Panasnya Pasar Sport Fairing 150, dan opini product baru versi MG.

Melihat pasar sport fairing 150cc di tahun 2017 ini bakalan asyik. Bagaimana tidak new CBR150R sudah menempatkan diri sebagai benchmark sport fairing 150cc, menguasai market share sport fairing 150cc dan sudah memiliki strong value yang sudah benar benar leading di jalur trend line yang Honda bentuk. Disini berarti penguasaan kendali trend ada di tangan Honda lewat CBR150R untuk market ini.

Hanya saja kompetitor tidak tinggal diam di segment manis yang secara kontribusi kategori makin naik aja persentasenya dari tahun ke tahun ini. Suzuki muncul sebagai kuda hitam yang menawarkan difrensiasi produk yang jelas, power advantages dan harga. Sudah jelas market segment yang dituju sangat jelas, dan ini ada marketnya sendiri. Tidak head to head dengan produk honda CBR150R tapi pastinya akan ada sebagian kecil market yg tadinya tidak memiliki pilihan dan terpaksa membeli cbr karena value lainnya kini bisa banting setir ke selera asal mereka dan pilihan itu mendarat di Suzuki GSXR .

Yamaha sendiri tidak tinggal diam, seolah ingin merebut tahta demi menyelamatkan muka dan sekaligus mempertahankan image Brand DNAnya. R15 akan segera hadir lebih Racing dari present model, dan melihat animo pasar yang haus akan pilihan di segment ini, eforia r15 v3 yang tabirnya sudah terkuak makin bikin penasaran seperti apa bakalan penetrasinya nanti.

3 motor ini pastinya akan berebut dan bersaing keras di market. Suzuki jelas akan mulai masuk di segment komunitas ultranya yang heavy. Ini satu satunya daya ungkit pasar yang mereka miliki, lajut ke segment speed freak. Berharap image terbentuk secara natural dan berefek ke mass market. Sebaliknya Yamaha yang paling nafsu untuk mengukuhkan diri di market ini, segala senjata telah dipersiapkan dan dipertaruhkan habis habisan untuk mempersenjatai produk unggulan mereka R15v3, nampaknya mereka cukup pd disini.

Jika melihat pasar yang ada, pemilik sport 150cc sebagian besar masih menggunakan kendaraan ini untuk harian dan pemuasan passion nya. Beberapa ada juga yang memilihnya untuk kendaraan hobi yang masih terjangkau secara ekonomis. Disisi ini market yg di tuju CBR150R  masih central dan memiliki size terbesar. Bandingkan dengan GSXR yang sangat jelas dan niche. Justru R15v3 memiliki chance untuk mereset trend dan benchmark di market ini. Mungkin tidak dari segi quantity penjualan secara direct sales, tapi bakalan dari sisi customer expectation. Nah ini umpamanya seperti membunuh seseorang lewat cara pembunuhan karakternya terlebih dahulu, baru kemudian ketika massa sudah memiliki presepsi memihak alasan kita, barulah kita pojokkan dan habisi. CBR150R bisa dikatakan digiring ke pojok sudut ring secara perlahan lahan, apalagi ditunjang dengan move comebacknya Suzuki dengan karakter yang jelas masuk di market ini. Penggiringan opini lewat desain product itu sendiri yang sebenarnya sebagai senjata utama. Seakan akan under yoke jadi fitur sport fairing sejati. Dst dst…

Ergonomi bisa ditinggalkan perlahan lahan alih alih demi gengsi motor sport faring tulen. Gak langsung sih…tapi pada akhirnya akan mengacu ke sana. Posisi CBR150R bisa terancam nantinya. Walau harus kita akui market sport fairing 150cc terbesar saat ini masih untuk harian dan butuh ergonomi yang nyaman, dan saat ini segment terbesar yang mass masih ada di market ini. Tapi pergeseran opini bisa terjadi ditarik oleh ke dua produk komperitor lainnya itu. Karakter Latahnya orang Indonesia bisa dimanfaatkan dengan baik untuk strategi ini.

Apakah CBR150R harus juga berubah lebih Racy? Pake USD, under Yoke, banana arm dst dst….

