Mari mengenal Level Limited dalam Gundam Plastic Model Kit

IMG_9226Yuk mari mengenal dunia Gundam Plastic Model Kit, mainan #Eh Hobby yang akhir akhir ini makin marak di dunia ini berasal dari Jepang. Ya Jepang memang selain terkenal akan negara asal dan pabrikan otomotif juga sangat terkenal akan asal dan surganya mainan. Banyak sekali merk dan pabrikan mainan terkenal asal Jepang yang mendunia, mulai dari Tamiya, Kyosho, Takara Tomy, Kotobukiya, Kayodo, Tokyo Marui, Maruzen hingga Bandai. Nama yang tersebut terakhir itu, Bandai sangat terkenal memproduksi mainan mainan tokusatsu dan sentai hero, tak terkecuali justru yang paling terkenal dan marak akhir akhir ini adalah Gundam model Kit.

Kehebohan Gundam model kit adalah penggemarnya dari berbagai kalangan dan berbagai profesi serta usia, bahkan terakhir ini mulai menembus batasan gender. Bayangkan, sebagai mainan bagi anak-anak, Gundam Model Kit (Gunpla) memiliki keasyikan tersendiri saat merakitnya, selain melatih cognitive otak anak-anak, proses perakitan menggunakan buku petunjuk dengan gambar teknik yang detail akan tetapi dibuat asyik bagi anak, sekaligus hal ini juga sangat membantu mengembangkan kecerdasan spacial bagi anak-anak.

Bagi Remaja dan orang Dewasa, merakit juga akan bertambah tantangan, karena bukan sekedar merakit saja sesuai buku petunjuk perakitan, akan tetapi beradu kreatifitas dan inovasi dalam menciptakan sebuah karya seni modern berupa Gunpla Model Diorama yang seringkali diperlombakan dalam bentuk berbagai Modeller Cup & Competition yang bergengsi baik skala Nasional, Regional bahkan World Cup.

Bagi Kolektor, mengumpulkan item item koleksi Gunpla juga seru dan sangat mengasikkan, disamping banyak sekali item pilihan dan seri sesuai kegemaran masing masing, terdapat juga berbagai model kit Gunpla yang limited, bahkan rare, super rare dan ultra rare. Kalau sudah bicara koleksi, maka harga collector items sering kali melambung tinggi dan makin tinggi dengan berjalannya waktu. Beberapa menyebutnya sebagai investasi. Sebagai contoh, sebuah Gundam PG RX-78-3 Gundam Museum Exclusives yang hanya ada 800 unit di dunia, pada Des 2003 hanya bernilai sebesar 20.000 Yen Jepang. Saat ini ditahun 2018 bulan February sudah memiliki harga tawar market sebesar 160.000 Yen Jepang. Bahkan ada Collectible item Model Kit yang sudah menyentuh harga 1juta Yen Jepang.  Bayangkan nilai investasinya di mata kolektor.

Nah di artikel ini Gue akan sedikit memberikan gambaran agar kita dapat mengenal Level ke-limited-an suatu Gunpla. Mulai dari level Limited yang terendah, sampai level Limited yang tertinggi.

