Strategi Yamaha 2020, Honda wajib waspada!!!

Buat pembaca setia MG yang sudah membaca artikel ber-password pastinya tidak kaget mengenai kemunculan 3 produk baru Yamaha di penghujung tahun 2019 ini. Dalam Plan Yamaha di artikel berpassword memang tidak disebutkan di Bulan Dec, namun di artikel tersebut sudah dijelaskan dengan gamblang kemunculan ke-3 produk ini (new Nmax 155, XRS155, WR155) sudah jelas tertulis pada Q4 2019 (Oct-Nov-Dec). Walaupun di artikel tersebut cuman ditulis New Nmax, WR 150cc, dan XSR lokal namun akurasi informasi masih cukup akurat koq. Walaupun jujur saja MG juga sampai deg degan juga bener gak ya…. kok setelah lewat bulan 10 (oct) kemarin gag satupun yang meluncur. Rupanya langsung dibuat brojol barengan untuk menghemat ongkos launching, itupun masih dibarengkan dengan Meeting jaringan Dealers Yamaha se-Indonesia. Jadi 1 tepuk, 5-10 pulau terlampaui dengan budget yang se-efisien mungkin.

Oke buat yang sudah baca artiket tersebut, pasti heran dengan bocoran plan yang nampak jor joran dengan produk baru. Namun terbukti khan….!!! Uhuuuuuy!!! banget bisa langsung keluar produk baru. yang oke oke punya Yamaha ini. Semua menyengat!!! Terutama pada produk WR155 yang memang gak tanggung tanggung menenggelamkan semua kompetitornya. (dibandingkan CRF150 dan KLX150 jelas WR155 jauh lebih superior meninggalkan lawan lawannya). Nah Yamaha kini tidak tanggung tanggung lagi. Pembelajaran Pahit kasus R25 yang keluar nanggung karena menyetarakan dengan Ninja FI yang sudah lebih dulu diserap pasar rupanya sudah bikin jera Yamaha. Kini WR155 langsung hajar dengan superiority advantages untuk membungkam lawan lawannya. Di sport Racing Yamaha memang saat ini kalah, namun di sport garuk tanah Yamaha akan menancapkan kuku-kukunya dalam dalam.

Pada kasus XRS155, sekali lagi Yamaha tidak mau tanggung untuk mendobrak pasar blue ocean ini, bisa dibilang mungkin yang sedikit bersinggungan cuma Kawasaki W175, namun itu lawan remeh yang mudah dibungkam dengan sekali tepukan ringan. Justru tantangan akan datang dari produk Honda, namun sekali lagi Yamaha mencoba untuk “membeli waktu” dan melakukan penetrasi sebaik baiknya. Produk XRS155 ini termasuk bertaji dan dapat diunggulkan oleh pasukan sales Yamaha, hanya pekara mereka bisa gerak cepat untuk melakukan penetrasi dalam dalam di benak masyarakat Indonesia atau justru pasukan Honda yang dapat meng-intercept dan melakukannya dengan lebih cepat dan mantap. Rupanya Yamaha Indonesia tahu benar akan kualitas pasukannya, makanya mereka memilih strategi “membeli waktu” dengan launching XRS155 sedikit lebih dini dari momentum trend R2 yang berkembang di Indonesia.

Untuk New Nmax155, memang kemunculannya sangat terlambat dibanding langkah kompetitor yang sudah lebih dulu melancarkan jurus “1000 langkah kilat” namun lebih baik terlambat dari pada tidak muncul sama sekali. Nampaknya Yamaha takut tergesa gesa ambil keputusan pada Backbone product mereka yang sekaligus jadi cash cow mereka ini. Sekali salah langkah berakibat fatal pikirnya, namun terlalu berhati hati dalam melangkah juga berakibat lambannya respon untuk mengantisipasi serangan kompetitor dan menanggapi perubahan market.

Nah kembali bagi yang sudah pernah masuk dalam artikel berpassword yang pernah MG publish, mengenai bocoran produk baru Yamaha 2019-2020. Pada 2020 akan hadir juga beberapa product yang tentunya juga akan menjadi pasukan unggulan Yamaha untuk Fight Back melawan dominasi Honda di Indonesian Market. Nah tidak salah bukan bila pada tahun 2017, tepatnya di bulan Mei, MG pernah menulis bahwa pada awal tahun 2019, akan ada momentum kebangkitan Yamaha πŸ™‚ . Cek di link ini ya.

