Category Archives: DESIGN

Kenalan dengan Sistem Pendinginan pada Mesin Bakar.

Resin coatedArtikel ini Gue tulis gara gara iseng iseng ikutan komen pada artikel Gue terdahulu…

Untuk meluruskan diskusi jadi lebih baik, so Gue jadi ikutan komen, eh jadi panjang lebar githu. Dari pada mubazir, Gue sekalian pasang sebagai artikel ah!!!

Nah yang pengin baca diskusi lengkapnya bisa langsung ke link berikut ya…..

https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/01/30/hati-hati-mesin-kesayanganmu-kena-down-grade/#comment-17449

Berikut adalah penjelas Gue:

Kayaknya bukan masalah mekanika fluida ini. Ini masalah Calor Tranfers / Perpindahan Panas.

Pada umumnya/normalnya mesin yang bermain di kinerja rpm tinggi tentu akan berbeda dengan mesin yang bekerja pada rpm rendah untuk kebutuhan pelepasan panas.

Pada RPM yang lebih tinggi karena kecepatan vektor lebih tinggi maka gaya gesek pastinya juga lebih besar dan mengakibatkan panas lebih besar (bila material mesin dan rancang bangun serta dimensi mesin dianggap sama). Dibutuhkan alat (element2 mesin) untuk melepas panas ini dari combustion room dan bagian utama mesin. Kalau pada mesin mesin yang dirancang untuk bekerja pada rpm rendah tentunya kinerja sirip pendingin yang mengandalkan aliran udara bebas cukup mampu sebagai media element mesin pelepas panas.

Untuk mesin yang lebih Continue reading Kenalan dengan Sistem Pendinginan pada Mesin Bakar.

Advertisements

Yamaha memiliki keunggulan mutlak saat menantang KLX150 dan CRF150

IMG_9226Kelas motor ringan garuk tanah 150cc memiliki demand yang lumayan gurih di Indonesia. Walau termasuk market Niche pada awalnya, akan tetapi karena karakter masyarakat Indonesia yang latah, medan yang menantang di Tanah Air, serta harga yang terjangkau bikin kelas ini mulai jadi favorite pilihan biker yang punya jiwa adventure. Bicara medan yang menantang, gak perlu jauh jauh bayangkan ke desa-desa, yang sehari hari dikota aja sering menghajar lubang aspal yang dalam dan masih harus ditambah dengan polisi tidur yang tidak standard serta speed trap yang terlalu tebal. Bikin miris kalau pakai motor yang ringkih, medan ini perlu dilawan dengan motor cross versi jalan raya. Jika sebelumnya KLX150 hadir tanpa tandingan menjadi satu satunya pilihan, Honda dengan CRF150 mulai memberikan pilihan warna baru bagi konsumen tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sayangnya motor baru Honda CRF ini masih dirudung oleh banyak masalah pada saat saat awal penetrasi ke pasar.

wr150yamaha
WR125, ilustrasi untuk WR150

Yamaha yang seolah ketinggalan (seperti biasa) kali ini punya senjata rahasia yang mantap abisss. Product Planning Yamaha kali ini tidak mau Continue reading Yamaha memiliki keunggulan mutlak saat menantang KLX150 dan CRF150

Desain PCX itu istimewa, ternyata kenyataannya…

IMG_9226

Bicara PCX seperti tidak ada habis habisnya. Kemunculan PCX baru ini mampu menenggelamkan berita – berita tentang Nmax sekaligus mampu menaikkan image Honda secara keseluruhan. Dari tanggapan masyarakat sekaligus konsumen motor roda2, PCX diterima secara positif (beli atau kagak beli itu urusan berbeda, yang penting penerimaan terhadap model ini dahulu sebagai potentially product). Harapannya kalau penerimaan sudah positif, pasti akan ada keinginan untuk memiliki, nah kalau nantinya ada kebutuhan dan ada rejeki bisa jadi disambar juga khan oleh konsumen Indonesia ­čÖé

Bicara soal penerimaan PCX baru ini, faktor utama yang membuat market cukup “kepincut” dan “bergairah” adalah faktor Desain yang Luxury untuk harganya. Desainnya sangat masuk untuk selera pasar Indonesia. Bukan berarti PCX lama secara desain tidak masuk dan memuaskan selera pasar Indonesia, akan tetapi halangan harga PCX lama yang menjadi kendala banyak orang untuk memiliki motor tersebut. AHM terlalu lambat untuk memonitize dengan cara melokalkan PCX, bahkan sampai kedahuluan Yamaha yang lebih “nekat” dengan Nmax-nya.

