Mio J Racing Sporty, mungkin saja Yamaha mau menjawab duluan.

Sebelum membaca artikel ini, Gue sarankan baca dahulu yang satu ini, https://mygoldmachine.wordpress.com/2011/11/23/bagaimana-sebaiknya-product-strategy-mio-j/

Wajib baca ya….biar connect dulu…

Setelah Connect baru Uhuuuuuuy khan!!!

Mio J series

Gue ada feeling-feeling nich, Mio J Racing Sporty type bisa diaplikasikan Yamaha. Setelah keterpurukan mereka di 2012, tampaknya Yamaha mulai legawa mau berbenah. Beberapa Fitur akhirnya mau mencontek dr sang kompetitor. Ini suatu langkah maju menurut Gue. Jadi teringat tulisan Gue di November 2011….Bagaimana sebaiknya Product Strategy Mio J…mudah-mudahan juga di-Amini para Big Boss Yamaha.

Ini kutipan artikelnya, Gue kutip disini biar ada sedikit penekanan lagi:

=======================================================

“……………Untuk dapat menjawab semua tantangan berat ini, Gue merasa Mio J haruslah memiliki beberapa varian. Artinya dengan basic model yang sama, spesifikasi basic mesin yang sama, frame yang sama dan basic model body yang MIRIP. Mio J bisa hadir memenuhi semua tantangan dan kebutuhan yang ada pada point-point di atas.

Varian ini bolehlah Gue usulkan sebagi berikut;

  1. Varian Anak muda yang Trend Setter, dengan setting performa mesin pada sistem ECU yang disetting sedikit lebih powerfull dan responsive. Body yang smart-dinamic dengan beberapa pernik ornamen pemanis yang modern, update dan trendy kaya warna (misal duo tone atau kalau perlu bahkan tri tone atau four tone). Fiture berteknologi modern yang memperkuat kesan Smart mutlak harus ada, seperti spido digital, MP3 build in, atau kalau perlu GPS (ngarep mode on). Varian ini khusus untuk mendobrak lagi pasar Skuter Matic Indonesia, sebagai varian Mio J yang dapat mengembalikan kejayaan brand Mio sebagai product pelopor dan trend setter anak muda, khususnya wanita muda yang Dinamis dan Smart.
  2. Varian Calm untuk replacing Mio lama. Dimana varian ini harus tampak New tapi tidak meninggalkan kaidah-kaidah conservative yang ada pada benak konsumen SETIA Mio lama. Varian ini haruslah  dapat meng-grab konsumen conservative yang sekarang sebagai konsumen SETIA  Mio lama. User daily mobility secara fungsional dan family minded harus dapat dipenuhi dalam varian ini. Jadi setting mesin lebih difokuskan pada effisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Body minim ornamen, cenderung polos dengan warna-warna konservatif yang cenderung disukai konsumen yang mature dan dewasa. Bentuk polos dan elegant lebih dapat diterima pada segment ini.
  3. Varian Racy-Sporty, tak dapat dipungkiri bila Mio lama disukai Wanita dan terutama dipuja Pria karena kemampuannya untuk dikilik menjadi mesin yang bertenaga liar untuk tampangnya yang feminim. Segment penyuka balap dan kecepatan ini harus dipuaskan dengan suntikan adrenalin. Harus diakui berbagi keunggulan mesin Mio J nantinya akan lebih mudah diterima oleh segment ini. Diasil Cylinder & Forged Piston akan maksimal terasa manfaatnya pada saat sistem Fuel Injeksi ini disetting untuk performa dan power yang MAXimal. Mereka yang akan membantu edukasi lewat Word of mouth berbagai keunggulan specification mesin Mio J. Desain Body harus Racing dengan warna-warna mencolok yang kuat. Diperlengkapi dengan fitur racing semisal ban bertapak lebih lebar ala racing dan stripping balap ala team racing Yamaha. Para Speed freak pasti akan menerima kehadiran Mio J varian Racy-Sporty ini pada tempat yang khusus di dalam hati mereka.

………………………………………………..”

