Category Archives: POLITIC

Informasi Rahasia Perusahaan Otomotif tertentu cenderung bocor karena….

Baca judulnya pasti Bro Bro bisa menebak, informasi siapa yang cenderung bocor nich….entah sengaja dibocorin untuk memblow up produk tertentu atau kebablas Bocor….he he he karena tidak dapat menahan diri alias kepancing. Atau lebih parah lagi karena Bocor disengaja, Mulai dari tidak puas dan tidak terima atas perlakukan perusahaan, atas kondisi perusahaan, atau bahkan terkorek habis oleh informan kompetitor atau pemburu berita 🙂 wk k k k. Yang paling parah tentu dikarenakan Continue reading Informasi Rahasia Perusahaan Otomotif tertentu cenderung bocor karena….

Mau naikan harga BBM kok ragu-ragu terus. IDE sederhana solusi kenaikan harga BBM from MG

Artikel Gue kali ini rada beda dikit, abis kesel juga dengan ke ragu-raguan dalam pengambilan kebijakan soal harga BBM.

Ketika ada isu atau rencana kenaikan harga BBM (premium), maka respon pasar adalah segera terjadi kenaikan harga dengan alasan penyesuaian harga. Nah sering terjadi isu dan isu dan isu dan rencana dan rencana dan ….. akan tetapi sikap ragu-ragu ini mengakibatkan harga pasar naik terus dan terus dan terus ….sedang kenaikan harga BBM (premium) yang hendak dilakukan untuk mengurangi subsidi dari pemerintah tetap NOL.

Disaat ekonomi Indonesia membaik, rencana kenaikan BBM (Premium) tidak segera diikuti oleh tindakan eksekusi nyata. Padahal saat itu (dulu red.) adalah saat yang tepat. Sayang memang….. Berhati-hati dengan kebijakan sangat baik, yang disayangkan keraguan terus menerus ini….

Saat ini dimana rencana yang terlalu sering muncul tadi dan isu dan isu dan isu telah membuat harga pasar kebutuhan pokok naik dan naik dan naik dan naik, inflansi naik tinggi, ekonomi masyarakat jadi sulit…eh ada rencana Continue reading Mau naikan harga BBM kok ragu-ragu terus. IDE sederhana solusi kenaikan harga BBM from MG

Memasarkan teknologi Injeksi untuk motor bebek dan matic

Bagaimana cara memasarkan teknologi injeksi untuk motor medium price atau bahkan low price (untuk segment cub dan matic) agar motor injeksi ini dapat diterima pasar dengan baik?
Pertanyaan tersebut muncul setelah artikel Gue mengenai; “Generasi Motor Injeksi akan semakin Murah” baru aja ter-publish. Ini dia komentar cerdas dari Bro Kangojek yang langsung mempertanyakan strategi apa yang akan dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia. Simak langsung aja Continue reading Memasarkan teknologi Injeksi untuk motor bebek dan matic

LUCK or GENIUS ?

Di sejarah peperangan dunia, sering terjadi legenda RAID yang mencengangkan, bagaimana sekumpulan pasukan menjadi Hero karena keberanian dan kombinasi unik dalam memenangkan mission impossible. Cerita dibalik itu semua masih memberikan pertanyaan dan misteri yang dalam, yaitu “Luck or Genius ?”

Hal yang sama kita temui dalam peperangan dunia roda 2 yang semakin asyik dan unique ini. Sejarah terus berulang terus. Ingat bagaimana kejayaan Suzuki Shogun 110 R (body tipis) yang begitu melegenda, bebek idaman dan trend setter pada masanya. Memang saat itu brand Honda masih mendominasi, tapi justru produk ini memiliki kesan yang begitu mendalam dan satu-satunya produk bebek diluar brand Honda yang memiliki Pesona Luar biasa. Disaat Puncaknya, Suzuki memutuskan untuk mengganti Produk ini dengan New series yang memiliki kubikasi mesin lebih besar, yaitu 125cc. Berbasis mesin Smash 110cc yang merupakan produk low price yang memiliki banyak error default, dikembangkan menjadi mesin 125cc yang dipakai di New Shogun 125cc. Saat itu banyak pihak mencemooh, menyayangkan dan ilfil dengan langkah pabrikan Suzuki ini. New Series Back Bone Product ini ternyata memiliki Continue reading LUCK or GENIUS ?

Memukul permukaan air untuk menimbulkan Riak.

revo-100cc1

Sengaja kali ini Gue buat artikel yang judulnya sedikit nyeleneh, bukan apa-apa sich, tapi sebagai bentuk rasa kagum Gue akan “Bing Fa” Strategy Siasat China Kuno yang berhasil diterapkan oleh AHM dalam menggoyahkan positioning product Yamaha di kategory bebek  sebagai kompetitornya.

Inspirasinya dari film Red Cliff, emang cerita Three Kingdom penuh dengan berbagai Bing Fa yang apik.

