Category Archives: BUSINESS

Diskusi diantara Spekulasi New Avanza 2018

Habis Libur lebaran ini, kebetulan bertemu dengan teman lama yang doyan banget bicara otomotif R-4. Doi mengajak nongkrong di cafe kopi “SB”, Okelah Gue jawab. Kebetulan juga lama lagi ngidam ama Java Chip Frappuccino he he he. Awalnya pembicaraan juga seputar pergerakan market mobil terbaru dan makin memanas dan meruncing saat sentuh sentuh Avanza Baru. Doi menyampaikan berbagai banyaknya spekulasi mengenai Avanza baru yang diharapkan bisa kembali membanting Mitsubishi Expander.

Ketika kopi di gelas Venti Gue dah mendekati ajal, sroot srooot sroopt…. klotok klotok klotok (bunyi es) srooopt srooot spooor sroooroook The End. Gue ditodong ama Doi (cewek), “Gimana menurut loe?” “Penggerak Roda Depan atau Belakang?”IMG_9226

Gue Diem aja, masih sibuk mengocok ngocok gelas plastik kopi Gue yang penuh dengan Es batu dan Whip Cream yang masih lengket lengket.

Eh Doi ngegasss gak sabar, sambil menekan maksa (Kayak ngijek Gas Full pada posisi gigi 3 di jalan tanjakan. Ya udah daripada panas dan bergetar getar Gue jawab aja: Continue reading Diskusi diantara Spekulasi New Avanza 2018

Advertisements

Ketika Market menerima model New PCX, bagaimana peluang Lexi?

Lexi dihadirkan Yamaha sebagai salah satu side line up dari NMAX, sebagai produk yang memang mengemban tugas meneruskan tongkat estafet kesuksesan NMAX. Dengan cc lebih kecil, namun lebih banyak fitur update, Lexi yang hadir lebih belakangan ini memang ditujukan menyasar market size yang lebih luas dengan positioning di bawah pasar NMAX pada piramida SES.

IMG_9226

Nah semuanya nampak sempurna sesuai settingan Yamaha jikalau Continue reading Ketika Market menerima model New PCX, bagaimana peluang Lexi?

Final NBMC 2018, sungguh luar Biasa!!!

Peserta National Business Mathematics Competition 2018 berasal dari seluruh penjuru Indonesia
Peserta National Business Mathematics Competition 2018 berasal dari seluruh penjuru Indonesia

 

Banyak sekali lomba Matematika bergengsi yang dapat diikuti oleh anak anak yang jenius dalam bidang matematika semisal AMC, IMCS, AITMO, CFM, IMSO, SASMO, WMI, AMO, dan lain sebagainya. Namun ada yang sangat berbeda pada lomba matematika yang satu ini, yaitu NBMC (National Business Mathematics Competition). Pada lomba NBMC penekanan ilmu matematika bukan hanya pada kemampuan anak untuk memecahkan berbagai soal-soal perhitungan matematika yang super rumit saja seperti pada lomba bergengsi lainnya, akan tetapi pada gelaran NBMC ini peserta benar-benar diuji kemampuan “math applied”-nya, nalar, logika dan skill matematikanya untuk memecahkan berbagai persoalan Bisnis yang nyata.

Istilahnya peserta dinilai bukan hanya dari skill kemampuan matematika teori murni, akan tetapi benar-benar diuji kecerdasan dan kejeniusannya dalam kemampuannya untuk menerapkan ilmu matematika secara tepat pada kehidupan nyata, pada penerapan untuk penyelesaian kasus dan persoalanan Bisnis yang nyata. Disinilah butuh pemahaman konsep konsep dasar matematika secara comprehensive, bukan bagaimana mampu menghitung secara cepat dan tepat saja, berlogika dan memecahkan soal seperti pada umumnya lomba matematika.

Babak Penyisihan NBMC 2018 sendiri telah dimulai pada tanggal 28 April 2018 diikuti oleh anak anak grade 7,8,9,10 dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia secara online test. Pada Ordinary level sebanyak 37 orang anak lolos penyisihan, sedangkan pada Junior Level sebanyak 33 orang anak lolos penyisihan. Namun hanya sebanyak 32 anak pada Junior Level dan 29 anak pada Ordinary Level yang menghadiri Semifinal Test di Surabaya. Baca juga artikel ini https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/04/04/lomba-business-mathematics-skala-nasional-2018-bikin-anak-gak-cuma-jago-matematika-teks-book/

Nah terus terang karena hal unik dan menarik inilah, MG jadi tertarik mengikuti acara Finalnya yang baru saja digelar pada hari Sabtu, 5 Mei 2018 yang lalu. Kok kebetulan jadwal pas ada di kota Pahlawan. Justru karena kesibukan yang MG hadapi, maka Gue baru hari ini ada kesempatan untuk menulis dan membagikan cerita yang sangat bermanfaat ini. Nah langsung aja… Continue reading Final NBMC 2018, sungguh luar Biasa!!!

Honda CB150 Verza, masih punya potensi untuk menggerogoti M/S Sport Yamaha lagi

IMG_9226Masih ingat dengan artikel lama MG yang membahas Verza baru? tepatnya artikel yang  Gue tulis di bulan Oktober 2017 lampau. Berikut ini linknya:

https://mygoldmachine.wordpress.com/2017/10/17/sudah-saatnya-verza-disegarkan/

Nah di bulan Februari 2018, munculah Generasi baru Verza, lebih tepatnya CB150 Verza, inilah langkah AHM untuk menaikkan image-positioning sekaligus menggunakan leverage image Brand CB series Global. Langkah ini sangat tepat karena selain untuk sedikit menaikkan positioning, juga sekaligus untuk memuluskan rencana untuk masuk dan mulai membuka pintu market Sport Classic segment milik kepunyaan Honda. Baca juga artikel dengan link berikut ya;

https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/01/07/2018-eranya-sport-classic-di-indonesia-including-japanese-mindset-market-outlook/

Nah tentunya market Indonesia akan semakin seru… Kawasaki yang sudah masuk duluan dengan W175 tentunya wajib kuatir dan siap siap menebak apa langkah kompetitor kompetitor sesama Jepangnya???

Strategy Honda kali ini cukup menarik untuk diamati, sekaligus dikaji. Sebab bukan kebiasaan AHM untuk mulai masuk dan membuka suatu pintu segment baru dengan Continue reading Honda CB150 Verza, masih punya potensi untuk menggerogoti M/S Sport Yamaha lagi

Analisa Ringan mengapa merk Jepang mulai terancam di market!!!

IMG_9226

Merk Jepang tergerus!!! untuk dunia motor belumlah terjadi dan masih mampu bertahan sebagai champion, tapi artikel ini buat warning halus aja. Lihat saja diindustri elektronik, khususnya smartphone. Merk Jepang sudah tidak lagi bersuara di hajar babak belur!!!

Mengapa bisa terjadi? apakah karena kalah bersaing Harga? apakah karena kalah bersaing kualitas? Apa justru karena kalah bersaing Inovasi?

Nah pada artikel ini kita bahas tipis tipis aja, bukan bahasan pro, cuman buat baca dan diskusi sambil minum teh hangat aja. Oke…kita lanjut pada pembahasan, berikut ini adalah beberapa sebab mengapa Merk Jepang mulai susah bersaing dan terancam di Market. Continue reading Analisa Ringan mengapa merk Jepang mulai terancam di market!!!