Result GB Master Championship 2021, Indonesia-International Gunpla Builder Full Online Championship

Setelah berbulan-bulan proses kompetisi, akhirnya hasil dari kompetisi GB Master Championship telah muncul dan dapat dilihat pada websitenya www.GundamBuilderChampion.com

Berikut adalah juara dan para pemenangnya:

Secara keseluruhan, event ini sangat baik, sebuah benchmark baru bagi event kompetisi Gundam. Beberapa hal yang menurut MG sangat layak diacungi jempol:

  1. Secara keseluruhan karya karya peserta yang tampil merupakan karya yang secara kualitas bagus bagus, diatas standart semua. Bahkan bolehlah diadu dengan kualitas karya karya yang tampil pada lomba official loh. (Foto display semua karya lengkap ada di link ini). Walaupun secara jumlah tidak terlalu banyak, namun sangat memuaskan bila dipandang dan diperhatikan setiap entry yang ada, jadi melihatnya juga butuh waktu yang lumayan karena berlama lama mengagumi deretan karya karya yang ada dan ditampilkan pada display.
  2. Display peserta tidak diberi nama builder pada awal exhibition, hanya nomer kode entry saja yang beberapa digit angka. Namun ketika hasil penjurian sudah ditampilkan, semua display peserta muncul Nama Buildernya. Hal ini sangat baik, diawal pameran sportifitas terjaga, sedangkan ketika hasil sudah keluar Builder diberikan penghargaan nama builder di pasang pada display karyanya. Bandingkan dengan event lain yang sesudah pengumuman-pun nama buildernya juga tidak jelas / tidak muncul ditampilkan.
  3. Fair dan Transparant, tidak seperti umumnya lomba sejenis… di kompetisi ini semua hasil penilaian di umumkan, nah tentunya builder jadi bisa chek kemampuan dan kekurangan masing masing untuk improvement di kemudian hari saat ikutan kompetisi lagi. Bahkan pengamat seperti MG juga bisa ikutan menganalisa. (Penilaian bisa lihat di sini) Mantap banget… Gue kasih 2 jempol buat yang ini… Fair Banget!!!
  4. Para juri International (bukan juri lokal) dari 4 Negara dan 3 Benua. Sehingga apapun konsepnya, ciri khas, style, model dan penampilan entry kit para peserta akan dinilai secara comprehensive, dengan selera yang Internasional dan luas. Nah ini suatu kesempatan yang cukup langka karena biasanya lomba gunpla umumnya dan seringkali memakai juri lokal atau paling tidak juri dari Asia Tenggara saja.
  5. Adanya Online Awarding pengumuman para pemenang yang bikin dag dig dug banget. Walau Gue cuman ikutan lihat sebagai pengamat…namun hati ini dag dig dug seeer nungguin pengumumannya. Kereeen…Dua jempol juga buat EO-nya. Cuman satu aja…iklan Kawasakinya terlalu sering nongol tuh ha ha ha ha. Penasaran Online awardingnya bagaimana? langsung aja cuuuus ke Youtube GB Master Championship.
  6. Pengumuman Pemenang di web keren banget, terasa banget ini lomba International Level-nya. Apalagi Foto karya dan nama buildernya akan nempel selalu di search engine. Kemenangan para pemenang bersifat abadi nih.

Mantap untuk Universitas Kristen Petra dan Kawasaki yang sudah support hobi dan komunitas Gunpla Builder International nih, Two Tumb Ups untuk keduanya !!! Josss !!!

Nah saatnya nih, MG sebagai pengamat ikutan mengomentari karya karya para pemenangnya. Nah pertama tama secara keseluruhan, karya karya di Beginner Course sangatlah menyentuh perhatian MG, selain beraneka ragam, namun secara skill di total 5 penilaian juri tidak kalah dari peserta Pro Course, bahkan bisa dibilang malah lebih bagus loh.

Jadi begini, MG coba melihat dan menganalisa dari perolehan skor penilaian; Karya Beginner Course dari urutan 1 sampai urutan 8 bahkan nilainya lebih baik di atas Pro Course urutan juara 2. Beginner Course sampai urutan ke 11 secara perolehan skore masih lebih baik diatas Pro Course urutan juara 3. (Penilaian bisa lihat di sini) Nah disini membuktikan bahwa para peserta Beginner Course memang memiliki kemampuan skill yang tidak kalah dari peserta Pro Course. Memang sih ada beberapa pembatasan aturan untuk peserta Pro Course, namun seharusnya tidak mengurangi kemampuan para Pro Builder untuk dapat berkarya menunjukkan levelnya. Bisa jadi belum maksimal saja, beda dengan peserta Beginner Course yang habis habisan all in – total fight. Sedangkan untuk peserta Students Course, MG gak akan banyak komentar sih.

