GUNPLA EXPO INDONESIA 2018

Kabar Gembira bagi Bro&Sist penggemar Gundam di Indonesia, tahun 2018 ini Gunpla Expo kembali hadir menyapa dengan berbagai produk limited yang sangat terbatas dan item item limited yang sangat layak dilengkapi sebagai koleksi.

Ini adalah kedua kalinya Bandai mengadakan Gunpla Expo di Indonesia, pasar Indonesia adalah pasar yang gurih manis bagi Bandai dan tentunya karena Perusahaan Bandai Jepang juga semakin agresive dalam hal pemasaran akhir akhir ini, setelah terpicu kompetisi sengit dengan bootleg yang makin hari makin berkualitas aja produk produknya. Bahkan beberapa merk bootleg memiliki kualitas detail model jauh lebih baik diatas kualitas Bandai Jepang dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Tentunya Bandai sangat terpukul di market karena hal tersebut.IMG_9226

Gunpla Expo kali ini Bandai bekerja sama dengan Multi Toys, berganti dari partner tahun sebelumnya. Mungkinkah hal ini terjadi karena pada Gunpla Expo tahun 2017 sebelumnya terjadi banyak keluhan seputar prosedur penjualan item limited Gundam yang terkesan ada “permainan panitia Indonesia”. Banyak keluhan dari pengunjung dan pengemar Gundam khususnya yang berasal dari luar kota bahkan luar pulau yang sudah berusaha keras dan berkorban waktu, tenaga, uang untuk datang ke Jakarta dan ternyata harus kecewa berat dengan kondisi di Expo ini.

Bayangkan barang limited item yang tersedia sangat sedikit sekali, sebagai contoh MG Sazabi ver.KA Clear Gunpla Expo Limited item hanya tersedia 2pcs saja, sedangkan banyak sekali penggemar Gundam yang sudah mengantri sejak subuh bahkan malam hari sebelumnya banyak yang harus pulang dengan kecewa dan dengan tangan hampa. Berbeda dengan Gunpa Expo di luar Indonesia. Benar item ini limited, akan tetapi tidak sebegitu sedikitnya jumlahnya, paling tidak ada 100-200pcs sekali Expo diselenggarakan. Para penggemar Gundam yang datang ini mengendus ketidak beresan, apalagi setelah Gunpla Expo Indonesia 2017 selesai, tiba tiba MG Sazabi ver.KA Clear Gunpla Expo Limited bermunculan di berbagai online store Indonesia (khususnya yang tergabung di Tokopedia), Banyak juga toko fisik, atau Hobby Shop di Indonesia, khususnya di area Jakarta tiba tiba memiliki item ini. Tentu harganya sudah digoreng jauh lebih mahal. Saya pribadi harus menebus seharga Rp.2.500.000,- bayangkan bagaimana Mafia Gundam bekerja di Indonesia. Bisa saja terjadi potong jalur pembelian dengan menyogok oknum panitia, sebelum acara event terjadi oleh Mafia Gundam untuk setelahnya didistribusikan ke toko toko dengan keuntungan yang besar. Persis seperti praktek mafia Hot Wheel yang dapat mendapatkan/menjual “treasure hunt” dengan jalan potong kompas buka kardus pengiriman sebelum barang sampai ke rak toko. Praktek ini dilakukan dalam gudang Jaringan toko besar dengan cara menyogok oknum toko. Mafia Gundam bekerja dengan cara yang sama liciknya.

Semoga tahun ini, 2018 Gunpla Expo jauh lebih baik. Tapi masih banyak komunitas pengemar Gundam yang juga masih menyangsikan kalau Gunpla Expo 2018 akan bersih dari Mafia Gundam, mengingat banyak komunitas Gundam yang tidak terlalu respect dan percaya dengan kinerja Multi Toys. Cerita lama bisa berulang kembali. Jadi males juga buat ngantre datang ke Expo kali ini. Kalaupun datang paling ya cuman lihat lihat saja.

Semoga dan masih Berharap.

 

11 thoughts on “GUNPLA EXPO INDONESIA 2018”

  1. Bener banget bro Gundam Expo Indonesia 2017 di KoKas tahun lalu termasuk kacau banget. Keluhan kawan-kawan sama nih, sistem penjualan item limitednya kelihatannya di curangi. Yang paling terasa memang benar MG Sazabi Ver KA Clear, yang dijual di Expo hanya 2 pcs. Eh seminggu setelah setelah event Gundam Expo + GBWC 2017 berakhir tiba-tiba MG Sazabi Clear menjadi banyak di toko-toko dengan harga 2,4 – 2,8 Juta rupiah alias 2 kali lipat dari harga resmi selama Expo.

    Itu baru yang MG belum lagi yang sejumlah tipe RG limited hanya ada 15 Pcs per-tipe saja selama expo. Semoga Expo 2018 ini lebih baik dan mengadopsi cara Gundam Expo di Filipina saja seperti yang saya tulis di artikel ini https://boysnevergrownup.blogspot.com/2018/06/breaking-news-gundam-expo-indonesia-2018.html

    1. Betul. Tahun lalu acara Gunpla expo di kokas saya juga kecewa berat. Pasti Ada oknum panitia kerjasama dengan mafia gundam. Atau jangan jangan mafia gundamnya ya panitia itu sendiri.

  2. Multi toys???

    Bah gua malah kayak yakin dah. Lah dia sendiri mafianya. Tanya aja semua toko toko gundam atau hobbies.

      1. Kalau stasiun bocah itu bisa terjadi karena oknum karyawan. Sedang kalau Multimainan ya pasti dari perintah Bossnya sendiri. Yakin gue.

  3. Untuk Gunpla expo mending Multi Toys

    Namun buat GBWC tetap MAP

    Masukan buat Bandai Jepang. Semoga diapresiasi buat kedepannya.

    Semoga ada Gundam Dock Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s