Indonesia Champion di Event GBWC 2017; Gunpla Builder World Cup 2017. “Chance merebut gelar Juara Dunia di GBWC 2018”

Event Gunpla Builder Word Cup 2017 (GBWC 2017) baru saja berakhir pada tanggal 17 Desember 2017 yang lalu bertempat di Gundam Base Tokyo, Odaiba-Tokyo, Japan. Negara Philipina telah resmi menjadi Champion untuk Open Course, sedangkan untuk Junior Course tuan rumah Jepang menjadi Champion GBWC 2017 ini. Walau event ini sudah berlalu, namun euphoria event tahunan ini masih tetap terasa di kalangan Gunpla Builder seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Gunpla Builder Indonesia juga turut merasakan aura eforia yang sama. Bagaimana tidak event GBWC ini adalah event paling Prestisius dan paling Berbobot dari semua event Gunpla Builder Competition yang pernah ada. Event GBWC adalah kompetisi gunpla builder prestisius yang digelar tahunan oleh Bandai sendiri sebagai Prinsipal Brand GunPla ternama asal Jepang.

top

Dengan peserta yang berasal dari 16 Negara Besar di Dunia, mulai dari Amerika Serikat, China, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Perancis, Australia, Taiwan sebagai peserta World Cup ini, bahkan termasuk Indonesia juga, event ini menjadi event kejuaraan dunia yang luar biasa ketat dan memiliki nilai kesulitan yang tinggi bagi pesertanya. Namun peserta dari Indonesia juga tidaklah boleh dipandang sebelah mata. Walau masih banyak peserta yang memiliki kualitas entry yang masih pas-pasan, namun beberapa peserta yang ikut sudah memiliki entry dengan kualitas International. Bahkan dapat bersaing dengan kualitas entry dari negara-negara besar lainnya.

Saat bulan November 2017 yang lalu, sebulan sebelum Final GBWC 2017 di Tokyo-Japan, Gelaran GBWC Indonesia Championship 2017 di gelar di Jakarta, MG berkesempatan melihat secara langsung entry-entry yang diikutkan dalam gelaran GBWC 2017, hasil karya GunPla Builder Indonesia beberapa memang sangat bagus dan berkualitas Internasional, bahkan memiliki level yang dapat diadu dengan kualitas entry Gunpla Builder dari negeri Sakura Jepang. Ini membuktikan kemampuan GunPla Builder tanah air dapat dibanggakan loh!!! Bahkan beberapa karya anak bangsa dipantau dan diperbincangkan oleh Gunpla Builder seluruh Dunia.

Inilah beberapa karya yang mampu memukau Gunpla Builder Internasional, menjadi viral diperbincangkan dan dianggap sebagai Maha Karya yang patut diperhitungkan di Level Dunia. MG sendiri secara pribadi juga terpesona akan kualitasnya, serta mengagumi beberapa karya berikut ini, inilah The BEAST of GBWC Indonesia 2017:

IndonesiaOpenChampionGBWC2017
Open Course 1st Champion GBWC Indonesia 2017 – Final Bullet – M. Adely Riza

Entry Final Bullet ini masuk kategori Istimewa karena karya ini menggunakan teknik cat yang baru, dengan pewarnaan hot rainbow special effect seperti warna logam yang terkena panas tinggi. Biasanya warna ini kita temukan pada bagian muffler motor balap ya 🙂 . Adapun diorama dengan konsep Fantasy keluar dari Cermin sangat Keren dan menarik perhatian banyak pengamat Gunpla.

IndonesiaJuniorChampionGBWC2017
Junior Course 2nd Champion GBWC Indonesia 2017 – Evasive Maneuvers – Mark Alexander

Entry Evasive Maneuvers merupakan karya seorang Bocah yang Sangat Istimewa bernama Mark Alexander (Junior Course). Dalam diorama ini kita disuguhi adegan dramatis yang dinamik, semua thruster rocket dalam kondisi menyala. Terlihat Zaku sedang menembakkan Missil launcher kepada GunCannon yang dalam kondisi menghindar seketika. Teknik dan modifikasi yang dilakukan dalam pembuatan karya ini diapresiasi oleh banyak pengamat Gunpla sebagai teknik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Masih penasaran dengan karya Entry yang satu ini, langsung aja tancap video pembuatannya di Youtube berikut: Video1 GBWC Champion 2017 – Evasive Maneuvers dan Video2 GBWC Champion 2017 – Evasive Maneuvers

Entry Sieg Zeon (kiri) – Open Course menjadi begitu Istimewa karena satu satunya entry dengan diorama yang bercerita begitu mendalam tentang misteri seputar Char Aznable. Entry Karya Indra Rahmadhani ini juga menggunakan teknik Mirror Diorama, dimana bagaian atas dan bawah adalah reverse berkebalikan. Saling melengkapi cerita secara opposite, dan misteri dari cerita ini juga akan terlihat jika diorama dilihat dalam gelap menampilkan bayangan sosok Char Aznable dengan mata yang menyala dalam gelap.

