Heboh, Piala GBWC 2018 mungkinkah diganti Unicorn?

Resin coatedPiala GBWC selama ini identik dengan bagian Kepala dan torso unit RX-78-2 GUNDAM, bagaimana tidak,……… memang selama ini RX-78 telah menjadi icon Gundam Series yang begitu fenomenal baik di Japan dan di Dunia. Nah Piala GBWC juga satu satunya piala yang paling eksklusive bagi para Gunpla Builder di seluruh dunia, jauh lebih eksklusive dibandingkan dengan perolehan piala dari kejuaraan Gunpla apapun juga. Pasalnya piala inilah satu satunya yang memiliki nilai Art of the State Gundam World Series yang sangat bernilai bagi para penggemarnya.

piala GBWC 2018
Piala GBWC 2018 yang memiliki desain baru berupa Kepala dan Torso Gundam Unicorn. Gambar dari boysnevergrownup.blogspot.co.id

Kini muncul isue yang menyatakan bahwa desain Piala ini akan berganti mulai musim GBWC 2018. Yuk berita selengkapnya bisa baca di link berikut https://boysnevergrownup.blogspot.co.id/2018/02/heboh-piala-gbwc-2018-ganti-rupa.html

Nah tentunya banyak penggemar Gundam yang bertanya-tanya terutama dari kalangan Gunpla Builder. Banyak yang kecewa tapi tidak sedikit pula yang mendukung dan memberikan apresiasi positif akan langkah Bandai ini. (Walaupun sampai saat ini cuma berupa isue bukan berita resmi Bandai.) Akan tetapi banyaknya respon positif ini mungkin disebabkan oleh banyaknya konsumen dari generasi Gunpla Builder dan penggemar Gundam yang baru, bukan yang tumbuh bersama generasi UC series yang lama. Nah Unicorn series, khususnya icon Gundam RX-0 Unicorn memang mampu membius banyak kalangan dan para penggemar dari berbagai latar belakang. Sebagai seri baru yang masih dalam time line UC, Unicorn Gundam memberikan nuansa yang lebih modern dan jauh berbeda dengan seri seri lama. Sehingga baik penggemar Gundam konservatif yang rata-rata adalah penggemar fanatik Timeline UC, maupun penggemar baru (regeneration segment) yang lebih suka dan tumbuh bersama seri timeline alternatif sama sama menjadi penggemar Unicorn Gundam. Nah Unicorn Gundam yang mampu menembus berbagai latar belakang penggemar ini dipilih sebagai Icon terbaru Gundam yang lebih Fresh dan dirasa lebih mampu mempersatukan seluruh spektrum luas dari aneka penggemar Gundam.

Salah satu hal yang juga memperkuat indikasi dari isue pergantian model piala GBWC 2018 ini adalah, dengan berubahnya patung Real Size 1:1 dari RX-78-2 Gundam menjadi RX-0 Unicorn Gundam di Odaiba Japan pada tahun 2017 silam. Patung raksasa ini selain menjadi icon obyek wisata di Tokyo, juga merupakan icon Gundam Base Tokyo yang sebelumnya merupakan Gundam Front Tokyo. Perubahan dari Gundam Front menjadi Gundam Base juga merupakan salah satu strategi marketing pihak Bandai untuk lebih masuk ke semua segment konsumen (penggemar) terutama untuk planning jangka panjang dan masa depan bisnis Gunpla itu sendiri yang memerlukan regenerasi konsumen. Nah sepertinya GBWC juga akan mengikuti arah yang sama.

Salam Uhuuuuuuuuuy!!!

10 thoughts on “Heboh, Piala GBWC 2018 mungkinkah diganti Unicorn?”

  1. Kenapa ga zaku??? Soalnya zaku lebih iconic dibanding unicorn, zaku tuh mesin uangnya bandai, hehehehe (ga usah peduliin penggemar zaku yg lewat ini)

      1. oh iya ya, kok gw lupa sama ORA-ZAKU ya, kok 2017 ga ada kabarnya?? udah ga ada ya?? 2016 masih ada kan ya……

        IMHO ORA-ZAKU levelnya jauuuuuh (bgt) diatas GBWC, makanya agak2 bosen liat hasil2 GBWC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s