Ekspor Siluman ke Vietnam

Ini kabar kelas AAA loh Bro, pasalnya selalu aja ada selisih yang cukup tinggi antara data AISI dan data Polreg. (maaf datanya gak boleh gue pampang dalam artikel, tapi you know where to get it lah !!!) Nah penelusuran ini menyebabkan kekepoan yang begithu luar biasa menyengat ujung ujung syaraf syaraf yang terasa kejepit  dan serasa gatal gatal kepo yang tak tertahankan, aduuuh. Serasa mau ejakulasi tapi gak bisa keluar.

Nah tentu saja kekepoan ini berujung penyelidikan baru untuk mengungkapkan fakta dibalik keganjilan yang luar biasa ini. ada apakah ini??? Bagaimana bisa ada selisih yang luar biasa dari data AISI ke data Polreg, data AISI lebih besar dari data Polreg secara significant dalam beberapa bulan …. loh kok?

Nah setelah kedua data tersebut diperbandingkan, terjadilah data AISI selalu lebih tinggi dari data polreg secara significant, dibreakdown lah data ini,  oh ternyata hanya terjadi pada merk Honda, jumlahnya ribuan unit/bulan. dibreakdown lagi ternyata yang banyak terjadi di wilayah penjualan jatim hingga nusa tenggara. Nah setelah data berbicara saatnya penyelidikan lapangan dilakukan untuk menyibak rok yang menutupi rahasia ini. Apakah yang terjadi? masa dealer dealer hanya menimbun unit motor di gudang? sekuat apa gudangnya menampung? atau adalah pembelian jumlah besar yang terus menerus tapi tidak mengurus surat surat kepemilikan di kepolisian? jumlah yang sangat besar loh!!! nah sejumlah dealer yang berhasil kami temui mengiyakan misteri ini.

Jadi begini ceritanya, kelesuan pasar menengah bawah di indonesia menyebabkan market tidak bergairah. Akibat gesekan pasar yang cukup keras antara sesama dealer yang memiliki brand yang sama, mengakibatkan margin terlampau kecil, sehingga mereka puter otak untuk melempar unit unit yang memiliki target penjualan cukup tinggi ini ke area lain yang demandnya jauh lebih renyah dan menguntungkan. Nah jawabnya dilempar ke Vietnam loh!!! margin lebih tinggi bagi dealer setelah dipotong biaya pengiriman dll. Pokoknya disedot terus ke Vietnam.

Intermezzo: Pasar Indonesia cenderung lesu karena mulai ditinggalkan investor ke negara tetangga yang lebih baik iklim investasinya, lebih stabil secara politik, ketepatan dan realisasi janji janji dan perjanjian dengan sang investor yang dapat lebih dipegang dan dipercaya, birokrasi yang lebih ramah dan cepat, support pemerintah yang dapat dipercaya dan dipegang dan tentu saja pasar yang lebih bergairah dan menjanjikan. Itulah Vietnam dimata investor. Sehingga kondisi ini mendorong market dan iklim ekonomi menjadi lebih sehat dan baik.

Ini yang menyebabkan MS Yamaha sedikit naik secara polreg tapi tetep sami sami secara AISI di beberapa area ini. Rahasia terjawab ya mas mas Bro Bro!!! semoga tetep rajin mengikuti blog gue ya , Uhuuuuuuuuuuy dulu donk!!!

26 thoughts on “Ekspor Siluman ke Vietnam”

    1. Pantes kok Yamaha di Jatim naik tipis beberapa bulan ini MS nya, padahal alokasi delivery unitnya tetap tetap aja. Oh begini ceritanya ta.

  1. Sudah lama tidak mampir ke mareh.

    Komen apa Yach?
    Yach emang Vietnam lebih menjanjikan buat i vestor, merek meniru China.
    Dan ekonomi kita emang stagnan.

    Jadi brg tsb di jual ke luar ke importir umum di sana.

    Hitung hitung Mash untung karena ongkos ditanggung pembeli.

  2. Jadi bukan pabrikan yg ekpor ke Vietnam , tapi dealer langsung jual ke importir di sana, ongkir by pembeli. Ngak rugilah, karena di sana motor mahal.

    Kalu pabrikan ekspor ke sana, mesti nya tidak ada data ke polres.

  3. Banyak yg gagal paham.padahal dah disebutin dengan jelas itu brandnya.
    Yg seharusnya data aisi yamaha naik (real penjualan tanpa buang barang), tapi faktanya , data aisi yamaha ga naik karena produk sebelah buang barang (padahal cuma lewat doang, aslinya dibuang ke vietnam).

    Kaya mainan orang farmasi aja, buang barang ke pramuka..wkwkwkwk…

  4. Pabrikan yamaha kipas dolar
    Dealer Honda kipas dolar

    Apakah Kasusnya sama kayak moge yg d jual importir umum indo?

    Pabrikan ogah ambil resiko gak laku terus d ambil importir umum

    Btw Bukanya ijin produksinya untuk konsumsi dalam negri?
    Ap gak masalah ya secara regulasi expor impor di indo maupun Vietnam?

  5. miris liat kondisi dijatim om. ini saya dijatim wilayah selatan loh dimana dealer yamaha kembang kempis lawan honda. tiap minggu digrujuk model baru juga, infonya masalah ekspor ke ln ini duluan yamaha daripada honda. karena harga off the road lebih murah, disini terlihat data polreg yamaha stabil karena udah lama mainnya. yang jadi contoh sekarang motor yamaha yg baru itu type apa dan rakitan tahun berapa? jadi ini memang fakta om kalo yamaha daqn honda juga ekspor ke ln lewat dealernya

  6. Gagal faham ni, Aktor utamanya H. Y ngikut, makanya ikutan naik juga.
    Tapi kalo aye ngobrol sama pemilik dealer besar Y di Tangerang, kalau ketahuan Pabrikan, praktek gini bakalan kena sanksi.

    1. Gini loh Om , secara teori kena sanksi betuuul.

      Tapi in praktek begitu penjualan naik ya pinter pinter tutup matalah. Gitu prakteknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s