Bagaimana tanggapan Yamaha, ketika Vixion terbaru dibawah harapan Pasar?

Spyshoot New Vixion 2017 sudah lama beredar di dunia maya, kagak perlu Gue jelasin lagi panjang lebar soal desain dan tanggapan konsumen, terutama konsumen setia Yamaha.

vixion-2017

Intinya Harapan konsumen sangat tinggi, karena kecepatan perkembangan desain motor motor sport yang beredar di Indonesia juga makin meninggi  dan makin bagus dalam hal desain juga.(munculnya CBR250RR, R15v3,CBR150R, Xabre dst). Harapan yang besar ini disebabkan Vixion adalah Backbone Yamaha di sport segment. Dengan banyak penggemar dan banyaknya penantian akan munculnya Vixion generasi yang baru ini tentu saja ekspektasi konsumen juga besar. Apalagi inilah produk utama Yamaha yang menurut anggapan konsumen tidak akan muncul setengah-setengah lagi disaat kondisi Yamaha sudah kepepet dengan M/S kurang dari 20 persen.

Berbagai komentar miring, artikel miring dan caci maki di sosmed memenuhi jagat online, lalu bagaimana tanggapan Yamaha? Dari luar Yamaha tampak diplomatis dengan gaya santai. Toh foto penampakan Vixion yang tampil dan beredar ini bukan versi Final dengan Stripping, dan biasanya Yamaha memang ahli di grafis Stripping untuk mendongkrak penampilan suatu produk. Namun di dalam tubuh Yamaha, reaksi konsumen ini sudah menjadi Hot Topic dalam setiap meeting mengenai launching Vixion. Dealer dealer dan jaringan Yamaha mulai kuatir dan was was dengan masa depan penjualan motor sport mereka. “desain Vixion adalah suatu kesalahan besar”. Kekuatiran ini bahkan nampak dalam komentar komentas sales di lapangan juga, sehingga Dealer dealer owner banyak yang makin resah dengan masa depan bisnis mereka.

Sedang dipusat nampaknya keresahan ini juga mulai dirasakan sebagian karyawan, terutama yang sering bertugas untuk memantau lapangan. Nah bagaimanakah reaksi para petinggi Jepang yang biasanya keukeh pada pendapatnya itu. Atau apakah anak buah berani mengungkapkan reaksi market secara jujur dan terbuka? Berpendapat secara Pribadi mengenai kondisi yang ada? ah cari mati itu!!! lebih baik ABS aja.

36 thoughts on “Bagaimana tanggapan Yamaha, ketika Vixion terbaru dibawah harapan Pasar?”

  1. lantas Solusinya gimana om ?
    jika ternyata next Vixion nanti selang 2 atau 3 bulan pasca launching penjualannya kutang menggembirakan?
    apakah bakal direvisi lagi desainnya?
    menurut saya blunder Yamaha dlm mendesain Vixi terbaru ini ada pada sroud samping yg memanjang ke belakang serta bentuk headlampnya. Sedangkan buntut belakang bukan jelek sih tapi masih ada aura vixi current, klo buntutnya didesain kayak buntut MX King malah keren IMHO

      1. Susah mereka sudah pokoknya harus jalan terus kedepan walau sudah salah langkah.

        Gak mungkin bisa bangkit lagi dengan banyaknya blunder beginian.

      2. design all new vixion ini juga udah menggambarkan ketidakleluasaan R n D YIMM untuk mengembangkan produk yg bener bener fresh, sebabnya capital yg dimiliki ga sebesar jaman dulu ketika masih punya cash cow di mio series, knalpot sama, velg sama.
        Mustinya YIMM jgn terlalu cepat n kebanyakan ngeluarin varian dalam satu segmen, perhatikan juga segmen lain kyk matic sebagai pendulang duit. you are not giant anymore,

        betul vixion backbone sport, tapi YIMM juga lg punya project gede all new R15, mustinya ni barang bisa digenjot persiapan produksinya jgn sampai kelamaan dijualnya, keburu lemes, disaat CBR150 makin mapan dan GSX R makin kuat imagenya.
        vixion itu lambang kesuksesan sport yamaha, klo ngeluarin produk asal asalan disaat kompetitor habis habisan, balikin nama besarnya bakalan lebih susah.

