Secercah Kebenaran

Resin coated

Alkisah seorang Bapak Tua bernama Kagama yang telah berusia lanjut. Ia memiliki 2 Anak laki laki sebagai penerusnya. Yang Sulung bernama Teran  sedang yang Bungsu bernama Mabo.

Ketika sakratul maut menghampiri Pak Kagama, sesaat sebelum ajalnya ia memberikan pesan kepada kedua putranya itu, Teran dan Mabo. “Nak, cuma satu pesan Bapak sebelum meninggal dunia. Kalian harus ingat pesan Bapak ya anak anaku tersayang. Pesan Bapak jadilah orang yang Sukses.” “Untuk menjadi orang yang Sukses, inilah rahasia kehidupan yang akan Bapak wariskan kepadamu anak anakku Teran dan Mabo, Kalian harus berangkat dan pulang kerja tanpa boleh terkena sinar Matahari”. Sesudah mengucapkan kalimat ini, meninggal dunialah pak Kagama, meninggalkan kedua putranya itu untuk selama lamanya.

Mabo si bungsu langsung mengingat ingat pesan Ayahnya itu sebelum meninggal dunia. Bahkan Ia langsung segera mencatatnya di buku khusus, dan secara khusus pula menjabarkannya dengan detail. Untuk mencapai Sukses yang telah dipesankan oleh Ayahnya itu, ia benar benar menghapalkan kata demi kata, huruf demi huruf wasiat Ayahnya tersebut. Lalu dengan sesegera mungkin ia melaksanakan wasiat Ayahnya itu keesokan harinya. Ia berangkat bekerja dengan menggunakan Jas Hitam yang menyelimuti seluruh tubuhnya, memakai sepatu boot yang tinggi sampai mendekati lutut, dan memakai sarung tangan. Mabo juga memakai kaca mata hitam, dan menutupi muka dan kepalanya dengan kain pelindung tabir surya. Bahkan agar tak terkena sinar matahari, ia membawa payung sebagai pelengkap perlindungan total. Begitulah yang Mabo lakukan ketika berangkat dan pulang kerja selama dalam perjalanan. Semua kata kata wasiat Ayahnya, ia lakukan dan taati tanpa sekalipun atau seharipun ia langgar. Bahkan semua yang ia lakukan juga ia tuliskan dalam buku khusus untuk seluruh anggota keluarganya, terutama anak anak keturunannya. Apa yang tertulis haruslah dibaca, dihapalkan dan dipatuhi seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali, karena ini adalah wasiat Ayahnya yang sangat ia Hormati.

Sebaliknya Teran tidak langsung segera melakukan wasiat Ayahnya tersebut, ia sangat bingung akan kata kata ayahnya yang aneh. Hari demi hari Teran merenungkan kata kata Ayahnya, berusaha memakai logika dan hikmat untuk dapat memahami apa yang dimaksud sang Ayah. Secara khusus, memang Teran tidak hapal kata demi kata ucapan wasiat Ayahnya itu, namun ia mengenang kembali bagaimana hubungannya yang dekat dengan sang Ayah sebagai hubungan anak dan ayah yang penuh Kasih. Saat mengenang itulah, akhirnya Teran merasakan bagaimana perasaan sang Ayah terhadapnya. Ia diliputi oleh suatu perasaan Cinta yang tulus. Haru menyelimuti hatinya dan akhirnya ia mengerti benar apa yang dikehendaki sang Ayah bagi kebaikan dirinya, bagi masa depannya dan keluarganya. Sejak saat itulah Teran berangkat bekerja pagi pagi buta sebelum matahari terbit, Bekerja dengan sangat sangat Keras dan Ulet dan baru mau selesai bekerja atau pulang ke rumah ketika waktu sudah benar benar malam hari ketika langit sudah gelap gulita. Demikianlah sehari hari Teran bekerja dengan penuh semangat kerja keras untuk mencapai Sukses yang dikehendaki dalam wasiat Ayahnya. Bahkan secara Khusus, Teran juga membagikan hikmat yang ia peroleh dalam warisan kata kata Ayahnya kepada keluarga dan anak-anaknya dengan perasaan penuh Cinta.

Ketika Mabo melihat tindak tanduk Teran, ia sangat jengkel. Baginya si kakak sulung Teran sudah tidak lagi ingat akan kata kata wasiat Ayah mereka berdua. Teran dianggap telah berdosa terhadap Ayah mereka, Teran dianggap lalai akan pesan wasiat sang Ayah; Teran tidak memakai payung, jas, kacamata hitam, sarung tangan, sepatu boot tinggi dan baju yang tebal ketika berangkat dan pulang kerja. Teran dianggap telah menghianati wasiat keluarga mereka. Seringkali Mabo mengecam Teran dengan semuanya itu, bahkan mengolok-olok Teran sebagai anak yang durhaka. Namun Teran tetap sabar, dengan penuh Cinta kepada sang Adik, Teran berupaya untuk menjelaskan maksud dan kehendak sang Ayah yang sejatinya. Namun semua itu percuma, Mabo malah marah dan menuduh Teran sesat jalan pemikirannya.

