Mari mengenal Hobby Plastic Model Kit

Saat pandemi Covid-19 mulai terjadi sejak 2020 lalu, tak terasa waktu begitu cepat mengalir, 2020 terasa cuma sekedipan mata, 2021 juga tak terlalu jauh berbeda, seperti mengulang lagi 2020 dengan cerita yang hampir sama dan senada. Saat ini sudah masuk pertengahan tahun 2022 dimana hampir semua aktivitas tidak lagi terasa sama. Namun ada 1 trend Hobby yang begitu luar biasa berkembang selama periode waktu tersebut, yaitu Hobby Plastic Model kit. Bagaimana tidak? hobby yang satu ini menjadi “killing time” yang sangat mengasyikkan saat kondisi terkurung dalam kamar malah menjadi “golden moment”. Ya Hobby ini cukup ditekuni dari dalam kamar saja, tidak perlu aktivitas keluar rumah, semua alat dan bahan bahkan tinggal beli dan order online aja. Cukup rakit, kerjakan dan tekuni dari dalam rumah.

Apa sih Hobby Plastic Model kit ini? Hobby Plastic Model Kit adalah seni merangkai model dari part-part plastic yang masih tertancap menempel dalam runner plastic injection, untuk dipotong, kemudian dirakit, dilem, dicat, dan bahkan di custom untuk menjadi 1 buah karya yang utuh.

Hobby Gunpla atau lebih dikenal dengan Gundam Plastic Model Kit, sumber gambar poster LUNA plastic cement.

Model kit ini bisa berupa model dari : Kendaraan (mobil, motor, kapal, pesawat terbang, tractor, hingga pesawat ulang alik), Bangunan (gedung, rumah, jembatan, bendungan, taman, landscape, Mall, bangunan bersejarah atau iconic, dll), Sci-fi (pesawat ulang alik, robot, cyborg, mecha, mobile suit, dll), Chara (Humannoid, Action figure plamo kit, Soldier, Super Hero, dst), Diorama (fokus pada landscape dengan cerita/histories/waktu tertentu yang menjadi topicnya). Nah hampir semua model kit memiliki Scale dibandingkan ukuran asli (setidaknya rasio ukuran dibandingkan ukuran yg seharusnya). Scale atau Skala ini bermacam macam, secara umum inilah beberapa scala yang biasanya dipakai dan tersedia mulai dari; 1:1, 1:4, 1:6, 1:8, 1:10, 1:12, 1:24, 1:36, 1:48, 1:60, 1:72, 1:100, 1:144, 1:200, 1:550, 1:1000, 1:2000, 1:3000, 1:5000. Tentunya scala scala ini sangat tergantung dari modelnya, kalau motor biasanya memakai scala 1:12, kalau kapal induk bisa memiliki scala 1:3000, kalau character anime biasa pakai scala 1:8 atau 1:4 atau bahkan 1:1 juga ada loh 🙂

Gundam Plastic Model kit Custom by Under Dog, Rick Dias scale 1/100

Nah dari beberapa macam ini, genre yang paling banyak digemari adalah Mecha & Mobile Suit yaitu sejenis robot yang dikendalikan oleh manusia sebagai ekstensi tubuh dan pikiran pengendaranya. Dari genre ini GUNDAM, PATLABOR, EVAGELION dan MACROSS adalah seri seri yang paling banyak digemari. Khususnya seri model kit GUNDAM yang biasa disebut sebagai Gunpla (Gundam Plastic Model Kit) memang memiliki basis penggemar massive yang sangat besar karena memang memiliki series dengan banyak sekali macam variannya.

Best WW2 Diorama with German Tank plastic model kit

Genre lain yang cukup mendapatkan peminat adalah War Scenary atau War Diorama yang memiliki komunitas solid yang cukup tua, terutama seputar WWII series, entah itu tank, helicopter, artillery, soldier yang dikemas dalam satu diorama yang menceritakan/memotret suatu kejadian sejarah atau kejadian yang memiliki cerita yang kuat.

CBR1000RR-R scala 1/12 merk TAMIYA

Genre yang tak kalah peminatnya adalah genre Automotive khususnya racing. MG sendiri menyukai genre ini terutama untuk Motor Bike dengan scala 1/12 dan Mobil balap dengan scala 1/24. Banyak sekali kolektor yang menyukai koleksi motor dan mobil berbasis plastic model kit ini loh. Dikarenakan selain ada keasyikan tersendiri saat merakitnya, hasilnya benar benar jauh lebih presisi dan sangat detail dibandingkan beli mobil/motor model ready display yang secara umum jauh lebih mahal dan bentuknya kasar dan kurang detail. Bahkan bagi modeller yang sudah biasa membuatnya bisa dijual kepada kolektor yang malas merakit dan kurang pandai menggunakan cat airbrush. Lumayanlah kalau untuk menambah asap kepulan dapur, 1 unit Motor Plastic Model kit dengan scala 1/12 yang sudah terakit rapi dan sudah di cat biasanya terjual seharga 3-8juta, padahal modal kitnya cuman 300-700rb aja loh. Apalagi untuk model Car 1/24, bisa dihargai 4-12 juta loh. Bagi Modeller, selagi fun dan happy melakukan Hobby ini, juga sekaligus bermanfaat sebagai penghasilan yang menjanjikan loh!!!

