Pilih mana All New CBR150R VS All New R15(M) Connected, Macan Kertas atau Kucing Liar

Pasar Light Sport 150cc boleh saja tidak segurih matic 150cc, namun bicara soal passion dan gairah, pasar sport entry level ini selalu jadi perbincangan dan menjadi gengsi tersendiri bagi rider sekaligus pabrikan. Pasalnya bicara soal racing dan skill rider pastilah ajang tertinggi adalah motorsport baik itu Moto GP maupun Superbike. Kelas entry level di Asia (Asia Tenggara khususnya) umumnya mulai dari sport 150cc. Tidak heran kalau di Indonesia kelas light sport 150cc memiliki market size terluas dibanding semua market sport yang ada. Nah karena peminatnya yang cukup banyak maka kompetisi antar merk lebih keras disini, seringkali calon pembeli selalu akan menimbang dari berbagai aspek. Langsung saja mana yang lebih baik antara All New CBR150R VS All New R15(M) Connected?

All New R15 Connected

All New CBR150R atau seringkali dijuluki CBR150RR oleh para penggemarnya merupakan versi desain 150cc yang sangat menyerupai bentuk sang kakak CBR250RR. Tidak heran para fans boy dan komunitas motor sering menambahkan elemen RR saat menyebut All New CBR150R ver.2021. Selain bentuk yang sangat mirip dengan sang kakak, tidak ada hal yang istimewa dengan dapur pacunya yang masih 150cc DOHC konvensional seperti para pendahulunya. Selama satu dasa warsa ini CBR150R sering sekali gonta ganti baju demi merebut pasar dan mencoba menyesuaikan diri dengan minat konsumen Indonesia. Nampaknya secara umum jerohan masih sama saja dan begitu begitu saja, secara power ya biasa biasa saja, secara stabilitas dan kemampuan menekuk tikungan ya masih standart tidak ada hal yang istimewa. Namun soal penampilan sangat istimewa karena seringkali mengecoh dan sekilas nampak besar seperti kelas 250cc up. Namun soal suara muntahan tenaga ya masih me-“ngeong”. Jelas jelas strategi Macan Kertas digunakan Honda di lini produk ini.

Sebaliknya Yamaha dengan R15 ver.4.0 berusaha memaksimalkan power, akselerasi dan agility sekaligus stability. Konfigurasi mesin memang masih SOHC, namun disini dimaksimumkan dengan berbagai teknologi cerdik untuk mendongkak tenaga secara lebih maksimal. Mengejar efisiensi bahan bakar (segment medium low market), namun dari power masih bisa diajak teriak. Pada dasarnya mesin ini sangat baik pada putaran bawah dan tengah, namun untuk putaran atas masih di fasilitasi dengan memaksimalkan teknologi yang ada dengan cerdik. Dari segi rangka (frame) ini satu satunya yang “masih” tebaik di kelas 150cc, dan dari banyaknya fitur yang ada cukuplah membuat bangga pemiliknya, apalagi secara desain untuk All New R15(M) Connected mencoba untuk menurunkan tarikan desain R1 (M) yang futuristik-powerful namun masih memiliki ciri khas kental Sport150cc. Memang bukan Macan, namun Kucing Liar ini masih sanggup menggigit dan mencakar.

Pada tahun Kerbau Logam (2021), gertakan dan tipu daya akan memiliki keunggulan tersendiri, permainan ala Macan-Macanan Kertas tentu saja memiliki efek gentar dan deteran yang cukup hebat. Lihat saja bagaimana penerimaan pasar terhadap desain dan produk All New CBR150R ini.

Sebaliknya, saat memasuki tahun Macan Air (2022) nanti segala tipu daya dan gertakan tanpa adanya kemampuan terpendam tidak akan menghasilkan keuntungan, sebaliknya bisa menjadi bual-bualan dan dipermainkan ditahun ini. Konsumen menjadi lebih pemilih dan berhati hati, tidak mudah cepat termakan pancingan promosi yang menggiurkan dan mengulik ngulik ego dan hasrat untuk segera memiliki. Trend akan cepat berubah dan berganti ganti sepanjang tahun, begitu pula hati konsumen cepat sekali berubah seperti air. Promosi juga harus cepat berganti ganti sepanjang tahun untuk mengikuti perubahan hati konsumen, namun kualitas dituntut selalu sesuai dengan omongan dihadapan Sang Raja Hutan, pertanggung-jawaban atas klaim kualitas akan kejam. Saat inilah strategi Kucing Liar setidaknya akan lebih dapat beradaptasi dengan keadaan di tahun Macan Air.

Jadi bagaimana menurut Anda, pilih Kucing Liar atau Macan Kertas?

25 thoughts on “Pilih mana All New CBR150R VS All New R15(M) Connected, Macan Kertas atau Kucing Liar”

  1. Beberapa tahun terakhir, macan kertas yg jadi lirikan liar calon pembeli.

    Gak tau juga klo Kedepan berubah dan berbalik ke kucing liar.