Soal selera Desain PCX yang begitu istimewa ini memiliki sebuah kenyataan yang tidak begitu banyak orang ketahui, yaitu Continue reading Desain PCX itu istimewa, ternyata kenyataannya…

2018 eranya Sport Classic di Indonesia, including Japanese Mindset Market Outlook

IMG_9226

Saat ini, kalau kita bicara soal motor sport itu bicara soal selera, bukan cuma kebutuhan angkutan yang sifatnya pribadi. Setelah pasar Indonesia selama berpuluh puluh tahun cuma dipenuhi oleh sport Naked 150cc, pasar Sport Racing 250 menjadi Euphoria, disusul oleh boomingnya sport racing 150cc. Namun Sport Naked 250cc nampaknya kurang diterima oleh pasar Indonesia. Hal inilah yang seringkali menjadi Hot topic saat annual meeting oleh para Prinsipal Pabrikan Motor asal Jepang. Pasalnya dengan membuat 2 macam Varian (Racing & Naked version) untuk mesin kubikasi yang sama, yaitu 250cc maka effisiensi produksi akan semakin baik, margin akan semakin lega. Namun apabila salah satu varian mengalami macet penjualannya/jauh dibawah aiming target penjualan, maka varian tersebut justru akan membebani varian yang lain. Jika sudah begini lupakanlah bermain variasi couple produk yang seharusnya bisa saling menunjang satu dengan lainnya.

Dilema!!!

Inilah yang menjadi dilema… Continue reading 2018 eranya Sport Classic di Indonesia, including Japanese Mindset Market Outlook

Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke

Atas ide Blogger kondang Kobayogas (http://kobayogas.com) sekaligus menyampaikan jeritan hati bersama maka artikel ini Gue tulis secara terbuka terang terangan dan telanjang. Bermula dari om Yogas Erlangga yang berkomentar bagaimana peluang Ninja 150cc 4tak, Gue langsung tanggapi tanpa tendeng aling aling lagi…. siap!!! eng ing eng Uhuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Kawasaki jelas memiliki peluang di market gurih dan terenyah ini, segment Sport Fairing 150cc 4 stroke. Saat ini di pasar ini telah bercokol CBR150R, R15 (155VVA), GSX-R150, Namun semuanya itu tidak akan berarti saat melawan nama besar NINJA (bukan Kawasaki). Apakah sesederhana itu….? TIDAK!!! Continue reading Peluang Kawasaki Ninja 150cc 4 Stroke

Apakah motor dengan Delta Box Plastic bisa diterima pasar Indonesia?

Pasar motor Indonesia itu aneh, sering ada anomali dan kadang juga paradox. Misalnya nih, sangat perduli penampilan desain, tapi juga perduli konvigurasi mesin DOHC / SOHC. Atau Maunya punya motor yang cepat dan hi performance engine, tapi masih sangat concern dengan fuel consumption. Mintanya Desain knalpot pabrikan bagus, ehm masih aja diganti dengan aftermarket product. Cerewet dengan desain velg bawaan pabrik, ujung ujungnya juga diganti velg variasi he he he.

Nah trend terbaru nih di Sport pada teriak teriak minta Frame atau rangka DELTA BOX, tapi maunya harga jual masih bersaing/murah. Ntar kalau harga jual naik sebanyak value penambahan harga DELTA BOX pada gak mau beli atau alasan gak kuat beli kemahalan, terlalu premiumlah, fitur lain masih kuranglah dst….

Bagaimana dengan DELTA BOX plastic, aka kondom panel Delta Box look like!!!

Giliran teriak teriak kayak motor modif kampungan, kayak asesoris modif pinggir jalan nah……lho…..gemana noh.

Padahal kalau yang ngeluarin Pabrikan langsung tuh bisa rapi jali, halus dan tampil mewah. Satu kesatuan desain yang utuh, jadi tak akan tampil aneh lagi atau terlihat murahan. Coba lihat foto berikut….

Continue reading Apakah motor dengan Delta Box Plastic bisa diterima pasar Indonesia?