Category Archives: MARKETING STRATEGIC

Opini: Yamaha E01 harus segera ditembakkan secepat mungkin.

Honda mungkin terbaik dalam hal penjualan, namun soal inovasi Yamaha bisa jadi lebih berani. Hal ini selalu terulang ulang kembali sepanjang sejarah kompetisi mereka. Kali ini sebuah motor listrik Yamaha dengan nama E01 sudah menyedot animo publik Indonesia. Dan menurut MG itu timmingnya ya sekarang.

Pasalnya begini, ketika animo mobil listrik sudah Hype, masyarakat Indonesia dengan strata SES dibawahnya otomatis juga merasakan Hype yang sama, Horny tapi gak bisa ejakulasi donk! Belum ada motor listrik dengan kualitas Brand yang terpercaya dan teruji yang menyediakan Motor listrik. Nah bila Yamaha E01 bisa memenuhi hasrat yang memuncak itu maka ini bisa jadi “Moment” kebangkitan Yamaha untuk kembali melaju “menyalip di tikungan”. Tentu saja kompetitor (Khususnya H) tidak akan tinggal diam segera meluncurkan motor listrik juga. Namun Pioner Advantage saat terjadi shifting market begini akan memiliki Competitive Advantages yang dapat menjadi Critical Strategic Asset. Dengan catatan domination tersebut dimaintain dan dimainkan dengan baik selama perjalanan waktu selanjutnya.

Continue reading Opini: Yamaha E01 harus segera ditembakkan secepat mungkin.

GBC 2021 Indonesia Result

Banyak pembaca yang penasaran dengan hasil Gunpla Builder Contest 2021 Indonesia. Memang dalam artikel sebelumnya, MG pernah membahas GBC 2021 ini, nah bagi yang penasaran apa itu GBC dan bagaimana aturan serta pelaksanannya bisa loh gali gali lagi dalam artikel yang lalu di link berikut ini https://mygoldmachine.wordpress.com/2021/10/14/5270/ .

Nah langsung saja kita lihat hasilnya ya:

Continue reading GBC 2021 Indonesia Result

Pusat pengembangan R2 di Asia Tenggara bakalan tetap dipusatkan di Thailand

Bicara soal dunia otomotif R2, sering kali kiblat market trend asia tenggara selalu saja ke Thailand, dimana memang Thailand inilah pusat trend setter dan inovasi produk produk R2 di kawasan Asia Tenggara. Tak heran jika beberapa Merk terkenal selalu menepatkan pusat RnD mereka di Thailand.

Walaupun sekarang hampir semua principles pemegang Merk R2 menyadari bahwa pasar tergemuk sekaligus terempuk di Asia Tenggara saat ini adalah Indonesia (pasar terbesar ke 3 didunia). Namun susah bagi mereka untuk serta merta merubah kiblat dari Thailand yang memang sangat dinamis.

Continue reading Pusat pengembangan R2 di Asia Tenggara bakalan tetap dipusatkan di Thailand

CBR250RRR 4 silinder bisa jadi lawan tangguh Kawasaki ZX25R

Akhir akhir ini CBR250RR makin gencar diiklankan, kelihatan wajar wajar saja sih bagi beberapa pengamat, apalagi saat ini kondisi ekonomi lesu-lesunya, emang sih growth ekonomi nasional naik, tapi di sektor apa dulu xi xi xi…. Urusan pandemi belom juga selesai, masih tidak nampak titik terangnya, persis banget dengan prediksi Gue mengenai tahun 2021 ini. https://mygoldmachine.wordpress.com/2021/01/08/2021-tak-akan-lebih-baik-dari-pada-2020-serius/

Saat ini sektor otomotif masih lesu dan makin berat, jadi kelihatan wajar kalau Honda ngebet ngiklanin CBR250RR melulu. Tapi…ssst… coba dilihat “percikan percikan di air yang tenang ini”, justru inilah tanda tanda awal model changing akan segera terjadi, atau malah new line series model upgrade yang justru mau dikeluarin.

Continue reading CBR250RRR 4 silinder bisa jadi lawan tangguh Kawasaki ZX25R

Akankah W175 Face Off atau malah disuntik Mati?

Setelah Yamaha XSR diterjunkan masuk pasar Indonesia, W175 Kawasaki langsung klepek klepek. Ya tentu saja hal ini sudah dapat diprediksi dengan mudah oleh banyak pengamat roda 2 di Indonesia. Pasalnya sebelum kemunculan XSR, W175 seperti segan hidup mati tak mau. Banyak konsumen yang terlanjur beli juga kecewa berat dengan kualitas W175. Gampangnya begini… diawal emang kelihatan memikat namun kualitasnya murahan dengan harga yang ditawarkan cukup tinggi. Mulai dari knalpot, setang dll yang nampak terlalu standart, dimodif dikit dikit eh dari segi biaya kok malah muahal banget jatuhnya… sebab terlalu banyak yang harus diganti untuk terlihat cantik merangsang mata. Alhasil kalau diganti semua tinggal rangka dan mesin doank lho!!! gak worth it juga itu, pasalnya mesinnya juga terlalu underspec untuk dipadu padankan dengan semua part modifikasi yang akhirnya harus tersemat.

Belum lagi banyak konsumen yang merasa kecewa dengan kualitas part W175 yang kacangan. Mudah karatan dan nampaknya dari bahan yang tidak bagus. Coba baca juga artikel ini : “W175 gak Worth it Banget” banyak konsumen Kawasaki yang menyesal telah beli W175 ini.

Continue reading Akankah W175 Face Off atau malah disuntik Mati?