Pilih mana yang lebih baik !!! “HOnda All New CBR150R 2021” VS “Yamaha New R15 2021”, versi Karakteristik Biker.

Artikel ini ditulis untuk membantu memilih motor sport racing 150cc terbaru (CBR150R vs R15) sesuai dengan kebutuhan dan karakter pengguna. Mengapa dalam artikel ini kami batasi hanya Honda CBR150R 2021 dan Yamaha R15 2021? padahal masih banyak motor sport 150cc lainnya dan juga merk lain. Simpel aja…setelah kemunculan Honda All New CBR150R 2021, konsumen suka jadi bingung menentukan mana yang harus dibeli? Baik Yamaha R15 dan CBR150R jadi sama sama menarik untuk dimiliki, keduanya masuk dalam TOP of Mind calon konsumen motor sport fairing untuk kubikasi 150cc. Sehingga tentu saja keduanya (hanya 2 ini saja) yang seringkali bikin galau biker enthusiast Indonesia di beberapa hari belakangan ini. Weeehew…!!!

Oke beli motor itu gakkk semudah membalik telapak tangan, atau mirip sama emak emak pilih kacang di pasar… banyak sekali pertimbangan bibit bebet bobot sebelum meminang jika tidak ingin ada rasa penyesalan di belakang. Kecuali ya…..kalau anda sudah yakin ngebet banget ya … sudah sampai tidur susah, kalau dah tidur mimpiin melulu, apalagi kalau bangun kerjaannya melamun terus… beli aja deh dari pada merusak kesehatan mental nantinya. Kembali pada pertimbangan, Gue mau coba membantu untuk mempermudah dengan info info dan tentunya sudah dibagi berdasarkan karakteristik biker/penggunanya. Tentunya biar bimbang gak lama lama dan ada alasan jelas untuk beli atau tidak, seandainya kalau beli pilih yang mana?

Oke kita bagi dulu berdasarkan karakter Pengguna / Bikers-nya:

Sang Pemimpi

Biker dengan karakter Pemimpi sering kali mudah jatuh dalam godaan iklan namun sering menyesal belakangan. Tipe biker ini lebih cocok untuk membeli Yamaha New R15 2021. Bukannya apa…. Gue berani bertaruh luh saat ini demen banget ama Honda All New CBR150R 2021. Lu lihat iklannya…. liat TVC videonya… liat Foto Brosurnya cuantik banget dan digambarkan begitu perkasa serasa ngebut ngebut powerfull githu, nikung rebahan …tarikan handal….serasa 250cc…bruuuum breeeuum….Stop!!! Ngimpi Lu!!!

Gue bilang; sekarang lu ngilller, ntar lu bakalan nyesel nyesekkk klothok klothok. Spesifikasi mesin DOHC 150cc Silinder tunggal Honda masih sama dengan generasi sebelum sebelumnya. USD di depan tidak diimbangi dengan rangka yang kekar, belum lagi rear armnya tipe kotak konvensional bikin lu susah ereksi khan. Tentunya bagian yang kurang ini jarang diekspose di iklannya, namun begitu lu beli, lue bakalan sering liatin dan bikin elu kagak puas. Bisa modifikasi khan? tentu bisa..tapi inget jangan ngimpi terus…inget kocek lu woiii!!! Saat elu naikin…mhm jauh dari kata puas nantinya…. beda sama mimpi lu, tarikannya…hentakannya kurang macho, belum lagi suspensinya kagak bekerja dengan sempurna agak keras didepan, namun lembek di belakang dengan gaya mengemudi sesuai impian lu. Dan terlalu ngebanting saat melewati jalan keriting, serasa gak menapak sempurna seperti kakaknya yg 250cc. Bagaimana dengan R15? mungkin saat ini gak terlalu cantik dimata lu, iklannya juga githu githu aja ngebosennin.. tapi kadang yang tampak biasa biasa aja lebih bahenol jika elu genjot #eh geber di jalanan. Makin lama akan makin enak dipandang juga bodinya. Frame cantik, USD dan Rear Arm Banana juga seimbang. Belum lagi kalau elu suka main miring miring pas di jalan berkelok kelok githu…bakalan dapet lue Sensasinya!!! Uhuuuuy Bangeeeet!!!

The Realistic Man

Biker realistic memang jago berhitung Value for Money. Tapi jangan terlalu jauh jauh menghitung hitung…nanti lu malah gak jadi beli lagi deh. Saran Gue ambil aja Honda All New CBR150R. Loh kok CBR….. loh loh loh gimana dengan teknologi mesinnya? Power-Weight Ratio? Torque Max @Rpm? Teknologi frame? Inget juga Bro Bodinya juga mirip kakaknya 250cc bahkan ada penyempurnaan lebih bagus dan smooth, ada sentuhan detail yg lebih baik di bagian head depan dan samping. Bahkan secara keseluruhan nampak sedikit lebih manis. Kalau dipake dijalanan orang bakalan susah ngebedaiin..banyangkan yg beda sekilas cuman knalpotnya doang, 1 ama 2 itupun pemilik 250 pada rajin ganti knalpot aftermarket yang cuma punya 1 silinder peredam muzzel. Kalau di kegelapan malam makin susah dibedain kecuali suaranya… ganti aja dengan knalpot aftermarket juga lah yang sedikit keras menyalak ha ha ha.