Oke kita mulai…ceritanya gini…

Masih ingat REVO 100cc mesin generasi C series yang oleh banyak kalangan dikatakan sebagai salah satu produk Honda yang gagal karena life cycle produknya cuma hanya bertahan sebentar. Tapi…Gue punya pandangan yang berbeda dalam memandang hal ini. Ini strategy yang sangat sempurna.

Continue reading Memukul permukaan air untuk menimbulkan Riak.

Spesifikasi dan Pricing Strategy Yamaha Vega ZR

vega-zr-display

Spesifikasi Vega ZR

Mesin
Tipe
4-stroke, 1 silinder, SOHC, pendingin sirip udara
Diameter x Langkah
50.0 x 57,9 mm
Volume silinder
Karburator
Tenaga
Torsi
113.7 CC
Mikuni VM15SH
6,5 kW (8,7 PS)@7.500 rpm
8,3 Nm (0,85 kgf-m)@4.500 rpm
Kopling
Manual, basah, multiplat
Transmisi
4 percepatan
Sistem starter
Starter listrik dan kaki
Kelistrikan
Baterai
12 V, 5 AH
Busi
NGK/C6HSA/W2OFS-U
Sistem pengapian
DC- CDI
Sasis
Rem depan
Cakram  hidraulis/tromol
Rem belakang
Tromol
Ukuran ban depan
70/90-17M 38P
Ukuran ban belakang
80/90-17M 44P
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi
1.930 x 675 x 1055 mm
Jarak sumbu roda
1.235 mm
Jarak terendah
126 mm
Berat
97.0 kg
Kapasitas tangki BBM
4.2 liter

Setelah melihat spesifikasi diatas, tentunya banyak dari kita yang segera membandingkannya dengan Honda Blade 110 R yang baru saja dirilis AHM. Memang jika kita perhatikan, Vega ZR dengan kapasitas mesin 4.6 cc lebih besar dari pada Blade 110R masih belum memiliki superioritas performa mesin. Adapun Tenaga yang mampu dikeluarkan mesin hampir setara bahkan baru keluar pada rpm yang lebih tinggi. Bahkan torsi yang dikeluarkan lebih kecil. Eit jangan pesimistis dulu……..!!! Torsi sebesar 8,3 Nm ini dikail pada rpm yang sangat rendah yaitu di 4.500 rpm, artinya Vega ZR ini praktis sangat enak untuk diajak ber-manuever di kemacetan lalu lintas perkotaan yang padat. Lebih ekstrim lagi cocok untuk road race pasar senggol.

Mungkin dari sisi mesin superioritas mesin Yamaha tidak tampak, ini bukan berarti Vega ZR mengalami kemunduran dalam hal performa mesin dibanding pendahulunya, akan tetapi kubu Honda dengan Blade 110R-nya memang kali ini tampil “luar biasa” keluar dari pakem ke-Honda-annya. Ya… keluar dari “pakem” ke-Honda-annya.

Pricing Strategy Vega ZR

Coba kita lihat dari sudut pandang yang lain, dengan performa bebek 110cc yang cukup Dashyat ini, Honda Blade 110R dapat dimiliki dengan Rp.13,5 Jt. So what up? Vega ZR dengan performa yang mirip dapat Anda miliki dengan harga Rp. 11,9 Jt-an, paling mahal Rp.12Jt-an. He he h e….ingat om-om, tante-tante, kakak-kakak, adik-adik semuanya…sekarang jamannya cari uang susah…kata orang mulai krisis dunia. Lalu value for money mulai diperhitungkan oleh konsumen. Nah bagi para konsumen yang berorientasi pada performa mesin, tetapi dengan memperhitungkan budget yang terbatas, ya…  ini dia si Vega ZR bisa jadi solusinya.

Yamaha memang membidik pasar ini, dimana banyak kaula muda yang mendambakan performa mesin terbaik, dengan harga yang terjangkau oleh kantong mereka yang notabene banyak diantara mereka yang masih bergantung secara finansial pada orang tua-nya. Nah Yamaha menawarkan solusinya melalui produk baru mereka yaitu Vega ZR.

Soal keiritan…mhm Vega R pendahulunya sudah cukup banyak membuktikan keunggulan Yamaha soal irit-iritan. Bahkan sudah diakui sebagai motor paling irit versi Mr. Testo di tabloit “You Know Who!”

Soal harga jual kembali? Yamaha sudah membuktikan bahwa harga jual kembali mereka di beberapa tipe produk bahkan lebih baik dari Honda.  Salah satunya ya… Vega R “si gesit irit” yang memiliki resale value yang tinggi.

Bagaimana dengan harga spare-part? tidak perlu diragukan lagi harga spare-part asli Yamaha adalah yang paling murah dibanding Honda dan Suzuki.

Kalau masalah Desain Body motor mah selera konsumen aja… memang ada harga, ada benefit yang harus dibayar, entah itu value benefit maupun emotional benefit semata.

Pilihan ditangan Anda…

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy aja dulu…