All posts by Mind Genesis

Mysterious Special Intelligence R2 Agent

Sebagian konsumen masih menginginkan Yamaha memiliki varian mesin sport 150cc DOHC

Walaupun mesin baru SOHC 155c VVA dengan segala keunggulannya menarik hati banyak orang, namun tidak dipungkiri masih banyak orang menanti nantikan dan lebih memilih mesin  DOHC. Ibaratnya SOHC 155 VVA itu ibaratnya gadis cantik yang energic, namun DOHC 150cc itu jelas memiliki karakter lebih “Binal”.  Hal ini Gue rasakan dalam diskusi antar sesama FBY dalam SunMoRi 2 minggu lalu. Timbul keributan kecil (biasalah hal itu, yang penting tetep seduluran) antara kubu fanatik DOHC dengan kubu pendukung SOHC VVA. Walaupun pada akhirnya setelah perdebatan panjang itu usai, beberapa anggota kubu SOHC VVA terseret…ikut menjadi pendukung DOHC, namun beberapa gelintir orang masih keukeh pada SOHC VVA.  Maklum di sini rata rata speed freak dan suka dengan segala sesuatu yang berbau racing racing githu, pas banget sebenarnya dengan DNA Yamaha yang bener.

Dalam diskusi ini Gue ambil beberapa point penting;

Pertama, kumpulan orang yang hobby atau penggemar Racing Enthusiast, umumnya mengerti benar masalah teknis mesin dengan detail….mereka condong pada DOHC secara bijak serta mampu memberikan penjelasan yang detail dengan netral. Sedangkan yang kurang begitu mengerti mesin dengan detail tetapi sok ngotot, akan lebih mudah termakan gimmick marketing dan iklan pabrikan.

Kedua, kumpulan orang yang Speed Freak, umumnya kurang paham masalah teknis pada mesin, mereka lebih paham bagaimana ngoprek jadi kencang saja (ilmu bengkel jadi jadian) akan mati matian pilih DOHC secara Fanatik. Sedang yang suka pura-pura tampil kencang tapi sebenarnya tak punya nyali…lebih cenderung masuk kubu SOHC VVA dengan segudang alasan yang cenderung mengada ada.

Ketiga, kumpulan orang yang suka menikmati Touring dengan jam terbang tinggi, akan lebih memilih SOHC VVA, mereka memiliki argumen argumen non teknis yang kuat berdasarkan pengalaman mereka, sedangkan sebaliknya yang tidak terlalu memiliki jam terbang tinggi cenderung pada mesin DOHC tanpa argumen yang kuat.

Nah dari perdebatan sengit dan lama ini (4jam lebih), separuh lebih dari kubu yang tampil seperti Speed Freak (pura-pura suka tampil kencang) akhirnya terbawa arus oleh senior mereka yang bener bener Speed Freak untuk pilih DOHC pada akhirnya. Sedangkan hampir separuh atau kira kira sepertiga dari golongan penikmat Touring dengan jam terbang tinggi pindah haluan mendukung DOHC setelah mendapatkan penjelasan teknis yang masuk akal dari kubu Racing Enthusiast yang memang mengerti benar mesin secara teknis. Bahkan, beberapa orang dari kubu yang kurang mengerti mesin akan tetapi sok ngotot juga beralih menjadi pendukung DOHC. Diskusi ini seluruhnya dalam topik kerangka pembahasan mesin sport 150cc, bukan mesin moge, bukan mesin 250cc, apalagi kelas matic dan cub.

Gue merasa arus DOHC lebih kuat dan lebih mudah menarik orang orang yang minim pengetahuan akan tetapi banyak pengalaman untuk lari condong pada DOHC. Sedangkan yang minim pengalaman dan minim pengetahuan sangat mudah terombang ambing selama diskusi berlangsung, karena merekalah sebenarnya juga sangat mudah termakan gimmick marketing+promosi.

Karena semua yang hadir disini adalah FBY dan mantan FBY akut, kecuali Gue lah he he he arah pembicaraan pada akhirnya membicarakan kapan Yamaha mengeluarkan mesin sport 150cc yang DOHC. Mulai dari bicara mesin R25 yang dikecilin ccnya sampai pada kejadian mesin gagalnya Yamaha DOHC 150cc yang meleduk saat uji coba lapangan. Beritanya heboh disini…. https://mariodevan.com/2015/06/26/heboh-vixion-dohc-yamaha-meleduk-kalo-jeli-dari-berbulan-bulan-lalu-sudah-madev-share/

bahkan sampai membahas Xabre R baru dan R15R baru yang diisuekan akan bermesin real DOHC. Hanya saja semua itu nampak sebagai impian yang terlalu indah bagi penggemar Yamaha, terutama FBY akut. Setidaknya mereka masih bisa menghela napas sedikit lega dan tersenyum kalau melihat performa mesin DOHC Honda CBR150R yang cupu 🙂 sedangkan kalau untuk klan GSX… masih dianggap no gengsilah bagi kumpulan ini.

