Category Archives: MARKETING

Suzuki GSXR-250 2 silinder, Siapa lawannya?

Suzuki nampaknya selalu fokus untuk menjadi yang tercepat. Dengan fokus pada performance mesin dan harga yang paling bersaing dibanding kompetitornya. Rumusan ini yang selalu dipakai Suzuki di roda 2. Sayang masalah desain masih nampak ketinggalan dengan selera desain Jepang yang kental banget. Ya…kental banget selera Jepangnya.

IMG_9226

Sampai di sini pasti banyak yang tidak setuju dengan mengatakan kok desain ketinggalan jaman itu selera Jepang. STOP!!! Gue gak bilang selera desain Jepang itu ketinggalan Jaman loh!!! Masalahnya  di Jepang sendiri itu kaya dengan berbagai aliran desain. Nah, selain budaya Ultra Modern, juga berbagai budaya pop culture sangat kuat di Jepang. Bahkan budaya dan selera tradisional masih kuat terjaga di berbagai pelosok negeri dan tetap hidup tumbuh berdampingan dengan kemajuan yang sangat pesat di masyarakat Jepang. Disinilah Teknologi dan Seni Budaya menjadi harmoni yang hidup di jaman modern. Disatu sisi Jepang sangat maju (dengan teknologi dan ilmu pengetahuannya), akan tetapi juga sangat kuno (tua umur kebudayaan dan kepercayaan yg dianut masyarakatnya). Disatu sisi Continue reading Suzuki GSXR-250 2 silinder, Siapa lawannya?

Advertisements

Ketika Market menerima model New PCX, bagaimana peluang Lexi?

Lexi dihadirkan Yamaha sebagai salah satu side line up dari NMAX, sebagai produk yang memang mengemban tugas meneruskan tongkat estafet kesuksesan NMAX. Dengan cc lebih kecil, namun lebih banyak fitur update, Lexi yang hadir lebih belakangan ini memang ditujukan menyasar market size yang lebih luas dengan positioning di bawah pasar NMAX pada piramida SES.

IMG_9226

Nah semuanya nampak sempurna sesuai settingan Yamaha jikalau Continue reading Ketika Market menerima model New PCX, bagaimana peluang Lexi?

Tantangan: Bisakah kamu mengerjakan soal Matematika anak SMP?

Baru saja kemarin MG post mengenai berita Final NBMC 2018, gak nyangka juga dapet tanggapan cukup banyak. Nah hari ini iseng iseng MG mau post tantangan buat para pembaca setia untuk melatih otak seperti ide salah satu pembaca yaitu Bro Vyzex. Nah pada artikel kali ini MG akan siapkan cukup 1 soal aja utuk iseng iseng kita pecahkan. Ayuk langsung aja… Continue reading Tantangan: Bisakah kamu mengerjakan soal Matematika anak SMP?

Honda CB150 Verza, masih punya potensi untuk menggerogoti M/S Sport Yamaha lagi

IMG_9226Masih ingat dengan artikel lama MG yang membahas Verza baru? tepatnya artikel yang  Gue tulis di bulan Oktober 2017 lampau. Berikut ini linknya:

https://mygoldmachine.wordpress.com/2017/10/17/sudah-saatnya-verza-disegarkan/

Nah di bulan Februari 2018, munculah Generasi baru Verza, lebih tepatnya CB150 Verza, inilah langkah AHM untuk menaikkan image-positioning sekaligus menggunakan leverage image Brand CB series Global. Langkah ini sangat tepat karena selain untuk sedikit menaikkan positioning, juga sekaligus untuk memuluskan rencana untuk masuk dan mulai membuka pintu market Sport Classic segment milik kepunyaan Honda. Baca juga artikel dengan link berikut ya;

https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/01/07/2018-eranya-sport-classic-di-indonesia-including-japanese-mindset-market-outlook/

Nah tentunya market Indonesia akan semakin seru… Kawasaki yang sudah masuk duluan dengan W175 tentunya wajib kuatir dan siap siap menebak apa langkah kompetitor kompetitor sesama Jepangnya???

Strategy Honda kali ini cukup menarik untuk diamati, sekaligus dikaji. Sebab bukan kebiasaan AHM untuk mulai masuk dan membuka suatu pintu segment baru dengan Continue reading Honda CB150 Verza, masih punya potensi untuk menggerogoti M/S Sport Yamaha lagi

Analisa Ringan mengapa merk Jepang mulai terancam di market!!!

IMG_9226

Merk Jepang tergerus!!! untuk dunia motor belumlah terjadi dan masih mampu bertahan sebagai champion, tapi artikel ini buat warning halus aja. Lihat saja diindustri elektronik, khususnya smartphone. Merk Jepang sudah tidak lagi bersuara di hajar babak belur!!!

Mengapa bisa terjadi? apakah karena kalah bersaing Harga? apakah karena kalah bersaing kualitas? Apa justru karena kalah bersaing Inovasi?

Nah pada artikel ini kita bahas tipis tipis aja, bukan bahasan pro, cuman buat baca dan diskusi sambil minum teh hangat aja. Oke…kita lanjut pada pembahasan, berikut ini adalah beberapa sebab mengapa Merk Jepang mulai susah bersaing dan terancam di Market. Continue reading Analisa Ringan mengapa merk Jepang mulai terancam di market!!!