Masih baru, sudah ada CBR250RR yang kecelakaan.

Total Control, tag line ini tak selamanya benar adanya. Motor kelas 250cc memiliki potensi power yang besar. Memang di kelas ini handling CBR250RR memiliki handling yang paling jempolan. Akan tetapi tetaplah ini sebuah mesin dengan tenaga buas yng susah dikendalikan.

Apalagi bagi pengendara yang baru naik kelas ke 250cc, dibutuhkan lebih dari sekedar skill up grade, mental up grade juga butuh. Semakin besar power, semakin juga butuh lebih besar responsibility. Memang arah Penjenjangan sim C patut di support, akan tetapi menurut Gue bukan test teori dan praktek lagi harusnya. Itu tidak perlu lagi di test setelah seseorang memiliki sim C selama 2 tahun sebelumnya. Justru yang seharusnya di test pada sim C1 adalah psikotest tentang kedewasaan mental, bagaimana kemampuan berkeputusan secara rasional dan bertanggung jawab. Kemampuan akan memperhitungkan efek efek dari tindakan yang diambil, ya kedewasaan mentalitas, melebihi dari skill berkendara itu sendiri.

Contohnya begini, seseorang yang memiliki kedewasaan mental akan penuh perhitungan, ia mengerti benar skillnya. Walau ia diberi moge 1000cc sekalipun saat ia tahu kemampuan mengendalikannya cuma sampai di batas 50km perjam ia akan berusaha menjalankan motornya tidak melewati batas kecepatan dimana kemampuannya itu, sambil selalu memperhitungkan kondisi sekitarnya secara terus menerus. Sampai tiba saatnya ia merasa mampu barulah ia berani memacu lebih cepat lagi tetap dengan perhitungan yang mantap dan bertanggung jawab. Ia tahu mana sircuit dan mana jalan raya. Bandingkan dengan pribadi yang mentalnya belum matang, saat diberikan motor 250cc ia akan hajar habis menggeber tanpa perduli kemampuan skillnya lagi, batas kecepatan adalah batas kemampuan mesin motornya. Walau motornya memiliki tagline Total Control ya tetap gak ter control lagi.

Nah dengan massivenya pemberitaan positive tentang CBR250RR semakin membuat banyak orang yang mengidamkan dan memimpikan motor ini. Banyak yang tiba tiba naik kelas. Jadi maraknya pemberitaan CBR250RR menjadi bahaya laten tersendiri di jalan. Banyak yg belum secara mental siap kini memiliki mesin yang buas ini. Paling tidak kalau mentalnya siap khan bisa pakai mode Comfort buat penyesuaian awal agar belajar mengendalikannya.

Tetap save di jalan Brother. Kendalikan passionmu, kendalikan adrenalinmu baru kendalikan motormu. Uhuuuuuuuuy!!!

Advertisements

6 thoughts on “Masih baru, sudah ada CBR250RR yang kecelakaan.”

  1. Baru beberapa hari lalu di cawang ketemu cbr 250 rr merah lawan arah dan ngebut pula! Gue hampir adu kambing.. Gila, motor keren tapi mental kampungan.

  2. CBR 250 RR 2017, gak suka yg tampangnya Panigale wanna be, lampu dpn bertumpuk, seandainya saja model seperti CBR 1K RR edisi 2004-2007, hmmmm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s