Tips Memilih Plastic Cement terbaik untuk Modeller & Gunpla builder.

Bagi para modeller, baik yang profesional maupun para penghobi untuk dapat merakit sebuah plastic model kit menjadi sebuah mahakarya, tentunya sangat membutuhkan dukungan peralatan “tool kit” yang memadai. Bermacam macam tool kit wajib harus dimiliki oleh seorang modeller, khususnya untuk dapat merakit plastic model kit dengan baik. Berikut ini adalah alat alat yang wajib dimiliki, mulai dari nipper (side cutter), pen cutter & fine craft knife (modeller knife), cutting mat, amplas, plastic scriber, dan Plastic Cement tentunya. 7 alat ini adalah 7 alat wajib (basic) yang harus dimiliki seorang modeller.

Luna Plamo Professional Modeller

Mungkin sebagai pembaca agak bingung dengan istilah plastic cement, sebenarnya istilah plastic cement adalah semacam lem yang digunakan untuk menyatukan 2 bagian part/permukaan plastic. Mengapa tidak memakai super glue saja seperti alteco atau lem korea? super glue merusak plastik dan membuat kotor permukaan plastic, terutama bila digunakan pada plastic clear atau bening, maka akan timbul “froze effect”. Ini bikin jelek dan akan merusak keindahan model kit, belum lagi susah untuk treatment ke proses selanjutnya. Berbeda dengan plastic cement yang bisa digunakan untuk beragam teknik pengeleman pada plastic. Selain tidak merusak, mudah pengaplikasiannya juga yang terpenting adalah fungsinya yang beragam; seperti untuk menempelkan 2 part atau lebih (mengelem), mengisi celah tipis (menambal retakan), sebagai medium fine fitting proses sebelum lanjut ke penempelan (penyatuan) ujung permukaan (plastic welding technique) dan lain sebagainya.

Nah selanjutnya akan timbul pertanyaan plastic cement apakah yang terbaik? agak susah tentunya menjawab pertanyaan ini, masing masing sangat tergantung kebutuhan untuk proses apa dahulu? Karena masing masing proses membutuhkan karakter yang tertentu. Namun beberapa modeller kawakan memiliki beberapa kriteria plastic cement yang baik. Berikut dibawah ini:

  1. Strong Bound, memiliki kekuatan yang sangat baik untuk menyatukan bagian (part) plastic model kit yang hendak di lem.
  2. Quick time welding, adalah kecepatan untuk membuat bahan plastic menjadi kembali dalam kondisi plastis sempurna. Istilahnya “plastik cepat kembali matang” sehingga dapat segera dilanjutkan ke proses berikutnya, tentunya lead time dalam mengerjakan suatu proyek model kit dapat jauh lebih effisien. Kondisi Plastis sempurna ini berbeda dengan pemahaman lem telah mengering dan mengikat kuat, banyak orang mengira jika lem telah mengering dianggap sudah dapat ke proses selanjutnya seperti kikir atau amplas, padahal belum tentu welding time selesai dan bahan sudah dalam keadaan plastis sempurna. Hal ini menyebabkan hasil kikir atau amplas tidak sempurna, sehingga hasilnya juga tidak bagus jika dipaksakan. Sebaliknya jika bahan telah plastis sempurna, welding time selesai, maka saat proses kikir maupun amplas akan homogen, sehingga hasilnya akan sangat halus dan sempurna, bisa dibuat rounded maupun tampered atau bahkan sudut tajam sempurna.
  3. Easy to Flow & Low Viscosity, pada umumnya modeller menyukai plastic cement yang memiliki karakter Low Viscosity namun tepat kadar viscosity-nya. Hal ini tentu sesuai kebutuhan proses pengeleman atau teknik apakah yang hendak diterapkan, semisal untuk menempelkan part bening maka butuh yg agak sediki kental namun tetap encer, sebaliknya untuk mengisi celah tipis butuh yang sangat encer. Tentu tidak sekedar viscousity saja, akan tetapi kemampuan liquid untuk mengalir dan mengaliri part plastik dengan baik juga merupakan suatu syarat keunggulan yang mutlak, semisal saat mengelem part dengan celah celah tipis dan sulit. Jadi percuma saja jika sangat encer (low viscosity) namun memiliki karakter bahan plastic cement yang susah mengalir pada part plastic yang hendak dilem.
  4. Bening sempurna dan hasilnya tidak merusak plastik. Hal ini sangat dibutuhkan terutama bila pengeleman justru menjadi bagian dari proses finishing. Semisal menempelkan detail detail kecil, terutama yg sudah dicat.
  5. Dapat digunakan untuk beragam bahan plastic. Umumnya plastic cement yang ada dipasaran hanya bisa untuk 1 bahan plastik saja semisal untuk plastic PS saja atau untuk plastic ABS saja. Namun ada beberapa merk yang bisa digunakan untuk beberapa bahan plastik semisal untuk PS dan PP. Bahkan ada plastic cement bermerk LUNA series SV & SSV bisa untuk PP, PS, mild PVC dan mild ABS sekaligus. (berbagai bahan plastik yg digunakan dalam arsitek miniature dan plastik model kit sekaligus).

