Antara Helm dan Masker

Helm sudah menjadi bagian tak terpisahkan saat berkendara dengan motor, walau secara historis awalnya dahulu pemakaian helm sempat dipaksakan menjadi suatu peraturan lalu-lintas, namun kini hampir semua pengendara motor memakainya saat berkendara. Namun masih saja ada pengendara bandel yang tidak memakainya, entah karena emang tidak pernah sadar atau dengan kesadaran sengaja untuk membandel karena malas memakainya.

Namun sebagian besar orang yang memakai helm saat ini bisa dikatakan masih belum sadar benar kegunaan piranti keselamatan yang sungguh vital bagi kepala pengendara motor ini. Umumnya mereka memakai helm karena hal ini adalah suatu ketetapan, hukum dan peraturan lalulintas yang jika melanggar maka akan dikenakan sanksi atau denda. Nah berapa banyak sih yang benar benar sadar akan kegunaan helm ini?

Sulit sebenarnya untuk menjawab hal ini, Konon katanya cukup memakai helm SNI dikatakan sudah cukup apabila kita memakainya untuk berkendara sehari hari di jalanan, tidak perlu memakai helm mahal yang kelas pembalap di sircuit. Namun bagi yang merasa Helm adalah investasi keselamatan terutama bagi kepalanya tentu berani bayar mahal dan membeli helm terbaik yang berkualifikasi snell, dot dan lain lain, bahkan yang kelas pembalap motor GP sekalipun. Memang ada juga yang beli helm mahal karena faktor gengsi untuk pamer di komunitasnya, namun masih ada juga yang fanatik akan keselamatan dan membeli helm terbaik untuk memberikan perlindungan maksimal bagi organ yang vital ini.

Nah kita dihadapkan pada spektrum yang luas bagaimana masyarakat memilih helm untuk digunakan sehari-hari ada yang cukup pokoknya asal pakai cukup, masalah hidup mati itu sudah takdir. Ada pula yang SNI sudah merasa cukup aman, namun ada pula yang kalau tidak beli dengan standart keamanan tertentu yang berkualifikasi Internasional tidak merasa cukup untuk perlindungan bagi dirinya dalam berkendara. Namun ada juga yang memakai helm kelas pembalap, dimana standart keamanannya cukup tinggi, bukan memakai cangkang Thermoplastic seperti layaknya helm jalanan, namun sudah memiliki cangkang serat carbon yang ringan namun kuat, serta berbagai teknologi lainnya yang dibenamkan dalam helm tersebut. Nah sah sah aja sih.

Sekarang kita bicara masker deh, ditengah pandemi Covid begini anjuran WHO secara umum adalah memakai masker kain sudah cukup bagi masyarakat non petugas medic. Okeeeey namun tentunya masih banyak orang yang pakai masker juga karena terpaksa… alhasil akhirnya karena sifatnya terpaksa tidak memakai dengan benar, lubang hidung masih nongol dan lain sebagainya…kadang dipakai kadang dilepas, saat bicara atau terima telephone malah dilepas wadddauuuh. Bahkan…sssts masih banyak yang membandel….. walau sudah dikasih masker gratis-pun masih kagak dipakai loh. masker diterima, pakai sebentar lalu masuk kantung, dirumah digeletakkan begitu saja, keluar rumah malas pakai, kalau ketangkap alasan lupa pakai atau gak punya masker. ya…..karena gak ngerti dan kepaksa tadi itu.

Namun bagi sebagian orang yang mengerti benar kesehatan dan keselamatan, bagi mereka ini hidupnya tentu bukan barang mainan, tentunya mereka akan ekstra hati-hati, selalu memakai masker kemanapun dan dimanapun mereka berada. bahkan masker kain bagi mereka gak cukup lagi. Ada yang memakai surgical mask, ada pula yang memakai N95 respirator yang katanya standart petugas medic. Sekali lagi tidak perlu saling bully… ini masalah kesadaran masing masing seperti halnya Helm.

Disinilah Masker dan Helm serupa ya. Bagaimana menurut kalian Bro?

Salam Uhuuuuuuuuy!!!