======================================================

Nah….sudah ada bayangan yang jelas khan.

Dari ke 3 Usulan Gue;

Varian 1, yaitu Varian Anak muda yang Trend Setter telah ditanggapi dengan kehadiran Mio J Teen. (walau pengaplikasiannya minim banget dari suggestion.)

Varian 2, yaitu Varian Calm untuk replacing Mio lama telah muncul lebih dahulu dengan hadirnya Mio J.

Varian 3, yaitu Varian Racy-Sporty belum keluar sampai saat artikel ini ditulis. Mungkinkah setelah Yamaha legawa terhadap kebutuhan pasar dan tantangan kompetitor akan segera menelurkan Mio J Racy-Sporty ini di 2013???

Jika memang keluar….sebaiknya tidak mereplacing varian manapun juga. 3 Varian dalam strategy di artikel tahun 2011 lalu, bertujuan saling ber-Sinergy menguatkan positioning masing-masing untuk melawan positioning matic lawan.

Untuk komposisi saat ini (anggap saja untuk komposisi market 2012) Mio J : Mio J Teen  idealnya  40:60, maka jika ada misalnya Mio J R / Mio GT / Mio MX (atau apalah itu nanti mereka tetapkan) yang masuk dalam line up matic low end market Yamaha… maka komposisi ideal menurut Gue dalam menghadapi tahun 2013 ini adalah Mio J : Mio J Teen : Mio J Racy Sporty adalah 20:45:35

Gue Prediksi demikan idealnya karena market conservative akan jauh menyusut…apalagi switching Mio Old to Mio J sudah berjalan setahun ….artinya Mind Set para Conservative People mulai mengalami pergeseran ke arah yang modern, sebaliknya Anak muda akan semakin Berani mengambil sikap dan keputusan. Melihat Karakter Market Indonesia pada umumnya yang termotivasi oleh gaya dan kecepatan (belom tentu cepat lajunya), bisa jadi Mio J Teen ideal di 45persen kontribusi dengan kehadiran bintang baru Mio J Racy Sporty yang akan masuk di 35persen kontribusi sebagai varian baru.

Semoga Prediksi Gue membantu banyak Pihak 🙂

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!!

45 thoughts on “Mio J Racing Sporty, mungkin saja Yamaha mau menjawab duluan.”

  1. kalu u/ varian 3, racy sporty, kayanya ngak perlu dech, kalu pun di buat, pasti sedikit kontribusinya,

    image matic yg penting nyaman masih sangat kuat, ngak perlu kenceng-kenceng amat

    imho

  2. kakang ali | January 8, 2013 at 2:06 pm |
    ==========================
    kemana aja om, baru nonggol.

    kok ngak komen di blog mas 3 lagi?????

    ingat ngak artikel yamaha meng-anak-emaskan indie dibanding ina?

  3. @bdt | January 8, 2013 at 2:13 pm |

    kakang ali | January 8, 2013 at 2:06 pm |
    ==========================
    kemana aja om, baru nonggol.

    kok ngak komen di blog mas 3 lagi?????

    ingat ngak artikel yamaha meng-anak-emaskan indie dibanding ina?

    ==================================================

    Mencermati Business Strategy Yamaha global yang harus fight di market India, itu sudah langkah tepat mengingat potensi market dan market share yang masih bekisar 2.xx%.
    Kita tunggu saja analisa smartnya bro komeng.

  4. Desain terlalu feminin. Padahal Mio sudah bergeser jadi motor para alayers yang doyan ngebut dan ngoprek. Dah gitu desain mukanya ancyur minah. Dibuat varian racy pun jika tidak diikuti mayor change pada desain tebeng (muka) + sein depan dan buritan + stop lampnya , sulit untuk bersaing dengan New Beat, yang secara perubahan desainnya lebih diterima pasar ….