Opini MG gak perlu… Biarin aja.

Terlalu cepat melakukan product facelift dan mengeluarkan generasi baru bisa menyakitkan bagi konsumen setia CBR bahkan konsumen merk Honda. Pasar akan bereaksi negatif nantinya. Apalagi secara historis sudah 2 kali cbr150r telah berubah wujud secara drastis sejak dilokalkan. Sedang sebelum cbr lokal hadir r15 telah hadir dan masih bertahan, kalau saat ini muncul generasi baru ya sudah wajar dan memang timingnya tepat.

Lalu bagaimana? Berubah salah, gak berubah juga tergerus.

Opini MG gampang aja. Manfaatkan image dan eforia kakak yang jagoan CBR 250 RR. Trendline dapat dibentuk dgn mudah akibat anchor point trend CBR 250 RR. Honda bisa bermain cantik di market yang semakin menjanjikan ini. Cbr 150 r lama cukup dipertahankan sebagai backbone product dan cash cow di mass market. Dan munculkan seri RR yang Racy abis untuk kelas 150cc, CBR 150 RR.

Tandem ini akan apik membuat musuh tidak leluasa bergerak dan kontrol trend serta opini tetap pada kendali Honda.

Mau racy ada RR series yang race ready dgn mesin pure overbore DOHC, usd dst dst dst yang tentunya memiliki ultimate advantages positioning. Mau yang serbaguna ada CBR 150 R yang memiliki spectrum luas untuk memenuhi segala kebutuhan ridernya sebagai kendaraan utama harian.
Just Opini aja ya…

Salam Uhuuuuuuuy 2jari

Advertisements

45 thoughts on “Panasnya Pasar Sport Fairing 150, dan opini product baru versi MG.”

  1. Dari kapan hari saya mikir keras…kondisi cbr150r tidak menguntungkan lagi dgn comebacknya Suzuki dan ReNew R15 yg desainnya oke.

    Performa lari ke Suzuki
    Desain memang relatif sih… tapi R15 v3 sangat mempesona dgn fitur fiturnya terutama USD.

    Cbr mau merubah…baru aja berubah…masak berubah lagi…kecewain banyak orang donk. Takut nanti beli produk Honda.

    Enaknya diapaiin CBR ini?gak berubah juga bisa TKO. Buah simalakama githu loh.

    Eh habis baca artikel om MG. Bener juga kenapa lupa kalau Honda punya RR line up yg bisa dimunculkan di kelas 150cc. Ibaratnya kalau Yamaha itu setara R series.

    Ini kesempatan juga buat gebukin image R series Yamaha yg berani bermain main nanggung di image R series untuk R15 dan R25.

    Nah…
    Briliant deh.

    Uhuiiii juga ya.

    1. Betul Om SAS.
      Nangkep juga ya maksut saya.

      Image di gempur image, strategi di gempur strategi. Sebelum strategi kita di kotak lawan, kita buat strategi yang dapat mempengaruhi strategi lawan dan sekaligus melemahkan positioning brand lawan. Saya kutip dari wejangan suhu dan mentor saya Mr.WS.

  2. Wow cerdas
    klo mau bikin 150cc RR series mgkn g perlu overbore,kruk as k45g yg skrg aja bobotnya dkurangi tp powernya udh enak aja,durasinyapun msh pendek2 in 224 (7-180-37) kompresi 11,3:1
    klo mau bikin RR, upgrade aja k45g dgn bandul utuh (tanpa dkurangi bobotnya) ,durasi panjangin,klep lebarin (klo msh muat) rasio samain dgn gsx 11,5 (kuat ga ya?)
    slesai
    #mshdialammimpi

  3. @Zain

    Jangan lupa USD juga buat RR. Secara porposional desain cbr sekarang sudah paling pas. Nah untuk RR nanti sedikit dimiripkan kakaknya yg 250cc terutama lampu depan pasti uhui.

