Daftar List Kompetisi Olimpiade Matematika dan Sains Bergengsi

Belakangan ini banyak sekali kompetisi Matematika dan Sains untuk mengasah sekaligus mengukur prestasi pelajar. Sehingga banyak sekali pelajar Indonesia, orang tua/guru/sekolah yang akhirnya bingung harus ikut kompetisi matematika atau kompetisi sains yang mana?

Nah, tentunya jadi ribet khan kalau kalian mau ikutan hampir semua kompetisi yang ada, karena itu kalian perlu tahu dan cukup pilih beberapa saja kompetisi yang sangat bergengsi. Jika kalian berhasil memperoleh 1-3 kemenangan saja di beberapa kompetisi bergengsi sebagai portofolio prestasi kalian, maka itu sudah lebih dari cukup untuk memperoleh Beasiswa dari berbagai sekolah favorite didalam dan Luar Negeri.

Berikut di bawah ini adalah daftar List Olimpiade / kompetisi Matematika & Sains yang wajib kalian ikuti karena sangat bergengsi:

  • IMO (International Math Olympiad)
  • GBMO (Global Business Mathematics Olympiad)
  • WMI (World Mathematics Invitational)
  • JISMO (Japan International Science Mathematics Olympiads)
  • IASO (International Applied Science Olympiad)
  • ISPRO (International Science Project Olympiad)
  • WMTC (World Mathematics Team Championship)
  • SEAMO (South East Asian Math Olympiad)
  • ASMO (Asian Science and Mathematics Olympiad)
  • Mechamathics Olympiad (Mechanical Mathematics Olympiad)
  • NASA Science Competition
  • SASMO (Singapore and Asian Schools Math Olympiad)
  • Vanda (International Science Competition)
  • AMC (American Mathematics Competitions)
  • AMC (Australian Mathematics Competition)
  • TIMO (Thailand International Mathemathical Olympiad)
  • HKIMO (Hong Kong International Mathemathical Olympiad)
  • PHIMO ( Philippine International Mathemathical Olympiad)

Nah setelah mengetahui daftar list tersebut, maka akan lebih mudah dan semakin selektif lagi dalam mengikuti suatu kompetisi dan olimpiade. Pastikan pada saat memilih mau mengikuti suatu kompetisi atau olimpiade, kalian harus “smart”(pinter-pinter memilih), pastikan kalian memilih kompetisi/olimpiade yang cocok/sesuai dengan tipe kecerdasan kalian.

Pasalnya kecerdasan masing masing orang itu berbeda dan khusus. Misalnya saja sama sama dalam hal matematika, ada yang memiliki kemampuan menghitung super cepat, ada yang mampu menyelesaikan persamaan matematika yang sangat rumit. Ada juga yang sangat jenius dalam konseptual matematika, mampu memperhitungkan geometris yang sangat rumit, bahkan ada juga yang pandai dalam aplikasi matematika dalam aspek real.

Tentunya setiap jenis kecerdasan ini tidak sama. Misalnya jika kalian sangat pandai dalam hal konseptual matematis, tentunya akan kesulitan jika mengikuti kompetisi matematika yang memiliki ciri khas soal soal yang harus dihitung secara cepat dan sebaliknya. Begitu pula yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persamaan matematika yang rumit, mungkin akan kesulitan jika harus menyelesaikan soal soal aplikatif matematika dalam bidang bisnis atau bidang teknik dan sebaliknya juga. Nah kecerdasan setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Itulah sebabnya diberbagai list lomba di atas mungkin seorang peserta yang mendapat GOLD medal di suatu jenis kompetisi, bisa jadi di jenis kompetisi yang berbeda dengan jenis soal yang berbeda, maka posisinya cuma Bronze atau bahkan tidak masuk peringkat prestasi dan sebaliknya. Jadi pandai pandailah mengetahui jenis keunggulan kecerdasanmu dalam memilih Kompetisi dan Olimpiade.

Setelah mengetahui jenis keunggulan kecerdasan anda, jangan lupa yang terpenting dan ingat selalu untuk memilih kompetisi/olimpiade hanya dari list di atas, hanya kompetisi/olimpiade yang sangat bergensi saja yang memiliki pengakuan tertinggi pada saat dikumpulkan sebagai portofolio prestasi anda, sehingga mempermudah anda untuk memperoleh penawaran beasiswa dari berbagai sekolah favorit di dalam dan khususnya dari luar negeri.

Semoga Sukses dan Berprestasi!!!

2 thoughts on “Daftar List Kompetisi Olimpiade Matematika dan Sains Bergengsi”

  1. GBMO lomba yang unik sekali, keren dan levelnya luar biasa tinggi. Prestis banget deh bisa ikutan.

  2. Mengikuti lomba matematika internasional begini, pilih yang sesuai dengan kemampuan, misalnya kemampuan ngitung cepet atau sebaliknya kasus kasus soal pembuktian rumus, sangat berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s