  5. @duokribonerakajahanam
    Setuju… skutik Yamaha cenderung imut – imut. Xeon pun rasanya kurang pantes kalau yang naik punya tinggi di atas 175cm 🙂

  6. Ternyata semua plan kalah nya Mio itu sudah ada di dalam Grand Strategy nya Yamaha, tunggu saja setelah ini Yamaha akan strike back!! New Mio J dan New xeon akan menjadi kartu truf Yamaha!! Honda akan segera Ndlozorrr!! Hahaha

  7. @ z1rider
    Ditunggu saja tanggal main nya Bro. Tentunya helm in nya Yamaha akan jauh lebih bagus daripada helm in nya H.

  8. Btw, kapan nih Yamaha punya skutik helm – in ? hehehe
    —————————————————————————–
    Helm-in Yamaha Nouvo,Xeon karbu udah Helm-in x bro,cm gk ditonjolin sisi Helm-innya wlwpun bisa muat helm half face aja.cmiiw

  9. Biker Sejati | January 9, 2013 at 11:43 am |

    Ternyata semua plan kalah nya Mio itu sudah ada di dalam Grand Strategy nya Yamaha, tunggu saja setelah ini Yamaha akan strike back!! New Mio J dan New xeon akan menjadi kartu truf Yamaha!! Honda akan segera Ndlozorrr!! Hahaha
    =================================
    oh ternyata yamaha emang pandai main sandiwara.

    tahun 2011 juga yamaha ngomong gitu,
    2012 kami fight kembali dan akan merebut kembali matic

  10. @ bdt
    Dan itu terbukti Bro, di tahun 2012 dan awal 2013 ini Matic2 Yamaha menjejali pasar. Mio J, Soul GT, dan skrg Xeon RC. Inilah bukti usaha dan kesungguhan Yamaha untuk memberikan produk2 terbaik dengan harga terjangkau bagi seluruh konsumen Indonesia.

  11. Biker Sejati | January 9, 2013 at 1:43 pm |

    @ bdt
    Dan itu terbukti Bro, di tahun 2012 dan awal 2013 ini Matic2 Yamaha menjejali pasar.
    ===================
    anda tepat,
    yamah terbukti kalah telak dari ahm u/ kelas matic.

    kali ini yamaha tidak sedang main sandiwara

  12. Ha ha ha. Kalah atau menang itu cuma sementara kan Bro, lagian itu sudah menjadi bagian dari Master Plan Yamaha. Tinggal tunggu waktunya saja matic2 Yamaha akan memberi surprise di pasar, lompatan signifikan yg tdk pernah anda bayangkan sblmnya.

  13. gua juga ngakak baca komen elu cell, bukannya kasi komen dgn pemikiran yang bermutu, isi nya malah cuman ngatain komen nya orang lain

  14. kenapa kalau ada komen yang berseberangan selalu dituduh si anu lah, si itu lah. Emang semua harus sepakat?? kita kan di sini diskusi Bung, beda pendapat itu wajar, kaga’ ush pakai nuduh yang gak berdasar gitu

  15. gimana gak ngakak sampeyan berpendapat dg khayalan tingkat tinggi khas komentator smart? sebelum koment tingkat ting lebih baik pelajari dulu apa itu MASTERPLAN dan berbicara GRANDSTRATEGY…. gak usahlah berandai2 honda lengser keprabon.. baca saja faktanya yamaha MSnya turun sktr 6% dari taun 2011 .. silahkan dibuat grafik trend MSnya baru sampeyan komentar lagi

  16. Absen!!
    Paling seneng klo ada yg maen ramal2an :mrgreen: honda ndlosor???bookmark ah, nanti komen jempol klo kbuktian, klo ngga ane maki maki wkwkwk

  17. Bukannya apa-apa bradsi, karena emang banyak yang udah ditambahin di motor ini. “Emang beberapa bagian gue tambahin part-part dari motor lain atau aksesori. Tapi ada juga kok, yang masih ngandelin punya aslinya!” kata brader D’King ini lagi. Contoh knalpot, bodi dan tangki bensin. “Biar kesan motor jadulnya makin kuat, kan?” kata lelaki yang sering nongkrong di Azer Motor Pinang, Ciledug, Banten.

Leave a comment