Okelah kita baru melihat hasil momentum berupa produknya di akhir tahun 2019, tapi secara internal Yamaha sudah ada momentum kebangkitan sejak awal tahun 2019 ini. Tepat seperti prediksi MG khan!!! Uhuuuuuuuuy!!! Jadi semua itu bergerak dari momentum internal terlebih dahulu baru kemudian sampai ke eksternal. Nah semua pergerakan ini bisa nampak dari “melihat” (memperkirakan) Business Planning jangka panjang Yamaha. Atau biasa MG sebut sebagai “Grand Strategy”. Kalau masih binggung baca artikel artikel lawas yang sudah pernah MG tulis ya, tentunya bagi sobat pembaca lama pasti sudah ngeh bener dengan tulisan MG mengenai cara membaca Grand Strategy dari suatu perusahaan, misal dalam kasus ini Yamaha dengan cara melihat dari pergerakan eksternnya saja, bagi yang masih penasaran bagai mana caranya, baca dan telusuri aja link link diatas ini.

Nah strategy Yamaha untuk memenangkan tahun 2020, setidaknya dengan menciptakan adanya momentum untuk growth, dan bisa fight back, walau secara M/S jangan berharap dulu karena kalau sudah in the right track, M/S akan bergerak dengan sendirinya walaupun seakan akan prajurit dari divisi sales tidak melakukan effort apapun yang berarti πŸ™‚ . Kalau tenaga dalamnya sudah terkumpul benar, pukulan akan jadi keras walaupun secara fisik effort-nya santai dan mungkin dilakukan serampangan tanpa teknik yang benar. Inilah Marketing Strategy sebagai tenaga dalamnya.

Yamaha simple aja, setelah kalah perang tahun 2012 dalam peperangan Yamaha-Honda 2 yang terjadi di Indonesia, Mereka sadar kekuatan utama untuk menjual motor di Indonesia adalah dari product value produk tersebut dimata konsumen Indonesia, dengan kata lain kualitas produk menentukan 70% lebih kemampuan produk bersaing di market. Nah simple khan pemikiran Yamaha, namun juga akan berpengaruh dahsyat bagi peperangan market R2 di Indonesia, terutama juga impactnya sendiri bagi kompetitornya, Honda wajib waspada!!! Yamaha akan keluarin produk bagus-bagus-bagus dan bagus terus!!! Konsumen makin Hepy Oiiiii… Uhuuuuuuuy!!!

 

Salam Uhuuuuuuuuy!!!

 

34 thoughts on “Strategi Yamaha 2020, Honda wajib waspada!!!”

  1. Produk bagus tapi dengan menekan cost prod gt ya om? Diferensiasi model type dengan mesin yang sama. Makanya AHM bikin mesin overstroke.. Pastinya AHM lebih aware, karena mereka ASTRA.

  2. Sayangnya data AISI knpa harus dibungkam?? Kita2 yg kepo melihat pertarungan 2 raksasa ini gak bisa melihat hasil detailnya semua sales bilang menang meski menangnya tanda kutip dibagian belahan indonesia bagian mana

      1. Wah asyik juga trik nya itu . Tp gimana korelasinya dg kompetitor? Bukannya hanya data penjualan dr sisi hondda aja yg keliatan?

        1. Betul, cara ini biasanya dipake analis untuk liat pertumbuhan market sepeda motor nasional aja dan korelasinya dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Perlu info dari sisi lain untuk mendukung terbangunnya data yang detil nan lengkap

        1. itu namanya strategy kawin silang wk k k k
          yang laku dikawinkan yang gak laku
          yang bagus dikawinkan yang jelek

          biar semua laku keluar dari gudang, urusan bisa keluar dari dealer ke pasar ya biar owner dealer puter otak masing masing supaya duitnya cukup bisa muter wk k k k

          1. klo strategi pembenahan internalnya bagus dan berjalan baik makin kesini spesies jelek yg dilahirkan YIMM makin dikit, makin seneng dealer, ada secercah harapan. tapi klo yg lahir bagus 1, yg jelek 3 ya modar dealer, kapan bisa nafas leganya wkwkwkwkwkwkwk

          1. Wah ahlinya leasing nih tak nyiapin teh sama camilan dulu.. kira2 terawangan si WR gimana nih? Harga dah keluar spek dah diumbar.. klo Nmax kog malah pesimis ya dg harga nya kelewat 30jt untuk versi standard.. atau udah janjian sama pcx buat naik harga juga?

