Golden Boy dari Indonesia memenangkan World Champion GBWC 2018 di Tokyo – Japan.

Mark Alexander Ierwanto
World Champion GBWC 2018 – Junior Course – Mark Alexander Ierwanto Photo Credit by : Gundam.Info

Sebuah Prestasi yang membanggakan Indonesia di kancah perlombaan Internasional, kompetisi Gunpla Builder yang paling bergengsi yaitu Gunpla Builder World Cup atau lebih sering disingkat sebagai GBWC berhasil dimenangkan oleh seorang anak dari Indonesia. Setelah memenangkan GBWC Indonesia pada 5 November silam sebagai Junior Champion Indonesia, Mark Alexander Ierwanto terpilih sebagai Indonesia Representative untuk kembali berlaga di ajang GBWC World Cup 2018 di Tokyo-Japan menghadapi champion-champion perwakilan dari berbagai negara lainnya.

Pada tanggal 9 Desember 2018 ini, GBWC World Cup 2018 digelar di Gundam Base Tokyo, Diver City, Odaiba, Tokyo – Japan. Seluruh perwakilan resmi dari berbagai negara di dunia hadir untuk berkompetisi lagi memperebutkan juara dunia. Indonesia sendiri diwakili oleh 2 orang perwakilan yang dipilih secara resmi untuk mewakili negara Indonesia. Dari Open Category (umur 21 keatas) diwakili oleh Antonius dan dari Junior Category (sampai umur 14 tahun) diwakili oleh Mark Alexander Ierwanto. Kedua orang inilah yang berjuang membela nama Indonesia di ajang International yang bergengsi ini.

Perlombaan ini dimulai dengan assembling karya masing masing di lokasi Final World Cup GBWC 2018, di Gundam Base Tokyo. Semua perserta perwakilan negara masing masing mulai assembling karyanya untuk di pamerkan sekaligus di nilai oleh 4 judges  + 1 special judges. Keempat Juri itu adalah : Juri utama yaitu : Mr. Katsumi Kawaguchi dari GBWC Executive Chairperson, Mr. Akihiko Yasunaga dari Bandai Spirit Hobby Division Judges, Mr. Manabu Kimura dari Hobby Japan editorial Departement Judges, Mr. Iwao Sekiguchi dari Model Graphix editorial department Judges, + Mr. Masami Obari, Animation Direktur seri GBF dan sekaligus seri GBD sebagai Special Judges.

Pada saat assembling inilah semua peserta menata karyanya masing masing pada display yang telah dipersiapkan oleh panitia, pesertapun diberi kesempatan untuk merepair karya mereka apabila ada kerusakan pada saat delivery dalam packing dari negara mereka masing masing ke Jepang. Seperti terlihat dalam foto berikut, perwakilan peserta dari Indonesia juga terpaksa harus merepair cat yang terkelupas akibat gesekan dengan packing karyanya. Selanjutnya pada tahap penilaian hasil karya, para jurilah yang bekerja keras untuk menilai dan memilih karya yang terbaik.

Junior from Indonesia so Professional
Assembling Process & Repair by Indonesia Junior Finalis. sempat diabadikan oleh Finalis Open Indonesia, Antonius, dan di posting lewat FBnya. Credit : Antonius AEplamo
Junior Course World Champion
Junior Course World Champion GBWC 2018 Build Divers Fantasy – Mark Alexander Ierwanto

Sungguh merupakan kehormatan bagi Indonesia, pada saar Awarding Ceremony, “Build Diver Fantasy” karya Mark Alexander Ierwanto berhasil menjadi juara 1, World Champion pada Junior Category GBWC 2018 ini. Indonesia berhasil memenangkan kompetisi ini diatas semua negara peserta lainnya. Bahkan karya Mark Alexander Ierwanto memiliki point penilaian yang sangat luar biasa, mutlak jauh meninggalkan peserta negara lainnya. Tentunya pencapaian yang luar biasa ini sungguh sungguh luar biasa bagi Indonesia.

Point Junior Course GBWC 2018
Nilai Point karya Mark Alexander Ierwanto dari Indonesia jauh diatas meninggalkan nilai point para champion dari negara-negara lain. Para Juri memutuskan sebagai Kemenangan Mutlak Credit: Bandai-Hobby.net
Build Divers Fantasy
Build Divers Fantasy karya Mark Alexander Ierwanto Display GBWC World Cup Final, Gundam Base Tokyo Photo Credit by: Gundam.Info

Pada saat diberi kesempatan berbicara pada pidato kemenangannya, dengan rendah hati, Builder Jenius dari Indonesia ini menyatakan rasa terima kasih kepada semua juri yang telah menghargai karyanya, walaupun karyanya itu belumlah sempurna.

Sebaliknya saat para juri yang diberi kesempatan untuk mengomentari karya Mark Alexander Ierwanto justru memuja Mark Alexander Ierwanto dengan “Genius”. Diwakili Mr. Iwao Sekiguchi, para juri mengomentari karya Mark sebagi berikut: “Kekuatan karya ini pada pengaturan spasial karya yang bagus, kontruksi yang rumit dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Kekuatan terutama karya ini justru pada pewarnaan yang luar biasa unik dan indah, pada gunpla bagian bawah (kshatriya) yang begitu berwarna dipadukan dengan gunpla pada bagian atas (unicorn) yang monocrome namun justru menciptakan harmoni yang begitu indah. Keindahan penyajian karya yang sangat bagus. sehingga para juri memiliki keputusan bulat untuk memenangkan karya ini.” “Congratulation, It’s Genius!”  (terjemahan ke dalam bahasa Indonesia dari video resmi yang dilaunch pihak Bandai Japan “Gunpla Builder World Cup 2018, Champion Ceremony”)

