Segment motor sport yang masih green ocean.

Pertempuran sport 150cc harian sudah berdarah darah, sport fairing 150 juga mulai panas, bahkan di kelas sport fairing 250cc juga mulai padat kompetisi. Apalagi nanti akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016 akan mulai mendidih.

Sebetulnya pasar sport lpm seperti yang dilakukan oleh Honda dengan Versa masih baik dan biru. Akan tetapi kalau mau diolah dengan lebih baik sebetulnya ada satu pasar lagi yang lebih empuk, massive dan market sizenya besar.
Yaitu Light Sport life style.

Intinya bikin sport life style yang ekonomis harga antara 18-20juta, akan tetapi sangat mengakomodir sisi life style anak muda. Gampangnya kalau di matic ini seperti pasar yang dimasuki honda beat. Atau kalau bebek ya pasar yg dimasuki vega r atau absolute revo pada jaman keemasan bebek lampau. Nah dengan makin masivenya pasar sport, celah ini mulai terbuka, pasar ini mulai ada. Dan Trend Tendencynya mulai birth fase. Walau begitu pasar ini nantinya juga akan jenuh dan berdarah darah, akan tetapi siapa yang berhasil masuk terlebih dahulu akan mendapatkan keuntungan sebagai yang pertama menancapkan produknya, dan menggali pundi pundi keuntungan sebelum kompetitor ikut masuk.

Ayo didiskusikan kira kira model, spesifikasi dan fitur yang bagaimana yang masuk.

Makin lama makin Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

31 responses to “Segment motor sport yang masih green ocean.

  1. analisa om komeng jarang meleset euy…

  2. klo untuk anak muda .. tampilan ny harus keren..

  3. ane cm mau nanya aja nih sm om.komeng,kl menciptakan motor sport yg 18-20jt trs gmn materialnya? durabilitasnya?

    mtr jaman dulu sama skrg sgt jauh bedanya,,yah istilahnya sudah dikasi label expired lah kl mtr skrg,beda sm jaman dl yg mtr dibuat bnr2 kuat,bandingkan saja ketebalan besi,plastik,cat nya

  4. Motor di Indo saat ini sama orang jepun sudah di rancang hanya buat 3 thn an aja. Krn survey mereka orang indo rata rata tiap 1.4thn ganti motor baru. Ya material pasti gag sama dgn motor jaman dahulu.

    Apalagi kelas low pastinya material lebih bawah speknya karena menurut survey kelas low malah lebih cepet lagi ganti motor, persaingan lebih ketat dan akhirnya life cycle produk motor lpm juga lebih cepat.

  5. Ternyata hampir sama pikiran saya ke om komeng. Jd kl mtr yg hrgnya mahal/cenderung mahal part nya pst bagus y om?

  6. Yg pasti material cbu masih lebih baik.

  7. Ya pst itu om komeng,krn cbu itu proses QC ny lbh ketat,krn membawa nama baik yg merakit. Ane cm sdkt tau sih,perlakuan brg lokal&utk yg diekspor gmn ,hehehe

  8. Aga berat klo harga segitu untuk sport
    Harga segitu saat ini paling dpt ayago tuk anak muda tpi dah diisi fu yg lumayan lama main sendirian jdi panen g da saingan sampai sonic reborn nanti,
    Sport murah verza jadi idola krna ga da lawan en ni sport fungsional alias dgn shock yg stereo yg pasti lbih prima sebagai kuda beban tpi akibatnya nmp mau ga mau ikut ke makan karna masih satu segmen
    Aga pesimis klo pabrikan bisa bkin motor sport harga hemat tpi wah tuk anak muda, lirik byson yg scara tampilan moge look bgt yg tpi pnya raport yg aga mengecewakan

  9. Light sport life style.. kl menurut saya kalo ga ayago ya motor supermoto. Semacam trail pake ban onroad.. asik banget tuh di tengah kemacetan pake motor itu dengan grafis warna warni sangat eye cathcing.. ga melulu model dragbike dengan ban cungkringnya. Istilahnya menghidupkan era ali topan tapi jaman sekarang.. kira2 harga masuk ga om komeng?? Salam uhuiii..

  10. Model,rangka,mesin,ban speknya kayak verza tp monoshock rear discbrake
    fitur panel macam cb150r (spido,tacho installed)
    hehehehe..