Baiklah setelah mengenal karakter plastic cement yang baik, gue akan menjelaskan keunggulan dan kekurangan beberapa produk plastic cement yang biasa gue gunakan. Sebelumnya gue seringkali menggunakan Tamiya Plastic Cement, baik yang standart warna putih maupun yang extra thin series warna hijau. Kadang juga menggunakan Mr. Cement S dan Mr. Cement SP. Kedua merk yang saya sebut ini tentunya sudah sangat familiar dikalangan modeller Indonesia. Kedua merk ini gue anggap lebih bagus semisal dibanding merk Ravell maupun Academy yang menurut gue cenderung kental dan susah mengalir, bahkan hasilnya tidak kuat dibanding Tamiya dan Mr. Cement. Nah Tamiya standart menurut gue kurang kuat dibanding hasil menggunakan Mr. Cement sehingga alhasil setelah mengenal Mr. Cement gue beralih ke produk Mr. Cement. Produk Mr. Cement ini lebih nyaman digunakan dan enak untuk “fine fitting technique”. lebih nge-flow. Setelah mencoba beberapa kali gue sempat mencoba series S dan SP yang lebih kuat dan lebih cepat time welding-nya. Namun untuk merakit 2 part plastik yang tipis dan menghilangkan seamline gue masih setia dengan Tamiya Extra Thin yang flow-nya sangat baik dan low viscosity. Kelemahannya tidak kuat. Sehingga untuk part modifikasi atau custom menggunakan plaplate merk Tamiya justru lem yg gue gunakan adalah Mr. Cement series S dan kadang SP, lebih kuat dan lebih cepat time weldingnya dari pada merk Tamiya.

Namun setelah mencoba LUNA Plastic Cement yang hadir dengan 3 seriesnya, yaitu Luna N-Type, Luna SV dan Luna SSV, jujur gue langsung jatuh hati dan nyaman menggunakan ke-3 jenis plastic cement merk LUNA ini. Oh iya merk LUNA ini mungkin masih jarang dikenal oleh para modeller Indonesia ya. Tapi bagi yang sudah pernah mencoba pasti sudah tahu benar bagaimana keunggulannya yang luar biasa dari LUNA plastic cement ini.

Luna N-type memiliki karakter mirip dengan Mr. Cement standart, sangat nyaman untuk “fine setting technique” namun dengan hasil yang jauh lebih kuat, tidak mudah jebol putus saat dikikir atau diamplas. Hasil pengeleman matang sempurna, plasticnya homogen dan hasilnya memiliki tingkat kelembutan plastik seperti plastic ori part. Gue biasa gunakan merk model kit Bandai yang plastiknya lebih lembut namun crips. Untuk pencinta model kit Hasegawa pasti akan segera jatuh cinta dengan plastic cement ini juga, sebab plastik model kit Hasegawa juga memiliki karakter yang mirip, yaitu lentur, lunak dan crips. Sedangkan untuk model kit merk Tamiya, Aoshima dan Kotobukiya yang memiliki plastik rigid namun lunak, plastic cement ini masih sangat cocok dan masih enak digunakan.

Sedangkan untuk model kit Italery, Academy dan merk kelas 3 lainnya gak terlalu ngefek sih, plastik mereka sudah keras dan fragile, cenderung tidak lentur. Bisa digunakan juga tidak berpengaruh apa apa terhadap kenyamanan proses berikutnya namun hasilnya akan lebih kuat saja dari pada plastic cement merk yang lain. Bagaimana dengan model kit merk bootleg semisal daban, supernova dan kawan kawan, untuk kasus ini gue belum pernah coba, namun perkiraan juga tidak akan terlalu ngefek selain hasilnya lebih kuat, karena hampir serupa dengan plastik merk academy yang cenderung lebih keras. Oh iya Luna N-type ini bekerja baik untuk jenis plastic PS dan PP.

