Rising Freedom Gundam HG1/144kit digoreng manis cakeeeeep, dan hitungan cuan dibaliknya.

Satu lagi produk Bandai Gundam Plastic Model kit yang digoreng manis di Indonesia, bayangkan produk mainan plastik yang memiliki harga eceran seharga 280rban ini saat ini diperdagangkan dikisaran 800-900rban untuk barang ready stock dan seharga 550-650rban untuk harga barang PO yang datangnya masih beberapa bulan kemudian. Memang sih MG sempat lihat ada satu Store yang jual seharga 385rb untuk Rising Freedom dan Immortal Justice HG1/144, stock 100pcs habis dalam hitungan detik saja….. gila banget.

Animo Seed Freedom ini sangat luar biasa di Indonesia, bahkan penjualan MGEX Strike Freedom juga ikutan laris manis kembali dibuat rebutan sehingga masuk tahap Kit Rare. Sayangnya distribusi kit kit baru malah melempem seperti biasanya, seperti kembali memberikan peluang bagi para mafia kit untuk menggoreng manis kit kit baru Seed Freedom ini. Ahhhgh

Untungnya MG sempat beli langsung 2 kit, 1 Kit Rising Freedom dan 1 lagi kit Immortal Justice seharga 280rb sebijinya di toko tadi ha ah aha. Lumayan jatuhnya jauh lebih murah dari distributor resmi malahan. Bahkan sempat ngobrol sama Om sipunya Toko, kenapa dia bisa jual murah gitu, khan itu seharga kurs Yen normal aja, apa kagak rugi tuh? Nah si Om menjelasin sebenarnya harga yang beredar diketahui orang Indonesia pada umumnya untuk kedua kit ini adalah 2.640 Yen, ini adalah harga setelah kena ppn di Jepang. Harga eceran resmi kit aslinya adalah 2.400 Yen saja, ditambahkan dengan pajak sebesar 240Yen, nah ini hanya berlaku bagi orang yang tinggal di Jepang saja. Justru bagi Pedagang yang membeli untuk tujuan dijual lagi malah dapat potongan sebesar 40% dari harga jual eceran resmi Bandai di 2.400 Yen, sehingga kalau kita membelinya untuk dijual lagi harganya di kisaran 1.440 Yen saja katanya. Cukup beli 50-100kit saja bisa dapat potongan harga hingga 40% ini loh. Bahkan untuk pedagang besar dengan jumlah kuantiti yang lebih besar potongan akan lebih tinggi lagi di angka 50-70% dari harga eceran resmi Bandai. Itulah sebabnya di toko toko hobby di negara Jepang, Korea dan Hongkong seringkali jualannya jauh dibawah harga eceran resmi yang ditetapkan bandai tersebut. Ya itu khan macam HET (harga eceran tertinggi). Dulu harga ini ditampilkan pada BOX kotak packaging Gunpla Kit, Namun atas permintaan Blue Fin main distributor Bandai untuk North Amerika (USA dan Canada) harga HET tersebut akhirnya dihilangkan dengan alasan harga HET Asian Market tidak dapat diterapkan untuk kawasan NORTH AMERICA yang mahal biaya distribusi dengan beban pajak import yang tinggi untuk mainan model & hobby dari Asia Timur. Mhmmmm….

Nah kembali si Om jelasin untuk market Asia, khususnya Asia Tenggara sebenarnya masih cukup tinggi margin tersebut vs biaya expedisi dll, sehingga dia bilang jualan di harga 280rb juga sudah cukup baik keuntungannya. Apalagi selama ini kebanyakan store di Indonesia potong kompas langsung ambil dari Toko toko besar di Hongkong yang agresive dan seringkali bermain dengan kuota dan perputaran yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan potongan harga yang cukup bersaing lebih dari 55% untuk potongan harga. Menyikapi dengan digorengnya harga produk Gunpla Baru si Om senyum senyum saja, katanya itu tergantung dari strategi dagang tiap tiap toko saja, wajar wajar saja katanya. Yang kagak wajar kalau itu bersama sama secara masif menurut Gue sih, terkoordinir dan teratur. Namun menurut si Om kalau dari pengamatannya adalah wajar bila pedangang memanfaatkan momen ini, jadi bukanlah sebuah kebetulan yang disengaja. Baginya hal yang wajar pula bila momentum bagus seperti ini akan ada pihak yang memanfaatkan untuk menggoreng harga hingga sangat tinggi, namun baginya ia lebih memilih jual dengan harga wajar untuk mempercepat putaran duitnya. Semua itu tergantung sikap dan strategi penjualan masing masing toko katanya lagi.

Ia mencontohkan juga walau ia jualan 2 kit panas ini (Rising Freedom & Immortal Justice) dengan harga normal, justru sebaliknya untuk Kit Ultra Rare Limited Rising Freedom Gundam Movie Release Commemoration Package Version malahan ia jual seharga 25juta. Bukan karena ikut-ikutan menggoreng, melainkan karena KIT yang satu ini Ultra Rare dan diincar oleh para kolektor Gunpla kelas Sultan di seluruh dunia. Ia menjelaskan hanya ada beberapa Bioskop di Jepang yang memutar perdana SEED FREEDOM the Movie, dari sekian Bioskop itu hanya ada sedikit sekali yang terpilih, cuma 2-3 lokasi yang terpilih digunakan sebagai lokasi Launching Event Movie Release Seed Freedom. Nah kit Rising Freedom Gundam Movie Release Commemoration Package Version ini hanya bisa didapatkan disitu saja dengan cara mengantre untuk membelinya. Bayangkan gak semua penonton kebagian untuk beli, “just few of them”. Jadi khusus yang satu ini bener bener Ultra Rare kit yang lagi di cari cari dan diperebutkan oleh Kolektor Gundam seluruh dunia. Bahkan yang bikin lebih greget kalau biasanya di bioskop negara lain pada saat tayang perdana akan ada juga kesempatan memiliki kit Movie Ver. Namun khusus Seed Freedom ini kesempatan itu sudah dihapuskan… hanya khusus Premium di Jepang saja. Makin limited makin Mahal begitulah kira kira.

Nah kembali menyikapi harga kit yang melambung tinggi ini, si Om berjanji tetap akan menjual di harga 285rb saja untuk reguler kit SEED FREEDOM (Rising Freedom dan Immortal Justice) , hitungannya Yen kurs 106 aja udah cuan cuan cuan. Bentar lagi akan datang 200pcs lagi kok. Om Gue titip masing masing 5pcs ya buat “keponakan” tutup Gue, dan si Om kasih Jempol !!!

Uhuuuuuuy!!!

4 thoughts on “Rising Freedom Gundam HG1/144kit digoreng manis cakeeeeep, dan hitungan cuan dibaliknya.”

  1. gak demen Seed Series (kecuali amphious MSnya yang jelas2 kitnya gak ada)

    kalo diinget2 sih, goreng2 harga ini awalnya rame pas seri iron blooded orphan ya. pas UC lagi rame2nya mau kit yang mana aja gampang kok belinya.

    apa ada hubungannya sama makin gampangnya orang jualan di toko ijo ya? (toko oren coret, gak ada yang beli gunpla disana)

    1. Betul awal dari awalnya ya semenjak Iron Blooded itu…. kesimpulannya anime pengaruh banget buat trend penjualan gunpla baru ya. Nah di Indonesia dimanfaatin mafia gorengan.

Leave a comment