Panas….Hot………R15 sang versi Racing NVL

Bagaimana kemungkinan R15 meluncur di jalanan Indonesia? beberapa penggemar sport pasti menantikan kabar yang satu ini.

Bocoran terbaru yang Gue dapat dari dapur panas  Discussion Meeting antara marketing dan product planning YIMM baru-baru ini:

YSport Plan regBerdasarkan info dari Business Strategic Yamaha yang telah bocor bertahun yang lalu, yang dapat kita lihat dengan jelas pada bagan diatas pada bagian Daily Sport. Vixion di perbaharui atau di face up menjadi New Vixion yang baru saja kita ketahui setelah Launching di penghujung tahun 2012 lalu yaitu NVL (New Vixion Lightning). Sedangkan ada satu lagi garis yang pecah menjadi New R15. It’s Product Planning Yamaha bertahun lalu. (Dalam kondisi yang saat itu mereka forecast-kan). Jelas sekali ada Planning memunculkan ke dua product ini, yaitu New Vixion dan New R15 sebelum menyentuh di garis 2014. (itu berarti tahun 2012 akhir sampai 2013 awal).

Lihat juga ada Question Mark (?) di new R15. artinya mereka (YIMM) tidak yakin benar dengan keputusan ini, masih mereka pertimbangkan masak-masak lagi, perlu atau tidaknya?

yamaha-r15-limited-edition-50th-anniversary-special-01

Nah…setelah serbuan Produk Sport Honda  di berbagai lini…mulai CBR 250, new CBR 150, CB150 dan Versa (plus duo produk legendaris Tiger dan NMP). Nampaknya kubu marketing Yamaha mulai ketar-ketir atas masa depan MS Sport Category mereka. Usulan newR15 muncul kembali sebagai product pengalih perhatian untuk shaking di market sebelum kemunculan Sport 250cc yang digadang-gadangkan Yamaha di 2014 nanti.

Mau tau Report Discussion Meeting antara marketing dan product planning YIMM baru-baru ini, Panas Bro….ikutin ya….

Kembali mencuatnya ide New R15 dimunculkan sebagai Product Shaking di kategori Sport untuk pengalih perhatian di market sekaligus untuk kompetitor berawal dari tertekannya MS di Category Sport akibat derasnya produk baru Competitor baru-baru ini. Walau penetrasi kompetitor baru saja dimulai, efek MS secara nasional terasa, memang baru cukup sedikit, akan tetapi ini barulah berjalan…jika ditunggu beberapa bulan lagi maka histories New Blade vs Jupiter Z di MS category bebek premium under 125cc akan terulang. (awalnya MS jupiter turun sedikit, selanjutnya dalam 5 bulan kemudian terlibas). Apalagi dalam Product Planning Ide memunculkan New R15 ini yang 11-12 dengan new Vixion bukanlah ide baru.

Akan tetapi begitu ide ini meluncur, suasana meeting mendadak PANAS…. beberapa pihak beranggapan percuma meluncurkan New R15. Alasan mereka apakah pasar akan menerima produk ini. Berikut dalil-dalilnya:

  • Image Produk India akan menyeret image Yamaha Indonesia turun . Mutu Yamaha Indonesia = Mutu Yamaha India. (Lah terus Byson’e piye toh?)
  • Harga tidak kompetitif, jika dibandrol 7 juta lebih mahal dr NVL…apakah masih laku significant secara kuantiti? jika tidak akan memperberat lini produksi yang sudah ada. (Apakah saat ini lini produksi masih penuh seperti 2 tahun lalu? toh 11-12 NVL)
  • Jika harga dipatok terlalu murah, selisih 2-4 juta dari NVL dikawatirkan akan membuat image NVL overprice!!! Saat ini Vixion series masih TOP Margin Yamaha all line up. Sayang apabila nantinya NVL harus pasang Disc dan mengurangi margin yang tebal dan empuk ini. (kaya steak aja)
  • Di bengkel variasi banyak modification part R15 yang beredar, ntar kesannya gak eksklusif lagi. Konsumen akan hitung-hitungan murah modif atau beli jadi.