Oke selanjutnya kita bahas Luna SV. Plastic Cement Luna SV memiliki kekuatan yang lebih kuat dari N-type, Super Strong Bound, Extra Thin Low Viscosity dan Easy Flow banget. Memiliki Time Bounding (Time Welding) proses 15menit. Jadi kalau kita bandingkan dengan Mr. Cement yang butuh waktu kurang lebih 2jam untuk Time Boundingnya, gila ini produk cepat banget Time Bounding-nya (Time Welding-nya). Jadi sekali lagi bukan waktu lem jadi kering loh time bounding ini, tapi plastik yang di lem mampu bounding sempurna, welding sempurna menjadi kondisi plastis kembali seperti kondisi semula. Sehingga plastiknya jadi homogen sempurna, kalau di kikir dan diamplas karakternya jadi persis seperti plastik ori aslinya. (Kalau waktu lem jadi kering sih paling butuh 1-3 menit doang ya.)

Nah secara tingkat keenceran mirip banget sama Tamiya Extra Thin, bahkan flow ratenya juga mirip atau bahkan lebih baik dari Tamiya. Kalau untuk karakter penempelannya saat digunakan mirip dengan Mr. Cement S dan Mr. Cement SP, jadi Luna SV ini enak banget pemakaiannya, nyaman seperti Mr. Cement S & SP series. Bahkan dengan hasil pengaplikasian lebih kuat dan lebih cepat dari Mr. Cement S & SP. Uniknya tak hanya bisa digunakan untuk plastik berjenis PS saja seperti pada merk Mr. Cement, plastic cement merk Luna SV bahkan bisa untuk plastik berjenis PS, PP, mild PVC dan Mild ABS plastic. Jadi penggunaannya “wide range spectrums”; mulai model kit bermerk (Bandai, Aoshima, Hasegawa, Tamiya, Kotobukiya) sampai bootleg bisa semua, bahkan sampai plastik diorama, plastik beam bahan model Arsitek, plapate arsitek berbahan PVC hingga ABS semuanya dapat diaplikasikan dengan hasil yang baik. Bikin custom model kit bisa berhemat banyak nih dengan penggunaan bahan bahan arsitek yg lebih murah he he he.

Bagi penggemar “custom parah” alias custom habis habisan atau pro modeller (Pro Custom Builder) yang suka banget main potong-sambung, tempel aneka plaplate pastinya sangat butuh lem Luna SV series ini. Selain jauh lebih kuat hasilnya juga lebih cepat. Karena bisa menghemat waktu lead time (jeda tunggu sebelum proses berikutnya) sehingga lebih effisien dan bisa kebut proyek brumm brumm he he he.

Series terakhir yaitu Luna SSV, memiliki karakter yang mirip dengan Luna SV namun jauh lebih kuat dan lebih cepat dari pada Luna SV.

Luna SSV memiliki keunggulan sebagai berikut; Ultra Strong Bound, Extra Thin Low Viscosity, Super Fast Drying, Time Bound (Time Welding) hanya 10 menit saja. Gile Bener!!! Plastik matang sempurna hanya dalam waktu 10 menit saja. Karena sifatnya yang super fast drying sangat cocok untuk menempelkan small part, small plapate sebagai bagian custom, atau welding technique untuk memperkuat penempelan plapate besar pada bagian ujung sekelilingnya, sehingga hasil kuat dan rapi tidak tampak bekas penempelan saat selesai proses modifikasi.

Plastic cement Luna SVV series juga dapat digunakan untuk plastik berjenis PS, PP, mild PVC dan Mild ABS plastic. Wajib untuk dimiliki penggemar “custom parah” alias custom habis habisan atau pro modeller (Pro Custom Builder), karena penggunaannya yang “wide range spectrums”. Bahkan kalau suka main plaplate yang dibengkokin ngikutin contour body yang melengkung butuh banget plastic cement yang super kuat, LUNA SSV bisa jadi solusi terbaiknya. Untuk para penggemar custom otomotif atau kubu zeon pada gunpla builder pastinya plastic cement Luna SVV ini wajib hukumnya untuk dimiliki deh.

Untuk mengetahui dan memahami beberapa teknik penggunaan plastic cement, silahkan melihat video berikut dibawah ini. Keren Broh!!!

Luna Plastic Cement Tutorial Video

Terakhir, Gue rekomendasikan untuk memiliki ke-3nya. Luna N-type, Luna SV & Luna SSV. Karena ketiga jenis plastic cement ini saling melengkapi digunakan untuk berbagai kegunaan, keperluan dan aplikasi serta teknik yang berbeda beda bagi semua Modeller, baik yang sudah Professional maupun yang masih novice belajar dan coba coba bikin custom build model kit.

Salam Uhuuuuuuy!!!