Begitu pula dengan anak anak Teran dan anak anak Mabo, setiap kali mereka berjumpa, keluarga Teran dianggap tidak setia akan wasiat kakek mereka.

Setelah waktu berjalan, ……….. KeSUKSESan akhirnya ada pada Teran dan anak-anaknya.

Banyak yang bisa kita petik dari cerita pendek ini, semoga SUKSES dan salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

34 thoughts on “Secercah Kebenaran”

    1. Hmmm….Hikmah utamanya adalah jadilah insan yang cerdas lagi selamat. Insan yang mempunyai pedoman hidup yang benar secara hakiki dan pemahaman setiap permasalahan hidup yang merunut pada generasi terbaik jauh sebelumnya sehingga membuat Insan tersebut selalu bertindak dan merespon dengan tepat pada setiap persoalan semua segi kehidupan, sosial, politik, ekonomi terlebih agama. Tapi pesen Ane dalam persoalan agama, dikarenakan butuh penjelasan dari ahli dan referensi yang shahih yang sangat luas. so, buat pengunjung warung better jangan dibahas dimari ocree…Hehehehehehe

  1. “Namun semua itu percuma, Mabo malah marah dan menuduh Teran sesat jalan pemikirannya.”

    Emang nasib si Teran…………………….. Teraniaya.. wkwk

    1. Baca Artikel Om MG ini bener bener dituntut merenung dalam dalam.

      Fiuh

      Ternyata ini ditujukan buat orang orang yang mabok agama.

      Atau ini justru malah sindiran buat orang yang mabuk merk motor seperti mabuk agama.

      Atau dipikir lebih dalam lagi ini justru menganalogikan persekusi atas Nama agama yang lagi marak belakangan ini dengan kasus pengarahan opini di blog blog lewat komentator nasi bungkus yang dibayar oleh pabrikan tertentu. Nah agency bertindak seperti parpol yang menghidupi pasukan komentator nasi bungkus ini.

      Nah Om MG mau bilang mereka sering kali menggunakan yang tertulis alias spesifikasi untuk memenangkan claim yang menjadi opini rame rame para pasukan komentator nasi bungkus ini.

      Nah komentator yang disuapi agency ini layaknya orang bodoh yang tidak memiliki pemahaman.

      *perenungan setelah menghabiskan sebungkus rokok dan secangkir kopi manis

      1. agency itu memang ada. baru saja buka salah satu blog terkenal yg gx suka ada cakar cakaran tapi malah ngasih umpan cakar cakaran dalam bentuk statement.
        agency itu tau potensi lexy di tahun ini makanya agency itu menyuruh networknya bikin suatu artikel dengan dibumbui kalimat provokatif di akhir paragrafnya.
        gx ada angin gx ada hujan juga gx ada essensi tentang big skutik eropa punya pabrikan market leader disini tiba tiba dibikin artikel dengan dibumbui statement provokatif di akhir paragrafnya.
        mari kita liat unsur intrinsik didalamnya pasti ada suatu pesan bahwa si anu cheated si anu.
        jangan sampai cara cara propaganda bernada sara yg sekarang sedang menjangkiti indonesia digunakan dalam segala bidang cukup politik saja.
        contohnya: nebar racun kemana mana keluarin statement biker terpecah setelah kelahiran produk anu dsb dsb

        1. Setuju nih ama Om @hilrock m1
          Dan mirisnya komentarnya gak ada yg di saring…
          Padahal kemaren udah ane kritik lohhh..
          Tp gimana lagi namanya juga corong..

          1. IWB…. Waktu artikel forza… Di artikel itu lucunya Dia bilang itu forza 250, gw komen ga ada forza 250 model seperti forza 125 eh komen hilang 😑😑

          2. lagi lagi agency itu ada
            di salah satu blogger bikin artikel tentang motor merk pemegang market share disini yg kena recall karena ramenya komentar di kolom komentar maka agency itu meminta blogger networknya tersebut buat artikel lagi tentang recall kali ini tentang pabrikan paling banyak recall di dunia dalam 10 tahun terakhir dan jeng jeng jeng jawabanya adalah pabrikan satu satunya yg gigih melawan pemegang ms itu.
            ada upaya pembunuhan karakter di case tsb dan itu modus yg untuk kesekian kalinya digunakan oleh agency tsb

          3. @permana & @hilrock

            Artikel ini mengajarkan kita untuk menelaah suatu perkataan atau tulisan
            Bukan menelan mentah mentah

            Kita gak tau ap maksud yg si penulis
            Jadi gak ada hak kita untuk menghakimi seseorang hanya karena persepsi kita sendiri

            Kalo masih kurang paham monggo d baca lagi artikel bang Komeng d atas

            Semoga bermanfaat dunia akhirat

          4. @medimore
            ai tidak menghakimi sih, tapi ai cuman mempertanyakan saja kenapa dihapus
            sama menjawab pertanyaan om SAS blogger mana yang dimaksud, kebetulan ai blogwalking jadi langsung nangkep maksud si hilrock