  2. Pengenya sih
    1.Frame ala twinspar seperti R15
    2.Mesin GSXR150 kalau bisa plus VVAnya R15, biar bawahnya dapet atas dapet.
    3. Body belakang r15, body depan CBR150R
    4. Suspensi depan SFF-BP CBR150R
    Mimpi aja dulu yakan

  3. Kalo 2 spesies motor 150 cc itu dibenturkan dengan gsx 250 copot fender n saree guard gimana om?
    Pilih mana
    Hehehe iykwim….

  4. Kucing liarnya bigsize bro…

    Apalagi klo liat yg warna 60 anniversary weh yg keinget2 moge aja….

    Ya memang AHM cukup gonta ganti baju aja untuk macan kertasbya , tapi untuk spek teknis blom ada improve kecuali USD

    Turbular frame nya blom ada revisi update, setidaknya RND memperhatikan serius desain frame ini krn kasus crack sasisnya.
    Tidak ada improve di swing arm, masih besi kotak

    Kebetulan ada kenalan orang hobby balap d sentul bilang , ya memang basic mesin yamaha lc4v cukup ganas jika dioprek abis2an , sebenernya masih bs dilawan dgn mesin k56 series

    Tapi untuk frame dan kaki2 arm dll, itu yg jadi titik lemah saat diadu di kejuaraan balap di sentul. Semacam beda level antara sasis perimeter deltabox vs turbular

    Beda arm besi kotak sama arm alumunium casting banana.

  5. Gimana tanggapan tentang yamaha bej-at
    So far oke juga. Gx begitu squidward
    Lawan buat scoopy yg lebih serius dibanding si saluto

    1. Modelnya cantik dan menarik,
      Bakal jadi idola baru matic entry level, bisa menyedot penjual beberapa model walaupun masing masing hanya turun sedikit,
      Seperti Scoopy , Genio, beat, Mio M3 , freego.

      Tapi saat yg sedikit dari masing masing model tsb berkumpul di BEJ- AT , angka nya akan cukup mengagetkan.

      Selamat buat Yamaha motor Indonesia

      1. yamaha : launching motor bagus dan perkiraan sukses melihat respon di internet…

        dealer : waktunya maksa buat kredit…

        1. ini salah satu jeleknya manajemen yamaha.
          di 2017 akhir pas saya ke dealer honda yang sebelah2an sama dealer yamaha (buat indent pcx), saya iseng deh nanya nmax, wah bneran kaya yang dibilang dimana2 lho. kalo cash indent hampir 1 bulan, kalo kredit 2-3 hari dianter, padahal di dealernya jelas2 ada nmax ready (ternyata udah punya leasing).
          3 bulan setelah pake pcx, saya service di dealer yang sama, dan iseng nyamperin dealer yamaha……. nmax ready stok ada cashback pula.

          1. Betol saya juga pernah pengalaman mirip mau beli NMax awalnya tapi karena mangkel sama salesnya yang nyodorin skema kredit melulu. Karena itu saya coba mampir ke dealer Honda yang pas ada disebrangnya serong dikit. Ujung ujungnya ambil PcX cash!

  6. Analisa blom setajam artikel jatuhya yamaha di 2011, ini masih prediksi
    Kita lihat apakah Y bisa bangkit dan bertumbuh serta mempengaruhi mindset calon konsumen yg sudah terdoktrin merk kompetitor

    1. kenapa harus ‘terdoktrin’ bahasanya?
      emang yakin market share turun gara2 doktrin? bukan karena kualitas?

      berarti om kedapkedip ini secara gak langsung bilang kalo konsumen indonesia masih bisa didoktrin untuk pilih produk yang berkualitas atw sesuai dengan keinginan konsumen ya.

      honda menang —> doktrin ni, pembodohan otongmodip
      yamaha menang —> konsumen smart?

      1. Konsumen sudah pada pintar, rasanya tidak perlu sampai keluar kalimat ‘doktrin’. Keputusan konsumen sekarang murni berdasarkan dari kualitas produk dan layanan purna jual yang ditawarkannya.

        Ngomong-ngomong kenapa sih musti keluar kalimat ‘doktrin’? Perasaan sedang tidak bicara hal-hal politik

        1. gak mungkin bro!

          menurut FBY, market share yahaha anjlok karena ahaem gencar ‘doktrin’. maklum masyarakat indonesia pada bodoh2…

          1. Doktrin kasar mungkin masih kebaca, kalau doktrin alusss buktinya banyak yg kena

          2. @ringpiston, contoh doktrin alusnya yang begimana om? biar rakyat indonesia ga dibodoh2in lagi

          3. @munky
            Ya semisal kalau yg pake motor merk y dianggap kelas alay githu. Golongan kurang terdidik dst.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s