Final GBWC World Champion 2019 – Winner Guess for World Championship

Perhelatan lomba Gunpla Builder terbesar di Dunia akan segera dilaksanakan pada akhir pekan ini, tepatnya pada tanggal 8 Desember 2019 di Tokyo, Japan. Gunpla Builder World Cup 2019 – World Championship. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana peluang masing masing perwakilan negara dalam kompetisi puncak perebutan juara Dunia. Bagaimana pula peluang Indonesia pada tahun 2019 ini. Jangan meremehkan Indonesia loh, tahun lalu Indonesia tampil sebagai Juara Dunia pada kelas Junior Course, GBWC 2018 – World Championship.

Nah pada tahun ini Mind Genesis bersama dengan Mr. “A” seorang pakar Gunpla dan Modeller kit dari Jepang akan mencoba menganalisa sekaligus menebak siapa yang bakalan juara dunia dan bagaimana peluangnya. Oke kita langsung aja mulai dari Open Course.

Pada tahun ini menurut MG, ada 4 kelompok aliran Besar yang terpilih sebagai juara dari negara-negara peserta, kelompok pertama aliran dengan thema Eastern Warrior. Pada thema Eastern Warrior ini, banyak sekali Finalist yang memiliki thema ini lolos sebagai juara dan sekaligus perwakilan negara, seperti Australia, Thailand, China, Taiwan,Vietnam, dan tentu saja Jepang. Jelas sekali inilah THEMA UTAMA (MAIN THEME) pada gelaran GBWC tahun 2019 ini. Salah satu atau salah dua pasti lolos podium sebagai pemenang (123).

Hasil gambar untuk Finalist Japan Gbwc 2019

Kelompok Kedua adalah aliran dengan thema 40th Gundam Anniversary, disini cuma diisi oleh 2 Finalist saja, yaitu perwakilan negara Korea dengan thema “Gundam Beyond” dan perwakilan Singapore dengan thema “V operation” Rada aneh juga sih untuk thema yang bersinggungan dengan perayaan ulang tahun gundam yang ke 40 ini hanya ada cuma 2 Finalist saja yang lolos, bisa jadi salah satu diantara mereka juga bakalan Podium nih (123).

Kelompok ketiga adalah aliran yang mengutamakan skill; Mega Custom Craftsmanship dan berfokus pada 1 Mecha Gundam yang di custom habis habisan. Yang termasuk di kelompok ini adalah perwakilan dari HongKong, Canada

Kelompok ke 4 adalah aliran Creative yang memiliki nilai Art, kita simpulkan sebagai kelompok Artistic-Creative. Nah disini tampil Finalist Malaysia yang begitu menonjol, Stunning Masterpiece Work, juga ada Finalist dari negara Perancis yang juga berusaha menampilkan komposisi art juga.

Disamping 4 kelompok ini, ada juga karya finalist yang memiliki thema atau aliran di luar ke-4 hal utama ini, seperti diorama (Italy) atau tema pasukan tempur (Indonesia dan USA) Bisa jadi untuk finalist di luar ke-4 thema ini dikarenakan tidak ada entry yang menyentuh ke-4 thema utama itu yang layak untuk diambil sebagai juara, atau minimnya jumlah kontestan, sehingga langsung diambil yang terbaik saja sebagai perwakilan tanpa harus menyentuh ke 4 thema tersebut.

Note: No data about Philippines Finalist

Nah Sekarang kita masuk ke topik utama artikel ini, Finalist manakah yang MG favoritkan sebagai juara 123 dan finalist manakah yang MR. A favoritkan sebagai juara 123.

Mind Genesis Guess (my guess):

World Champion : Malaysia

1st Runner Up : China

2nd Runner Up : Korea

Favorit Podium yg lain: Australia, HK, Vietnam

Alasan: karena punya Malaysia terlalu bagus dan sangat innovative sebagai karya GBWC yang taste-nya belum pernah ada sebelumnya.  Layak Juara dan jauh diatas ke-6 entry negara lain yang memenuhi kreteria masuk dalam Thema Utama. Sehingga karya yang masuk dalam thema utama akan berada di posisi ke-2 yaitu China yang memiliki detail custom yang maut dahsyat sekaligus memiliki story telling yang juga kuat. Entry Finalist China sangat inline dengan Sangoku Soketsuden Project yang lagi dikembangkan oleh Bandai. Build Quality sangat halus dan rapi. Pada posisi ke-3 saya memilih Korea sebagai karya yang memiliki story telling yang in line dengan perayaan 40 tahun Gundam di tahun ini.

Mr. A Guess :

World Champion : China

1st Runner Up : Malaysia

2nd Runner Up : Korea

Favorit Podium yang lain: Jepang, Vietnam

Ternyata gag jauh beda sama tebakan Gue ya…. uhuuuuuuuuuy!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16 thoughts on “Final GBWC World Champion 2019 – Winner Guess for World Championship”

  1. Sayang ya…
    sesungguhnya Champion Open A dari Indonesia bisa menggigit loh Om.
    Kriteria Warrior pada kelompok 1 nyerempet 🤣 rx-78 khan terkenal sebagai mbah Gundam , warrior nya Jepang Modern.

    Kriteria perayaan 40 Tahun Gundam masuk tuh di kategori kelompok 2, khan Ada perayaan G40 dan Olimpiade Tokyo yang bebarengan diangkat sebagai topik dalam Gundam Olympics

    Kelompok 3 juga masuk, customnya ampun ampun terutama bagian perut si mbah bisa nekuk alami gitu. Mega custom sekaligus pose-nya alami betul. Apalagi ini PG basicnya.

    Kelompok 4 apalagi, soal karya seni Nilai seninya dapet banget deh duh du duh. Gag ada yang menampik karya Champion Open A asal Indonesia ini Artistik banget , Masterpiece istilahnya githu.

    Podium 1 nih harusnya kalau ikutan di Open B. Sayang loh ikutan di Open A. Coba kalau ikutan open B bisa jadi calon kuat Indonesia Juara Dunia di kelas open tahun ini.

    1. betul sekali , gundam olympics harusnya masuk sekali pada thema kriteria di atas. Bisa chance juara kalau di kelas open B.

      sayang sekali buildernya masih masuk kualifikasi umur open A. bisa jadi harapan Indonesia di masa depan nih.
      Uhuuuuuuuuy!!!

    2. Sayangnya juara open A VS juara open B yang terbaik yang dipilih sebagai perwakilan negara itu cuman hoax terbesar dalam GBWC.

    1. Aneh sekali. Padahal kualitas jauh dibandingkan juara open 2018. Yg juara open 2018 malah gak masuk podium Final, padahal bagus sekali.

  2. Masih bagusan juara Indonesia yg open tahun 2018, jauh kualitasnya juara tahun 2019 kalau dibanding yg 2018 the red Comet

    1. Betul setuju the return of the red comet itu jauh lebih keren dari pada juara 3 Final World Championship 2019. Aneh nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s