TOP Peringkat SMP Terbaik Dalam Bidang SAINS TERAPAN di Indonesia tahun 2024

Era kompetisi Global sungguh memprihatinkan Indonesia tertinggal dari bangsa bangsa maju lainnya terutama dalam hal IPTEK. Walau beberapa pihak menentang fakta ini dengan argumen bahwa anak-anak Indonesia itu pintar pintar dalam bidang matematika dan IPA, akan tetapi tidaklah pernah merubah Fakta bahwa iklim pendidikan kita sangatlah tertinggal dalam menciptakan SDM berkualitas yang mampu bersaing secara Global. Hanya sedikit sekolah saja yang memiliki Competitive Advantage yang mampu bersaing secara global dalam menciptakan iklim IPTEK yang baik, dimana kemampuan menghitung cepat dan menghapalkan adalah kemampuan yang sudah tidak diperlukan lagi di era komputasi dan artificial intelligence ini.

Justru di era post modern ini, kemampuan untuk memiliki Pemahaman konseptual yang mendalam, kemampuan dalam melihat dan mendeskripsikan permasalahan secara Kreatif, dan kemampuan untuk memikirkan solusi yang Inovatif serta dapat Menerapkan segala pengetahuan yang dimiliki menjadi solusi kemanusiaan dan peradaban adalah kemampuan yang sangatlah berharga dan tak tergantikan. SDM yang memiliki kriteria semacam ini tentunya menjadi asset yang sangat berharga bagi negara negara maju. Sebaliknya kita sangatlah kekurangan dalam SDM yang memiliki kriteria ini. Di Indonesia memang banyak sekali anak anak pintar yang menjuarai perlombaan matematika dan IPA, namun sebagian besar kompetisi tersebut masih berpedoman pada kemampuan hitung cepat dan hafalan cara cepat mengerjakan soal soal, serta kemampuan teori saja dalam kompetisi IPA. Mereka hanya berkemampuan memecahkan soal soal yang pernah diajarkan saja, sangat sulit bagi anak-anak ini untuk mampu mengerjakan soal soal yang baru dan membutuhkan pemahaman mendasar. Sebagian besar anak Indonesia memang sangat sulit untuk diajak memiliki Pemahaman Konseptual, Kreatifitas, dan kemampuan Inovatif dalam hal IPTEK.

Hal ini tentu saja menjadi PR bagi dunia Edukasi dan tentunya bagi Orang tua dalam memilih dan menyekolahkan anaknya dalam lingkungan pendidikan yang tepat. Kita sebagai orang tua tentunya tidak ingin anak anak kita memiliki masa depan yang runyam, kehidupan dan pekerjaan mereka digantikan oleh mesin dan AI dan tergilas oleh kemajuan jaman di masa depan. Sebaliknya Orang Tua yang bijaksana tentunya akan berusaha memilihkan pendidikan dan sekolah yang terbaik bagi anak anak mereka yang berharga, agar dimasa depan mereka dapat menjadi pemimpin yang sukses di bidangnya, menjadi tokoh pengambil keputusan penting. Menjadi manusia-manusia yang tangguh, kreatif dan inovatif yang tak tergantikan oleh AI dan mesin mesin canggih.

Kabar baiknya, kami merilis peringkat Sekolah Menegah Pertama Terbaik dalam bidang Sains Terapan di Indonesia setiap tahunnya. Hal ini untuk mempermudah Orang Tua dalam melakukan pertimbangan dalam memilih sekolah terbaik yang cocok bagi putera dan puterinya. Peringkat ini kita susun berdasarkan hasil prestasi Sekolah dalam IASO, dimana prestasi sekolah dalam IASO kami anggap cukup dapat mewakili beberapa perimeter penting antara lain: 1. Penguasaan SDM dalam IPTEK (Pemahaman Konseptual, Kemampuan Mendeskripsikan Permasalahan secara Kreatif, Kemampuan memikirkan Solusi yang Inovatif dan kemampuan dalam penerapan Sains). 2. Iklim belajar yang merangsang siswa-siswinya melakukan Explorasi Pengetahuan dari pada mendapatkan asupan yang hanya ada pada kurikulum. 3. Guru-guru yang dapat memberikan bimbingan Konseptual bukan hanya sekedar hapalan teoritikal saja. 4. Iklim belajar yang selalu tumbuh berkembang dan kompetitif secara positif.

Mengulas sedikit mengenai IASO, tidak seperti olimpiade sains pada umumnya yang lebih menekankan test kemampuan pengetahuan anak, baik berupa teori dan hapalan. Justru sebaliknya pada IASO kemampuan judgement anak berlandaskan konseptual SAINS yang benar akan benar benar diuji. Dibutuhkan pemikiran yang kreatif agar dapat mendeskripsikan permasalahan, dibutuhkan juga kemampuan solusi yang inovatif untuk mengaplikasikan pengetahuan SAINS dalam kondisi khusus yang di berikan dalam problematika soal soal uji. Nah singkat cerita bagi anak anak dan tentunya sekolah yang lolos dan mendapatkan prestasi award dalam IASO, tentunya sudah jaminan mutu yang dapat memberikan gambaran serta merefleksikan kualitas sistem pendidikan di sekolah dan kualitas kemampuan anak anak didiknya dalam menghadapi tantangan IASO yang tidak biasa ini. Demikianlah kami menggunakan hasil IASO dengan periode kumulatif tahun 2020-2024 sebagai acuan kualitas sistem pendidikan di sekolah dalam kesiapan menghadapi masa depan khususnya dalam bidang SAINS.

Berikut adalah TOP Peringkat SMP Terbaik di Indonesia dalam bidang Applied Science (Sains Terapan) pada tahun 2024 sebagai indikator kemampuan dan kualitas sistem pendidikan yang baik serta membekali anak anak didiknya dengan sistem edukasi yang tepat sebagai persiapan untuk ber-kompetisi di masa depan.

TOP Peringkat SMP Terbaik dalam bidang Sains Terapan di Indonesia tahun 2024 berdasarkan hasil perolehan medali IASO 2020 – 2024

Perolehan Top 10 Terbaik cukup merata antara sekolah di Jakarta VS Surabaya. Namun Peringkat 1 yaitu SMPK 2 Penabur memiliki prestasi cukup mutlak jauh diatas peringkat-peringkat sekolah dibawahnya. Walau begitu secara keseluruhan peringkat, nampaknya sekolah SMP di Surabaya lebih cepat bergerak dalam menghadapi iklim perkembangan IPTEK yang lebih maju.

Semoga dengan adanya List TOP Peringkat Sekolah Menengah Pertama terbaik di Indonesia ver. 2024 ini dapat membantu orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik bagi anak anaknya dalam menghadapi masa depan dapat memilih pendidikan terbaik bagi buah hati tercinta.

Start with the right education system , chose the best, be leader be champion for better future!!!

3 thoughts on “TOP Peringkat SMP Terbaik Dalam Bidang SAINS TERAPAN di Indonesia tahun 2024”

Leave a comment