26 thoughts on “Tips Memilih Plastic Cement terbaik untuk Modeller & Gunpla builder.”

  1. Saya biasa bikin 1/12 model kit moge merk Tamiya. Mulai moto GP replica sampai superbike. Kadang juga bikin pesawat model 1/72 scale. Mulai merk Academy, Hasegawa, Tamiya. Paling sering Hasegawa sih terasa paling premium, detail juga bagus. Kalau Tamiya entah kenapa untuk pesawat detail kurang, tapi kalau kendaraan darat paling bagus sih.

    Untuk lemnya biasa pakai mr. Cement kadang pakai punya tamiya juga kalau pas cari mr. Cement nya pas lagi kosong. Mr. Cement lebih enak sih applynya. Sependapat sama artikel ini.

    Lem Luna belom pernah coba sih. Jadi pengin coba
    Abis ini cari ah.

    1. Mantep yang ini om @Benyamin, sy dah pakai Luna SSV untuk 1/12 dan 1/24. Kadang juga main heli ama pesawat.

  2. Sy biasanya ngerakit gundam, baru aja coba beli yg Luna SV yg botol hijau. Karakter mirip banget sama Mr, Hobby yg SP. Melekat lebih sempurna dan lebih kuat. Harga juga jauh lebih ramah dikantung. 😍
    Kalau yg SSV warna biru belum sempat coba. Kapan hari hanya beli yg SV untuk coba dulu, ternyata puas.

  3. Abis liat video tutorial jadi paham caranya pakai plastik semen ternyata begithu. Macem macem tekniknya. Wah kudu lengkap nih.

  4. Abis baca jadi paham. Biasanya kalau abis nempelin part atau plaplate suka tunggu lem kering terus amplas, tapi hasilnya gak rata kayak ada celah dan kadang lubang seperti adonan roti. Ternyata harus tunggu sampe time bounding selesai ya. Pantas aja kok selama ini aku kurang rapi.

    Kalau lem Luna time bound jauh lebih cepat pasti lebih bagus, sebab gak sabar juga kalau harus tunggu time bound berlama lama.

  5. Sudah pernah beli dan pakai merk Luna.
    Kualitas Top dengan harga terjangkau. Hasilnya kuat dan rapi saat dipoles. Cukup oles dikit aja sudah kuat banget. Asyiknya bisa pakai buat nempelin part ABS juga. Kalau lem tamiya yg dulu biasa saya gunakan gak bisa, terpksa harus pakai alteco tapi hasilnya kotor dan gak rapi. Pakai lem Luna bisa multifungsi untuk berbagai keperluan. Oh iya sy pakai yg Luna tipe SSV. Sebotol cuman 39k.

  6. kapan ya sy bisa hobby beginian. wkwkwkwk.. dari bocah sampai kepala tiga gw kok gak hobby beginian…

    gw penikmat artikel motor om komeng

      1. Tapi ini bagian track (roda tank) lho bang, bukannya butuh cement yang keringnya agak lama ya bang, agar mudah dipasang

  7. Udah coba beli, baru aja kemarin barangnya sampe rumah.
    Tadi siang udah coba pakai buat ngebuild custom.
    Secara umum mirip banget sama punya Mr Hobby, namun jauh lebih cepat kering dan lebih kuat. Buat ngelem plapate ABS bisa juga ternyata.

    Mantab.

  8. Bagus sekali kualitasnya. Hitungan custom jadi jauh lebih murah karena bisa pakai bahan bahan arsitek plastik yg lebih murah jauh dibandingkan dengan bahan plastik custom untuk model kit.
    Lem ini tetap melekat sempurna dan rapih saat dipakai dengan plastik arsitek. Biasanya plastik arsitek ini susah, cuma mau nempel pakai super glue atau pakai uhu. Tapi super glue itu kotor saat aplikasi banyak noda dan susah dihilangin. Kalau lem ini bagus bisa menempelkan bahan dengan sempurna persis seperti lem model kit saat dipakai di plastik model kit.

  9. Lem ini gak terkenal. Awalnya ragu… tapi setelah coba..jossss ampuh banget luar biasa kwalitasnya.

  10. Bodi Nmax gw ada retak / pecah di bagian plastik belakang kanan karena kena tabrak dr belakang. Ternyata bisa juga di lem pakai lem plastik Luna. Hasil mulus tanpa bekas, beda kalau dilem pakai alteco yg bikin ada bekas lemnya. Kalau pakai Lem Luna hasilnya mulus seperti tidak ada pernah pecah sebelumnya.

  11. Nice review ni….

    Luna SSV
    Custom parah (check)
    Kubu Zeno (check)

    Langsung ke market place…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s