  11. Motor Batangan

    Wah baru tau rotom Indo cuma dirancang utk 3 tahun. Apanya nih, om MG? life cycle produknya utk dijual pabrikan ATAU umur pakainya oleh konsumen? Kalo umur pakai cuma 3 tahun wahya kok ringkih amat.. sedih lah.

    Oh trend tendency tuh maksudnya gitu.. jadi fase trend mengarah kemana ya.. ngerti juga akhirnya dari artikel ini, hahaha.

    Gue kok jadi kepikiran bukan trail aja ya, tp yg bisa banyak dipake di perkotaan. Motor retro/klasik. Itu lifestyle banget kan, dan gak butuh material kelas wahid secara yang dikejar bukan kenceng kenceng dan kenceng. Paling build quality kudu lebih mewah dan manis diliat. Polesan cakep, body mantulin bayangan saking mengkilapnya. Itu bisa jadi periuk uang baru tuh buat kaum urban perkotaan. Tongkrongan cakep, bawa ngafe deh, di jalan kalem aja. Kalo gak mau kalem? Jadiin cafe racer! buat 2 versi, retro/klasik kalem dan cafe racer buntut tawon, rasanya akan banyak peminat.

    Ini maksud om MG?

  12. Motor Batangan

    Oh satu lagi, harga dengan range segitu gue rasa bisa masuk utk kelas klasik/retro ini. Toh material dan spek mesin gak usah kelas wahid utk ngejar performa soalnya kan, yang penting build quality mewah cakep dan reliable. Silinder jomblo pun jadi gak usah 2 inline apalagi v twin toh.

  13. Kalau Yamaha jeli sih bkin produk kayak Verza namun dengan monoshock (meski masih tromol belakang), serta model yg agak agresif.

  14. Motor sport 150cc enjin tunggal, pendingin angin, depan belakang disc brake, frame tubular, model anak muda (kantung cekak) , shock breaker tunggal atau ganda masuk. Yg paling penting mudah dimodif jadi aliran cafe racer atau streetbike. Nah….knalpot cukup standart aja. Toh pasti banyak yang ganti. Ban gak perlu gambot. Cukup kaya vixion lama. Yg mau modif silahkan.

    Stang sederhana aja, lampu bulat kaya vixion lama.

    Yg penting harga masuk kantong di 19 juta.

  15. mungkin gampangnya bikin lagi motor modelnya light sport kaya old vixion/P135 LS untuk rentang harga segitu ga usah pake radiator, cukup pake pendingin oli atau pendingin udara aja, jadi secara performa masih dibawah NVL-CBSF🙂

  16. Untuk kasus ini ane berharapnya Honda yang mengawali,
    kepikiran juga kalau honda msx itu dilokalin,
    target pasar ada / tidak mengganggu verza / pasar stabil walaupun masih dibawah 6000 sebulan. harga 19-20 juta sangat memikat😛
    untuk metik sepertinya zoomer pilihan cerdas, pasar saat ini hanya diramaikn motor itu itu saja, cuman zoomer belum pas buat thun ini dan tahun depan. market blum terlalu terbentuk bagus,

    oia numpang nanya, satria sebenarnya masuk kategori ini juga gak Om MG ?

  17. MT 150 mngntikan posisi Vixion skg dng mesin baru syukur2 DOHC, dan dikelas 20jtaan, dimasukin model old vixion, tanpa deltabox….. paska hilangny deltabox di R25, trend rangka tralis terasa lebih unggul…

    untuk Honda NMP reborn masih masuk akal, dng desain baru yg anak muda, pake striping sang legend NSR bagus tuh diaplikasikan

  18. harga segitu emang msh ada yg kosong,

  19. @popin
    Satria tidak masuk di pasar ini, sedikit bersinggungan dgn pasar ini. Namun irisan ini makin lama makin kecil dan menjauh. Sehingga pasar ini makin memikat.