Kembali ke mesin… mesin 150cc Honda dah terbukti effesien, irit, dan spare part mudah dan murah. Kalau mau modifikasi dijamin lebih gampang karena beberapa part bisa pake dan comot spare part sang kakak 250, belum lagi beberapa part custom modifikasi aftermarket CBR250RR bisa plug and play di All New CBR150R lah loh asyik khan. Realistic aja banyak sekali value dan advantages baik tangible dan intangible membeli All New CBR150R. Elo khan realistic… pasti dah tau juga dan bisa menerima segala kekurangan CBR150R dibalik segala value dan kelebihannya. Udah langsung dipinnang aja deh!!! Dari pada beli R15, beli barang baru namun gak bener bener fresh… ssst habis ini kalau dia ganti baju khan rugi beli sekarang.

Si penggoda Wanita

Yakin ini type lu!!!

Honda All New CBR150R aja, modal 150 bisa serasa naik moge lu. Kebanyakan wanita gak ngerti kok mahal mana antara CBR150R ini dengan ZX25, bahkan banyak cewe yang lebih suka model motor sport Honda yang lebih Luxurios Elegant dibanding Kawasaki yang lebih gahar sadis. Banyak juga wanita yang mikir dari modelnya CBR ini lebih mahal daripada Ninja. Honda All New CBR150R ini seperti personil BTS (K Pop) dimata wanita, menarik dan keren, cute dan sekseh banget.

CBR150R ini bodinya gedhe serasa moge, tarikannya lembut, nyaman dan terutama boncenger jauh lebih nyaman dari pada boncenger R15. Gak mau khan si dia tertarik digonceng terus kapok kagak mau lagi. Oh iya satu lagi dari survei sederhana yg sudah gue lakukan 9 dari 10 wanita lebih menyukai model All New CBR150R dibandingkan dengan New R15. Model CBR lebih menarik bagi wanita yang type-nya imut, type cantik dan type sekseh, selebihnya wanita yg menurut gue agak tomboy ada yang lebih suka model R15. Oh iya CBR 150cc ini lebih pas daripada CBR 250 cc. CBR 250 selain lebih berat… (elu khan kagak mau keliatan gak kuat githu saat ngebawa motor apalagi pas diparkiran), CBR 250 juga lebih berat di ongkos… lebih baik selisihnya buat modal lue pacaran atau modal ngebuat banyak cewe loe klepek klepek khan>

Sok Milenial

Buat yang Sok Milenial… makan aja tuch iklan dan segera panjat sosial, beli segera All New CBR150R, habis itu cepetan jual lagi kalau lu dah pamerin di medsos lu!!! yang penting dah sempat ngerasain memilikinya walau sekejap… eit dilarang pinjem punya temen buat pencitraan & pansos, temen-temen lu pasti setipe dech, blom lagi pasti entar ada aja yang sirik dan ngebocorin kemana mana kelakuan loe!!! Haiiiis ……. Buat yang sok milenial.. mhm performa kagak penting, kepuasan riding juga gak terlalu sensitif… tapi yang penting yang lagi trending topic apa nich!!! Honda All New CBR150R vs Yamaha New R15 pasti elu kagak perlu mikir lama lama… CBR150R lah pastinya!!!

Ekonomis tapi Sok Kaya

Biker gini nih yang didemenin para Salesman ha ha ha, so kalau elu tipe biker begini pasti udah bisa ditebak dan mudah ditebak oleh salesman motor. Elu itu ikan kakap yang mudah dipancing dengan skema kredit dan diskon!!! Pilihan yang tepat untuk elu cuman Honda All New CBR150R. Pertama perawatan irit, mesin ekonomis, konsumsi bahan bakar juga ekonomis, dan ergonomis gak bikin tulang belakang dan boyok lu sakit. Sedang dari sisi Gengsinya boleh nih untuk sarapan ego lu yang besar dan selera lu yang tinggi. Modelnya keren sekeren 250cc kakaknya. Eiit ……… Mau mikir beli CBR250RR ne ne ne..!!! Bukan cuman selisih 20 jeti loh sayang… itu loh konsumsi bahan bakar dan biaya maintenance service dan sparepart yang jelas gak ramah di kantong lu, bisa bikin elu teriak teriak histeris loh dan bisa bikin jantungmu berdetak kencang gak karuan. Jadi elu cocoknya ya cuman All New CBR150R ini. Model mirip 250 kakaknya…mirip banget tapi ramah di kantong ekonomis lu. Kalau R15 gimana…jelas gak cocok ama selera lu yang sok cool dan kaya, imagenya juga gak cocok, lu gak bakalan suka deh.

