Yamaha, petarung yang “Terluka”.

Pagi kawan, kebetulan tadi malam Gue nonton film Jackie Chan yang terbaru; Kung Fu Yoga. Film yang apik, sangat menghibur dan penuh suguhan aksi gila ala Jackie Chan yang khas banget. Tulisan pagi ini sedikit banyak terinspirasi dari film tersebut dan kondisi Yamaha saat ini.

Oke kita coba dalemin satu satu sambil putar otak dikit di pagi hari, senam otak dulu biar encer dan luwes otak kita. Uhuuuuy?

Pernah lihat adegan seorang petarung bela diri apabila dalam pertarungan ia terdesak? Yang awalnya mungkin kalah power, kalah tenaga, kalah jurus, kalah cepat dan kalah lihay dalam pertarungan, apabila didesak terus menerus dan digencet terus menerus sampai tidak dapat lari lagi di suatu pojok pertarungan bisa jadi akan berubah buas, Fighting Spiritnya bangkit lagi dihidupi oleh keterdesakan. Dia tidak lagi bertarung untuk kemenangan, tidak lagi bertarung untuk pridenya, dia tidak lagi takut kalah, dia tidak lagi takut cidera bahkan tidak takut mati. Akan tetapi ia akan berusaha melukai musuhnya, bertarung lepas tanpa beban dan habis habisan. Semua jurus akan dikeluarkan, semua tenaga dalam dikerahkan, kecepatan dalam merapal jurus makin cepat dan makin luwes, cepat dalam memutuskan dan cepat dalam bertindak, tidak lagi malu malu dan terluka harga diri karena ego, bebas, lepas dan “KEJAM”. See…itu gambaran Gue tentang Yamaha di 2017.

Dengan MS yang kurang dari 20%, Yamaha telah kalah perang (dulunya pernah mencapai 45%an pada 2011-2012an). Penuh luka kekalahan, Tidak ada lagi ego yang tersisa, “membuka mulut dan menunjukkan gigi yang terkatup digigitkan satu sama lain sambil mengeram seolah bertaring tajam”. Fight Me, I’m the Challenger, I will Compete You till Nothing Less” “Kami Yamaha juga bisa melukai kamu (honda)!!!” “Jangan kamu remehkan kami” kira kira begitu lah Yamaha saat ini.

Tentu saja pertempuran akan lebih seru dan menjadi Epic disaat ini. Lihat saja setelah mendapat angin hoki di Nmax, Yamaha seolah mendapat semangat baru untuk bangkit habis habisan. Aerox 155VVA tampil habis habisan di Premium Matic Category, R15v3 tampil habis habisan juga untuk menghancurkan image dan posisi lawan. Sudah terluka, mau apa lagi yang di gandholi, sakit dan mengeluarkan darah segar juga tak mengapa!!! Fight Ohhhh!!! Segala jurus simpanan dikeluarkan, semua tenaga dikerahkan, tenaga dalam juga di kuras habis habisan, dan segala serangan fitur diumbar hanya dengan satu tujuan… Melukai Musuh!!! Biar kamu tahu siapa kami (Yamaha) dan jangan sekali kali meremehkan kami lagi!!!. Kami tidak selemah itu dan kami mampu membuatmu terluka dan sakit!!! Lihatlah kami mampu bertarung melawan kamu!!!

Penonton Senang, dan teriak teriak Uhuuuuuuuy produk kamu bagus, produk kamu memuaskan kami, tapi ada juga yang berteriak, ayo tunjukkan pada kami kamu bisa dan tidak lemah, kamu belum keluarkan semuanya, ayo keluarkan lebih lebih…dan lebih!!! kamu masih jauh dan kalah dibanding lawan kamu!!

Melihat kondisi berikut..Gue menunggu next “Kamehameha” dari Yamaha aja deh sambil duduk manis sambil menyeruput segelas Rose Wine yang tersaji di meja pagi ini.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

 

Note untuk Honda: kalian telah menggiring musuh sampai terlampau jauh dan terdesak, kini musuhmu balik melawan dan berani menggigit, harusnya kalian lemahkan mental dan matikan dulu semangatnya, baru setelah itu menggiringnya ke pojokan dan habisi sampai habis.

 

“The End.”

