konsumen gak mampu beli buat apaaa?
    K15G kemungkinan juga masuk semester 2 launchingnya! paling cepet ya bulan 7 .
    target paling juga gk muluk2 15rb/bulan .saya rasa udah gede buat,sport honda!

  13. denger2 di jatim ms ahm sudah mencapai 78%

  14. Benar. Tidak akan semudah itu honda bisa terus menguasai market. Alasan sederhananya adalah krn Indonesia sudah dijadikan pusat R and D dalam bbrp tipe motor oleh yamaha pusat. (R25,vixion,n max,mt series 250 cc). Sedangkan honda Indonesia belum.

    Tentunya yamaha tidak akan mengulangi kesalahan yg sama. Untuk itulah maka YMKI berubah menjadi YIMM. Dan kita sekarang sdh bisa melihat begitu agresivenya yamaha dlm menggelontor market dg motor2 baru.

    Bicara kekalahan telak yamaha di sektor cub,itu mmg benar2 kegoblokan yamaha sendiri(bukan krn hebatnya kompetitor). Contoh paling nyata adalah perubahan dr new vega kw vega zr,jupiter burhan ke new jupiter z. Dua produk diatas,benar2 kacau balau. Baik secara design,performa maupun fitur. Contoh: Untuk vega, lampu sein kuning,kopling berganti model diafragma,indikator gigi/persneling ditiadakan. Jelas2 ini semua bikin illfeel.

  15. Motor Batangan

    Agresif brojol produk tidak serta merta jaminan sukses di pasar kalo produk gak menjawab keinginan konsumen. Tapi semoga pusat RnD di Indonesia dan nama YIMM bisa berbuat lebih banyak dan baik lagi.

    Anyway, gue setuju kalo keadaan ekonomi lesu ini akan jadi penghalang juga. Pun Honda udah wanti wanti kalo rilis 250cc baru 2 silinder mereka akan liat liat sikon, menunggu ekonomi membaik, atau setidaknya tidak lebih buruk lah. Walau indikasi sebaliknya yang terlihat..

    Btw, kalo kata om MG desain sport honda global gak sesuai sama selera masyarakat kita, setuju. Tapi melihat trend pergerakan Honda ke depannya dan bocoran next CBR, apa berarti Honda dah mulai menjadikan Indonesia kiblat? Mereka mau buat desain yang lebih agresif nampaknya, sesuai selera masyarakat kita. Apa selera dunia akan manut? Kalo bener, I tip my cap.

    Btw lagi, on another subject, KLX baru Kawasaki dengan upside down!!
    Gue rasa ini mungkin belum terlalu menggelegar atau terkesan sepele, tapi menurut gue geng ijo udah melakukan terobosan lain lagi, ini bisa jadi pondasi trend upside down mulai dirilis pabrikan. Ini penting karena bisa jadi, next produk geng ijo lainnya pun aja upside down. Lalu apa efek bola saljunya lagi kalo laku? Dan gue rasa akan laku kalo sampe daily road bikenya kena sentuhan yg sama, yaitu pabrikan lain bisa dan akan niru! Ini bisa jadi menggedor kemauan mayoritas pabrikan yg masih kasih teleskopik selama ini.
    Gue sih gak tau ya diproduksi dimana itu suspensinya, kayanya Thailand ya? Impor kan itu? Ya gpp lah, tapi kalo lokal punya leih bagus lagi. Berarti vendor lokal dah mampu dan pabrikan lain jadi bisa niru!

    Butuh waktu sih, tapi ini bisa jadi batu loncatan berarti.

  16. Vixion kalo habis apa bakal senasib ama suzuki waktu thunder 125 anjlok..
    moga makin cepat.. biar life cycle produk jadi panjang lg kayak dulu..

  17. Pada saat launching byson gen 1 dah mli keliatan kalau Y bakalan end, Kehilangan jatidiri plus hyper confident. Paling akhir tahun ini MS sport akan takluk di tangan H.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s