Sedang di kubu yang lain beranggapan bahwa:

  • Yamaha Indonesia butuh image Racing di sport category dan saat ini belum ada produk yang siap selain New R15.
  • Apalagi sementara ini dibutuhkan back up di sport category untuk membendung serangan kompetitor yang bertubi-tubi terhadap NVL + Byson (Scorpio tidak dihitung karena mandul).
  • Byson Face Up yang akan muncul di tahun 2013 ini tidak cukup daya secara image ikut membendung serangan lawan. Sedang Sport 250cc yang digadang-gadang masih terlalu lama karena harus menunggu kesiapan muncul di tahun 2014 nanti.

Meeting sih biasa kalau jadi Panas, tapi kalau bicara soal Sport jauh jadi lebih panas dari pada meeting produk matic yang kontribusinya jauh lebih significant di penjualan. wk k k k k.

Bagaimana Nasib New R15? Kita nantikan saja… Secara Pribadi sih Gue Pesimis.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

86 responses to “Panas….Hot………R15 sang versi Racing NVL

  1. ditunggu episode selanjutnya bro…:mrgreen:

  2. Hasil Meetingnya masih mengambang Bro.

  3. kenapa ga pilih saja update scorpio dengan tampilan dan perbaikan
    baik mesin dengan tuning maupun njeksi
    sehingga mampu menjadi top of the line sementara..

    misalnya dengan menggunakan gaya fazer atau tenere?
    harga dipatok sama dengan sekarang…
    memang melenceng dari strategi.. tapi ini bisa jadi temporary solution..

  4. .”… Business Strategic Yamaha yang telah bocor bertahun yang lalu…”
    just curious…kok bisa?

  5. Sebenernya sebagai produsen sebesar yamaha ga ada salahnya mengeluarkan r15… toh banyak juga suara arus FBY yang teriak supaya ngeluarin nich motor… walau mungkin akan kalah MS dan pamor dengan keluarga NINJA 150 2Tak… so r15 sebagai premium image harus di keluarkan untuk mengibarkan bendera perang motor sport yang sudah di pegang yamaha agar pasukan infantri ga kocar-kacir….

  6. Scorpio baru diluncurin? kayaknya butuh 1 tahunan untuk facelift, kalau R15 kan produknya sudah siap ambil dr India dulu, tinggal jual di Indo

  7. yang jelas, R15 v2.0 ga akan kemarih selain import😀
    kalau buat sendiri paling nyomot new vixion kasih baju , 11 12 kayak yang dipamerin?

  8. heeem ditunggu ae lah

  9. memang ikut meeting bro? atau barangkali cuma analisa pribadi

  10. kwapppppooooooookkkkkkkkk yamaha. sekarang baru puyeng. makan tuh simalakama……….

    semua pertimbangan2 kontra itu harusnya tidak ada sekiranya madep mantep R15 diluncurkan tidak lama setelah Vixion lama dipasarkan.

    lalu soal pertimbangan kontra nomor 1, mereka merendahkan sekali para pemilik Bajaj dan Pulsar…. sekiranya memang Yamaha India lebih inferior dibandingkan Yamaha Indonesia, loh kan tinggal diproduksi di sini to……

  11. ikut meeting mas? tolong yang kontra dihasut biar setuju ya:mrgreen:

  12. Jadi penasaran, secara saya sangat kesengsem dengan produk Yamaha yang satu ini walau pun saya lebih ke Fanboy Honda

  13. Mudah2an kalau memang jadi keluar disini sistem injeksinya sama seperti NVL yang sudah canggih dibanding india yang masih open loop. Kalau memang Yamaha India dikatakan standar rendah toh Byson bisa laku keras dan Fazer saudara kembar 11-12 Byson juga keren

  14. Ngeri jg yah berarti mmng bocor nih meeting YIMM pantesan keok,sdh dicut dl sm Astra

  15. salah satu harapan R15 di jual di sini ya hancurnya MS sport YIMM.
    kalo masih juara ane yakin R15 diproduksi di sini cuma mimpi bagi biker Indonesia.

