Global Business Mathematics Olympiad (GBMO2020) hadir sebagai Olimpiade Matematika paling bergengsi di Indonesia

Sungguh tartarik rasanya untuk mengulas kompetisi olimpiade matematika yang satu ini, sebab GBMO memberikan level yang jauh berbeda dari beragam kompetisi matematika yang sudah ada. GBMO hadir untuk menyambut dan sekaligus mempersiapkan generasi muda (pelajar) menghadapi tantangan Dunia Baru. Persaingan Global di “New Normal Era“.

Dimana pada era new normal ini dan kedepannya, akan banyak sekali pekerjaan manusia yang hilang, manusia akan tergantikan oleh mesin. Memang akan banyak sekali lapangan kerja baru akan terbuka, tentu saja hanya untuk mereka yang siap dengan perubahan yang sangat cepat, drastis dan revolusioner ini. Kemampuan menghitung (computing) berbagai persamaan matematika akan sangat mudah tergantikan oleh mesin (computer), sebaliknya nalar, logika, intuisi, analisa dan konsep ber-matematika yang humanis akan semakin dibutuhkan oleh manusia dan tidak akan tergantikan mesin. Inilah yang wajib dan harus disadari oleh para pemerhati dunia pendidikan di Indonesia, para pengajar dan juga orang tua. Tentunya kita tidak ingin membekali anak-anak / pelajar generasi muda kita dengan ilmu yang nantinya tidak akan terpakai dan percuma di masa depan. Sebaliknya mempersiapkan mereka secara bijaksana untuk dapat memiliki cara pandang yang global dan visioner, sehingga dapat memahami ke-ilmu-an secara benar, konseptual dan tepat justru akan memberikan mereka bekal berharga bagi masa depannya. Hal inilah sebagai ignition factor yang mendorong lahirnya GBMO.

Klik Poster untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap

GBMO sendiri tidak lahir begitu saja secara instant, sebelumnya dalam “The GBMO Committee” telah terjadi kulminasi dari berbagai visi dan misi sekaligus harapan untuk merancang suatu bentuk pembekalan ilmu Matematika yang bener benar berguna bagi masa depan anak-anak di near future. Tidak ingin matematika cuma dianggap sebagai ilmu untuk menghitung angka dan persamaan, yang bahkan si anak sendiri tidak memahami dan mengerti dengan benar apa konsepnya? apa tujuannya? dan apa manfaatnya?

Bertolak dari Visi, Misi, Harapan dan Ide tersebut, maka pada tahun 2018 direalisasikan dalam kompetisi matematika pertama di Indonesia yang memiliki konsep Applied Business-Mathematics, yaitu NBMC 2018. Kesuksesan ini dilanjutkan di tahun berikutnya dengan NBMC 2019 yang memiliki exhibition course competition untuk level anak anak SD. Namun pada tahun 2020, penyelengaraan NBMC terkendala Pandemi Covid-19. Situasi ini memaksa dan sekaligus hadir sebagai suatu kesempatan baik untuk mengembangkan kompetisi ini untuk ber-evolusi dan ber-inovasi lebih lagi sesuai dengan kondisi kebutuhan masa depan pelajar Indonesia. Dari berbagai masukan dari peserta, guru, orang tua dan pemerhati dunia pendidikan yang telah mengikuti jalannya NBMC di 2 tahun sebelumnya, maka kompetisi Applied Business-Mathematics dirumuskan dan disempurnakan lagi dalam bentuk GBMO (Global Business Mathematics Olympiad) 2020. GBMO 2020 kini hadir untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia menghadapi persaingan Global di “New Normal Era”.

GLOBAL BUSINESS MATHEMATICS OLYMPIAD ATAU SINGKATNYA GBMO ADALAH KOMPETISI OLYMPIADE MATEMATIKA TERAPAN BISNIS ATAU APPLIED BUSINESS-MATHEMATICS YANG DIADAKAN SECARA FULL ONLINE SYSTEM“.