 

Advertisements

44 thoughts on “Yamaha, petarung yang “Terluka”.”

  1. Dua pabrikan yang lagi bangkit buat ningkatin MS nya di tahun 2017 ini.. gw apresiasi produk produk Yamaha yang josss, jempol.. keren.. tapi pride yang berlebih dan ga simpatik bisa menahan mereka untuk “lepas landas” maksimal..
    Sementara Suzuki yang notabene “dompet tipis” malah membuka mata setelah keluar dari Goa selama ini, langsung mencoba beradaptasi pada perubahan di market.. produknya bukan yang terbaik apalagi dari sisi desain.. tapi usahanya itu justru lebih maknyus dari garpu tala…
    Gak setuju? Ya gak apa apa wkkwkwwk

  2. klo habis2 an tp modal kecil untung sedikit apa lama2 ga kelenger??? dibantai habis. pusing tuh….gulung tikar!! apalg main harga murah…ba
    banting harga…..lm2 menurutku jd kelenger…..

    1. Makanya pake strategy sun tzu….hitler aja pake sun tzu saat di dunkirk …dia ga mau menyerang pasukan inggris yg sudah terdesak di pantai….tapi dia lupa strategy sun tzu saat serang rusia

  3. musuhmu balik melawan dan berani menggigit, harusnya kalian lemahkan mental dan matikan dulu semangatnya, baru setelah itu menggiringnya ke pojokan dan habisi sampai habis.
    β€œThe End.”

    1. kalo strategynya berhasil ..minimal di segment sport maka DNA racing bisa embalikan ke segmen yg laen dg lebih mudah….

      kita tunggu saja peetarungan klas 150 nya kaya gimana!

  4. medan dan kondisi perang di tahun 2017 sedikit lebih fair bagi semua brand, dengan diterapkannya kebijakan OJK mengenai batasan TAC maksimal dari leasing ke dealer yang hanya 15% dari revenue leasing..so Yamaha seharusnya bisa memanfaatkan momentum ini..

  5. “harusnya kalian lemahkan mental dan matikan dulu semangatnya” Bagaimana ni om caranya matiakn semangat dan mental lawan? Sarannya dong obat utk pribadi ni?…

  6. namanya juga bisnsi,, habis menang kalh menang,, gtu aja terus,, kalau di menangin terus juga bisa sih,, tapi kurang ada seninya

  7. klo diibaratkan petinju, yg bisa gerak dari yamaha tinggal tangan sama kepala, tangannya maxi skutik, kepalanya sport, cuma kepalanya juga udah babak belur tapi belum sampe trauma kepala, badan dan kaki udah kecapean, badannya sekelas Xeon, kakinya mio, yg bisa gerak bebas ya sekarang tangan lewat maxi skutiknya, AHM tinggal milih mau bikin kepala makin remek atau ancurin badan ma kaki biar ga bisa nopang tu badan yang terlanjur gede, tapi opsi pertama jelas musti adu pukul, jual beli pukulan, sambil terus lemahin badan ama kaki…

    1. Ya jelasnya pelipis dah mengucurkan darah segar (r25), cuma mata masih bisa mengintimidasi lawan dengan sorot tajam r15. Pukulan jab nmax masih kuat untuk bertahan, sayang hook aerox seperti tak bertenaga dan mampu menggoyang posisi lawan. Yamaha terpaksa menguras tenaga dan habis habisan disini. Footwork mio seperti kehabisan tarian dan gerakan pinggul gt series yg mestinya kuat menopang udah terlalu loyo tak mampu berbuat banyak untuk melancarkan serangan yang dapat menjebol lawan. Sayang pukulan pukulan combo jupiter vega sudah di counter attack musuh, tak bisa dipakai lagi. Kalau saja pertarungan ini dibawa keluar ring masih ada hantaman bahu dan sundulan kepala yg masih bisa digunakan untuk keluar dari posisi sulit. Mampukah yamaha merubah arena ring tinju menjadi arena pertarungan jalanaan yg lebih tanpa aturan?

      1. merubah arena ring tinju menjadi arena pertarungan jalanaan yg lebih tanpa aturan?

        dlm hal ini maksudnya gmn bang mg?? apa terjun kelas garuk tanah??? apa motor klasik retro??