        2. segiti bencinya sama tuh blogger bro!
          aq baca nalah justru masbro yg melakukan penggiringan opini dan menjudge negatif pada blogger tsb ..jelas ini yg namanya pembunuhan karakteer

          1. Mas Eiscell, biasa itu mah…
            Dalam dunia Intelligent, ada yg namanya Contra-Intelligent…
            Ada kontra opini, kemudian Play Victim…😂

          2. bukan saya benci bung @eiscell cuma saya kox seperti mencium bau bau seperti itu.saya kan menanggapi komen bro sas soal agency memang melenceng dari isi artikel bro komeng yth tapi percayalah agency seperti itu memang benar adanya coba amati saja kata kata dan cara mereka tu seperti terstruktur dan sistematis. ya saya percaya di dunia ini dimana saja pasti ada agency penyedia jasa komentator bayaran yg bisa digunakan untuk tujuan tertentu semacem saracen dan sejenisnya. singkat kata ijinkan saya mengutip kata kata blogger kondang yg saya selalu bertentangan dengan opininya “time will tell lah ciao”

          3. bro @hilrock komentator bayaran dan terstrucktur benar adanya itu mereka rata2 buat show off power meemreka buat ngegaet xalon user mereka terutama saat pilpres 2019 nanti kita liat komen mereka gk bakal jauh2 dari politik

  2. Spek dan claim dari pabrikan jangan ditelan mentah mentah. Produk dan mesin baru selalu di claim lebih baik dan lebih hebat bisa jadi malah downgraded loh

    Aih aih aih

    1. Betul kasus Vega ZR dan Shogun mesin baru terulang di lain Merk. Masalahnya kali ini produk premium harga 70jutaan. Ngeri duh pemirsa

  3. ●PESAN AYAH●

    Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kepada kedua anaknya :

    “Anakku, dua pesan penting yg ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu

    Pertama: jangan pernah menagih piutang kepada siapapun

    Kedua: jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung”

    5 tahun berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dg kondisi bisnisnya yg sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya “Wahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian?”

    Si sulung menjawab : “Saya mengikuti pesan ayah bu… Saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yg tidak dibayar dan lama² habislah modal saya..

    Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi”

    Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yang keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya.
    Sang ibu pun bertanya “Wahai anak bungsuku, hidupmu sedemikian beruntung, apa rahasianya…?”

    Si bungsu menjawab : “Ini karena saya mengikuti pesan ayah bu.. Pesan yg pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun sehingga modal saya tetap utuh”

    “Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dg motor yg saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore”.

    Perhatikan..
    Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing²memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yg berbeda sehingga mendapatkan HASIL yg berbeda pula.

    Hati²lah dg Mindset kita..

    Mindset positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberikan hasil menghancurkan.

    The choice is yours!

    1. Wuih,
      saat sang admin cuman kasih=
      #versi naked#-nya
      Kapten Jack kasih=
      #versi fairing#-nya…
      Juwooozz Riko kang😁😁😁

  4. Bapaknya Kagama

    Anaknya bungsu Mabo
    Anaknya sulung Teran

    Analisa
    Sulung Teran kAgama
    Bungsu Mabo kAgama
    Keduanya bersaudara

    Artikel ini mendalam

    Jangan dilihat sebagai versi #naked
    Justru ini super bike fairing

  5. Bikin agency komentator blog motor untuk agenda yg lebih besar. Ykwim.
    Role model saracen, kawah candradimukanya juga lwt komentator blog beserta kloningannya. Studi kasus blog wb sama mc pada tahun 2013 perang komen multi agency yg akhirnya ada satu kelompok pemenang yg berperan di agenda 2014. Pada tahun 2013 traffic komen sangat tinggi. Minimal 200 comments per artikel, tak jarang 500comment dengan relasi artikel dan komentar yg g nyambung. Meski ada yg bilang itu cuman guyonan, tapi pola pertahanan akan seperti terstruktur. Seperti juga tahun ini merupakan tahun pembuktian agency untuk mendapatkan umpan yang lebih besar ditahun depan

    1. wah bener juga mereka salibg serang di komentar blog kondang buat show off jekuatan mereka vuat mgmengail ikan yang levih gede .. 2019 sepertinya target mereka

      1. Sekarang, agency2 suka masuk ke konten ucbrowser broh. Mereka lebih aman drpd maen ke blog motor. Cuman emg harus diperhatikan trendny 2 bln kdpn, soalnya blog motor ternyata supremasinya juga tinggi. Setahu ane di iwb yg main 1 agency dah cmn dia pegang 2 atpm. Apa g lucu itu, mereka perang antar teman. Biasanya yg paling kentara yaitu pernyataan yg diulang2. Bisa juga itu pembunuhan karakter dgn penjelasan yg salah kaprah spt bambang dkk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s