  16. Jauh lebih efisien bikin NVL ful,fairing. Secara perform 11-12! Soal baju… basis desain NVL sangat-sangat bisa dibikin sport fullfairing yang keren…. apalagi kalau bajunya pake R125 macam ini Bro >>> http://nakawara.files.wordpress.com/2013/01/red-vixion-fairing-by-nakawara.jpg

  17. Flagship…quality…..mindset….urusan penjualan..tengoklah cbr 150,,,,gak banyak tp minimal ada motor fabricate faired motorcycle….itu penting…marketing memang mahal cost…tp return point itu yang penting dan R15 jawabannya

  18. yang jadi pertanyaan …. kenapa pada ngebet model R15 sih, koq kayaknya ga ada kesan racynya (dikit banget klo pun ada). kenapa ga pakai model R125 tapi cangkokin mesin R15 (atau NVL 6gear). kan kesannya jadi lain, ga “India” lagi. api jadi Eropa (R125 kan Eropa).

  19. bagusan R125 jauhhh,, mau dibandingin ama R15 atau cbr 150 atau merk jepang lainnya juga masih lebih keren R125.

  20. Di bengkel variasi banyak modification part R15 yang beredar, ntar kesannya gak eksklusif lagi. Konsumen akan hitung-hitungan murah modif atau beli jadi.
    ——————————————————-
    biar lebih ekslusif caranya ya untuk R15 dari sisi performa / power dan torsi Engine harus ditingkatkan 30-40% dari NVL dan gak usah mikirin irit
    harga lebih mahal antara 5 – 6 juta

    jangan kuatir kalah saingan dengan part variasi
    lagian part variasi modif di bengkel kan dari kualitas dan desain dilihat sekilas saja sudah ketahuan kalo itu murahan beda jauh dengan part buatan pabrikan

    kalo emang kuatir untuk bersaing dengan part variasi ya buatlah desain New R15 itu yg bener bener kelihatan ekslusif seperti R125 yg dari Headlamp depan sampe buntut lekukannya tajam dan lebih nungging dari NVL jadi sudah untuk di tiru dan lebih mahal kalo mau niru

    yg perlu di ingat untuk headlamp harus Dual headlamp jangan Single headlamp seperti CBR dan NVL modif Yimm … lebih bagus lagi dual headlam punya R125 jangan R15 v2 yg kurang keren

  21. Gong Xi Fa Cai

  22. Yang ngasih solusi macam2 tolong dibaca lagi artikelnya, ni pilihannya masukin r15 dari india, ya atau tidak?
    kalau udah rubah yang lain2 walau pun cuma ganti baju butuh waktu satu tahun cepet2nya kuartal pertama akhir taun ini, penjualan sport honda udah ngacir duluan, yang berimbas menguatnya image sport honda

  23. Maksud gw kuartal terakhir

  24. pemilik old vixion yang pengen R15

    Gitu aja repot…. impor saja dari india. Kalau ada yg beli tinggal minta ke india, kalau sedikit yg beli jadi ga rugi. Contoh tuh ahm jualan new cbr, impor dari thailand. Jangan mikirin untung gede terus….. tapi juga mikirin konsumen yang sudah setia sama produk yamaha. Kasih mereka produk flashgip yang sudah diminta dari dulu. Jangan nunggu ms jatuh ke kompetitor.

  25. pemilik old vixion yang pengen R15

    Setubuh Bro Flagship…

  26. kalau import mending gak usah, harus produksi di indo kualitas tinggi harga 27 juta, pasti laku, cbr150 langsung gak dilirik. sekarang kan jamannya motor sport fairing dan non fairing mesin sama.

    http://otoarea.wordpress.com/2013/02/10/new-vixion-mulai-ambil-alih-posisi-old-vixion/

    http://otoarea.wordpress.com/2013/02/10/penjualan-motor-honda-hampir-2x-penjualan-yamaha/

  27. Dpt live reportnya lgs dr sumber sangat terpercaya🙂

  28. Yamaha kelamaan mikirnya.lexam gak laku aja dimasukin. Scorpio nanggung aja dibikin. Menurut saya skrg yamaha gak punya produk yg superior lagi, semua dah ditempel honda.