  4. @robini
    betul skali bro..
    Mksd saya,mesin k45g klo dliat jeroan mesinnya itu msh downgrade spesifikasinya,sunat sana sini (entah materialnya)
    Cobalah ahm buat k45g spek mesin asli seutuhnya,saya curiga kapasitas oli naik jd 1.2-1.3ltr masa cuma 17,1ps aja?
    Imho aja sih

  5. biasanya klo gk disindir dosng diumpetin pske password om wkkkk :v

    berharapnya suzuli bisa bangkit jadi no.3 lg nih ….. masa klh ma genx ijo

    1. @eiscell
      Selama tulisan dan artikel tidak terlalu mempengaruhi jalannya pertempuran di masa depan buka bukaan polos aja. Kalau berpotensi mempengaruhi masa depan salah satu pabrikan ya gue umpetin pake password. Atau malah gag jadi muncul dan gue umpetin di kotak draft. Ampe penuh lebih dari 80artikel tuh kotak draft.

      Justru bisa memiliki aiming kembali jadi nomer 2 tuh suzuki.

      Uhuuuuuy kan.

  6. Yamaha bukannya punya mesin simpenan DOHC yang ga jadi dikeluarin gara2 suzuki tampilannya ga terlalu wah ya om? Apa mungkin kalau CBR 150RR nongol si dohc yang juga bakalan dikeluarin?

  7. Ah….
    Suzuki gag ada dalam agenda Yamaha.
    Bukan karena itu DOHC disimpen.

    Isu Yamaha gag jadi keluarin Dohc karena kalah power sama Suzuki itu di gulirkan sama blogger cari hit aja.

  8. New CBR150 produk naggung , gak ada yang bisa dibanggakan kecuali desainnya yang fresh..

    Jangan coba-coba deh ngeluarin produk nanggung , gampang banget di counter sama kompetitor.. Kalau mau all out sekalian kayak CBR250RR.. Imho

  9. @paijo
    Mau keluar rr series jg percuma
    gak akan mampu itu ahm menyamai kualitaz susuki….!!!
    Gak usah banyak koar2 isu sana sini….!!!
    Buktikan dulu itu KUALITAS produk AHM selain cbr 250 rr….!!!!
    Kualitas ember saja banyak tingkah mana overprice pula.!!!
    Ceboker 150rr mau ditenagai berapa???
    Yakin kedepanya itu produk andekan dipasarin gak klotok2 lagi..???

  10. ehh tumben ada alay ikutan komeng dimari 😛 harusnya ajakin psnglimanya sekalian jangan cuma pion gini wkkkkk

    ehh ro komeng ada hutang artikel lho…. berarti cuma disimpen didraft ya?
    dulu katanya mo dipassword ehh ditunggu2 kog gk nongol artikele om!

  11. Kalau Honda samapai keluarin cbr150rr yamaha r15 bakalan crooot.

    Mesin cupu cuma sohc, apalagi mau dibekalin vva yang matic banget. Ibaratnya tuh cowok ganteng tapi melambai.

    Beli produk juga mencerminkan diri kita. Kalau pakai r15v3 ya pasti pilihan cowok melambai.

    Penampilan boleh ganteng (desain keren), tangan berotot (usd), kaki kekar( banana arm) , perut six pack ( rangka delta), tapi kontol lembek (powernya cruuut) dan mentalitas waria melambai (pake teknologi vva nya matic )

    Halahhhh…kalian yg cowok cowok mau? Gagah ganteng melambai? Yang cewek pasti jijay lah.

  12. Masalahnya, bisakah dibandrol 1-2 juta di atas R15V3, secara slentingan senjata baru Yamaha ini harganya mau dipepetin ke CBR150R. Gk sampe sejutaan selisihnya …

  13. Harga r15v3 sepertinya akan diatas cbr150r current, 1-2jtan.

    Cbr150RR diatas cbr150r current kira kira 3.5jtan.

    Saya pikir worth it banget bagi yang suka racing langsung pilih mesin racing yg bukan sekedar kosmetik.

    Bagi yang harian akan lebih usefull dgn ergonomis harian asal bisa keren gaya dengan sport fairing

    Susah bayangin yang tetap pilih sport fairing tanggung dgn gaya racing, ergonomis racing, akan tetapi mesin harian. Ya kecuali fans boy garis keras dan orang komunitas Ultra hard core

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s