8 Fakta Menarik mengenai Event “Tetsujin Cyber 2021”, full Online Gunpla Competition 15 Feb – 15 APR 2021

Beberapa saat yang lalu, MG sudah membahas mengenai kompetisi online pertama Tetsujin, yaitu Tetsujin Cyber. Sayangnya masih sedikit info yang bisa dibagi pada artikel pertama tersebut. Pada artikel terbaru ini MG akan membagikan info terlengkap mengenai kompetisi ini.

Kompetisi Tetsujin Cyber merupakan kompetisi pengisi jeda antara Tetsujin 2020 dan Tetsujin 2022. Nah kenapa kok demikian? Sebab kompetisi Tetsujin 2021 yang rencananya diadakan awal tahun ini (2021) gagal dilaksanakan dan terpaksa di postpone mundur ke tahun 2022. Penyelengaraan hampir semua event-event di Singapore, terutama yang mengumpulkan massa terkena aturan kebijakan akibat dampak pandemi covid, sehingga panitia dengan terpaksa memutuskan untuk menunda event Tetsujin tahun 2021 ke 2022. Nah untuk mengisi jeda event tersebut maka diadakan sebuah kompetisi baru yaitu “Tetsujin Cyber”, Full Online Kompetisi pertama untuk Tetsujin. Hal ini mirip seperti langkah yang diambil Bandai dengan event G40BC pada tahun 2020 sebagai pengisi jeda GBWC 2019 dan GBWC selanjutnya.

Berikut dibawah ini adalah beberapa info dan fakta yang menarik seputar Tetsujin Cyber:

  1. Event Tetsujin Cyber adalah event Gunpla Competition Online yang memiliki aturan sangat berbeda dibanding event Gunpla Online lainnya. Seperti yang kita lihat pada cover atau poster Tetsujin Cyber, ada tertulis rentang waktu yaitu ” 15.02.2021 > 15.04.2021 ” . Ya bagi yang sudah menebak ada waktu yang dibatasi pada kompetisi ini tebakan anda 100% benar. Tetsujin Cyber adalah satu satunya kompetisi Gunpla online yang memberikan aturan rentang pengerjaan entry Gunpla kit yang diikutsertakan oleh peserta. Wajib kit baru yang dikerjakan dalam tempo terbatas 2 bulan untuk mengadu skill buildernya. Start paling cepat pada 15 Februari 2021 dan harus sudah selesai dan disubmit foto hasil entry-nya sebelum 15 April 2021.
  2. Hanya terdapat 2 Category saja, Yaitu Open dan OOB. Berbeda dengan kompetisi Tetsujin yang sudah sudah yang biasanya terdiri atas beberapa categories.
  3. Ada aturan pilihan kit wajib. Jadi pada kompetisi Tetsujin Cyber terdapat hanya 4 pilihan kit Gundam yang dapat diikut sertakan pada masing masing Category. Peserta bebas memilih, namun hanya terbatas pada 4 pilihan saja di masing masing category yang diikuti. Kit disediakan oleh panitia dan wajib diambil peserta di lokasi yang telah ditentukan oleh panitia.
  4. Biaya keikutsertaan kompetisi ini 15 SGD, atau sekitar 160ribu rupiah. Namun kit telah disediakan oleh panitia.
  5. Kompetisi ini hanya terbuka bagi semua orang yang merupakan penduduk Singapore, sehingga tidak terbuka bagi peserta overseas seperti pada kompetisi Tetsujin sebelumnya. Amat disayangkan!!! 😦
  6. Pada Open category, yaitu kategori dimana peserta bebas untuk melakukan modifikasi, kitbash, improve, enhanced, etc. Kit pilihan adalah sebagai berikut: OOsky, Justice Knight, Ifreet, Seltzam Gundam, yang semuanya adalah kit HG 🙂
  7. Pada OOB Category alias Out of Box, dimana pada kategori ini peserta dilarang untuk melakukan modifikasi, additional details atau enhanced part, sehingga peserta membuat kit ini persis seperti spesifikasi standartnya, hanya perubahan color Scheme yang diperbolehkan. Kit pilihan adalah sebagai berikut: Gan Ning Crossbone, Zhou Yu Akatsuki, Sun Shang Xiang Strike Rouge, Zhang He Altron yang semuanya adalah kit SD 🙂
  8. Penilaian Full Online dari foto, dibutuhkan 8 foto dari 8 arah mata angin, yaitu tampak Depan, Kiri, Kanan, Belakang, Depan-Kiri, Depan-Kanan, Belakang-Kiri, dan terakhir Belakang-Kanan. Semuanya foto diambil dengan selisih sudut 45derajat. (8 Mata Angin). Nah ini berbeda dari banyak kompetisi Gunpa online yang hanya mewajibkan 5 tampilan foto atau 4 tampilan foto, yaitu Depan, Belakang, Kiri, Kanan, (Atas).

Nah inilah ke-8 Fakta menarik seputar Tetsujin Cyber telah MG bahas diatas. Bagaimanapun juga walaupun event Tetsujin kali ini dalam bentuk yang berbeda sangat menarik untuk diikuti, hanya sayangnya peserta dari negara lain tidak dapat mengikuti Tetsujin Cyber. Walau demikian , bagaimanapun juga event Tetsujin Cyber masih tetap hadir sebagai barometer kekuatan dan kemampuan builder Asia Tenggara dimata Builder International.

Untuk info selanjutnya mengenai kompetisi Tetsujin akan tetap dibahas di site ini, silahkan mengikuti dalam artikel-artikel yang akan datang.

Uhuuuuuuuuuuuy!!!

7 thoughts on “8 Fakta Menarik mengenai Event “Tetsujin Cyber 2021”, full Online Gunpla Competition 15 Feb – 15 APR 2021”

  1. Crazy Dudes…
    peserta open dah mencapai 90 entry, padahal baru aja dibuka, open category dah ditutup karena peserta sudah full quota.
    Yang masih buka OOB category.

    Big Success event liao !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s