Awal 2019, akan ada momentum Kebangkitan Yamaha

Bercanda ya? Kagak Bang!!! Gue SERIUUUUUS!!!

Menurut hitung hitungan ilmu Business Strategic, Marketing Strategic dan lihat “percikan percikan di permukaan air” dari strategi yang saling mengular di bawah permukaan, inilah tanda tanda Kebangkitan Yamaha. Prediksi…sih momentum itu akan baru “Unleash” di awal tahun 2019. Serius!!! Gue Seriuuuuuus !!!

Bagaimana dengan Suzuki?

Suzuki memiliki jalurnya sendiri. loh? iya bener!!! Suzuki sudah benar di jalur ini!!! SIP!!!

Kawasaki?

Kawasaki juga berusaha tetap tegar berjuang mempertahankan Marketnya Sendiri!!!

Honda?

Market Honda adalah tujuan Yamaha, walau sudah mereda,….market mereka masih beririsan hingga hari ini. Dan nantinya ketika Yamaha Bangkit, mereka akan berusaha lagi untuk memperbesar irisan dan merebut market irisan itu. Saat ini Yamaha masih berbenah di sana sini mengobati penyakit dan “Bebek Belurnya” #eh babak belurnya terlebih dahulu. Honda sebagai pemenang sekaligus pemegang tahta Market Leader Mutlak nampaknya mulai melemahkan cengkramannya karena kasus dugaan Kartel. satu sisi susah bergerak karena citra, disisi lain ingin tetap semakin mendominasi.

Disisi produk…Honda bolehlah selalu berkembang dan berinovasi terus. Akan tetapi di sisi mental dan kinerja bagaimana? “Kenyamanan” sebagai pemenang  mulai merasuk ke segenap jaringan, seperti penyakit yang menggerogoti mental mulai dari management hingga karyawan front liner!!! Tidak seperti lawannya Yamaha yang terbiasa berdarah darah,(pernah menang, over PD, salah langkah) dan jatuh bangun tersungkur….Honda adalah Champiun yang memiliki keunggulan mutlak dengan telak dapat memukul jatuh lawan. Baik dari sisi Strategi, Management, Planning, hingga kemampuan mengeksekusi rencana di lapangan, hingga Asset dan Financial semua menang mutlak. Akan tetapi waktu akan mengikis kemampuan seorang Jawara sekalipun apabila mulai terbiasa bersantai menghadapi perlawanan yang tanpa arti. Otot otot akan kendur dan stramina akan berkurang. Mata yang awas dan telinga yang tajam penuh curiga juga akan berkurang menikmati masa masa kejayaan yang damai ini.

Yamaha?

Mental yang jatuh akibat pukulan dan hajaran lawan memang masih membekas sangat dalam. Akan tetapi waktu yang akan menyembuhkan semua itu, rasa sakitnya akan memudar dan berangsur angsur tak lagi terasa menyakitkan ego. Yamaha sudah terbiasa dihajar jatuh bangun sampai mencreeet . Baik di Era 70an di Jepang, maupun di Era 2012an di Indonesia. Ibaratnya ketika sampai pada suatu titik nanti…rasa sakit dan mental pecundang itu berangsur angsur pulih tak lagi terasa (mati rasa)….mereka akan bangkit bekerja keras tanpa kenal lelah dan tanpa takut “peluru” lawan. Tahan pukul, tahan hajar, tak punya lagi “harga diri” dan tak takut terluka. Fight Back!!! Nothing to Lose. Tapi ingat harus tetap menyusun strategi jangka panjang yang rapi dengan berbagai alternatif skenario yang ciamik. (khusus yang ini gak akan Gue Bahas dech!)

Mampukah Yamaha mengambil langkah cepat untuk menggambil posisi? ingat sekarang ada Suzuki. Bagaimana membuat posisi Suzuki sebagai kawan bukan sebagai lawan??? ini point kemenangan yang harus di utamakan terlebih dahulu. ==>Ingat bagaimana cerita Sam Kok!!!

Intinya Gue lihat Yamaha punya kesempatan mendapatkan “momentum” itu di awal 2019, tapi semuanya tergantung kepintaran dan kepiawaian Nakodahnya saat ini. bisakah merasakan getaran getaran arah strategy jangka panjang masing masing Brand yang bertikai? Bisakah menguasai alur dan menumpang arus? sehingga momentum itu dapat dijadikan kesempatan baik untuk kebangkitan Yamaha?

