Category Archives: MARKETING STRATEGIC

Tantangan Kawasaki di mass market

Artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas J125 vs Lexi vs New Matic Honda 125. Nah karena hal ini jika dibahas bisa panjang lebar… maka Gue putuskan ditaruh dan dikotakin dalam artikel tersendiri. Ya selamat membaca juga buat “Nihon Jin” reader yang akhir akhir ini banyak aktif mengikuti artikel artikel saya ya. Semoga bermanfaat dan tentu saja saya ucapkan どもありがとうございます .

Jika benar Kawasaki berencana memasukkan J125, jika benar serius loh ya… seserius KLX 230 dan Ninja 250 4 Silinder, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan serius Continue reading Tantangan Kawasaki di mass market

Advertisements

Marketing View : J125 vs New Honda 125 vs Lexi

Baik Honda new matic model 125 dan Kawasaki J125  rupanya sama sama mengincar peluang market Lexi yang sebenarnya besar namun tidak sukses di-delivery dengan baik oleh Yamaha lewat Lexi 125.

Pertanyaannya kenapa harus market Lexi? Selama ini para pemerhati otomotif melihat bahwa sales power dari produk Lexi tidak sukses. Bahkan beberapa diantaranya beranggapan bahwa demand matic special/luxury model 125 tidaklah bagus seperti kelas 150cc. Terbukti dari penjualan matic Yamaha Lexi 125 yang melempem.

Honda memiliki marketing view yang berbeda…; dengan diangkatnya naik levelnya premium market matic model ke 150-155cc, peluang market 125 akan semakin terbuka untuk digarap secara khusus. Eit jangan lupa disini Honda sudah terlebih dahulu Continue reading Marketing View : J125 vs New Honda 125 vs Lexi

BANDIT belum menggigit

Artikel ini gue tulis khususnya untuk memenuhi permintaan om Kobay 🙂

Belum lama ini Suzuki Indonesia memasarkan Suzuki Bandit 150, walau tampaknya produk ini menjadi harapan Suzuki sebagai produk yang dapat masuk ke pasar yang lebih massal, Bandit belumlah menggigit. Pasalnya Bandit 150 belumlah dipersiapkan secara All Out oleh Suzuki. Baik dari produk maupun strategi dan eksekusi pemasaran. Setidaknya itu menurut pandangan awam Gue.

Oke kita bahas satu satu…. Continue reading BANDIT belum menggigit

Setelah kemunculan MT15, Awas New Model Changing MT25 segera menyusul

Yak kabar sedap masuk ditelinga, MT25 bakalan ganti baru yang full berbeda. Basic Mesin dan rangka masih mempertahankan MT25 lama, akan tetapi MT25 baru akan nampak sebagai motor yang benar benar berbeda. Kemunculan MT15 baru yang lebih “Bengis”, “Kejam” dan “Aggressive” tentunya bikin sang Kakak MT25 kelihatan berpenampilan cupu. Jadi kabar sedap ini rasanya cukup beralasan akan terealisasikan dalam waktu dekat. Apalagi Yamaha Jepang sudah mengembangkan Continue reading Setelah kemunculan MT15, Awas New Model Changing MT25 segera menyusul

Black Freedom menggenjot angka Sales namun bertaruh besar dengan Image

Dengan selisih harga 5 juta lebih murah, tentunya akan membuat banyak orang jadi lebih merasa mampu untuk membeli, apalagi cuma beda cat doank… ya begitu pemikiran yang terlintas. Apalagi angka psikologis masih 50 jutaan, bukan di angka tembus 60juta. Nah spekulasi strategi banting harga begini biasanya jarang dilakukan oleh perusahaan besar kecuali sudah terpepet oleh angka Target Penjualan yang tidak terpenuhi.  Mengapa demikian…karena taruhannya sangat besar dengan Image yang ada baik terhadap produk tersebut maupun terhadap image Brand secara keseluruhan.

Apakah karena hasil Survei? ya kayaknya benar dari hasil survei. Buktinya varian Matt Black Powder kini mendapatkan frame berwarna merah. Banyak sekali masukan dari hasil Survey dengan para komunitas kalau ini varian warna terbaik Continue reading Black Freedom menggenjot angka Sales namun bertaruh besar dengan Image

Diskusi diantara Spekulasi New Avanza 2018

Habis Libur lebaran ini, kebetulan bertemu dengan teman lama yang doyan banget bicara otomotif R-4. Doi mengajak nongkrong di cafe kopi “SB”, Okelah Gue jawab. Kebetulan juga lama lagi ngidam ama Java Chip Frappuccino he he he. Awalnya pembicaraan juga seputar pergerakan market mobil terbaru dan makin memanas dan meruncing saat sentuh sentuh Avanza Baru. Doi menyampaikan berbagai banyaknya spekulasi mengenai Avanza baru yang diharapkan bisa kembali membanting Mitsubishi Expander.

Ketika kopi di gelas Venti Gue dah mendekati ajal, sroot srooot sroopt…. klotok klotok klotok (bunyi es) srooopt srooot spooor sroooroook The End. Gue ditodong ama Doi (cewek), “Gimana menurut loe?” “Penggerak Roda Depan atau Belakang?”IMG_9226

Gue Diem aja, masih sibuk mengocok ngocok gelas plastik kopi Gue yang penuh dengan Es batu dan Whip Cream yang masih lengket lengket.

Eh Doi ngegasss gak sabar, sambil menekan maksa (Kayak ngijek Gas Full pada posisi gigi 3 di jalan tanjakan. Ya udah daripada panas dan bergetar getar Gue jawab aja: Continue reading Diskusi diantara Spekulasi New Avanza 2018