Pengebut Jalan Raya (The Street Racer)

Buat para pengebut Jalanan yang menyukai adrenalin dan kecepatan… angin adalah kawan dan aspal adalah persaudaraan. Jelas walau lagi hype Honda All New CBR150R yang keren serasa pemuda K pop. Cantik pake lipstick dan eye shadow yang indah namun kurang gahar dan kekar diajak berlari kencang. Gue yakin bagi elo para street racer performace adalah segalanya, riding experience adalah yang terpenting. Bicara Riding experience R15 memang yahuuut, mulai dari tarikan bawah ngisi terus hingga tarikan atas. Napasnya juga panjang bila dibandingkan dengan merk lain untuk kelas sport 150cc yg ada di Indonesia. Riding performace juga enak, stabil di jalan lurus maupun enak buat rebahan di jalanan yang berkelok. Frame dan suspensi sistem depan belakang mendukung. Enaknya lagi motor ini mudah dikendalikan dan walau bertenaga tidak liar seperti Suzuki GSX150. Jadi R15 adalah pilihan paling pas untuk budget 150cc namun bila ada dana lebih tentunya bisa pilih CBR250RR yang tentunya jauh lebih High Performance.

The Have

Buat elo kaum the Have, lupakan CBR150R dan R15. Lebih baik beli moge 1000cc aja, ini semua barang substitusi dari impian yang tak terbendung namun dana cekhak. TITIK.

Okey semoga artikel ini walau pedhas namun membantu. Kesimpulan motor mana yang lebih baik antara Honda All New CBR150R VS Yamaha New R15??? itu kembali sesuai dengan karakter anda sebagai konsumen/pembeli/pengendara/Biker’s Character & Behavior.

Salam Uhuuuuuuuy!!!

31 thoughts on “Pilih mana yang lebih baik !!! “HOnda All New CBR150R 2021” VS “Yamaha New R15 2021”, versi Karakteristik Biker.”

  1. Cbr cuman kosmetik doank. Depan usd belakangnya tahu kotak. Percuma aja framenya juga rentan patah. Beda jauh ama r15, suspensi depan boleh lebih bagus cbr tapi secara keseluruhan jauh r15 lebih baik.

  2. Sy vote yg pakai arm pisang aja deh

    Kalau pake arm tahu kotak malu maluin, blom lagi mesinnya klotok klotok, rangka patah dan oblaq.

  3. Cbr150 hanya unggul di congor sales πŸ˜‚

    Kelebihan R15 dibanding cbr150 :
    Mesin 19hp + vva (anti klotok)
    Arm banana
    Sasis Deltabox
    Tombol Hazzard
    Tombol engine cut
    Speedometer lebih lengkap
    Indikator shift light
    Passing beam

    Semoga berguna

    1. Ngapain bingjng beli aja yg lu suka orang yg komentar diatas lhan emang sales yg dagangannya kagak laku πŸ‘

  4. Jadi kesimpulan nya cbr pilihan yang lebih masuk akal ya🀣 ,jangan jangan hasil survey ahm buat cbr baru seperti ini. Mangkanya mesinnya tetep aja.

  5. Kalau liat mesin R15 itu mesin vixion. Mesin jadul itu. Sejak taun berapa digunakan sejak vixion pertama muncul? Paling cuman dimodif dikit dikit aja.
    Inget mesin c100 Honda yang juga dijuluki mesin jadul bebek yg digunakan bertahun tahun. Sama aja nih. Ha ha ha

  6. Intinya Honda AHM sudah kelabakan. Walau akhirnya menang di kelas 250 sport 2 silinder tapi tidak worth karena kemenangan ini cuma lawan Kawasaki.

    Sebaliknya di kelas sport 150 CBR kepencet sama R15VVA yang perkasa secara penjualan. Modelnya nampak besar untuk kelas 150cc disukai konsumen Indonesia.
    Nah akhirnya market sang kakak 250cc dikorbankan juga sebagai tumbal. Desain diambil untuk dipasangkan ke kelas 150. Dengan demikian masih bisa head to head lagi dengan R15VVA.

    Nanti diharapkan bisa menggeser R15 dari market 150 ini.

      1. Saya posisi netral aja om Eiscell
        Tidak perlu juga buka buka data penjualan di forum umum begini. Kalau berkecimpung dalam dunia otomotif pasti taulah kalau dari segi penjualan R15 itu masih perkasa walau kondisi Yamaha saat ini payah. R15 bahkan bisa ngegencet CBR150, atau istilahnya ngegunting sales CBR150.

        Kalau tidak terpepet tidak mungkin Honda sudi mengorbankan market kakaknya CBR250.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s