Khusus untuk Pro Course, yang menurut MG memang layak tampil sebagai juara hanya ada 1 saja, yaitu juara 1 Championnya saja. Alasannya begini; Karya Night Ops ini mampu menunjukkan level-pembuatnya sebagai Builder Pro, jelas menampakkan kemampuan buildernya untuk out of the box keluar dari batasan. Konsepnya juga jelas, dan dalam karya ini, setelah diperhatikan dengan seksama semua efek pencahayaan itu berasal dari paintingnya, termasuk bayangan neon sign box pada shield gundam merupakan lukisan / paint job. (nampak jelas pada video awarding) Mantap Betul euuuh!!!

Sedangkan karya-karya yang lain menurut MG pribadi masih kurang siap untuk bersaing di level Pro Course ini, entah secara level masih belum masuk atau buildernya masih setengah setengah dalam berkarya. Itu sih yang MG rasakan saat melihat lihat karya yang ada di Pro Course ini. Sayang sekali emang, bisa jadi karena nama nama besar di level Pro yang kerap menghasilkan Maha Karya Fenomenal seperti Sang Dewa Gunpla – Master James JGarage dan Sang Pendekar Jawara Sejati – Gunpla Master Antonius belum turun gunung di kompetisi ini. Sedangkan Sang Golden Boy – Mark Alexander juga tidak bisa turun karena didaulat sebagai salah satu Juri Internasional pada kompetisi ini. Jadinya serasa kurang seru aja tuh liatin Professional Course-nya, jadi gemez sendiri.

Nah saatnya beralih ke Beginner Course. Beda banget saat lihat Beginner Course, semua karya menampakkan semangat buildernya untuk bersaing memperebutkan posisi yang terbaik. Banyak karya yang kreatif dan unik disini… baik yang tampil sebagai Juara maupun yang belum juara. Secara umum karya karya yang berada di urutan 10 besar, eh 11 besar aja sekalian ya (masih diatas skor juara 3 Pro Course). Bisa dikategorikan sebagai karya karya yang pantas tampil sebagai juara loh menurut MG ya.

Sedangkan karya-karya yang masuk di urutan 11-18 (masih diatas point Pro Course urutan 4 loh he he he) bisa dikategorikan karya karya yang sangat bagus loh. Tinggal dipoles dikit lagi saja, pasti hasilnya makin mantap dan bisa bersaing di deretan para juara.

Nah… semoga Next Year persaingan di Pro Course akan semakin seru, Makin banyak builder berkualitas Pro yang meramaikan, mengingat semua juara baik dari Student Course dan terutama dari Beginner Course akan berkumpul semua dan beradu dalam Pro Course. Nyalakan Nyalimu he he he… Seru pastinya Uhuuuuuy!!!

Akhir kata selamat untuk para Juara dan para pemenang Special Award.

14 thoughts on “Result GB Master Championship 2021, Indonesia-International Gunpla Builder Full Online Championship”

  1. Entah mengapa enak sekali lihat yang beginner course di kompetisi GBM ini. Walau gak banyak, tapi hampir semua karya bagus bagus, standartnya sudah seperti karya karya bagus yang masuk event GBWC.

    Kalau untuk PRO, emang benar yang manis dilihat cuma 1 saja 🤣 yang night ops ungu itu, lainnya dull alias gak ada daya tariknya.

    Untuk student wow bagus banget yg juara 1 dan 2 udah selayaknya masuk Pro.

    Over all ini kompetisi yang bagus banget dan dikelola secara professional.

    1. @G jungkies Iya betul sekali,… dull , kata yang paling tepat. Sebelum liat komentar ini merasa kurang gimana gitu ada yang rasanya minus apa githu, kurang sesuatu tapi bingung istilah tepatnya apa. Begitu baca ini comment, passs banget ya… dull

  2. Apakah ini berarti di kelas Pro builder Indonesia masih belum bisa menunjukkan kelasnya dibandingkan builder luar negeri?

    1. Ya bukan gitu lah bro, cuman kebetulan banyak Pro builder Indonesia yg belum ikutan karena mungkin waktunya belum pas atau pas lagi sibuk.

      1. Kalau duo underdog dah turun pasti bedalah 😁. Di Indonesia yg kualitasnya Pro ya cuman duo underdog aja. Pasti kelibas semua builder LN.

  3. Bagus sih ajang ini bisa membuat builder beginner jadi punya kesempatan, setidaknya kalau tidak bisa posisi 123 ya masih ada banyak special awardnya.

    Mak anakmu dapet special award loh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s