10 thoughts on “Antara Helm dan Masker”

  1. Salam uhuy…

    Om mau tanya, apa benar wabah covid 19 ini adalah konspirasi elit global untuk menjatuhkan ekonomi dunia, terutama dollar amerika ?
    Atau wabah ini murni benar2 wabah ?
    Tolong dijawab om
    Makasih

    1. Sori ikut opini pndapat ane wabah ini sdah ada sebelum desember2019 dan saat itu dari varian SARS ygn mnjadi turunan mutasi nya SARS COV-2. Krena utk studi data gnome dan RNA virus ada di bank data virus WHO maka wajar studi virus SARS utk meneliti jika ada mutaasi lagi misal jd COV-3 atau COV-4 dll. Bhkan virus Ebola jg ada bank data virusnya, aids juga. Nah kmungkinan memang mutasi alami terjadi, sperti SARS jadi MERS , atau bisa jg sedang di Lab diteliti tp trjadi kebocoran Lab yg tdk disengaja. Bill gates itu sudah prediksi akan ada wabah dr thn 2015 dia bilang ke WHO. Tp bill gates tau dr studi dia sendiri dgn bantuan program simulasi komputer, bukan Lab virus , krena bill gates bukan dokter. Dan juga kepala WHO tedros jg tdk tau virus krena jugga bukan dokter, uhuy dulu sj…..

      1. Kl masker / helm serupa kyk nya om , cth WHO tdk memakai masker N95 di depan umum, bill gates juga. Misal pmbalap rossi / marcqes juga jarang pakai helm motogp resmi mreka di jalan raya umum kan.
        Point pentingnya nangkep sih utk safety tp mngkin realitas di jalan bisa beda ya CMIW

        1. tapi khan banyak yg bukan pembalap pakai replika dengan standart yg sama di jalanan umum. kalau pembalapnya pasti pakai yg non helm balap tapi dengan safety yg tidak kalah dari helm balap karena mereka tau benar pentingnya safety dan harga kepala mereka. istilahnya modelnya/grafisnya bukan helm balap tapi dengan safety yg hampir sama.

          temen gua si doc, pakai kelas 95% didalemnya kain.

      2. Bulan oct-nov dinegaranya kapten dah banyak kematian karena influenza. Setelah diteliti baru baru ini ternyata itu Covid. Berarti Wuhan bukan ground zero. Tapi di negara kapten ini lah asalnya.
        Cuman gag pernah di expose sama avanger.

        Bisa jadi ini seperti flu spanyol yg asalnya juga dari amerika. Cuman nama flu spanyol karena cuman spanyol yg mengakui keberadaannya untuk pertama kalinya.

        Kalau serangan kapten ke yang lain bilangnya atas nama ham dan kemanusiaan maklum, superhero khan githu ya. Dulu waktu kapten beserta avanger menyerang pangeran seribu satu malam juga sama ceritanya. Alasan ada senjata pemusnah masal, tapi ketika pangeran seribu satu malam telah tewas dan kalah eh senjatanya gag kebukti. Nah sekarang giliran Raja Naga yang akan diserang dengan alasan memiliki virus dan demi Ham juga. Cerita lama selalu punya sekuel, maklum film Hollywood mah emang githu.

    2. Dan untuk stabilnya ekonomi lagi kapan om ? Terutama indonesia…
      Soalnya saya terkena dampak langsung, karena saya bekerja di bagian jasa transportasi…

      1. @ Yuri
        Menurut itung itungan gue sih kalau cara , kebijakan dan behave masih sama , dampak ekonominya bisa 4-6 tahun. ingat kita masih belum masuk di tengah tengah pusaran tornado, ini masih awal dari awalnya.

    3. @Yuri
      jadi gini Om, kita sampingkan dulu bentar ya antara konspirasi atau murni alami. kita liat gambaran besarnya dulu. Ini adalah World Reseting. Kehidupan dimuka bumi direset, dimana peradaban manusia, teknologi, norma kehidupan, dan bank hal lage akan direset. kembali baru. tatanan baru, dunia baru, new world order.

      kalau hal ini alami, berarti bumi atau kehidupan sedang meresetnya karena sudah terjadi ketidak seimbangan yang sudan menyakiti bumi/kehidupan.

      Namun kalau ini konspirasi, tentu ada yang ingin membuat tatanan dunia baru yang ingin kembali berkuasa diatas semuanya, bahkan diatas yg superpower sekalipun.

      guyonan saya ini ide orang gila yang menginspirasi orang genius.

      1. Terinspirasi oleh pimpinan sunda empire …. itu khan si gila, terus ditidaklanjuti oleh billlgatesss itu si jenius. Ada benernya juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s