  8. Salam kenal om mind Genesis dan pembaca setianya…saya baru kali ini lihat dan komentar di bloknya …..tenang aja R25 ga akan ko kok,malah cbr nanti akan melotot lihat new R25….rangka positif tetap deltabox bkn cover plastik,,,keyless ,tc,quick,tbw semua akan disediakan kok sama yamaha,powernya mungkin melonjak jadi 40 HP lebih…yg dikhawatirkan sebenarnya bkn cbr tp ninja all new……pasti wow desainnya ….

  9. mo dijusl berapa klo mske deltabox beneran? mo ambil basic chasis mana????

    R25….rangka positif tetap deltabox bkn cover plastik,,,keyless ,tc,quick,tbw semua akan disediakan kok sama yamaha,powernya mungkin melonjak jadi 40 HP lebih

    kayaew gk efektif… gk da waktu buat develope rangka baru .. paling masuk akal jualan KONDOM

    1. mo dijual kapan? riset rangka butuh waktu . … 250 CC yg make rangka deltaseng adakah? mo make rangka vixion series? ini yg digendong 250cc bro! hitung2annya beda gak semudang ganti ukuran velg

    2. Saya seorang mechanical enginering yg pernah kerja di salah satu industri otomotif di taiwan. Desain frame dan mekanika frame itu komplek.

      Frame hollow stamping plate seperti yg digunakan di r15 dan vixion tidak mampu untuk menampung kekuatan power yg besar. Berbeda dengan Delta box sebenarnya yg ada struktur segitiga segitiga di dalam frame, delta minor structure. Yg dapat menyerap dan membagi tegangan secara rata di sekujur frame. Itulah sebabnya rangka delta ini sangat kaku tetapi tidak meneruskan getaran dr mesin ke main platform atau sebaliknya dari lingkungan ke mesin. Sehingga hk newton ke3 bekerja baik dalam sistem ini.

      Sedangkan hollow stamping plate frame cuma berfungsi untuk menopang bobot saja. Tidak lebih dari itu.

      Perhatikan rangka rangka pada kendaraan moge, kalau bukan delta yg memiliki rangkaian segitiga dalam bentuk minor didalam frame, biasanya dipilih frame pipa tubular yg dirangkai menjadi segitiga segitiga.

      Geometris segitiga sangat kuat secara mekanika teknis. Lihat bentuk jembatan baja, struktur gedung mega pencakar langit dan berbagai bentuk rangka rangka baja yg besar.

      Sepertinya kalau dipaksakan rangka seperti r15 dipakai di r25 akan sangat berbahaya. Lebih baik type rangka diamond frame seperti saat ini yg bentuknya juga geometris segitiga.

      1. Saya lebih prefered kalau rangka r25 tetap yg saat ini daripada ganti jadi deltaxeng seperti vixion dan r15.

        Kalau ganti Deltabox betulan mau dijual diangka berapa? 125jt? Rasanya market 250 berat. Lebih baik beli moge 400-600cc

        Kecuali mesin istimewa v4 250cc frame Delta Box baru kelihatan cocok.

        R25 kalaupun yang baru ganti frame. Menurut saya paling hebat dan up grade paling terbaik akan model rangka teralis moge yang dipakai cbr250rr saat ini. Mengingat pasar yang ada dan masih memungkinkan loh.

        Jikalau tidak ya dengan rangka yang ada saat ini sudah mumpuni untuk mesin current r25. Mau disembunyikan di balik fairing atau frame condom tidak masalah.

        Pasar Indonesia masih bisa menerima asal harga masih masuk.

        1. Masalah daya beli masih berpengaruh krusial di market ini. Karena masih banyak konsumen yang karena passion masih memaksakan diri untuk memiliki motor idaman, walau sebagian kecil pangsa pasar justru kelas mapan yang menggunakan sebagai hobby atau batu pijakan membiasakan diri ke kelas yang lebih luxury. Mungkin cuma 10 persen yg mapan, sisanya agak memaksakan diri sehingga pricing masih jadi pertimbangan utama juga.

          Kalau 120jutaan gue yakin udah kabooooor kecuali fby tajir.

          1. bagi konsumen yang memaksakan diri, selain daya beli juga mesti ngitung daya rawat, imho makanya CBR250RR bisa minum premium…motor sakti kata om MG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s