Belajar dari strategi Honda Monkey 125 x GUNDAM Limited Edition

Peluncuran Honda Monkey 125 X Gundam Limited Edition beberapa saat yang lalu benar benar mengguncang Thailand. Peluncuran ini bertepatan dalam Thailand-International Motor Expo 2020 (TIME2020) yang ke 37.

Beberapa artikel telah membahas hal ini, namun Gue akan bahas dari sudut pandang lain tentunya, baik secara Marketing Streategy yang tentunya harus paham benar dengan Customer Insight bukan hanya sepihak dari sisi “Biker / penggemar motor” namun juga Customer Insight “Otaku no Gundam”.

Okey sebagai pembuka Gue mau bercerita sedikit tentang Gundam untuk menambah wawasan. Pada tahun 1979 franchise Gundam dimulai dengan penampilan anime robot dalam bentuk TV series. Serial pertama ini bercerita tentang asal mula Gundam dimulai dengan Mobile Suit (istilah robot raksasa +- 18 m yg dikendarai oleh seorang pilot tempur) RX-78-2 GUNDAM yang dikendarai seorang pilot bocah yang terpaksa karena keadaan. Berbeda dengan serial anime robot lain yang sangat populer dimasa itu dengan tema “Super Robot”, Gundam hadir dengan tema “Real Robot”. Dimana dalam alur cerita ini kemampuan pilotlah yang lebih mempengaruhi jalannya pertempuran, cerita peperangan yang komplek sekali, dimana tidak ada kubu benar atau salah dalam hitam-putihnya cerita, semua memiliki kebenaran masing masing tergantung sudut pandang masing masing kubu. Belum lagi politik didalamnya juga rumit polidimensi, banyak kubu bahkan individu dengan intrik dan tujuan masing masing ikut meramaikan jalan cerita. Tentu saja tema peperangan dan kehidupan justru menjadi topik utama cerita. Mahakarya ini dianggap memiliki padanan dengan Star Wars chronicles bila dilihat dari bobot cerita. Tentu saja karya Gundam yg berasal dari Asia Timur memiliki detail khas dengan tingkat kerumitan yang lebih dalam bila kita bandingkan dengan Star Wars sebagai pembandingnya dari barat.

Karena ceritanya yang berat ini, banyak kaum dewasa yang menyukai bahkan menggilai Franchise Gundam ini, tak hanya animenya, bahkan sampai pada koleksi Gunpla Kitnya. Anak kecil tentu menyukai dan terpikat oleh aksi Robot dalam ceritanya, tapi remaja dan bahkan orang dewasa mencintai Saga ini. Gundam telah menjadi strong Japan Pop Culture yang dicintai penggemarnya dari seluruh dunia.

Bila kita bergeser keluar dari Jepang, ada beberapa negara yang memiliki basis penggemar Gundam yang luar biasa, pertama Hong Kong (China), kedua Korsel, ketiga Taiwan dan ke empat Thailand. Untuk kawasan Asia Tenggara tentu saja Thailand berada di urutan 1. (kalau Guwe asosiasikan dengan motor, thailand juga sebagai barometer utama trend setter motor di Asia Tenggara pada era 1990an) Nah melihat trend ke depan, Indonesia bakalan jadi market yang besar pula untuk Gundam Franchise ini loh. (Mirip dengan trend motor dimana Thailand menjadi barometer utama pada 1990an dan pada era 2010 Indonesia tumbuh sebagai barometer yang kuat juga, Nah Trend Gundam bakalan mirip dech bealive me!!!).

Oke sekarang kita masuk pembahasan Honda Monkey 125. Motor mungil ini termasuk motor Hobbiest, jadi jangan kaget dengan harga yang mahal di kocek walau jika dilihat dari sisi teknologi motor ini jadulnya gag ketulungan he eh eh. Tapi disitulah asyiknya loh. Pasarnya memang Niche banget tapi loyalitasnya tinggi sekali. Nah tentu saja kolaborasi (sering sama orang Jepang disingkat “X”) Honda Monkey 125 X Gundam Limited Edition ini bukan asal dibuat. Brand Collaboration antara Honda dan Gundam tentu akan menjadi ramuan tersendiri yang ampuh dalam meningkatkan Brand Loyalist kedua merk ini. Penggemar Gundam rata rata memiliki fanatisme yang tinggi terhadap merk merk yang sudah collabs dengan brand Gundam. Apapun itu!!! Tentu Honda memang yang lebih banyak diuntungkan dan sebagai gantinya memang akan ada keuntungan finansial yang diberikan untuk franchise Gundam tersebut. Momentum promo collabs inipun sangat tepat, pasalnya Gundam menjadi brand Jepang yang paling aktif selama 5 tahun belakangan ini terutama pada tahun 2020 dalam melakukan giant leap marketing strategy, semisal saja peluncuran “Mainan” Gundam ke luar angkasa dan meluncur memasuki kembali atmosfir bumi. Belum lagi promo Real Size Gundam berjalan di Yokohama pier akan menjadi project ambisius Jepang di akhir 2020 untuk “berani” menyatakan mimpi para ilmuwan robotika.