Judges Comment
Komentar yang Humble dari Mark Alexnder Ierwanto, dan Pujian “Genius” yang dilontarkan Mr. Iwao Sekiguchi sebagai perwakilan juri yang memberikan komentar. Credit: Gundam.Info

 

CMYQ1605[1]

Pada tahun 2018 ini gelaran GBWC sungguh sangat special, Publik Jepang juga merayakan kemenangan mereka di Open Course sebagai World Champion GBWC 2018, bersamaan dengan kemenangan Indonesia pada Junior Course sebagai World Champion GBWC 2018. Tahun 2018 ini jadi sebuah tahun yang manis bagi kedua negara ini. Semoga hubungan Jepang-Indonesia juga semakin manis di tahun tahun yang akan datang.

GBWC 2018 Champions
GBWC 2018 Champions Japan – Open Course, Indonesia – Junior Course Photo Credit by : Gundam.Info

 

NOTE:

Tentunya Mind Genesis sebelumnya sudah memprediksikan dari jauh jauh hari, sejak tahun lalu disaat kompetisi GBWC Indonesia 2017 digelar di Kokas, Jakarta. Indonesia bakalan memiliki prospek menjadi Juara Dunia GBWC!!! Nah terbukti khan tahun ini, builder jagoan Mind Genesis beneran jadi juara Dunia di tahun 2018. Yes!!! Uhuuuuuuy!!!

Yuk baca juga artikel Mind Genesis yang membuktikan hal ini: https://mygoldmachine.wordpress.com/2018/01/07/indonesia-champion-di-event-gbwc-2017-gunpla-builder-world-cup-2017-chance-merebut-gelar-juara-dunia-di-gbwc-2018/

47 thoughts on “Golden Boy dari Indonesia memenangkan World Champion GBWC 2018 di Tokyo – Japan.”

    1. Sama Favo gua juga nih 😁, mulai dari masa entry di kokas gua dah lihat itu bocah. Utah atik assembling dan display kitnya. Terus gua dah feeling ini bocah bakalan juara Indonesia, eh beneran. Lalu sekarang doi jadi juara Dunia. Emang layak dan pantas jadi World Champion. Bravo!

  1. Luar biasa Indonesia bisa menang di ajang Bergengsi ini. Setahu saya GBWC itu persaingannya sangat sengit beradu dengan pemenang pemenang dari negara lain. Kriterianya juga sulit, levelnya tinggi dan termasuk sulit diprediksi juga formula agar bisa menang di lomba ini, sehingga siapapun yang menang pasti memiliki talent yang luar biasa.

    Congrats buat Mark Alexander , World Champion GBWC 2018

    1. Iya gbwc ini arahnya paling sulit ditebak dari lomba gunpla modeller sejenis. Justru disinilah letak kekhasannya dan tingkat kesulitannya. Kalau belum pernah menang disini ya belum terakuilah kualitasnya secara dunia , walaupun sudah dianggap modeler pro dan sering menang di lomba lomba lainnya. Bagaimanapun GBWC ini yang paling tinggi gengsinya.

      1. Betul banyak modeller pro yang sering menang lomba ini itu juga belum puas dan belum bisa merasa bangga kalau belum pernah menang 1x pun di GBWC. GBWC ini prestisius karena resmi milik Bandai dan juga diselenggarakan Bandai sebagai principal Gunpla. Ibaratnya pialanya itu sangat membius untuk dimiliki karena sangat khas kharismanya. Impian semua builder gunpla di dunia bisa menang di GBWC dan memiliki pialanya.

        Bahkan rekan kerja dan pejabat Jepang di perusahaan saya kalau bicara soal gunpla dan gbwc jadi berapi api. Maklum di Jepang sendiri gunpla memang jadi pop culture yang sangat merepresentativekan budaya Jepang modern. Kebanggaan mereka itu.

        1. Betul, piala dan pencapaian di gbwc emang impian semua builder di dunia. Apalagi yang world championship.

          Luar biasa Doi bisa menang World Championship.

  2. Hidup Indonesia. Mantap bakat yang sungguh luar biasa membawa nama Indonesia menjadi nomer 1 di tingkat internasional. Super Jenius dari Indonesia semoga menginspirasi banyak anak anak indonesia lainnya.

      1. Iya memgerikan kemampuannya. Lihat foto foto saat assembling aja kelihatan itu gag gampang, bahkan bagi kebanyakan Builder yang udah dewasa. Strukturnya rumit

  3. Mr Kawaguchi sebagai juri memang hebat, tahu benar mana karya yang dibuat oleh Builder yang luar biasa.
    Selama ini berita berita miring tentang Mr. Kawaguchi selalu dihembuskan pada waktu sekitar event GBWC dipastikan berasal dari builder builder kelas teri yang merasa sudah memiliki skill dan karya pro. Belum lagi bikin issue issue yang selalu mencari kekurangan dan menyalahkan panitia lomba di lokal area.

  4. Hebat Indonesia Juara

    Saya gak nyangka loh, builder kita ternyata mampu berkiprah dan menjadi juara dunia di Jepang.

    Hebat. Selamat ya.

  5. Wow bocah ajaib ini pemenangnya

    Selamat selamat, ikutan senang aku

    Memang pantas menang dia… atitude real champion jawara sejati

  6. Hebaaat botjah jenius tenan 👍

    Selamat dan semoga menang lagi di 2019 untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s