            Kartrl lagi donx

  3. Harga motor sport nya sekarang tinggi sekali ya, kirain ada retro dari big three yang dibawah 30 juta. Masih nggak ada ya.

    1. @Bibir
      DECEMBER 4, 2019 AT 9:30 AM
      ________
      Kan sudah jelas pasarnya dibagi2 pak…!!

      5 Tahun Yamaha menang model + penjualan + moto GP lalu 5 Tahun berikutnya AHM juga menang model + penjualan + moto GP..!!
      ( SUDAH JELAS DISINI ARAHNYA 4 KARTEL JEPANG BAGERO FUCK )..!!!!πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Kawasaki tidak produksi matic…!!!
      Tapi,
      konsen motor koplingan berbagai jenis..!!

      Suzuki fokus FU FI & NGesex R 150 series..!!
      Matic Nex series
      cuman produk iseng2 doang..!!!

      Mereka tidak akan pernah saling saing & membunuh,
      Coz,
      Mereka 4 KARTEL BAGERO KUNOYERO adalah sama2 saudara sekandung istilah kerennya alias pendirinya….!!!!πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Dan mereka tergabung
      dalam grup Yahudi Timur…!!!!
      ( paham pak…)???

      Anda minta sport kualitas bagus 30 juta..???
      Jangan harap dikasih…!!!
      Lupakan…!!!
      Lebih baik uangnya buat modal dagang saja & malah lebih joss….!!

      Jangan ngikutin dunia motor + mobil + smartphone + laptop terlalu menggebu ngebu…!!!
      Percuma ngikutin teknologi yahudi gak ada habisnya. Ujung2nya duitmu habis buat hal2 yg gak guna & ajaran pemborosan oleh kaum kapitalis…!!!

      Manfaat kan kendaraan second yg ada saja & masih bisa dipake boss..!!!

  4. Dengan the power of modal gedhe mah AHM bs apa saja. beli orang dalam Yamaha pun bs kalau AHM mau melumpuhkan Yamaha. jadi ya AHM waspada ya hrus, tp counter strategynya banyak jalan.

  5. senjata jualan itu kan tidak hanya produk bagus saja.

    tapi bagaimana produsen melayani konsumen dengan sebaik baiknya ,sehingga timbul ikatan tidak lansung antara produsen dan konsumen.

    jadi jikalaupun misal suatu produk secara kualitas tidak 100% bagus
    ( iyalah mana ada barang bagus harga bagus, belum saya temui di proyek industri sekalipun kecuali harga perkenalan untuk kepentingan marketing sebagai awal penetrasi perkenalan produk)
    maka konsumen dapat menerima sebagai suatu kekurangan yang dianggap wajar.

    Dan ini lah sebenarnya kekuatan AHM sebenarnya.

    produk bolah kalah bagus dari sisi design , kualitas dan harga ,

    tapi dari sisi kedekatan emosional dengan konsumen,

    itulah senjata utamanya.

  6. sebenarnya yg jadi senjata ampuh yamaha itu kan biaya overhead nya yg rendah dibanding AHM yg gemuk,

    sehingga pihak YMH bisa menelorkan produk kualitas bagus dengan harga yg kompetitip.

    Tapi metode itu bukan gayanya AHM sampai detik ini. Dan terbukti dengan konsisi sekarang pu AHM tetep eksis dan makin berkibar.

    Jadi sebenarnya ada sesuatu yang diluar jangkuan kita itu terjadi.

    1. Jangan lupa sdm honda indo ditempa dengan wawasan, gaya manajemen, pendidikan, dan profesionalitas grup astra yang sudah diakui kualitasnya. Ditambah dukungan konglomerasinya yang besar dan saling menyokong satu sama lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s