Belajar dari cerita Sam Kok lagi, ketika kesempatan itu “mampu” terlihat dan akan datang……..lalu ada…. situasi dan waktu juga yang memberikan kesempatan, maka Kerajaan dapat berkuasa apabila mampu mencari Penasihat “Naga” yang Sakti dan memiliki Jendral Jendral “Harimau” perang yang Hebat.

.

.

.

Last Honda pasti juga akan berusaha menggagalkan momentum ini. Suzuki akan berusaha merebutnya. Dan….. sungguh situasi sekarang tak semudah 12 tahun yang lalu. he he he.

Semoga kata kata Gue yang sengaja dibuat kurang gamblang ini dapat ditangkap dengan baik oleh orang orang yang mengerti dan sangat berkepentingan di sini. Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

 

Advertisements

30 thoughts on “Awal 2019, akan ada momentum Kebangkitan Yamaha”

    1. momentum pilpres 2019 wkkkkkk :v

      gak ngeh bangrt ma artikel ew… kangen artikel jadul yg menelanjangi masing2 pabrikan tanpa malu2

  1. sepertinya tdk trlalu signifikan krn thn 2019 jg pakde roosi di dinyalir akan pensiun dari motogp, brand yamaha di indonesia apalagi di daerah2 msh identik dgn rossi

    1. Ini namanya semi nude. Yang masih tertutup kabut misteri diminta kita kita berfantasi ria begitu maksudnyakah?

  2. masih nebak momentum apakah itu di 2019???
    positif thingking aja dah….. sapa yg berusaha pasti ada jalan.,,,, yg santai tanpa usaha alias ongkang2 jelas akan tergilas….

    tp emang klo dilihat2 emang strategi boleh jg….
    -nmax muncul…. honda bingung alias kaget kok bs kasih pricing yg murah….pcx blom kepikiran produksi lokal…
    – nmax mengagetkan… nvx aerox muncul—-tambah pusing…. terkejutnya honda..harga
    dibawah nmax ngelawan vario150 minim fitur…
    – terkejutnya honda blom ilang ada serangan xmax250….buatan lokal lagi… gile kata honda…

    dikelas sport…..
    – ga dinyana ga dikira… vixion pake teknologi vva power plg besar + usd…(2 model sekaligus)
    – r15..vva usd.. desain keren….
    – blom lg r25 facelift kyknya seh bakal all out jg neh….

    yg aku salut… satu mesin bisa dipake rame2 cerdas..mesin 1 silinder sohc 4 klep..vva…power besar… dr mxking vixion r15 xabre… nmax aerox …

    la klo honda…mosok untuk matik mo pake dohc vtec????? saat ini pake 2 mesin satu dohc satunya lg sohc… byk yg ga common part…. alias ga efisien…yg msh bisa dilihat common part mgkn bore x stroke honda mirip dr matik… sport murah verza sampe cbr150r….!!!

    1. pricing bisa murah karena yimm 100% punya yamaha jepang, beda sama ahm yg 50-50 antara Honda sama astra

      matic 150cc Honda kayaknya emang harus berbenah, tapi sport 150cc-nya mungkin masih punya kesempatan buat bejaban sama sport 150cc Yamaha karena secara mesin, k56 belum all out dan masih konvensional

      250cc masih abu2, walaupun r25 akan all out, setidaknya cbr250rr masih bisa diandalkan, sudah dibacking crf250 rally pula malah, tinggal tunggu naked (kalo mau), touring (kayak cb500x gitu), sama matic 250cc-nya

  3. momentumnya adalah maxi skutik yamaha sukses, lalu nurun ke matic kecilnya kaya mio, fino, dan xride?

    Atau karena sudah berdarah-darah, jadi kedepannya akan keluarkan semua fitur mutakhir pada produknya dan harga agak mahal dikit gpp sehingga produk lawan inferior?

  4. diawali oleh, kegagalan AHM masukkan pukulan terakhir ke kepala YIMM lewat NMAXnya, YIMM ga terjerembab lebih dalam di MS roda dua, abis itu YIMM malah kesetanan karena nemukan formula yang tepat buat masuk ke segmen baru tanpa terlalu khawatir diganggu oleh AHM, ujung ujungnya mereka punya kolam baru tempat yg sedikit nyaman sambil mikir formula baru itu bisa dipake ga di segmen lain, uji cobanya di vixion, cuma ya itu wow di fitur mesin doang, tampang mah bagi saya tetep geuleuh 😀

    setelah dapet MS diatas 75 %, insting membunuh org org strategic planningnya AHM cenderung menurun lawan yamaha, setelah all new CB 150r dan CBR ga ada lagi produk produk yg disiapkan face to face dgn yamaha, padahal yamaha lenggang kangkung ngeluarin aerox, Xmax yg jelas jelas dibikin buat jadi layer pelindung nmax. untuk apapun diferensiasi strategi AHM, mustinya fokus utama tetep di Yamaha, karena hanya mereka yg punya “Tulang” buat tarung face to face dengan AHM