  29. langkah yamah terlihat terlambat dan salah melangkah… seharusnya NVL gak perlu di lahirin… jd seharusnya vixion lama plus R15 menurutku lebih ampuh ketimbang line up yg sekarang…… R15 sekarang? telat masbro… http://eiscell.tokobagus.com

  30. @pemilik old vixion
    @Eiscel
    Se7 bro dg klaian …!!!!
    Ane tambah lg sport pulpering 150 cc bg org indonesia mindsetnya dah tertanam pulpering kencang 2 tak ninja 150, pulpering kencang 4 tak cbr/fxr 150 dohc overbore…!!!
    Percuma jg ngeluarin Old/New R15 mesin 11-12 pikson sohc operstrok..!!!
    Orang indo pasti bilang itu pikson dipakein sarung gak da beda ma pikson bugil.
    Percuma klo ngandelin tampang doang mesin lemot kek pikson ntar dijln jd bulan2an bebek tengil FU..!!!
    Memang benar klo ada komentator yg ngatain Yimm gak mampu bikin mesin 150cc dohc overbore..!!!!

  31. Petinggi Yamh lagi galau tingkat Dewa. Ini tidak lain hasil dari berleha leha (malas-malasan) ketika Mampu mepet penguasa ms.

    Untuk saat ini mestinya mereka harus lupakan kompetisi, kembali berpijak dibumi,..untuk memaintain apa arti kata “Productivity, Efficiency, Customer Satisfaction Brand Loyalis (FBY)”. just imho:mrgreen:

  32. @AR
    Koment ente dalem banget bro ntar petinggi2 Yimm & yamaha global menyesal 7 turunan…!!!
    Salah sendiri NKRI dianak tirikan..!!!
    Yamaha sono jualan di India saja…!!!
    Betul bro KwwuuaapppOOOKkkk koe yamaha Raaasssaaakkknoooo…!!!!!

  33. @Nanasi
    memang image engine 4tak pasti kalah dengan engine 2tak
    makanya agar bisa menandingi image motor kencang 2 tak ninja 150 ya harus dilawan dengan cara lain yaitu dari desain yg ekslusif dan keren misalnya seperti Desain R125 … jadi image mesin kencang dilawan dengan image desain yg ekslusif

    tapi urusan engine jangan di anggap remeh untuk urusan performa .. boleh kalah dari ninja 2tak tapi performanya jangan sampe kalah dengan CBR150 malah kalo bisa buat lebih tinggi dari CBR150 yg DOHC

    lagian untuk mesin cc kecil , performa mesin DOHC dan SOHC 4 katup bisa dibilang seimbang , kalo urusan keiritan bahan bakar baru timpang .. jelas lebih irit SOHC 4 katup karena minim gesekan

  34. keluarkan saja
    NVL+6speed+fairing , hrga + 3jt maksimal
    suplemen penambah varian

  35. masih keren model R125 lebih sporti

  36. turunkan r15!!!!!!!

  37. Achmad Sya'roni F

    daripada melokalkan r15 mentah2 mending pakai desain vixion full fairing concept (yg ada di JMCS 2012 & peluncuran NVL di beberapa kota). terus fiturnya disesuaikan supaya harganya kompetitif

  38. masih tahun depan…..

  39. simalakama mengingat power NVL yg diklaim 16,59 mendekati R15 yg diklaim 17..mungkin pada akhirnya NVL dengan fairing dan 6 gear close ratio..tapi jeda harganya berapa..🙄

  40. OOT..
    pengen tau wujud asli BENNY THE GREAT…
    kyak gmna sih tampangx..
    ada yg tau g ..??.. ada yg bilang mirip Maho..😀

  41. Pingback: Menunggu R-15 sama dengan menunggu EMBUN di GURUN SAHARA | bocoraninfoakurat

  42. Seperti apa PREDIKSI YIMM terhadap demand motor sport?? Apakah ini salah satu dasar keukeh nya YIMM untuk tidak memproduksi R-15??

    Cek BOCORANNYA di sini

    http://bocoraninfoakurat.wordpress.com/2013/02/13/bocoran-prediksi-yimm-terhadap-demand-motor-sport/

  43. Klo nurut q sbg fans yamaha sih gini aja keluarin versi fairing NVL basis sama cuma pake fairing plus tambahi Huruh (R) aja ,jd klo ada yg pingin fairing bli yg fairing klo minat yg naked ya pake yg naked, yg udah bli yg naked klo ada yg pingin ganti fairing bisa nebus d dealer gmpankan kaya ninja 250 ama z 250 depan beda buntut sama….

