Siapa yang tidak kenal dengan Gudang Garam? Gue cukup yakin para perokok di Indonesia pasti kenal dengan nama besar Gudang Garam sebagai merk rokok yang terkenal di Indonesia. Sebagai pabrikan rokok yang sangat mengerti akan selera cita rasa perokok Indonesia yang sangat menyukai rokok kretek, Gudang Garam berani maju dan mendominasi pasar dengan produk produk rokok yang memiliki cita rasa tinggi, exclusiveness taste, bumbu yang gurih dan tembakau yang berkualitas.

Nah, kali ini Gudang Garam seolah tak mau tertinggal dengan Brand Rokok lainnya, duluan menggebrak dengan Business Gathering bertemakan Military Sensation. Langkah ini menyusul langkah sukses SUN INDONESIA yang sudah terlebih dahulu mengadakan Gathering dengan tema Military Sensation. #Eh…. SUN Indonesia khan bukan produsen rokok, melainkan produsen Tinta dan Kertas printing innovative di Indonesia. Apa gak salah nih Mind Genesis? mungkin sudah pikun apa?
Begini saudara saudara, dalam dunia bisnis, persaingan tidak boleh dipandang hanya dalam lingkup lini bisnis yang sama, kita memasuki era marketing 6.0 , dimana pasar tak lagi dianggap tersegmen dalam pola matrix terukur, melainkan pasar sudah menjadi begitu dinamis dan yang terjadi bukan lagi perang produk atau jasa untuk menguasai market, akan tetapi perang presepsi Brand untuk menjadi “best friend”nya konsumen. Kedekatan relasi hubungan antara brand dan konsumen jauh lebih penting dari sekedar angka angka penjualan yang terjadi. Kelangsungan dan masa depan Brand (Brand Capitalism) jauh lebih penting dari pada besarnya margin yang diperoleh pada hari ini/masa kini.
Kembali kepada Gathering dengan thema yang unique, yaitu Military Sensation. Nampaknya langkah cepat Gudang Garam untuk segera mengikuti jejak Sukses Gathering Sun Indonesia adalah langkah yang tepat. Masih ingat khan, MG pernah membahas Gathering bertemakan Military Sensation ini pada artikel terdahulu? Saat itu MG mengupas event RAA2 SUN Indonesia yang dirancang, dibuat, di-develope dan dibidani oleh Empower ICM yang memang sudah terkenal menangani berbagai Strategic Marketing & Branding Event untuk berbagai perusahaan.
Baca kisahnya di sini:
Event Seru, Berani Melawan Gajah-gajah Pabrikan Otomotif
Real Action Adventure 2 Zombie Wildland, The most memorable experience event 2017
Dimana acara ini merupakan acara event Customer sekaligus Network Business Gathering yang diadakan kali ke 2, setelah sukses menggelar RAA pertama di tahun 2016 lampau. Nampaknya Sukses Besar event besutan Empower ICM sebagai conceptor sekaligus perancang acara ini telah memberikan hasil yang luar biasa bagi Brand Value Sun Indonesia.


Kini jadi paham khan! kenapa Gudang Garam pun melirik dan tertarik dengan event sejenis. Melalui perpanjangan tangan PT. Surya Madistrindo, sebagai main distributor PT. Gudang Garam Tbk. maka digelarlah acara Business Gathering dengan judul “Kompak Membidik Peluang”. Nah suatu kebetulan lagi, MG kembali diundang sebagai salah satu peserta acara ini. Lokasi acara berada di perkemahan Bumi Marinir Karang Pilang Surabaya. Wuiiih auranya aja udah kental…heu heu heu. Sayang sekali kali ini tidak ketemu dengan rekan rekan blogger yang dahulu bersama dalam acara RAA2. Sebenarnya mengingat acara kali ini berada di Surabaya, kangen juga bertemu dengan bro Khoirul Atasaspal.com yang merupakan rekan seperjuangan di event RAA2…he he he.
Nah karena Gudang Garam adalah perusahaan dengan kemampuan Finansial deep pocket money yang sungguh luar biasa, kami sempat naik Tank di acara ini, luar biasa bukan. Hayoooo !!! Uhuuuuuuy!!! Bahkan pertama kali kami datang, seperangkat seragam militer ala Korea persis seperti yang dipakai Soong Jong Ki dalam film “Decedent of the SUN” DOTS dibagikan kepada kami, semua peserta mendapatkan lengkap mulai dari Baju atasan “AOR1 Combat Shirt”, Celana bawahan “AOR1 Combat Pants”, Sepatu Boot warna coklat gurun original Delta Boots senilai 3,2juta perak sepasang (huiiiksss), dan topi tentara “AOR1 Cap”. Cihuuuy kualitasnya okey banget nih!!! dan semua ini jadi souvenir yang boleh kami bawa pulang. Jadinya yang cowok cowok pada ganteng ganteng setelah memakai obat ganteng 200% ini, sedangkan yang cewek cewek juga tampak centil manis ala bintang korea yang menemani Soong Jong Ki. Berbagai acara dilakukan mulai naik truk militer, naik Tank heu heu heu…tank beneran nih aseli 1000%…. dan juga memegang s3nj@t@ unit aseli dan berpose foto dengan para Marinir Indonesia yang gagah perkasa.

