Category Archives: TECHNICAL

Tamiya Japan Style, sekarang populer di Indonesia

Dunia adu balap Tamiya mini 4 wd masih gak jauh jauh dari dunia otomotif, bedanya hanya pada sisi pengemudi ditiadakan diganti track lintasan yang sudah diatur sedemikian rupa dengan tingkat kesulitan tertentu untuk ditaklukkan oleh mekanik dengan cara setting mobil balap ini dengan tepat dan menjadi yang tercepat. Nah justru disini yang ditekankan pada keahlian dan keandalan mekaniknya nih!!! Diadu menjadi siapa yang terhebat dan paling lihay dalam membuat mobil mini 4 yang paling cepat dan realible menaklukan lintasan.

japan style tamiya mini 4wd

Bahkan pada race yang lebih kompleks dengan skala yang makin besar, tidak hanya keahlian dan keandalan mekanik menjadi penentunya, justru keahlian Team management juga sangat diperlukan. Pasalnya dalam permainan ini sudah tidak dalam level main main lagi, tapi sungguh sungguh menjadi race yang serius dan kompetisi yang ketat. Bayangkan saja peraturannya ketat dan sangat detail. (Sejak mengacu pada regulasi Japan Race dan Japan Cup, jadi sangat berbeda jauh dari jaman tamiya boomming di indonesia tahun 90an dan tahun 2000an yang masih dalam race semi main main karena aturan yang longgar.)

Dikarenakan aturan kompetisi dan race banyak mulai mengacu kepada regulasi Japan Race bahkan Japan Cup maka Racer (mekanik) Indonesia mau tidak mau mulai Continue reading Tamiya Japan Style, sekarang populer di Indonesia

Advertisements

Ninja 250 my 2018 VS CBR250RR my 2016, Pilih mana yang lebih Baik?

Resin coatedSejujurnya bagi pecinta otomotif yang hobi akan kecepatan dan racing, atau bagi pengamat otomotif yang tahu benar tentang kelas-kelas Sport Bike sih tidak akan terlalu binggung dalam menentukan diantara 2 pilihan berikut ini. Namun karena di Indonesia masyarakat secara umum adalah awam dalam hal ini, namun ikutan trend memiliki motor sport fairing berkubikasi 250cc maka semoga artikel ini bisa membantu memberikan pengetahuan mendasar.

Sebenarnya CBR250RR dan Ninja250 Model Year 2018 yang baru ini tidak dalam Continue reading Ninja 250 my 2018 VS CBR250RR my 2016, Pilih mana yang lebih Baik?

Kenalan dengan Sistem Pendinginan pada Mesin Bakar.

Resin coatedArtikel ini Gue tulis gara gara iseng iseng ikutan komen pada artikel Gue terdahulu…

Untuk meluruskan diskusi jadi lebih baik, so Gue jadi ikutan komen, eh jadi panjang lebar githu. Dari pada mubazir, Gue sekalian pasang sebagai artikel ah!!!

Nah yang pengin baca diskusi lengkapnya bisa langsung ke link berikut ya…..

https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/01/30/hati-hati-mesin-kesayanganmu-kena-down-grade/#comment-17449

Berikut adalah penjelas Gue:

Kayaknya bukan masalah mekanika fluida ini. Ini masalah Calor Tranfers / Perpindahan Panas.

Pada umumnya/normalnya mesin yang bermain di kinerja rpm tinggi tentu akan berbeda dengan mesin yang bekerja pada rpm rendah untuk kebutuhan pelepasan panas.

Pada RPM yang lebih tinggi karena kecepatan vektor lebih tinggi maka gaya gesek pastinya juga lebih besar dan mengakibatkan panas lebih besar (bila material mesin dan rancang bangun serta dimensi mesin dianggap sama). Dibutuhkan alat (element2 mesin) untuk melepas panas ini dari combustion room dan bagian utama mesin. Kalau pada mesin mesin yang dirancang untuk bekerja pada rpm rendah tentunya kinerja sirip pendingin yang mengandalkan aliran udara bebas cukup mampu sebagai media element mesin pelepas panas.

Untuk mesin yang lebih Continue reading Kenalan dengan Sistem Pendinginan pada Mesin Bakar.

Hati hati mesin kesayanganmu kena Down Grade

Bicara soal spek mesin diatas kertas itu seringkali berbeda dengan kenyataan. Apalagi masalah klaim keunggulan teknologi. Pasalnya gak semua orang paham benar urusan yang satu ini. Hanya segelintir orang yang paham benar, alias insinyur mesin yang benar benar paham. Belum lagi gorengan ini apabila diteruskan oleh “komentator nasi bungkus” mhmmm makin melenceng jauh dari kondisi real.

Nah bicara teknologi itu susah susah gampang, umumnya klaim selalu mengatakan Continue reading Hati hati mesin kesayanganmu kena Down Grade

Sakti CBR250RR cukup pakai Bensin Ron88 (Premium)

Artikel ini terinspirasi oleh Mang Kobayogas yang baru saja membeli CBR250RR 🙂 warna Grey 🙂

CBR250RR motor sport fairing yang Ready Race dengan mesin super yang memiliki kompresi ratio 11.5:1 ini bisa dioperasikan menggunakan bahan bakar bensin ron88 atau lebih tinggi.


Duh mana mungkin kompresi sebesar itu untuk mesin over bore DOHC yang sanggup bermain di kitiran RPM tinggi mampu berjalan normal dan fine fine aja dengan bensin beroktan rendah Ron88 alias Premium.

Jangan kuatir, pihak AHM HONDA secara RESMI menuliskannya pada

Continue reading Sakti CBR250RR cukup pakai Bensin Ron88 (Premium)

Aha… Kamu (AHM) ketahuan… punya produk baru lagi!!!

Nah…Ketahuan juga akhirnya. Ada senjata Baru dari Honda yang akan segera launch di seluruh pasar ASEAN, khususnya di Indonesia. Ini bukti pasar motor Indonesia mendapatkan tempat khusus di mata Honda Japan setelah sekian lama di lirik sebelah mata saja. Thanks to YMKI, kini Honda mulai menyadari betapa pentingnya contribution Indonesian Market to Honda margin.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!! sekali lagi Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Produk motor baru Honda ini mengambil base bentuk  design “Cup” atau yang biasa kita sebut motor bebek. Dengan Mesin baru 110cc dan system Continue reading Aha… Kamu (AHM) ketahuan… punya produk baru lagi!!!