        saran MG dah bener itu, balik lg ke depan dekstop untuk revisi design productnya, alihkan resource di plant buat persiapan R15, ajak ngomong vendor buat reschedule produksi part, jadikan R15 fokus utama,

        klo dah ABS, no comment dah, mungkin jepangnya jg merasa bersalah kali gara gara dulu nyebarin duit hasil mio buat negara lain, buat indo kelupaan ngembangin produk buat memperpanjang posisi stationer di grafik lifecycle productnya 😀 😀 😀

      3. hmmm…. ane rasa kayaknya hal ini bakalan seperti nasib CB150R yg pake basis engine CBR150 Thai (mungkin lho ya), dimana desain yg “standaran” saja ternyata belom sanggup menjungkalkan sales Vixie dan akhirnya nasibnya tragis belom lama beredar sudah disuntik mati diganti model baru lagi. Perkara konsumen yg udah terlanjut beli jadi kecewa ya masa bodoh, hahaha… 😀

      1. Shroud panjang itu dan siluetnya yang masih mirip pixen current. Tidak ada lompatan desain memukau, beda dengan R15. That long shroud is ugly af..
        Walau yamaha berkelit diplomatis, tapi mindset konsumen sudah terpatri jelek. Mau tetap saklek dan ngelawan mindset konsumen?

        1. Gile Om.. Tadinya saya punya hayalan itu muka robotnya MT-10 diadaptasi ke new Vixion..
          Ini malah kalau orang jawa bilang desainnya pating pecotot ga jelas kemana arahnya, dibilang modern kagak, muscle juga masih lebih muscle Mt-125.
          Karena produknya akan dibuat sebagai volume maker di naked sport dan juga sales untuk jangka panjang setidaknya 5tahun, harusnya dipikirkan juga bahwa sebuah desain ditahun ke5 masih tetap kekinian kalau kata anak galau jaman sekarang.
          Tapi ga beda juga dengan Bapaknya di R4, Atoyot yang kurang greget sudah mulai di desak si H tegak alias Ahond.

  2. Makin lama makin tertekan oleh blunder yang dibuat sendiri… Sempat membuat gw optimis dengan nmax, aerox dan r15 jadi jatuh habis2an di vixion ini…kayak facelift biasa ga ada lompatan desain seperti mk1 ke mk2 dulu…kalau ada yang bilang mumpung pasarnya diambil nmax jadi max series yang digalakkan maka makin jelas kalau yamaha tidak bisa memaintain usernya yang bikin tingkat kefanatikan makin turun…

  3. harusnya desain NVA dipertahankan hanya revisi bentuk buntut aja, disamakan dengan MX-King pasti keren, lalu untuk lampu depan dibikin lebih menyudut biar berkesan agresif, untuk desain samping biarin aja. Itu saja klo menurut ane.

    1. Belakang emang bagus model mx king, kalau depan tampil dgn lampu ganda bukannya makin bagus ya. Biar sedikit anti mainstream, katanya semakin didepan, nah ini malah maju mundur tetap di tempat.

      1. lampu ganda kalo modelnya macam MT-10 ato MT-09 terbaru ya keliatan sangar bin gahar bro, tapi masih tanda tanya apakah model wajah ala-ala robotic Transformers / Predator gitu masuk selera konsumen kebanyakan disini, kalo ane sih cenderung suka aja khususnya yg MT-09, keren bin sangaar…

  4. vixi bukan lagi ” baby yamaha” tpi nmax yg jadi ” baby yamaha”
    buktinya.. stiap even nmax didukung lgsung oleh pabrikan..sedang vixi?? malah kompetitor yg nyeponsorin..

    1. Setuju. Yamaha kayaknya lebih perduli pada max series. Ingat ketika hot hot nya peduli pada R series komunitas mio dan jupiter juga tidak dipedulikan. Habis manis sepah di sia sia.

