GBMO, memikirkan masa depan bangsa lewat Olimpiade Matematika

Sebetulnya banyak anak-anak akan menyukai ilmu Matematika!!! Sungguh SERIUS!!!

Pendidikan matematika di Indonesia sering berhenti di “menghapal cara” bukan mengerti makna. Berhenti di aritmatika dan tidak pernah masuk ke matematika. Tidak ada yg salah dengan aritmatika, tapi di abad 21, kemampuan ini akan sangat mudah tergantikan oleh mesin. Ya mesin akan menggantikan pekerjaan manusia dengan adanya komputer, sistem kepakaran dan AI.

Apa maknanya tahun demi tahun kita mendidik orang yg nantinya bakal tergantikan oleh mesin? Sistem pendidikan Indonesia menyia-nyiakan talenta anak2 Indonesia yg luar biasa. Dan ini akan menjadi lingkaran setan, karena nantinya waktu mereka suatu saat menjadi pendidik, merekapun akan melakukan hal yg sama.

Matematika mungkin menjadi pelajaran yang terkesan sulit bagi banyak pelajar. bahkan ada yang menganggapnya sebagai momok. Namun seharusnya matematika ini adalah pelajaran yang menyenangkan, tentunya jika anak anak tersebut mendapatkan pengajaran matematika dengan benar. Bayangkan berapa banyak anak yang harus melakukan operasi perhitungan matematika tanpa mengenal dan mengerti apa yang sebetulnya mereka hitung. 

Ya, banyak anak-anak sebetulnya bakalan menyukai pelajaran Matematika, namun seringkali matematika yang diajarkan secara formal dalam dunia pendidikan di Indonesia jarang membedakan axiom, postulasi, definisi dan teori. Sehingga anak-anak jadi tidak suka menulis jawaban yang mereka sendiri tidak mengerti. Matematika itu sebetulnya mengasyikan loh, jika kita paham dan mengerti gunanya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal dan masalah yang dapat terpecahkan dengan mudah bila kita paham dengan benar penggunaan ilmu matematika untuk membantu semua proses-proses tersebut. Mulai dari analisa numerik, analisa data, research, forecast, perhitungan algoritma untuk pengambilan keputusan bisnis dan lain sebagainya. Ya matematika bukan sekedar teori atau cara untuk otak atik menghitung dan mencari jawaban sesuai text book. Ini ilmu yang hidup dengan kemampuan yang aplikatif untuk memecahkan berbagai persoalan kehidupan.

Untuk itulah memperkenalkan matematika harus dimulai sedini mungkin dengan dasar pengetahuan yang benar. Sehingga anak-anak akan mengenal matematika sebagai suatu bahasa universal untuk memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi, bukan sekedar hitung menghitung persoalan yang bahkan mereka sendiri tidak paham benar apalah gunanya.

Bagaimana kita bisa mendidik orang menjadi orang yang rasional kalau selama ini pengajaran matematika yang ada justru hanya meminta anak-anak untuk menghapal sesuatu yg sangat tidak intuitif seperti ini ?Hal inilah yang membuat, maaf, literasi matematika orang Indonesia dianggap kurang. Maka dari pada itu kompetisi berbasis modul pengajaran “Applied Math” sangat dibutuhkan oleh Bangsa ini. Setelah NBMC hadir pada tahun 2018 dan 2019, pada tahun 2020 ini hadir Global Business Mathematics Olympiad atau singkatnya GBMO sebagai usaha mencerdaskan dan membuka pikiran banyak anak muda, pendidik dan sekaligus orang tua untuk melihat cakrawala baru ilmu Matematika, yaitu ilmu matematika terapan Bisnis.

KLIK pada gambar untuk mendapatkan keterangan lebih detail mengenai lomba ini!!!

GBMO sendiri dibidani secara langsung oleh para creator NBMC yang sudah terbukti menghadirkan kompetisi matematika yang inovatif sekaligus memiliki level yang berbeda dibandingkan lomba matematika pada umumnya. Nah kehadiran kompetisi semacam ini adalah usaha  utk melatih agar anak didik di Indonesia terbiasa dalam bernavigasi logika, tidak gampang “nrimo” dan mempertanyakan apa saja termasuk apa yang diajarkan di dalam kurikulum pendidikan formal. Membentuk generasi Kritis yang mampu bersaing dengan kemajuan jaman sekaligus memiliki Advance Level, penalaran yang kuat, kemampuan otak yang balance antara mendefinisikan masalah, analisa, menghitung dan menerapkan hasil perhitungan.

Istilah saya, gak cuman pinter teori thok!!!

Ingin tahu lebih lanjut, simak artikel berikut ini: https://mygoldmachine.wordpress.com/2020/07/02/global-business-mathematics-olympiad-gbmo2020-hadir-sebagai-olimpiade-matematika-paling-bergengsi-di-indonesia/

Atau jika berniat melakukan pendaftaran dapat menuju http://www.gbmolympiad.com

4 thoughts on “GBMO, memikirkan masa depan bangsa lewat Olimpiade Matematika”

  1. Artikel ini membuka wawasan saya tentang matematika. Selama ini saya mengira matematika itu ilmu hitung menghitung, ternyata bisa aplikatif juga bagi pakarnya.

    Saya Guru SD mengajar matematika, jadi penasaran dengan GBMO ini. Dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai GBMO. Kemana saya bisa dapat info?

  2. Masa depan bangsa ini memang perlu dipikirkan baik baik. Harus ada usaha memperjuangan masa depan yang lebih baik bagi bangsa ini.

    Salut buat usaha semacam ini.
    Bravo buat GBMO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s