Entry Kshatriya (kanan) juga cukup istimewa karena menggabungkan NZ-666 versi normal dengan NZ-666 versi repair (total 3 kit ya, 1 kit ver. normal dan 2 kit ver. repair untuk sayap sayapnya). Banyak juga detail modifikasi pada Gunpla yang satu ini, dipadu dengan teknik modifikasi yang halus dan rapi entry ini berhasil menyabet predikat Open Course 3rd Champion GBWC Indonesia 2017

Keempat Karya diatas adalah empat Entry GunPla Builder Indonesia yang cukup banyak menyita perhatian, memang masih ada beberapa karya lain yang juga akhirnya menjadi Juara Juara di GBWC Indonesia 2017, tapi 4 Karya yang MG tampilkan fotonya ini adalah 4 karya yang benar-benar Istimewa pada perhelatan GBWC 2017 ini. Luar biasa dan salut kepada 4 karya The BEAST of GBWC Indonesia 2017 ini.

Coba bandingkan dengan karya Juara Dunia GBWC 2017 berikut ini:

DSC_0247
Junior Course World Champion GBWC 2017 – May Hata – Japan

Karya May Hata dari Jepang ini dinilai oleh banyak pengamat sebagai karya Junior Course yang memiliki kualitas setara dengan Builder Professional di kelas Open Course. Sangat Halus, Sangat Detail, dan Ber-Aura. Mmmh memang layak sebagai Juara Dunia untuk kelas Junior Course.

gbwc-2017-champion (2)
Open Course World Champion GBWC 2017 – Mark Mediavillo – Philippines

Karya Mark Mediavillo dari Philippines ini akan tampak luar biasa jika dilihat secara langsung dari dekat, terbentuk dari modifikasi aneka part-part berbagai kit, sangat halus, sangat rapi dan sangat detail bergabung menjadi satu kesatuan utuh menggambarkan Mega Barbatos yang bengis dan monster look like. Imajinasi yang berhasil di gambarkan pada entry ini sungguh luar biasa. Karya yang layak sebagai Juara Dunia untuk kelas Open Course tahun 2017 ini

Sayangnya di tahun 2017 ini, peserta dari Indonesia masih belum berhasil menyabet Juara di Final GBWC 2017 Tokyo-Japan. Namun…. setelah membandingkan karya Gunpla Builder Indonesia di tahun 2017 ini dengan karya Juara Dunia, MG merasa Builder Indonesia memiliki potensi untuk menjadi Juara Dunia di tahun-tahun mendatang. Terutama yang masih Junior Course, karena potensinya masih dapat terasah lebih dan lebih lagi saat nantinya naik kelas di Open Course.

Semoga pada perhelatan GBWC 2018 ini, Builder Indonesia akan mampu menjadi World Champion. Gunpla Builder Indonesia mampu menunjukkan kelasnya dan karya-karyanya mampu merebut perhatian dan menjadi pembicaraan Gunpla Builder Dunia, khususnya Gunpla Builder dari negara Jepang. Potensinya Jelas Ada, kelemahan Gunpla Builder Indonesia cuma di Teknik yang tidak sehalus para Juara Dunia, sedang untuk Kreatifitas Karya Gunpla Builder Indonesia dapat diacungi 2 Jempol.

 

Advertisements

16 thoughts on “Indonesia Champion di Event GBWC 2017; Gunpla Builder World Cup 2017. “Chance merebut gelar Juara Dunia di GBWC 2018””

  1. Entry sieg zeon waktu itu saya pikir yang bakalan juara 1 open, habis idenya liar dan luar biasa. Mungkin juri tahun ini lebih fokus ke penilaian pewarnaan ya. Favorite masih tetep Sieg Zeon ah.

      1. Evasive Manuver bagus, tidak hanya lampu menyala, waktu di kokas sy lihat keren banget. Modif banyak tapi simple dan sangat halus. Kayaknya bisa bersaing ama kelas open malahan. Iseng iseng lihat video di link artikel. Sumpah 2 jempol dech. Luar biasa emang!

        Kalau Kshatriya menurut sy tidak istimewa. Banyak Builder luar negeri yang sudah modif kshatriya begini.

        Sieg Zeon keren banget, sayang pendapat juri beda. Final bullet istimewa di coloring aja, sedang Sieg Zeon istimewa di konsep dan plating secara keseluruhan.

        1. Builder Evasive Maneuver memang luar biasa, potensi kedepannya TOP. Sieg Zeon juga memiliki konsep kelas Dunia, sedang Final Bullet memiliki Teknik yang tinggi. Kedepannya gue tetep jagokan lagi karya builder builder ini.

  2. entah knapa gw cuma liat2 karya orang jepang aja beberapa tahun ini, bahkan sampe follow instagramnya, entah kenapa karya orang jepang lebih dapet di mata (n hati) gw.

    maju terus builder indonesia SIEG ZEOON!!!

  3. satu sifat ahm yg mingkun kurang d sadari oleh kompetitorny adlah klau ahm sudah ketok palu membidik dengan serius suatu segmem milik kompetitor, ahm akan terus berjuang dan tak akan menyerah sebelum target atau yg d bidik tsb tumbang tak tak berkutik,….
    new ninja’18 dan nmax’18 sudah d bidik ahm, dan tak sampai 2 thun dri sekrang xmax250 juga akan d bidik,… klau aerox155 mah strategi yimm sendiri yg akan menahklukkan aerox155 ini,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s