GB Master Championship , Event Kompetisi Gunpla terbesar tahun 2021

Seperti yang pernah MG bahas dalam artikel sebelumnya, tepatnya di sini. GB Master Championship hadir sebagai lomba gundam yang paling prestisius. Nampaknya lomba yang dihelat oleh Teknik Mesin UK PETRA ini mendapatkan full support dari Kawasaki sebagai salah satu sponsornya. Tidak main main sebanyak 3 course (3 kategori) yang berbeda di helat secara bersamaan. Bahkan lomba ini memiliki juri-juri berlevel Internasional, dari negara Indonesia, Kanada, Perancis dan Thailand.

Nah yang menarik disini, tidak seperti lomba lomba sebelumnya yang sifatnya diadakan oleh komunitas, atau diadakan oleh principal Official Bandai, menurut MG, lomba GB Master ini cukup unik. Selain faktor penilaian yang cukup luas, mulai dari konsep/ide, custom/craftsmanship, painting, mechanical-design, dan juga photografi/appearence, menurut MG lomba ini dikemas sangat unik karena melibatkan institusi pendidikan resmi sebagai pihak akademisi yang juga menentukan penilaian selain juri-juri yang memiliki background Professional Gunpla Builder dan Champion berlevel Internasional. Nah ini nilai positif yang sangat baik bagi hobby ini karena adanya pengakuan dari pihak akademisi, sehingga hobby Gunpla ini akhirnya boleh mendapatkan pengakuan nilai value edukasi bagi generasi muda, tidak hanya sebagai fun hobby saja.

Jujur apresiasi banget kepada Teknik Mesin UK PETRA yang memiliki visi panjang dengan adanya event kejuaraan Gunpla GB Master Championship ini. Hal yang lagi trend dan hype dikalangan anak muda, yang sebelumnya dianggap sebagai hobby saja, kini bisa dimaksimalkan sebagai sarana untuk memperkenalkan pelajar / generasi muda dan calon mahasiswa untuk mengenal dan mencintai dunia robotik / mecha. Hal yang selama ini kurang terbayangkan apa saja sih yang dipelajari di Teknik Mesin (Mechanical Engineering) kini bisa dengan jelas dibayangkan oleh kita kita orang awam ini, jadi ternyata teknik mesin tidak melulu bicara soal mesin otomotif dan mesin mesin konvensional saja ternyata, melainkan teknologi Robotika masa depan yang futuristik dan canggih bisa jadi menjadi menu andalannya. Jadi teringat pula Mega Project Robotika di Yokohama Pier – Japan. Dimana para ilmuwan dan professor Mechanical Engineering Jepang berkolaborasi membuat robot raksasa Gundam dengan ukuran skala 1:1 setinggi 18 meter. Nah seperti inilah loh ternyata gambaran Teknik Mesin itu ternyata. “Canggih-Keren-Futuristik”. Keren juga nih kalau jadi Mahasiswa Mechanical Enginnering PETRA.

Oke..Back to Prime Topic, event sekaligus kejuaraan ini pantas dinantikan hasilnya, sebab selain sistem penilaian yang lebih detail, bahkan di web official GB Master Championship ini, yaitu www.GundamBuilderChampion.com, dijelaskan juga sistem assessment yang jelas dan clear di tiap tiap Juara dan special awards yang diperebutkan. Jadi total ada 9 Juara dan 14 Special Awards, sehingga secara total ada 23 capaian yang bisa diperebutkan, wih banyak sekali. Setelah menghubungi panitia, MG mendapatkan penjelasan bahwa special awards yang banyak sekali macamnya itu untuk menghargai kreasi dan karya berbagai style gunpla builder, setiap builder pasti memiliki kemampuan yang unik dan spesifik, di event kejuaraan ini semuanya dihargai.

Bahkan pemilihan juri lomba ini juga tidak main main, selain harus memiliki kualifikasi sebagai Professional Gunpla Builder bertaraf International, para juri dipilih dengan selektif juga, sehingga mendapatkan dewan juri yang memiliki spektrum luas yang mampu mengakomodir berbagai type style builder. Sehingga semua karya builder apapun style dan typenya dapat dihargai secara penuh dalam kejuaraan ini.

Berikut adalah Dewan Juri lomba GB Master Championship ini; Dari Indonesia – Mark Alexander, peraih title World Champion GBWC 2018 Jr, dari Kanada – Ryan Lau, peraih title Canada Champion GBWC 2018, dari Perancis – David Alvarez, peraih title European Champion G40BC, dari Thailand – Jumrern Pasri, peraih title Thailand Champion G40BC. Dan terakhir adalah dari akademisi Mechanical Engineering – Yopi Yusuf Tanoto, M.T sebagai expertise dalam bidang Robotic Mechanical Design. Wuih siiip benar ini. Penilaian bakalan fair dan mengakomodir berbagai jenis style builder.

Oh iya jangan takut jika kamu masih pemula, atau bahkan baru saja mengetahui tentang kegiatan Gunpla Builder ini, pasalnya dibuka kategori khusus bagi pemula (Beginner Course) dan juga kategori khusus bagi entry level, khususnya pelajar (Students Course) yang baru saja mengenal dan bahkan baru tahu apa itu gunpla dari pengumuman artikel lomba ini. Bagi yang sudah Pro atau sudah Mahir, kalian ada kategori khusus yaitu Pro Course dimana ada tantangan khusus dan kriteria khusus yang harus dipenuhi sebagai handicap, sehingga lomba ini akan menjadi seimbang untuk semua peserta dari berbagai kategori / course. 14 macam special award yang disediakan juga akan diperebutkan dengan lebih adil dan seimbang untuk semua course yang ada. Jadi jangan kuatir jika kamu masih pemula atau bahkan baru mengenal dan baru saja belajar membuat kreasi dan karya gunpla sendiri.

Untuk pendaftaran lomba sudah dibuka sejak 10 Mei 2021 lalu dan akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2021, yuk tunggu apa lagi segera join!!! silahkan langsung ke website : www.GundamBuilderChampion.com dan segera daftar disitu, pendaftaran online langsung di web tersebut.

Untuk pengumpulan foto karya terakhir tanggal 28 July 2021, dan pengumuman pemenang tanggal 8 Agustus 2021. Masih banyak waktu untuk nge-build. Bikin sebaik baiknya!!!

15 thoughts on “GB Master Championship , Event Kompetisi Gunpla terbesar tahun 2021”

  1. Liat dari jurinya bolehlah ikutan kali ini. Juri Internasional dan gak ada orang komunitas tertentu. Netral jadinya. πŸ‘

    Selama ini malas dan kapok ikutan lomba yg diadain komunitas tertentu, yg menang ya orang komunitas itu juga.
    Sampai saat ini yg netral cuman lomba gundam yg diadain MAP, karena gak ada kepentingan menangin komunitas tertentu.

  2. Kompetisi yang bagus, kalau lihat aturan nya di web jelas banget, bahkan di tiap tiap award ada kejelasan bagaimana cara sistem penilaiannya. Pialanya oke, hadiahnya Top, kayaknya gak pernah ada yang sampai sebesar ini.
    Juri juga banyak dan internasional pula, jadi penilaian pastinya akan lebih fair.
    Yang paling penting justru awardnya banyak jadi kemungkinan menang lebih besar.

    Masalahnya sy harus masuk Pro Course, bakalan berat ini saingannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s