GBWC 2018 Indonesia, the most prestigious gunpla competition in Indonesia.

Event Gunpla Builder World Cup atau yang biasa disebut GBWC secara rutin diselenggarakan tiap tahun oleh BANDAI Jepang di berbagai negara sebagai kompetisi tingkat Dunia alias “World Cup”. Karena status World Cup tersebut, disertai dengan tingkat level kompetisi yang sangat ketat, spectrum yang luas dari aspek aspek yang masuk kedalam penilaian, maka kompetisi GBWC ini memiliki level yang paling prestisius dan paling tinggi tingkat kesulitannya jika dibandingkan dengan kompetisi sejenis, semisal; Tetsujin , Hobby Japan Cup ataupun Ora Zaku. Apalagi jika dibandingkan dengan berbagai gelaran event kompetisi lokal yang makin marak di Indonesia.

Image result for gbwc 2018

Bahkan Bandai selaku pabrikan resmi mokit Gunpla sangat concern dan terjun langsung mengarsiteki kompetisi GBWC ini. Juri utama tidak tanggung tanggung lagi adalah seorang Maestro Modeler Kit Gunpla ternama, yaitu Katsumi “Meijin” Kawaguchi yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Bahkan Kawaguchi San ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menilai hasil karya masterpieces para peserta/entry. Beliau sebagai seorang juri yang handal dan luar biasa, yang sudah tidak lagi terikat oleh selera yang bersifat subjective, berbeda dengan kebanyakan juri yang biasanya  masih memiliki selera yang mudah ditebak dan bersifat subjective. Nah inilah yang juga menyebabkan GBWC semakin terasa aura prestisiusnya, seseorang yang memiliki skill dan teknik yang tinggi saja tidak bisa semerta merta memenangkan kompetisi ini, belum cukup….. Masih banyak aspek lain yang harus luar biasa nilainya. Mulai dari Ide, Konsep, Skill, Technic yang dipakai, Eksekusi, Plating hingga “Aura” Master Piece hasil karya semuanya masuk kedalam bobot bobot aspek penilaian. Hanya yang “Best of The Best” yang berhak sebagai Juara GBWC. Berbeda jauh semisal dengan event Tetsujin yang bertitik berat pada skill dan technic modeler saja, sehingga sangat sulit sekali untuk menjadi seorang juara pada kompetisi GBWC ini.

GBWC tahun 2018 ini sukses digelar di Indonesia berkat kerjasama Bandai Jepang dengan MAP seperti tahun tahun sebelumnya, bahkan di tahun 2018 ini terasa kinerja panitia MAP semakin jauh lebih baik “Tumb Ups”. Nah pada 4 November 2018, Gelaran GBWC Indonesia telah ditentukan para pemenang dan Juaranya. Dua orang di puncak kelas Juara Tertinggi dikirim ke Jepang untuk mewakili Indonesia sebagai “Indonesia Representative” yang akan beradu dengan Juara-Juara (Representative masing-masing Negara) dari negara-negara lain untuk memperebutkan tahta sebagai Juara World Cup. Kedua Juara yang mewakili Indonesia sebagai Indonesia Representative GBWC 2018 adalah; Builder Antonius  (Open Course) dari Jakarta dan Builder Mark Alexander Ierwanto (Junior Course) dari Surabaya. Kedua orang ini adalah perwakilan resmi Indonesia di kompetisi GBWC International yang sangat prestisius. Word Cup akan diadakan di Tokyo – Japan, tepatnya di Gundam Base Tokyo, Diver City, Odaiba pada awal bulan Desember ini. Semoga dapat mengharumkan nama dan membawa kemenangan bagi negara Indonesia tercinta. Semoga Sukses!!!

 

Untuk Hasil GBWC 2018 Indonesia secara lengkap dapat dibaca pada link reportase : Boys Never Grown Up

Advertisements

16 thoughts on “GBWC 2018 Indonesia, the most prestigious gunpla competition in Indonesia.”

  1. Guru dah jalan jalan di kokas, emang keren keren yang tahun ini persaingannya keras, entrynya kerad kerad. Terutama junior coursenya.

    1. Entry Open sangat berkualitas juga tuh. Lihat detailx yang super dan clean banget khan.

      Bukan sekedar clean, tapi detailx berkonsep menurut gue sih.

    1. Karena mirip banget secara konsep ama pemenang HK bro. Dalam gbwc gak mungkin antar negara pemenang Ada kemiripan konsep. Pasti beda beda Bro.

      Bagusss sih, cuman lagi apes aja buildernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s