Getol Survey Komunitas Kawasaki, Honda persiapkan Sport 400cc menjadi K-Killer

Coba bayangkan jika motor sport Honda dengan kapasitas 400cc masuk ke pasar motor dengan rentang harga 100-200jutaan. Disana sudah ada ZX25R yang menjual gengsi serasa Moge… namun bukanlah moge beneran nih si ZX25 karena cc masih 250 yang sekarang dirasa masih kelas non Moge. Sehingga presepsi Moge beneran nampaknya akan digali Honda di kelas 400cc.

Apakah ini adalah project New Tiger? secara konsep memang sudah usang strategi ini, namun jika mau dipaksakan menarik beberapa prinsip dasar bolehlah, namun ingat hal ini sudah tidak sama lagi.

Secara pasti Honda sudah melakukan gerilya Survey ke komunitas komunitas Kawasaki sejak akhir tahun lalu sampai beberapa bulan di awal tahun ini. Mengapa hal ini menjadi sangat serius?

Nampaknya Honda menganggap Image Kawasaki cukup kuat bila dikaitkan dengan MOGE. Hal yang terjadi di Indonesia ini sangat berbeda dengan di beberapa negara tetangga semisal Thailand atau Vietnam. Di Thailand banyak sekali moge non Kawasaki yang berkeliaran, sehingga presepsi masyarakat Thailand Moge tidak sama dengan Kawasaki (Ninja). Namun di Indonesia, Image Kawasaki atau bahkan Ninja adalah Moge dan sebaliknya.

Nah bicara penjualan, Big Bike Honda nampaknya jauh dari target penjualan, sehingga agar secara overall Honda Big Bike dapat smooth penetrasi pasar di Indonesia perlu adanya satu “sub-market cracker” strategy yang harus diluncurkan oleh Honda. Nah apakah Moge 400cc harga terjangkau dapat menjadi STAR Strategic product untuk menggoyahkan Image Kawasaki khususnya Ninja ZX25 4 silinder? Bila ada budget 150jt kira kira anda pilih mesin 250cc 4 Silinder segaris, dan akan ada sisa uang untuk digunakan sebagai tambahan accessories pemanis tampilan seperti knalpot misalnya. Atau anda akan memilih mesin 400cc 2silinder segaris yang raungannya juga gagah dan berwibawa, masuk kelas moge benaran sih walau entry level tapi benar benar mesin moge (400cc up) dengan menambah sedikit budget lagi. (Nampaknya kalau sudah bermain di kisaran 100-200jt ini hasil survey menyatakan target market adalah konsumen yang memang mampu menambahkan budgetnya dengan ringan jika akan mendapat produk yang lebih baik).

Nah penasaran khan seperti apa ini yang akan terjadi? yuk diskusi rame rame di kolom komentar biar makin uhuuuuuuuuy!!!

10 thoughts on “Getol Survey Komunitas Kawasaki, Honda persiapkan Sport 400cc menjadi K-Killer”

  1. Bakalan seru kalau ada motor 400cc harga masih 100juta up. Model nude bike juga gak apa apa terondol jadi tanpa fairing. Biar creativity’s lokal yang bicara soal modifikasi.
    Kalau aku sih harga mirip gitu ya pilih moge beneran yg 400cc lah.
    Toh bicara suara itu modifikasi knalpot juga yg bikin merdu. Lebih suka yang ngebas berwibawa dari pada melengking tinggi suara sopran. Lol

  2. Tetep mikirin pajak sih,
    Pajak di Indonesia gak mau ada perubahan.
    Peraturan emisi euro memaksa motor untuk naik cc agar emisi tertekan tapi tenaga bisa naik(minimal sama).
    Contoh zx6r jadi zx636r
    R15 jadi r15vva
    Vario150 jadi vario 160.
    Pajak 250cc up jadi barang mewah menjadi tidak relevan.
    Terpaksa 4 silinder jatuh ke 250cc saja.
    400cc? Skip dulu,beneran nanggung ini.
    Sama kaya kasus 600cc yang mulai ditinggalkan karena harganya dekat dengan 1000cc.

  3. Bukan nya uda ada yg bahas er6n vs zx25r?

    Yg harganya ga terpaut jauh… Udah gitu hodna mau bikin 400cc 2 cyl jg? Iya sih moge beneran tp ya balik lg sih Kaya er6n vs zx25r kasusnya…

  4. Apakah ini ngobrolin CBR 400R 2 cylinder yg notabene ada CBR500R yang kubikasinya disusutin jadi 399cc.

    Point dari zx25r adalah lengkingan high rev 4cyl inline screamernya. Klo mau njabanin doi, wajib membuka2 berkas blue print cb400sf 4cyl lagi.

    Mau dilawan pakai 2cylinder cbr400r ?
    Terjunin dulu aja ke WSSP300 buat naklukin ninja 400 dulu. Klo bisa itu cbr 400 2cyl bisa jurdun. Wangi juara nya bisa buat branding image moge jawara….

    1. Sebetulnya asal harga sama saja saya pasti pilih yang 400cc. Jadi semisal zx25 4 silinder vs honda 400cc 2 silinder pasti pilihan saya yg 400cc secara power dan torque diatasnya.

      Memang suara 4silinder 250 zx25 sangat melengking dan ini lah nilai ejakulasi dari penyuka suara berisik dan lengkingan tinggi. Bahkan tentu saja lengkingan rpm diatas moge 1000cc. Nah kalau sukanya lengkingan ya pilih 250cc 4 silinder dari pada 1000cc 4 silinder.

      Kembali ke ejakulasi kalau pilihan saya ya perasaan menikmati power dan torque ala moge beneran.

      1. Hal ini bisa jadi sebab pada awal kemunculan ZX25 banyak penghobi moge yang coba coba beli ZX25, setelah beberapa saat mereka kembali ke Moge cc besar. Entah ZX25nya dikandangin atau dijual second. Intinya ZX25 ngak bikin mereka bisa ejakulasi githu wak ka kak kak kak.

        Bisa jadi yang belum pernah merasakan moge cc besar gak bakalan ngerti feel ini. Mereka taunya juga paling buanter 250cc 2 silinder… ngerasain yang 4 silinder ya langsung fly. Kalau sekali ngerasain feelnya naik Moge ya gak bakalan satisfying itu ZX25.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s