Intinya sebagian Konsumen (Yamaha) menginginkan dan mendambakan varian mesin Sport 150cc yang murni DOHC. Kalaupun “meleduk” ya jangan lama lama meleduk terus terusan, cepet diperbaiki dan dirancang ulang biar Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke Bag.2

Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4Stroke baca di bagian 1, https://mygoldmachine.wordpress.com/2017/05/08/peluang-kawasaki-ninja-150cc-4-stroke/

Nah pada bagian 2 ini kita akan fokus pada Pengaruhnya kepada Brand Ninja secara total dan Brand Value Kawasaki. Seperti kita ketahui bersama, Brand Value Ninja di Indonesia secara umum ditopang oleh Ninja 250 seriesnya. Bingung… bagi yang ngerti Ninja memang ini Klan memiliki spectrume cc luas, mulai 250 sampai Moge-mogenya, namun masyarakat umum tahunya Ninja itu ya Ninja250 itu. Jujurlah kalau denger kata ninja, apa yang tergambar di kepala kebanyakan orang pertama tama ya Ninja 250cc itu lagi.

Nah dengan asumsi munculnya Ninja 150cc 4 Stroke yang memiliki penerimaan luas, awareness tinggi, dan segment yang lebih lebar dan lebih bawah, maka dikawatirkan bila kata Ninja disebut…jangan jangan nantinya yang keluar duluan di gambaran kepala kita adalah Ninja150cc bisa berabe donk usaha kerja keras selama ini. PR-nya tetep harus keluar yang 250cc series itu, kalau bisa mogenya. Continue reading Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke Bag.2

Biker Social Climber, penyakit jiwa orang miskin yang kepingin kelihatan Kaya

Hari gene, gak hanya ibu ibu, cewek cewek, emak emak, maupun para ABeGe yang terkena Viris Social Climber. Biker juga mulai tertular virus ini rupanya. Gimana bukan Social Climber…. Gaji cuman #3jeti sebulan, Motornya Ninja250Fi dan CBR250RR, hidup di kontrakan, beli makan aja kurang kurang bahkan ngutang ke warung pas tanggal tua, istri sering curhat mengeluh kurang uang belanjaan, #eh waktu #SunMoRi udah pakai #knalpot Racing merk luar negeri yang beken. Uangnya abis buat modif motor walau pengasilan pas pasan. Helm Arai, Jaket dan Glove merk Dainese, semua cicil pakai kartu kredit, foto sana foto sini buat instapic dan foto foto di FB, keren seeeh… tapi tiap hari makan indomie. So mau sebut apa kalau bukan Biker Social Climber. Continue reading Biker Social Climber, penyakit jiwa orang miskin yang kepingin kelihatan Kaya

Sensasi DraKor di KINTEX Korean Motor Show 5

Artikel ini merupakan episode Final foto foto KINTEK 2017, walau saja koleksi foto foto masih banyak lagi, heu heu heu…biar sisanya yang gak tampil jadi koleksi pribadi aja dech!!!

kintex01

selanjutnya…karena ini episode final, dipuas puasin lihat fotonya ya Breeow!!! Continue reading Sensasi DraKor di KINTEX Korean Motor Show 5

Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke

Atas ide Blogger kondang Kobayogas (http://kobayogas.com) sekaligus menyampaikan jeritan hati bersama maka artikel ini Gue tulis secara terbuka terang terangan dan telanjang. Bermula dari om Yogas Erlangga yang berkomentar bagaimana peluang Ninja 150cc 4tak, Gue langsung tanggapi tanpa tendeng aling aling lagi…. siap!!! eng ing eng Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Kawasaki jelas memiliki peluang di market gurih dan terenyah ini, segment Sport Fairing 150cc 4 stroke. Saat ini di pasar ini telah bercokol CBR150R, R15 (155VVA), GSX-R150, Namun semuanya itu tidak akan berarti saat melawan nama besar NINJA (bukan Kawasaki). Apakah sesederhana itu….? TIDAK!!! Continue reading Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke