Category Archives: MARKETING

Benarkah Honda siap kuasai pasar Sport Indonesia

Honda bisa saja memiliki plan yang sistematis dan rapi dalam usahanya menguasai pasar sport di Indonesia. Akan tetapi tentu saja usaha dilapangan tidak akan berjalan semulus rencana dan serapi penataan plannya.

Formula kemenangan Honda vs Yamaha bisa saja terulang. Pada kasus matic category…ingat Yamaha hanya punya 1 pilar utama penjualan yaitu mio series. Begitu mio series ini ditumbangkan…blummm hancur m/s Yamaha di pasar matic…Honda meraih kemenangan mutlak dipasar itu.
Formula ini masih berlanjut. Continue reading

Saat R15 DOHC ready, Honda siap dengan senjata rahasia.

Santernya issue tentang mesin DOHC Yamaha untuk 150cc engine memang makin lama makin kencang. Selain ditunggu kemunculannya oleh banyak orang, juga banyak biker galau menunggu. Engine DOHC Yamaha memang patut ditunggu, lihat saja performa R25 dengan DOHC 250cc nya.  Walau R25 sendiri tidak begitu disukai karena model dan fiturnya yang kelihatan murahan untuk motor fairing eksklusive kelas 250cc, gue masih angkat jempol kalau soal mesinnya. Sayang sekali karena miss product strategy walau kini R25 didiscount sampai 8 juta an (beberapa dealer malah 8.5 jt), market juga tidak bergeming karena core problemnya memang bukan di harga :) . Bahkan effect jeleknya MT25 yang baru aja keluar sudah ditunggu tunggu diskonan 8jutanya….ampun ampun.

Kembali soal engine DOHC 150cc, Continue reading

Gue yang meram JKT48, Lu yang nikmati Matengnya

Ya kira kira begitu kata Yamaha melihat brand ambassador Honda Beat saat ini. Kesalahan Yamaha ini berbuah banyak kerugian material dan imaterial buah ha ha ha.

Diawal kemunculannya, JKT48 sangat disupport Yamaha sampai munculnya berbagai Konser tunggal JKT48 dan aneka POP material JKT48 di berbagai dealer Yamaha. Serasa jualan motor atau jualan Group Band? Iku komentar banyak pengamat promosi saat itu. Continue reading

Pusing…loh kok malah minum baygon.

Bingung liat judul kali ini?
Gue sengaja tulis ini sebagai feedback terhadap rangkaian event dan selling activity yang di lakukan oleh Yamaha.

To the point aja:
1. Market Share Yamaha di Indonesia turun terus tergerogoti strong kompetitornya, yaitu Honda. Demand turun terus mencapai minus 11 persen yoy, sales kompetitor bertahan dgn cara menggerogoti sales yamaha.  So yamaha terjungkal tajam terutama di kue terbesar yaitu matic category.
2. Campaign Blue Core yang rada gak tajam menurut gue, kalah pamor dgn campaign kompetitor. Continue reading

Segment motor sport yang masih green ocean.

Pertempuran sport 150cc harian sudah berdarah darah, sport fairing 150 juga mulai panas, bahkan di kelas sport fairing 250cc juga mulai padat kompetisi. Apalagi nanti akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016 akan mulai mendidih.

Sebetulnya pasar sport lpm seperti yang dilakukan oleh Honda dengan Versa masih baik dan biru. Akan tetapi kalau mau diolah dengan lebih baik sebetulnya ada satu pasar lagi yang lebih empuk, massive dan market sizenya besar. Continue reading