POSITIONING STRATEGIC SPORT FAIRING Q1 2017 (PART3)

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy!!! masuk dibahasan Part 3 neh.

Sebelumnya wajib baca Part 1 dan Part 2 ya, berikut linknya:

https://mygoldmachine.wordpress.com/2017/02/13/positioning-strategic-sport-fairing-q1-2017-part1/

https://mygoldmachine.wordpress.com/2017/02/27/positioning-strategic-sport-fairing-q1-2017-part2/

Pada part 2 kemarin sempat disinggung singgung tentang Mass Gravity, yaitu effect yang disebabkan oleh pengaruh Value (didapat dari Value Index Point) terhadap demand dan juga product yang ada disekitarnya, baik product yang memiliki brand yang sama ataupun kompetitor. Nah Value yang satu akan saling mempengaruhi Value yang lain, terutama jika terdapat dalam satu quadrant segment yang sama. Besarnya pengaruh Value terhadap Trend Line on Demands yang tertarik juga dipengaruhi besaran Value dari Product tersebut. Lebih kompleknya demands yang ada tidak hanya tertarik oleh hanya single Value, akan tetapi oleh berbagai Value yang ada di sekitarnya akan saling berebut menarik dengan kekuatan masing masing yang sangat tergantung oleh besaran Value itu sendiri dan sekaligus jarak demand yang ada dengan Value dari Product yang menariknya. Bingung??? Lihat gambar ini dulu ya biar lebih Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

massgravityefxNah di tiap tiap Product Value yang ada yang digambarkan dengan lingkaran berwarna sesuai dengan kode Brand tertentu tersebut ada garis horisontal dan vertikal yang menandai adanya jangkauan dari Mass Gravity masing masing Product yang tergambar pada Chart tersebut. coba perhatikan dulu!!!

Mass Gravity akan mempengaruhi Volume Demand yang ada disekitarnya yang terbentuk oleh kurva Trend Line on Demands. Besarnya pengaruh sangat tergantung besaran Value dan jarak dari titik pusat lingkaran tempat positioning tiap Product itu fitting pada Positioningnya masing masing.

Bagimana caranya???

Menghitung Mass Gravity Effect terhadap Volume Demand di titik tertentu sepanjang sumbu x (mengukur kekuatan pengaruh Value suatu produk terhadap demand tertentu).

MGef = ℑ.V/r(x)²

MGef = Mass Gravity Effect

ℑ = konstanta Mass Gravity

V =  Product  Value  index point

r(x) = radius jarak sepanjang sumbu x

Setelah hasilnya didapat sepanjang Volume demand (sumbu x) dapat dijumlahkan ∑ untuk mendapatkan total volume demand potential yang dapat dipengaruhinya. Got it!!!

Selesai ??? belum!!!

Mass Gravity Effect dari setiap product yang lain juga kita hitung semua dengan cara yang sama persis. Nah setelah itu kita akan dapatkan 3 kategori dari tiap posisi demand. Demand yang kosong tak terpengaruh apapun, Demand yang hanya terpengaruh single Value, dan Demand yang dipengaruhi multiple Value.

Demand yang kosong berarti pasar yang biru (blue ocean market) yang siap menerima produk yang sesuai dengan value yang mereka harapkan.

Demand yang hanya terpengaruh single Value artinya demand yang hanya akan tertarik dengan 1 Produk yang mereka kehendaki saja. Kumpulan dari demand single value yang sejenis artinya Potensi Market Murni, kalau angka penjualan di bawah angka total demand single value ini artinya produk itu belum terjual dengan maksimal, demandnya masih besar dan siap menerima, produksi harus digenjot lagi.

Demand yang terpengaruh multiple value, artinya kumpulan demand yang sebenarnya tertarik dan terpengaruh oleh Value beberapa produk yang ada di sekitarnya. Nah bila kita jumlahkan Demand Single Value (market murni) dan Demand Multiple Value dari hanya satu Product saja akan didapat Potensi Market Maksimal. Artinya inilah potensi market yang secara maximal dapat diraih suatu produk dalam kondisi trend line yang ada dalam pembagian segment tertentu seperti yang kita lakukan. Nah Demand Multiple Value itu bisa dipengaruhi dari 2 Value product atau lebih. pengaruhnya bisa berbeda beda tergantung posisi jarak dan kekuatan value itu sendiri.

Bisa dihitung juga kok. Dari tiap posisi Volume Demand yang ada, dihitung masing masing pengaruh Value Product yang ada besarnya seberapa, kemudian Volume demand di posisi tertentu tersebut dikontribusi berdasarkan besarnya kekuatan yang ada pada masing masing Value Product. Setelah ditemukan angkanya masing masing dapat dijumlahkan, ∑.

Maka Total Value produk tertentu sepanjang Volume Demand sepanjang sumbu x dapat dikatakan Potensi Market Engagement.

Potensi Market Murni + Potensi Market Engagement = Potensi Market Balance.

 

Selanjutnya bagaimana menghitung kekuatan Value antar Product yang saling mempengaruhi?

Menghitung kekuatan pengaruh Value antara 2 Product, berikut rumusannya:

VF = ℑ.V1.V2/r(x)²

VF = Value Force

V1 = Product  Value  index point product 1

V2 = Product  Value  index point product 2

Selamat Menghitung!!!

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

 

Special Thanks to Empower ICM & Mr. Wiyanto Sudjono untuk bahan dalam artikel ini.

Advertisements

9 thoughts on “POSITIONING STRATEGIC SPORT FAIRING Q1 2017 (PART3)”

  1. Wew, kemarin katanya istilah bikin sendiri, ini rumus juga bikinan Mr. WS sendiri? Mestinya bikin paper jadiin jurnal internasional! Saingin Kotler XD

  2. Ampun ampun.
    Artikel ini kelasnya jauh diatas kemampuan blogger blogger biasanya. Cuma bisa baca tapi tak mengerti.

  3. Mhmm jadi mass grafity effect pengaruhnya tidak hanya terjadi horizontal tapi bisa vertikal antar kuadran juga ya.

    Butuh 1jam lebih hanya untuk baca 1artikel ini , berusaha memahami hubungan yg dijelaskan dan kepala sudah cekot cekot.

  4. Untuk saat ini demand blue ocean di premium racing oriented bisa tertarik dengan gsxr150 ya atau pilihan lain menunggu r15 yang baru.
    Dan nampaknya demand tipis di ordinary racing oriented dikuasai oleh Suzuki gsxr150. Nampaknya new R15 akan menemukan lawan yang tangguh yaitu Suzuki GSX R150 secara total angka penjualan. Malahan potensinya masih bagus Suzuki loh.
    Bagaimana pendapat @motor batangan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s