  20. penganguran tajir

    hayoo di geber mumpung market motor di indo belum saturated …5 tahun lagi selesai bulan madunya

  21. klo diliat dri nice market utk sport low class, utk yg sudah ad y cm verza aj, mngkn akan ad kemungkinan verza RC/ apalah it yg pke model monoshock sbgai pengganti NMP, jikalau new tiger jadi dirilis utk touring oriented maka NMP ini isa dijadikan pengganti new tiger dri besaran cc ( 200cc mngkin ) nah krn kabar angin Y jg mau berkecimpung disni so kmungkinan yg akan rilis y mini byson/ SZ150 sedang diatas byson akan rilis nakedbike pengganti scorpio coz utk MT25 emang bkan sbagai pengganti scorpio tapi versi nakednya R25 klo dri sisi harga

  22. setuju oom
    bajaj dulu dah jual xcd 123, pulsar 135
    kalau yamaha dulu L2S, honda pake win skrg pake verza, suzuki a100
    tapi trend kemacetan di kota kota besar dan kemunculan matic cc besar menurutku membuat porsi motor batangan kelas itu jumlahnya ya sekitar serapan motor verza saja.

  23. Motor Batangan

    @O=O

    Berarti Y nanti akan kaya H di segmen skutik, pake strategi sandwich isi segala segmen tanpa celah?

  24. Numpang lewat

    Menurut saya sih yang paling mungkin melakukan manuver seperti ini sih Y kayaknya… karena sebagai market leader segment ini (sport), akan lebih mudah mengacaukan konsentrasi H yang saat ini fokus mengejar keunggulan Y… bikin aja downgrade an dari byson, secara desain ngena banget selera anak muda… air cooler atw oil cooler, ban dikecilin setara ovi, shock depan dikecilin setara ovi atw verza, depan disk belakang tromol, ukuran tanki sedikit dikecilin tp tetep pake kondom, ergonomi tetep sama seperti byson, cc dikecilin dikit juga gak apa2, yang penting torsi badak… wah….kue byson akan digrogoti? yah….menurut saya posisi byson sebenernya nanggung sekarang, secara desain gagah dan kental dengan streetfighter tp performa setara verza… kenapa gak sekalian aja bikin buat tandingan verza, ovi difacelift buat ngerecokin NMP (kalo masih diproduksi atw akan ada faceliftnya)…

  25. Haha ane malah nyambung sama om popin..
    Tanda Honda MSX mau brojol..
    Yakinlah..
    #harapan gede

  26. @motor batangan
    Berarti Y nanti akan kaya H di segmen skutik, pake strategi sandwich isi segala segmen tanpa celah?

    Kemungkinan strategy sandwich di kategori sport jg akan dijalankan pula saat mainstream produk sport Y sudah terancam dri sisi penyerapan market, krn sebenarnya strategy kedua pabrikan tidak jauh beda antara H & Y yg membedakan adalah strategy dalam mengemas antara 1 produk dgn yg lainnya sehingga tercipta sinergi dri positioning poduk & proposition value terhadap market yg dituju ( jika H masuk ke semua segmen & Y cenderung segmented berdasarkan filosofi masing2 )

  27. @numpang lewat
    melakukan manuver seperti ini sih Y kayaknya… karena sebagai market leader segment ini (sport), akan lebih mudah mengacaukan konsentrasi H yang saat ini fokus mengejar keunggulan Y…

    Dalam hal ini, menurut saya manuver yg akan dilakukan Y akan cenderung untuk membuka kelas baru diatas NVL so usaha Y dalam mempertahankan tahta sport dengan mencoba menggeser trend sesuai filosofinya sebagaimana NVL rilis setelah OVI discontinue & dirilis kembali.
    poinnya adalah jika cbsf facelift berhasil H2H secara penyerapan market maka Y akan membuka kelas baru diatas NVL dan dibawah R15

  28. Ane mau motor kaya dulu thai punya…banyak beredar…motor motor cc 150an bodi tipis tipis…kaya yamaha touch,Honda CS125R,cbr150 slim,performa dapet harga masuk…karena dibuat slim…jadi tiddak mencederai sodaranya yang dijual diatas 20jt.

  29. Sayang sekali.. Dgn kemacetan yg makin parah dan kadang memaksa untuk lompat di trotoar dan nerabas taman2 kota.. motor2 ber-spek garuk tanah justru susah dibanderol di range 18-20jt., krn pastilah jg butuh material kelas wahid.
    Adanya KLX, itupun msh terbilang mahal.
    3 pabrikan jepang lainnya harus memikirkan ini. Membuat motor garuk tanah yg lumayan durability-nya tp terjangkau dari segi harga.

    #edisi ngimpi

  30. Sepertinya desain Honda MSX125 or Suzuki VanVan 125 cukup mewakili.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s