  1. Level Limited yang terendah dimulai dari Rare Standard Gunpla Model Kit yang sudah stop produksi karena merupakan keluaran lama. Sudah diproduksi lama dan sudah stop produksi. Jadi sebenarnya adalah barang model kit yang dipasarkan bebas hanya saja pemilik yang masih memiliki dalam bentuk utuh dalam Box mulus sudah sangat sedikit. Contohnya adalah MG RX-78-2, sebagai mokit seri Master Grade Gundam yang pertama kali dirilis, sampai saat ini hanya sedikit orang yang memilikinya dalam keadaan mulus dan utuh dalam box aslinya. Jadi sama seperti semua barang antik yang semakin sedikit dan rare karena ditelan oleh waktu.
  2. Premium Bandai Kit berada diurutan kedua dari bawah. Nah kalau Premium Bandai atau yang biasa disebut dengan P-Bandai adalah item mokit Gunpla yang sengaja diproduksi secara khusus dalam jumlah terbatas (limited). Jadi baik harga dan kesempatan kita untuk membeli memang sudah berbeda dari item Gunpla Standard. Ciri cirinya sangat mudah dibedakan dengan item mokit standard, yaitu dos biasanya berwarna monochrome dan tidak memiliki angka harga pada bagian diatas barcode pada box-nya. Bandai sengaja menjualnya secara online saja lewat Bandai Premium Online Shop yang hanya tersedia untuk wilayah pemasaran Jepang, China, Hong Kong, Taiwan dan Singapore saja. Hal inilah yang membuat harganya menjadi lebih mahal di market, terutama untuk area market di negara-negara di luar ke 5 negara area pemasaran P-Bandai tersebut.
  3. Event Exclusive adalah limited item yang setingkat lebih limited daripada P-Bandai kit. Bayangkan selain jumlahnya sangat terbatas, lebih sedikit lagi dari P-Bandai mokit, Event Exclusive Gunpla ini hanya dijual saat event tertentu saja dalam waktu tertentu dan di tempat tertentu, misal saja dalam event Gundam Dock Hong Kong, Gundam Dock Tokyo, Gundam Expo Indonesia, Gundam Expo Taiwan dan berbagai event exclusive lainnya. Tiap Event akan menjual mokit khusus (spesial) yang berbeda beda, sehingga jika dalam suatu event kita tidak mendapatkannya, jangan berharap akan dapat membelinya di event yang lain.
  4. Store Exclusive adalah limited item yang hampir setingkat/sedikit lebih limited dibandingkan dengan Event Exclusive Gunpla Mokit, namun beberapa kolektor memberikan pandangan bahwa Store Exclusive memiliki level limited yang lebih tinggi dari Event Exclusive dikarenakan lebih susah/sangat susah untuk dimiliki oleh kolektor diluar Jepang. Store Exclusive Gunpla Mokit adalah item item yang hanya dijual oleh specific store atau tempat tertentu yang berada di dalam Negara Jepang dalam jumlah dan waktu tertentu yang limited. Yang termasuk dalam jenis Store Exclusive ini adalah Gundam Front Tokyo exclusive items, Gundam Base Tokyo exclusive items, Gundam Museum exclusive items, Pro-Shop Exclusive. Namun Bandai juga kadang berkolaborasi dengan beberapa komersial lain untuk menyelenggarakan Store Exclusive items seperti ANA airlines, 7-Eleven, Nissin Cup Noodles, JR-train dan lain sebagainya.
  5. Campaign Prize & Trophy Kits, ini adalah limited items tertinggi secara level karena keduanya termasuk dalam “NOT for SALE” items yang tidak dapat dibeli dimanapun, kapanpun, oleh siapapun juga selain oleh orang orang yang memang beruntung mendapatkannya secara langsung lewat “lucky draw” atau memenangkan sebuah kompetisi. Ciri ciri Gunpla MoKit ini adalah tidak memiliki barcode dan seringkali memiliki label “NOT FOR SALE” yang tercetak pada box kemasan Model Kit tersebut. Tingkat rarenya sangat extrem sekali, pada level ini maksimum jumlah terbanyak suatu jenis mokit adalah 1000psc, dan umumnya dibawah jumlah itu, tidaklah heran jika harganya sangat tinggi jikalau kita sampai menemukannya di pasaran. Jangan heran juga bila menemukan HG yang bernilai setara PG 🙂

Nah jika ada yang tertarik menjadi kolektor Gundam Plastic Model Kit, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Semoga Uhuuuuuuuuuuuuy dan selamat berburu koleksi!!!

 

 

 

 

 

 

46 thoughts on “Mari mengenal Level Limited dalam Gundam Plastic Model Kit”

    1. Pernah ngerasain ini waktu kelas 6 SD, gundam pertama gw, kampfer 1:144, patah2 plus bbrp senjata ilang,
      Setelah itu ga pernah beli gundam sampe kuliah.

      Kalo sekarang? Anak gw aja ga gw kasih pegang, hehehehe

  1. Sempat tertarik banget dengan RG ZGMF-X10A Freedom versi monokrom tapi pas survei pasar harganya bikin melting wkwk & akhirnya nggak jadi 😂

        1. Iyaa om SAS, pengennya disimpen aja mayan utk invest*eaa wkwk.. Rencana sih pengen halan2 lagi ke Nagoya(Batam) skalian survei tpi blm sempat hahaa

          Iyaa nih om Komeng, emang Uhuuuuuuy banget mokitnya.. Tapi apadaya pengen ke MG dulu gegara GFCI di fb (ngelirik simbah) wkwk

      1. naik sih naik, tapi segitu2 aja om, dulu tahun 2010an heboh MG zeta karaba (amuro ray version), harga sempet gila2an, tapi ujung2nya jadi biasa aja (mahal sih tapi ga bisa dibilang banget)

          1. kalo emang cari, mending RGnya aja, kayanya masih masuk akal harganya.
            kalo ga dicat sendiri aja om, ga ada part yang beda kok 😀

          2. Wah ternyata walau blog motor obrolan Gundam disini berkelas juga.

            Oke ikutan nimbrung

            Pertama:
            Decal pabrikan bandai memiliki kualitas yang beda. Kualitas pabrikan tetep lebih oke

            Kedua:
            Kalau kita kumpulin item pbandai yang Berharga bukan hanya kit isi kotak, melainkan kotaknya juga collectible items. Ini yang gak bisa digantikan

            Ketiga:
            Bagaimanapun kepuasannya berbeda

            Sementara sekian

          3. Thanks buat linknya, ternyata bisa bikin decal mandiri secara mudah sesuai desain yang kita inginkan sip sip

          4. @Yomitsune, buatan otakiri decal bagus lho reviewnya.
            gw ga pernah puas sih kalo beli mokit tapi ga dirakit, pernah kejadian dapet benda langka (gundam hazel + primrose + hrududu, dengeki hobby 15th anniversary box) cuma sebulan sampe akhirnya gw rakit. jadi ga masalah buat gw kalo beda warna doang atw bahkan box nya aja yg spesial.