  44. Klo byson face lift aja versi injection plus disc brake belakang,scorpioz ambil desain fazer 250 tp ntar di refresh lg oleh design anak negri..klo bisa monoshock kaya byson atau NVL jgn terlalu ambles biar enak di pandang mata……..

  45. siap ditunggu info slanjutnya bro,smoga beneran jadi r15 ya

  46. kayanya selama msh ada om dyon ga bakal diluncurkan. kecuali kalo beliau sukarela turun krn udh gagal pimpin yamaha. cukup..

  47. Kebetulan punya temen yg kerja di group dealer Yamaha, bocorannya akurat. Mereka lagi berencana masukin r15. Kalau di plan tahun ini emang gak masuk jadwal tapi IDE ini jadi panas 2minggu ini

  48. padahal tuh barang di daerah wonogiri sudah di jual bebas.. di dealer resmi pula

  49. “Saya tidak bohong. Yamaha Indonesia tak punya rencana memproduksi atau memasarkan R15 (Ver 2.0) ke Indonesia. Kami punya rencana lain, sesuatu yang lebih besar,” ungkap Eko di Bandung, akhir pekan lalu. Dia mengatakan, dari segi bentuk dan desain R15 Ver 2.0 memang banyak digemari oleh calon konsumen di Indonesia. “Tapi, buat apa kita memasarkan produk yang pasarnya kecil, mending kami cari produk lain yang bisa melampaui penjualan produk itu (R 15 Ver 2.0),” lanjut Eko.

    Ini dia salah satu yang gak setuju

  50. salah yimm sndiri , harusnya msukin R15 dari dlu .

  51. Kenapa ga ngeluarin paket accesories full fairing dkk di kisaran 4-7 juta aja ke pasar special buat NVL? dijadikan marketing layaknya Y-Max dan accesories premium resmi yamaha lain, toh bisa dijadikan analisa/survey pasar kan? (CMIIW – analisa ngaco hehe) kalau misal dari 10 pengguna NVL ternyata ada sejumlah “X” yang beli fairing pabrikan tersebut kan bisa jadi patokan harga sekaligus penyerapan dari situ – sekali lagi ini mah analisa ngaco pisan ya hehehe…

  52. Langsung aja buat yg 250 cc sdh nanggung full fairing sama naked sekalian, klo 150 udah banyak yg main disitu percumaaaaaaa. Bakalan ketinggalan sama lainnya yg udah duluan keluar!!!!!!!!!!!!!!

  53. opo karepmu wae lah Yamaha….

  54. Pingback: Yamaha Indonesia Sedang mengkaji Matic ber-body besar, dan R15 | mario devan Blog's

  55. klo boleh jujur, R15 lebih keren dari pada CBR150R
    Entah mungkin karena udah sering liat CBR di Indonesia.

  56. Pingback: Polling : Perlu nggak kira-kira Yamaha merilis YZF-R15 untuk pasar tanah air??…. | Iwanbanaran - All about Motorcycle

  57. gak perlu lahh, kasihan hansip motor sportnya ntr makin kelihatan culun n katrok semua..

    *kalo yimm masarin r15 disini, gue indent satu buat dibuakar bareng hansip cbr, biar ketahuan ember plastik mana yang gampang meleleh.

  58. “Yamaha Indonesia butuh image Racing di sport category dan saat ini belum ada produk yang siap selain New R15.”
    betul nih.. ngaku2 teknologi MotoGP.. padahal motor fairing aja kagak punya :hammer:

  59. boleh 7 juta d atas NVL,asal DOHC,dan buritan sedikit d ubah (terlalu panjang euy) dan headlamp sedikit drubah (apa susahnya merubah headlamp,toh headlamp YZF R15 comot mentah dari YZF R1 tahun lawas (seingatku sih tahun 2002)

    apa susahnya merubah ketimbang membuat baru yang belum tentu berhasil,wah YMI benar2 malas untuk berpikir kreatif

  60. kok juragan triatmono gak menjunjung keterbukaan dalam berpendapat,,komentar2 yang sopan pun tidak dilolosin,,tapi komen sampah pro yamaha dilolosin walaupun komenya ga bermutu contoh qwerty jaos roy dkk,,,kenapa juragan??? mohon pencerahanya,,terima kasih

  61. ngomong2 R15 di India sana seberapa laku? liat dari penjualan Yamaha yg cuma seupil MS nya..