Bagi MG yang pernah merasakan sensasi RAA2, ada plus minusnya acara ini…. plussnya jelas…. kita berkesempatan berinteraksi dengan “the Real Deal” duuut. Begitu juga apparel gear militer yang diberikan sebagai sovenir kepada peserta juga tidak main main, lengkap banget dan kualitas nomer 1. So pengalaman ini tak terlupakan. Namun minusnya acara ini cuma satu hari…beda dengan RAA2 yang 2 hari 1 malam full penuh ketengangan yang uncommon, lebih unique.
Secara cerita…mhm..RAA2 jauh lebih creative, dengan ide cerita yang jauh lebih orisinil menurut Gue. RAA2 juga didukung permainan tensi yang semakin tegang dan ada saat saat yang mengarah ke relax akan tetapi penuh kejutan dan justru puncak ketengangan malah terjadi di saat itu. RAA2 juga penuh dengan acara kompetisi yang kreatif dan membentuk rasa kebersamaan. Sedangkan di acara “Kompak Membidik Peluang” ini lebih untuk mengangkat “Pride” dan “memainkan Emosi” jaringan penjualan yang menjadi peserta acara ini.
Secara Overall MG jauh lebih menyukai acara RAA2 yang penuh dengan ide creative yang orisinal, kejutan / suspend yang natural, petualangan Aksi yang Super Keren dan Dramatis yang membawa kita melambung kedalam alam cerita yang dibentuk dalam acara tersebut. Bener bener serasa hidup dan mengalami alam yang berbeda dalam game nyata ini. Sayangnya RAA2 digarap sebagai event dengan budget rendah dibandingkan acara “Kompak Membidik Peluang” ini. Mungkin bedanya juga di budget yang ada, dengan budget berlimpah maka segala atribut Venue dipenuhi dengan atribut yang terbaik…the real deal. Itulah point kekuatannya, sedang pada RAA kekuatan Cerita dan Sensasi Petualangan acara inilah yang menjadi strong point-nya untuk menutupi kekurangan yang ada.
Bayangkan aja jika nanti RAA3 dihelat semewah acara “Kompak Membidik Peluang”, pasti makin TOP Jiwa Mantapnya.
RAA1 temanya Special Force, RAA2 temanya Zombie, penasaran dengan RAA3, kira kira temanya apa ya?
Summon untuk rekan rekan blogger yang pernah menghadiri RAA2… masih mau lanjut lagi di putaran berikutnya ???
Semoga juga “Kompak Membidik Peluang 2” kembali digelar tahun depan dengan ide yang lebih orisinal yang benar benar baru dan mampu mengagetkan pesertanya. Dan semoga MG kembali diundang dan hadir dalam acara KMP2 ini lagi.
Salam Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!
Waduh…. gak ketemu saya dong om… mau dong saya diajak…. uhuy
loh bukannya nanti RAA3 mau ketemuan lagi? gimana sih om A’A
Jadi pingin ikutan RAA3 om. Hanya untuk konsumen setia atau bagaimana ya caranya?
Join komunitasnya Om, daftar SunMe aja cukup belanja produk senilai 25k aja. selengkapnya meluncur aja ke http://www.sun-indonesia.co.id