Sexy Doll Plastic Model Kit

Genre terakhir yang mulai marak adalah genre Chara, hal ini imbas dari Hype-nya hobby koleksi action figure. Namun keberadaan hobby Action figure ini tidak terjangkau oleh sebagian besar para peminatnya, harganya cukup tinggi dan mahal, berbeda dengan plastic model kit Chara yang jauh lebih murah. Alhasil ini solusi yang lebih murah namun kualitasnya tidak kalah apik. Seri seri seperti Doraemon, Dragon Ball Z, Super Heroes, Kamen Rider, Ultraman dan Sexy Character tokoh anime yang diminati tentunya menjadi rebutan para kolektor. Apalagi yang ukuran 1:1 ha ha ha…. Spirit Dollnya kaum “wibu” wk k k k k k.

Jet Fighter Plastic Model Kit

Nah genre terakhir yang juga lumayan banyak peminat namun agak agak redup peminatnya akhir akhir ini adalah aeromodel kit, Kit pesawat tempur dan aneka heli tempur dari plastik model. Mengasikkan memang…. namun kayaknya anak muda sekarang kurang tertarik dengan dunia dirgantara lagi. Sehingga genre ini agak kesulitan regenerasi komunitasnya. Nah diluar genre major yang sudah disebut sebut diatas masih banyak genre lainnya, namun ya penggemarnya niche banget lah, sangat spesifik sekali semisal genre model kit kapal induk, kapal perang dunia 2, kapal selam, satelite luar angkasa, ISS, military artillery, operator prajurit militer, sampai plastic model kit benteng perang dan masih banyak lagi. Namun bukan berarti genre genre tersebut tidak ada peminatnya loh!!!

Kapal perang Yamato plastic model kit

Oke setelah mengulas Model kit itu apa? saat ini kita beralih ke orang yang menekuninya atau lebih sering disebut para hobbiest yang biasa disebut sebagai Modeller kit (sebutan universal) atau Builder (Khusus untuk Gunpla). Biasanya Modeller kit ini sendiri selain menekuni Hobby bahkan ada yang jadi profesi pula loh… soalnya ya itu tadi hasil karyanya laku cukup mahal, terutama untuk modeller yang sudah terkenal atau karya karyanya sering menang lomba model kit International competition.

Nah tertarik mengikuti hobby yang satu ini? cukup mudah kok, pastikan kamu memiliki beberapa alat yang wajib kamu punya;

  1. Nipper untuk memotong part plastik dari runner
  2. Pen Cutter untuk menghaluskan bidang potong, hingga memotong dan memodifikasi potongan part
  3. Plastic Cement untuk menyatukan dan mengelem bagian part part yang hendak disatukan
  4. Sanding Paper (amplas) untuk menghaluskan permukaan bagian part
  5. Tweezers atau penjepit untuk memegang bagian part yang sangat kecil.

Sedangkan untuk peralatan lain, kamu tidak wajib punya, dan sifatnya optional tergantung kebutuhan dan keinginan kamu sesuai style modifikasi yang kamu butuhkan. Misal mengecat menggunakan kuas, spray can atau airbrush, atau bahkan tidak dicat pun tidak masalah untuk beberapa model kit yang sudah memiliki pecah warna yang sangat baik. Kabar baiknya rata rata model kit modern sudah memiliki warna plastik yang sudah sangat baik dan memiliki ketelitian yang tinggi dalam pecah warna, tidak di cat pun sudah enak dipandang mata bila model kit ditaruh dalam lemari display.

Selamat mencoba dan menekuni Hobby yang menarik ini!!! Uraaaaaaaa!!!

2 thoughts on “Mari mengenal Hobby Plastic Model Kit”

  1. Dulu waktu kecil saya suka ngumpulin pesawat model kit ukuran 1/144. Mini banget.
    Ada F14 Tomcat (Top Gun), F16, F18, F117, F-4, Mig29 , Su27, heli Mil 24 Hind, Harier, F15, Apache.
    Waktu itu beli merek Academy dan Italery. Mau beli Hasegawa belum cukup uang.

    Sudah besar begini baru bisa beli merk Tamiya dan Hasegawa ehhh malah gak sempat rakit. Ini mau beli lem plastik merk Luna dulu baru sempetin waktu buat rakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s