Applied Business-Mathematics sendiri adalah ilmu Matematika terapan yang penerapannya secara nyata digunakan dalam dunia Bisnis untuk menunjang akurasi analisa data, logika, simulasi, research dan prediksi (forecast) untuk pengambilan keputusan dan kebijakan perusahaan. Kabar baiknya dalam GBMO, semua peserta (siswa-siswi sekolah) akan diajak mengenal, mempelajari, mencintai ilmu Matematika Terapan Bisnis sekaligus berkompetisi dalam Olimpiade yang penuh tantangan ini”. 
“Walaupun ilmu Matematika Terapan Bisnis dipandang sebagai suatu hal baru di Indonesia, namun kami percaya peserta lomba akan mampu berkembang, beradaptasi dan ber-evolusi secara cepat pada waktu mereka mengerjakan runtutan soal soal test GBMO. Kami telah merancang secara khusus runtutan soal-soal tersebut untuk membuka cakrawala baru tentang ilmu matematika, merangsang daya analisa siswa-siswi, memicu pengertian yang mendalam dan menstimulus otak mereka agar segera dapat mempelajari ilmu Matematika Terapan ini secara cepat dan menantang”.
“Kami percaya anak-anak Indonesia mampu berprestasi dalam menghadapi tantangan global ini. Hal ini dibuktikan pada 2 kompetisi kreasi kami sebelumnya, yaitu NBMC 2018 dan NBMC 2019 yang juga mengusung thema Applied Business-Mathematics. Kedua kompetisi tersebut membuktikan bahwa tantangan ini diminati sekaligus semakin dibutuhkan untuk memperkaya pendidikan akademis yang sudah ada. Dikarenakan situasi Pandemi yang melanda seluruh dunia, maka pada tahun 2020 kami berinovasi menghadirkan GBMO sebagai penyempurnaan dan jawaban atas situasi terkini”.
“Harapan kami siswa dan siswi sekolah  di Indonesia akan semakin mudah memahami apa itu Matematika secara komprehensif (axiom, postulasi, definisi dan teori), sekaligus penerapan ilmu Matematika dalam spektrum yang luas di semua segi-segi kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam dunia Bisnis & Enterpreneurship yang tentunya menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka semua”. 
“Kompetisi ini terbuka secara Nasional untuk semua anak Indonesia dengan jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Mari buktikan kemampuan dan prestasimu dalam tantangan Global Business Mathematics Olympiad. Jadilah Juara di kompetisi yang Bergengsi ini”.

Bagi anda semua; para pemerhati pendidikan, perwakilan sekolah, guru dan orang tua tentunya dapat mengikutsertakan pelajar, anak, siswa-siswinya untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam kompetisi yang bergengsi ini. Mengejar Prestasi merupakan bonusnya, namun memperkenalkan, dan membuat anak didik untuk tertarik mendalami ilmu Matematika Terapan Bisnis (Applied Business-Mathematics) adalah suatu kesempatan emas yang tak ternilai harganya. Pastikan pelajar, siswa-siswi, anak didik anda dapat mengikuti kompetisi GBMO pada tanggal 12 September 2020 yang dilaksanakan secara Full Online System untuk dapat diikuti oleh pelajar dari seluruh Indonesia. #KeepSmart and #StaySave.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut secara lengkap mengenai kompetisi olimpiade matematika ini, anda dapat secara langsung menuju link berikut: https://www.gbmolympiad.com

Pendaftaran dibuka mulai 1 July 2020 sampai dengan 5 September 2020, untuk pendaftaran dapat masuk di link berikut: https://www.gbmolympiad.com/2020/06/registration.htm

Yuk Tunjukkan Prestasimu pada ajang olimpiade matematika bergengsi GBMO 2020!!!

9 thoughts on “Global Business Mathematics Olympiad (GBMO2020) hadir sebagai Olimpiade Matematika paling bergengsi di Indonesia”

  1. Kedepannya kemampuan computing semua pakai mesin. Algoritma menjadi basis semua perhitungan.
    Manusia yg berteori saja dan cuman mampu praktek saja pasti gak laku kerja.

      1. Pelajari hal hal yang tidak akan tergantikan oleh mesin.

        Nampaknya di Olimpiade Bisnis-Matematika ini GBMO diajarkan penerapan2 matematika dalam bisnis. Kalau berhasil menguasai pastinya akan dicari perusahaan perusahaan.
        Beasiswa dalam dan luar negeri pasti juga menanti.
        Ilmu matematika yg tidak sekedar menghitung, kalau cuma menghitung khan sudah ada kalkulator. Bahkan kalkuator terbaru sudah canggih2 bisa pecahkan beragam persamaan matematika dan keluar grafik2nya. Di Indonesia ilmu matematika itu berhenti di aritmatika aja. Bukan matematika yg sebenarnya.

  2. Kami dari Kalimantan siap menerima tantangan ini. Kaltim Membara tak akan kalah dengan sekolah di kota kota jawa.

  3. Anaku sudah daftar. Moga moga menang ada voucher disc 9jt buat beli Ninja baru buat para juara. Anak kali ini kita persiapkan matang tiap hari les olim 3jam. Ngejar ninja di tangan. Bapake kali ini semangat josss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s