GBWC Indonesia – GBWC 10th (Gunpla Builder World Cup 10th) 2022

Tahun 2022 ini kompetisi professional gunpla builder kelas dunia hadir lagi di Indonesia, ya tentunya setelah absen 2 tahun yaitu di tahun 2020 dan 2021. Nampaknya tahun ini, GBWC tidak lagi melanjutkan tradisi yang sudah 9 tahun berjalan dari GBWC 2011 hingga GBWC 2019. Pada tahun 2022 ini, GBWC tidak lagi disebut sebagai GBWC 2022 namun kompetisi ini sudah berganti nama menjadi GBWC 10th. Ya pasalnya sudah 2 tahun absen tersebut akan menjadi aneh bila langsung penyebutan lompat ke GBWC 2022.

Tak hanya penamaan yang berganti pada GBWC 10th ini, terdapat sejumlah pergantian rules dan penyesuaian yang termasuk major changing. Nah apa saja itu, silahkan mengikuti artikel ini untuk mengetahui informasi informasi penting seputar GBWC 10th.

Berbeda dari rangkaian kompetisi sebelumnya yaitu yang digelar dari tahun 2011 hingga 2019 lalu yang diselenggarakan secara OFF Line, GBWC 10th diselengarakan secara Full On Line. Nampaknya kompetisi G40BC dan GBC 2021 yang lalu digunakan juga oleh Bandai sebagai trial & eror kompetisi Online, sehingga diharapkan penyelenggaraan GBWC 10th yang berlangsung secara Full Online akan berjalan lancar dan tanpa kendala lagi.

Pada GBWC 10th ini, para peserta tidak perlu bersusah payah lagi membawa karya karyanya ke lokasi penjurian. Bila sebelumnya harus membawa karya, tentunya sangat merepotkan bagi peserta luar kota dan luar pulau, apalagi yang jauh dari tempat kompetisi diselenggarakan yaitu Jakarta. Sangat merepotkan, memakan waktu dan tentunya sangat memakan biaya. Kini semua itu dipermudah dengan pendaftaran Online berupa foto saja. Namun semua foto karya harus original foto tanpa otak atik dan olah gambar digital tentunya, peraturan ini bersifat mutlak dan dapat mengakibatkan diskualifikasi bila ada peserta yang berani macam macam.

Untuk para pemenang Finalis, juga tidak perlu lagi bersusah payah berangkat ke Jepang untuk kompetisi Final World Champion GBWC. Nantinya para Finalis akan bergabung bersama secara Online pada Virtual Final World Champion GBWC 10th pada tanggal 17 Desember 2022. Wah keren ini, harapannya bisa serasa di Gundam Metaverse nih.

Click here

Nah ada juga perubahan major lainnya, yaitu peng-kategori-an peserta, bila sebelumnya dibagi menjadi 4 kelasmen, yaitu: Junior A, Junior B, Open A dan Open B, mulai tahun ini pada penyelenggaraan GBWC 10th kategori akan dibagi 3 Kategori yaitu Under-14, Under-20 dan Over-21. Nah perhatikan baik baik; jangan sampai salah masuk kategori peserta loh, nanti karya yang salah kategori akan dianggap menyalahi aturan dan diskualifikasi.

Nah inilah beberapa hal penting yang merupakan major change dari GBWC 10th bila dibandingkan dengan GBWC tahun tahun sebelumnya, semoga terbantu dan salam Uhuuuuuuuy!!!

Untuk mengikuti GBWC Indonesia 10th dan detail aturan selengkapnya dapat langsung cuussss ya ke web GBWC 10th …….. atau bila masih ada pertanyaan seputar GBWC 10th silahkan tulis dalam kolom diskusi dibawah artikel ini.

22 thoughts on “GBWC Indonesia – GBWC 10th (Gunpla Builder World Cup 10th) 2022”

  1. Akhirnya ada lagi ya GBWC indonesia di tahun ini. Ini kompetisi yang jelas jelas bergengsi bagi yang pro builder wajib ikutan nih.
    Tahun ini aku pasti ikutan lagi, sudah 2 tahun vacum, rindu GBWC lagi ai ha ha ha.

      1. Aku ikutan sejak GBWC 2012, 2013, 2014 vacum, 2015, 2016, 2017, 2018 vacum, 2019. Nah ini 2020 dan 2021 rencana ikut tapi GBWCnya yang vacum padahal dah siap entrynya aku. Kemungkinan besar entry tersebut aku ikutkan GBWC 10th ini.

        Belum pernah menang champion 123 memang, tapi setidaknya pernah nyenggol dapat Award sampingan. Lumayan lah.

  2. Menarik banget.
    Gak pernah ikut jadi pengin ikutan setelah baca artikel ini.

    Baca baca detailnya dulu ah

  3. Kalau setengah setengah ya pasti kandas, harus yang beneran pro dan karya yang berat yang bisa jadi finalis neh.

  4. Ada yang punya tips agar dapat menang GBWC ?
    Bagiin donk ke aku, udah 4x ikutan gagal terus.

      1. Ya ini repotnya gitu. Luar biasa itu gimana? Gak jelas khan. Ini lomba yg paling susah ditebak maunya gimana, penilaiannya juga walau ada rules juga tidak tertebak.
        3 x ikutan , 3x juga gw kandas. Padahal menurut gw dah bagus entry gw itu. Paling tidak podium 123 harusnya masuklah. Gak hanya menurut gw loh, bahkan temen temen komunitas bilangnya pny gw harusnya bisa juara. Aneh….

        1. Mantapz tipsnya Men.
          Banyak membuka wawasan baru neh.
          Setiap builder yg mau ikutan GBWC wajib baca nih.

  5. Awalnya gak pernah sekalipun tertarik ikutan kontes gundam GBWC, namun setelah sering baca baca artikel di blog ini kok jadi pingin banget ikutan lomba ini.

  6. Yah yg dluar wilayah tersebut susah ikut karena kterbatasan budget ke lokasi, wajib pula bwa kitnya ke lokasi

    1. Bener Om, emang mahal di budget buat kompetisi ini, seandainya menang juga kagak mungkin bisa balik modal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s