    bagi saya AHM juga dah bikin blunder bikin dealer wing segala, cuma nambahin beban ke dealer, bayangin effort yg musti dilakukan dealer yg punya label wing buat balikin modal. udah gitu CBR250rr penetrasi ke konsumennya jadi terbatas karena hanya terdapat di dealer berlabel wing. 250 cc 2 cylinder udah ga seekslusif jaman 5 tahun pertama ninja. yg kyk gini yang bakalan bikin fokus dilapangan terpecah.

    belum lagi typikal pembeli nmax class itu beda dengan katakanlah vixion class, iming iming kyk sponsorship ga bakalan mempan ngegoyang mereka, klo vixion itu butuh alat transport, nmax butuh enjoy n comfort, yg mustinya udah kebaca dari PCXnya AHM, mahal mahal juga masih banyak yg beli untuk ukuran harga 38-40an juta

  5. Tpi honda msih fight back 2019 bisa juga msih kuasai market dng selisih jauh sperti saat ini.. secara honda sdh pernah alami hal serupa ketika asik” memimpin market eh tau taunya yamaha ksih serangan jlub mokat.. akhirnya honda berbenah dan kuasai lagi market, tdk mungkin ahli strategi honda jatuh krna pnyebab yg sama 2x.. jdi isi artikel ini lbih kepada angan” bkn analisa

  6. Cari info kedalam…ternyata ada tendensi ke arah sana. Kondisi saat ini mirip benar dengan tahun 2003. Ingat tahun 2005 terjadi momentum kebangkitan yamaha. Nampaknya sejarah bisa berulang.

    Ck ck ck… Artikel yg selalu mendahului jamannya.

    Ikutan uhuuuuiiii deh

  7. Nurit pandanganku.
    Yimm berusaha menguasai kelas 150-250. Dikelas 150 dah jelas kelihatan.
    Di 250 xmax bikin market sendiri,diharapkan akan ada switching demand.
    Naahh.. 2018 mulai deh mungkin aerox 125 vva turun. Di vietnam ada nvx 125 lho. Buat hajar vario wtf. Pukulan terakhir ada di mio. Mungkin akan ada model baru di 2018.

    Rapiii..

  8. Pada ribet bahas strategi ina inu ita itu, Faktanya dilapangan, nama besar Honda itu sudah sangat mengakar kuat sekali didalam otak masyarakat Om, mau bodi geter kek, mau mesin klotok2 kek, mau las lasannya setara tukang las pinggir jalan, etc mereka masyarakat gak mempermasalahin, yg penting kalo udah Honda itu jaminan Irit BBM, spare part gampang dan murah, Awet, dan harga jual kembali tinggi (mudah dijualnya lagi). Ibarat punya istri walaupun bisulan dan panuan dimana-mana tapi ngga rewel dan mau menerima apa adanya.

    1. Apa iya konsumen R2 masih tetep sekoplak itu mikirnya di zaman ketika informasi tentang mutu sebuah produk begitu terbuka ?

    2. Itu buat pemikiran yg sangat” kolot..

      Di jaman digital skrng sangat mudah cari informasi dan fakta” dari sumber yg akurat..

      Midset irit bbm dan sparepart murah bsa terbantahkan lewat berita” otomotif r2
      Buktinya Midset irit itu honda Ternyata banyak yg lebih irit dri brand honda
      Sparepart murah jga terbantahkan murah karna sparpart kw5?
      Cek dan bandingkan sparepart ariginal honda dan sparepart ariginal brand lainya dan bandingkan harganya… Sparepart original honda sma mahalnya dengan brand lain

  9. Honda melihat trend nya dlu di metik,kalau trendnya ke maxi scooter ya pasti akan terjun jg..yg paling mudah dlihat pada xride,slama marketnya sempit ya honda tidak ikut2an,palingan ngeluarin penyeimbang saja..tidak ada kebingungan di Honda,semua jg sudah disiapkan..Bagaimanapun juga Honda lebih unggul

  10. Selama vixion dan r15 masih sekelas teknologi mesin versa mana mungkin? Kalau sport yamaha sudah keluarin saingan cbr, cb dan gsx yang dohc baru ada momen kebangkitan.

  11. motor ki g mung sohc dohc cuk…
    iki mesti model2 fbh pekok kepangan gimmick marketing…
    Marketing Rules…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s