    2. Nah ini juga blunder besar yamaha di segmen sport, masa acara clubnya yamaha disponsorin honda.. dodol

    3. Tunggu pas rival nmax dari honda dateng, feeling gw ga pake lama nmax udah disikat, setelah itu mau lari kemana fokusnya yamaha? Padahal di segment sport 150cc kekuatan masih 50:50 dan nama besar vixion sudah nancep, bukannya disayang2 malah mulai ditinggalin

  5. Heck fz25 india yang tadinya jelek tiba-tiba jadi keren gara gara vixi shroud super panjang , Seriously yamaha?

  6. enak nih baca2 komen (dan artikelnya tentunya) di sini, berbobot, jd bnyk sudut pandang yg mencerahkan. tga ad komen2 kasar + brutal. hehehe
    penasaran sm langkah yamaha soal vixy ini, akan tetap di luncurkan dgn yg seperti di snapshoot (motor tukang bensin) atau akan ada perubahan (re-design)

  7. Eh ternyata setelah dicaci maki gini, spyshot ini adalah vixy level bawah. Inget nggak sempet ada rumor vixy akan keluar 2 versi? Ternyata yang versi atasnya jauh lebih keren tapi masih dipingiiiittt… jadi spyshot shroud panjang ini cuma decoy aja, hahahaha

  8. Yamaha ngak bakalan bisa bangkit kalo petingginya abs.liat aja tu mio m3 ama mio Z beda ban aja dibedakan nama nya.malah mio Z nya gak jalan sekarang.diliat di aerox 125 life is a race hahhaha smua gado2 rnd nya kayak gak bisa bikin produk aja,mt 25 juga lampu nya jelek amit2 gitu yang design Sakau habis ngebuat kali.lalu yamaha sekarang senang main campur warna silver dia lupa baju nya warna biru.jepang nya kebacut juga percaya ama data yang di sajikan oleh yang dibawah. Mereka masih mimpi penjualan nya diatas Honda. Masih belum bangun dari mimpi waktu produk nya laku.

    1. Catet , jepangnya juga percaya ama data yg disajikan oleh yang bawah… Padahal nih datanya dah di kemas sedemikian rupa agar sesuai mulus mulus aja…. Biar mulus semua data yg gak berpihak di buang aja dibilang data outlayer. Ampuuuuun dech.

      1. wow…… Yimm berarti fenomenal banget ya, tentunya dalam artian negatif. And they said emang bikin motor gampang!! lah yang bikin susah kan mereka sendiri

        1. Yimm kalo bikin motor ngak pake riset selera pasar Indonesia. Mereka kan pake selera jepang biar keren kalo jepang gak acc gak jalan tu motor.maka nya liat aja model nya banyak yang gak di suka in sama orang Indonesia warna nya juga kadang2 aneh pernah liat vixion putih silver hahah lalu putih hitam.fino nya juga sama udah tau ngak bisa kalangan scoopy masih aja ngotot pake model gitu.mana harga nya lebih mahal lagi.sekarang main Max family tinggal tunggu waktu aja untuk Honda masuk.yamaha udah gak berani head to head Di kelas yg jadi volume maker.alibi nya sih waktu duluuuuuuuuuuuuu kala pas kita menyerang negara api motor kita yang biasa aja bisa memberikan perlawan an hampir Imbang dengan honda nah sekarang motor kita keren2 masa masih kalah sama honda.ya elah tong kalo dulu motor lu jelek motor nya si honda lebih jelek .sekarang motor nya honda lebih keren dari punya lu tong masih ngimpi aja lu tong

        1. management YIMM itu kyk org autis, punya dunia sendiri, pasar indonesia itu spesifik, AHM lewat CBR250rr sama kawasaki dengan rencana bikin kelas 250 4 cilinder aja dah nunjukkan mereka berusaha mati matian menyesuaikan dengan pasar indonesia, la ini, mereka memaksakan strataegi global untuk dimaukkan ke indonesia, introduce YZF R series aja mencret ga bisa ngegeser CBR sama ninja, sekarang mau introduce MT dikelas produksi masal disaat punya produk legend kyk vixion yg rencananya malah bakalan dijadiin kelas rendahan sport 150 cc YIMM, gila emg, jepangnya gila, YIMM juga gila..

      2. setuju ni heran jg gw.data aisi tu kan ada cuman seperti nya gak di liat atau pura2 gak liat.sudah banyak pertahanan yamaha yang jebol ada di beberapa daerah share nya sisa 9 persen aja. Mungkin sisa di Sulawesi yamaha yang masih unda undi.atau mungkin udah mulai di makan MS nya.ya paling ujung2 nya nanti jadi suzuki habis kan roda selalu berputar dulu Honda suzuki yamaha lalu Honda yamaha suzuki siapa tau tuhan mau balik lagi Honda suzuki yamaha hahahhaha

Leave a reply to SAS Cancel reply