Satu hal yang sangat menarik, selama pandemi covid-19 ini di Thailand dan bahkan di Indonesia penjualan plastic model kit Gundam malah naik pesat. Hobby Plastic model kit ini mulai menyentuh dan merambah lapisan masyarakat yang lebih luas berkat “stay at home policy”. Hobby yang menuntut dan melatih ketekunan ini tentu sukses bikin orang betah berlama lama dalam kamar untuk merakit dan menekuni hobby ini. Dengan peluncuran Honda Monkey 125 yang memang ditujukan buat hobiest, seakan berkata kalau orang ‘Hobiest” pastilah memiliki mahakarya, baik itu Gunpla (Gundam Plastic model kit) ataupun motor Honda sebagai brand yang memahami para Hobbiest ini dengan sangat baik.

Jika pernah menyimak blog ini sebelumnya juga pernah membahas mengenai Collabs Helm Bilmola dengan Gundam. Dan tidak aneh memang belakangan ini entah mengapa kok mulai banyak bikers yang juga menekuni hobby Gundam ini>>>Gunpla Model Kit. Jadi secara strategy market base clusters dan customer trends behavior juga sudah tepat sekali strategi peluncuran Honda Monkey 125 x Gundam limited edition ini.

Oke kita bahas sedikit produk yg dilaunch ada 2 jenis, pertama Honda Monkey 125 dengan grafis RX-78-2 Gundam yaitu gundam utama dan pertama dari segala series Gundam, istilah yang cukup popular adalah Grandpa Gundam (si kakek gundam). Sebab inilah gundam tertua, bapak dari segala gundam yang berikutnya muncul. Sedang di sisi yang lain adalah grafis MS-06S Char’s ZAKU II yang memiliki pesona paling kuat di sepanjang serial Gundam UC (Universal Century). Tadi sempet Gue bandingkan dengan StarWars, well memang keduanya memiliki banyak persamaan mulai dari Beam Saber vs Light Saber, Kemampuan luar biasa yang tidak sembarangan orang miliki New Type vs Force, bahkan tokoh utama musuh serasa memiliki kharisma yang jauh lebih kuat dari pada tokoh utama yaitu Char vs Dark Vader. Iconic banget tentunya Honda Monkey dengan grafis Char’s Zaku ini, kalau penggemarnya pasti paham kenapa Honda Monkey 125 MS-06S Char’s Zaku II pastilah 3x lipat lebih kencang he he he. (dibuat memiliki kecepatan 3x lipat yang standart version).

Hayo beli yang mana?

Kalau Guwe ambil kedua-duanya. Ini collectible items yang gak boleh dilewatin sueeer Uhuuuuuuuuuuuy-nya!!!

LOVE GUNDAM & LOVE the ZAKU too

7 thoughts on “Belajar dari strategi Honda Monkey 125 x GUNDAM Limited Edition”

  1. Perasaan beberapa brand fashion kelas AAA seperti Bathing Appe dan kelas AAA++ seperti Mastermind juga sering collabs dengan brand Gundam juga. Bahkan brand kelas A Uniqlo juga beberapa kali collabs dengan brand Gundam.

    Jadi spektrumnya luas banget ya.

    Jadi kalo dimotor mulai kelas 125cc ,150cc, 250cc bebek, matic, sport bahkan moge 600-1000cc juga bisa masuk collabs sama Gundam.

  2. Gundam ini makin lama makin memikat, aku dewe yow biker seng kesemsem ngerakit gundam.

    Mulai HG keterusan ke MG, moga moga nanti bisa juga beli PG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s