            @boys never grow up, bikin custom decal sendiri susah bro, problemnya ada di warna putih, di indonesia ga ada yg jual printer laser warna putih, soalnya warna putih dipake buat dasar warna supaya decal nya jadi opaque alias ga transparan. belom lagi ngedesainnya, hahaha.

          5. @robotic-munky untuk putih gunakan bahan decal yang white. tinggal keahlian cutting aja. untuk desain ga susah-susah amat.
            otakiri yang reviewnya lumayan bagus yang sudah precut. Untuk yang bukan precut kualitasnya dengan ngeprint sendiri ga beda. Malah enak bikin sendiri jika ada kesalahan pas masang tinggal print lagi. tidak perlu menunggu pengiriman.

        1. Wah asyik ternyata ada yang jual bahan untuk buat water decal sendiri ya. Bisa desain sesuka hati berarti.

          Thanks buat linknya. Tutorial yang mantap.

  2. Saya punya beberapa yang monocrom

    Kapan hari sempet juga ikut eventnya JR east berhadiah rx78 hijau khas JR. Sayang gak dapet. Entah itu kalau dapet masuk no4 atau 5 ya?

    1. Itu masuk ke nomer 5 karena not for sale item CMIIW. Bentuk nya campaign harus cepat cepat keliling dan mampir di semua Station JR East. Susah banget emang. BTW situ tinggal di Jepang ya?

      Kadang JR juga menjual beberapa item model kit berkolaborasi dengan bandai. Ini yang masuk nomer 4 store eksklusif itu.

  3. Hadiah majalah, ga dimasukin tuh, sakit bgt liat “furoku grade” advance of zeta hadiah dari majalah dengeki hobby (almarhum).
    Yg paling mahal ya primrose n hrududu, sebiji bisa 1jt

    1. khan dah masuk item no5, item Hadiah, not for sale he he he, hanya bisa dimiliki bagi pembeli majalah Dengeki hobby.

      Btw apa bener udah almarhum tuch majalah?

      Gue cuma langganan Hobby Japan soalnya.

  4. Jikalau sudah puas memiliki Premium Bandai, eh ternyata jangan puas dulu karena P bandai anda masih di level no 2 dari bawah. Eaah

    1. premium bandai kalo menurut saya sih ga akan langka, karena beberapa tahun sekali PASTI re-released, terakhir yg re-released si pasukan crossbone.
      gara2 promo crossbone X-0, langsung deh X-1kai, X-2, n X-3 released lagi, hahahahaha
      ——-
      satu2nya (eh 2 kali ya) P-Bandai yg saya punya cuma HGUC twin Ball Set, isinya Ball dari 08th ms team n Ball dari MS-Igloo. kalo ga salah udah pernah 2x rilis deh ni benda

      1. Beberapa sudah langka, liat liat aja animo saat pertama kali launch. Kalau tiba tiba harga terkerek dengan cepat biasanya akan sedikit turun lalu stabil.

        Tapi bila adem ayem aja, biasa susah naik.

        Yang bakalan naik banyak…. mhm biasanya diem diem gak banyak yang jual tapi harga naik terus. Dan terus dan terus.

  5. Gegara lihat videonya I jadi pengin. Terus cari di toped gak ada, cari di eBay dapetnya harga 10-16jtan gila dan kayaknya bakalan naik terus dengan semakin melangkanya unit ini.
    Geleng geleng gedex

    1. Justru saat ini yang mulai langka adalah kit masa masa GFT

      Harga kit berangsur naik

      Di luar Bandai, mhm yang masuk langka dan harga naik 2-3x lihat walau bukan barang limited adalah Dragon Momoko 🤣🤣🤣

      1. Kalau dragon momoko gak tertarik ah

        Btw ini khan GBT baru aja buka, pasti awal awal ini kit limited nya bakalan langka semua krn ada nilai historis

  6. Versi GBT yang harganya akan terus menggila itu bukan yang limited item. Tapi yang limited prize yang gold coating HG & MG RX 78-2 itu. Kedepannya pasti bakal naik terus, terutama untuk yang MIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s