  62. Mantab dan sangat berbobot artikel2nya.

    Point :
    1. Tidak menjustifikasi sepihak – selalu menyertakan perbandingan yang fair
    2. Tidak ada kesan tendesius dalam setiap kritikan. Semua terjabarkan logis dan top buat analisanya
    3. Selalu disertai resolusi yang diberikan sebagai jalan keluar
    4. Beberapa artikel berdasarkan ilmu marketing yang sebenarnya, bukan dari opini semata, maaf jika dibandingkan rondo matrik punya triatmono yang asal2an dan terkesan titipan pesan misi sebuah pabrikan, pemikiran mindgenesis lebih akurat dan sangat “pencerahan” sekali.

    Tetap pada jalur citizen of journalism bro.. Saya yakin jika anda tetap dalam posisi yang selama ini anda lakukan bisa menjadi pengamat otomotif yang kredible nantinya.. Sudah terlihat tanda2nya.

    Seorang analis selalu mengambil hipotesa berdasarkan olah data dan fakta riil yang terjadi dilapangan. you’re on the track

  63. kemane aje lo

    wuanjriiit kalo keluar tahun…..kampret bngt…bru 2 bln men nvl gw….!!!!! jgn keluar dlu…..

  64. NVL KOK PAKE PELK THUNDER LAMA???? PLAGIAT YA???

  65. Tetep saja kalo R15 muncul..taste memakai r15 dengan modif itu jelas beda..ada brand image tersendiri oleh pemakai..sebagus appun klo hanya modif..di hati pengendara psti mengganjal..dan pasti ciut juga kl djlnan disamping yang asli r15, seperti modif mirip moge dengan moge beneran..beda rasa di hati n kepede anya…menurut saya sih gitu..

    http://motoblast.wordpress.com/2013/03/22/review-mudik-dari-denpasar-ke-sidoarjo-cbr250-r-pake-pertamax-abis-120ribu/

  66. sepertinya urgent R15 y?tapi mnut ane emang udah perlu kok ngaspal di tanah air sebelum mio jilid 2 terulang

  67. mending masukin parts r15 saja, trus tawarin paket update buat vixion -> r15 .. tph cuma masukin fairing, headlamp, speedo, spion, sama setang .. kurang lebih begitu kan ..

    kalo hasil modif sama dengan r15 beneran, yg minder ya yg make r15 .. motornya mirip sama yang modifan ..

    jadi ya masukin aja parts r15 ..

  68. bro…gmana neh mengenai update berita YZF R15/R250 di Indonesia???

    siapa yang bakalan keluar d tahun ini??

  69. ribet kalau masih ada yang beranggapan nggak perlu

  70. Well Wellonk

    punggawa YIMM alot alot… kasian donk ama karyawannya… semua orang menanti R15 dengan harga 25 an… titik

  71. klu yamaha pengen lariskan scorpio rangkanya diganti pakai deltabox biar bodinya agak kelihatan kren kaya siadiknya itu nvl…

  72. YMII ada baiknya buat YZF R15 V.3 atau apalah intinya yg bnr2 beda dari versi R15 yg sdh ada agr g smua bengkel yg pny parts V.1&V.2 bs mudah njiplak YZF versi Indonesia

  73. eh salah,YIMM maksudnya hehe

  74. Gua udah lari ke super garang ninja 250cc bro.new vixion udah gua jual 1 bulan lalu

  75. vixion, scorpion, bysooon BELUM MAMPU MENANDINGI DOHC HONDA di rpm 11.000 lebih…. bahkan cbr 150 old mampu mengalahkan ninja 2 tak & ninja 250 di OPEN RACE 250 cc sentul…itulah dahsyatnya DOHC HONDA…bagi FBY yg ngk percaya coba all sport YAHOMO diturunkan disentul kalau berani….aqu punya cbr 150 repsol ’04 di rpm 11.000 vixion jauhhh tertinggal..

  76. mantep mas bro. Jadi kepengen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s