Astaga!!! Potential Value di Sport Category untuk 5 Pabrikan Motor Indonesia

Research for Indonesian Motorcycle 2013 Q1

Brand Value Indicator Research

Karena kesibukan yang sangat, terpaksa artikel ini pending lama, Gue baru sempat masukin gambar chartnya dahulu….nah sekarang baru isi artikelnya.

Eng Ing Eng !!!

Pertama-tama muncul pertanyaan, ini hasil survey apa sih?

Ini adalah hasil survey sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang automotive supplier part & accessories.  Berguna menentukan forecast desain dan komposisi produksi spare part & accessories yang mereka buat. Intinya mereka mau trend pasar kedepannya kearah mana.

Setelah meminta ijin pada pemilik survey ini, Gue menggambil beberapa side informasi pada hasil survey tersebut, yang tentunya sangat berguna bagi pemerhati dunia otomotive. (pemilik Survey tidak keberatan karena ini cuma side result bagi mereka, tapi informasi yang Gue ambil ini sangatlah penting dan berharga bagi pabrikan motor yang berkiprah di Indonesia…  :)   )

Survey dilakukan di 7 kota besar di Indonesia meliputi Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Balikpapan, Ujung Pandang dan 30 kota kecil lainnya. (cukup akurat menurut Gue)

Hasilnya cukup mengejutkan….ho ho ho …Uhuuuuuuuuuuy khan!!!

Brand Value Indicator Q1 @2013

Artinya, survei ini mencakup indikator-indikator yang menentukan Brand Value suatu produk yaitu Brand Motorcycle di Indonesia pada Quarter 1 (January-Febuary-March). Hasilnya mudah ditebak: Honda di peringkat pertama dengan Brand Value Indicator point sebesar 98.2, Yamaha 83.4, Kawasaki 28.2 dan seterusnya. Sedang angka disebelah kanan diatas bar merah adalah share dari BVI Point.

Nah hal ini berarti Brand Honda memiliki indikasi Value Brand yang paling tinggi diantara semua pesaingnya. Yamaha juga memiliki Indikasi Value yang tinggi juga. Sedangkan Brand Kawasaki cukup luar biasa mulai menohok naik ke 28.2 point. (dibandingkan hasil Q4 2012 lalu, maaf data tidak dapat ditampilkan pada artikel ini)

Perlu dipahami: Memang Brand Value tidaklah selalu berbanding lurus (linear) dengan angka penjualan, hal ini sangat tergantung dari besarnya market-size dari target market yang dibidik oleh brand tersebut. Sebagai contoh kalau target market yang dibidik berupa barang mewah berkisar harga 50-300juta tentunya market sizenya jauh lebih kecil dari pada brand lain yang membidik target market mass product dengan harga 10-20jutaan.Karena itu Brand Value indikator justru sangat menentukan angka penjualan secara equivalent parabolic empiric dengan t yang terdefleksi sekian f.x dari t (t+f.x). Gampangnya akan menentukan penjualan di masa yang akan datang dari naik turunnya BVIP (Brand Value Indicator Point) dalam setiap Q dan Tahun berjalan). Jadi hasil survey ini akan sangat menggambarkan penjualan di masa yang akan datang….CMIIW….Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

Karena itu untuk menjaga kepentingan berbagai pihak, maka data hasil survey tidak Gue tampilkan secara urutan waktu dari 2012Q1 – Q2 – Q3 – Q4 – 2013Q1 he he he he. sebagai gantinya cukup data 2013Q1 saja agar ada sedikit main intuisi dan feeling…..lagipula data semacam ini berharga ratusan juta dimata pabrikan he he he h….Dooor!!!

Sedikit saja Pembahasan hasil:

Brand Kawasaki mulai kokoh meninggalkan Brand Suzuki. artinya disini Brand Kawasaki jikalau mau benar-benar sales-fight bermain dipasar bawah (secara total 4P) akan memiliki Brand Advantages (keunggulan brand) dibanding merk Suzuki ….. dengan catatan tidak meninggalkan produk mogenya yang selama ini mengangkat Umbrella-Brand Kawasaki dengan Brand Ninja yang sangat kuat.

Buat Suzuki….perkuat Branding!!! hati-hati….bertahan saja dahulu, perkuat Branding, step by step dengan sedikit lini product tetapi pilihan dan kuat secara product images.

Buat Yamaha dan Honda…..no comment dulu lah….dari pada Gue disindir-sindir terus mempengaruhi jalannya peperangan secara significant!!!…pending di artikel ber password untuk member non pabrikan only.

TVS…anda masuk 5 besar untuk brand non Europe di Indonesia….keep Branding ya.

Hara International Indonesia

Sport Images Indicator Q1 @2013

Hasil Survei yang ini lebih menarik lagi… Pada hasil Sport Image Indicator, alias Brand mana yang dianggap mewakili image motor sport di Indonesia yang memiliki Value yang sebesar apa image Sportnya….dengan indicator-indicator tertentu maka:

Kawasaki meraja dengan 97.5point disusul oleh Ninja dengan 91.3point. What??? kok Ninja….iya itu dia, ini yang cukup mencengangkan…dimata masyarakat Indonesia “Ninja” muncul sebagai satu-satunya Brand Product yang mencuat di antara Brand Motorcycle. Pada hasil survey ini, baik Vixion maupun CBR tidak muncul, begitu pula dengan Tiger, CB, Megapro, Byson dll. Cuma Ninja saja yang muncul di mind set masyarakat kita sebagai brand yang mewakili image Sport.

Positive Factor: tentu saja Brand Ninja berhasil mengangkat naik Umbrella Brandnya yaitu Brand Kawasaki secara sangat significant.

Negative Factor: akan berbahaya bagi Kawasaki jika Brand Ninja sendiri lebih kuat dari pada Brand Kawasaki….LOL. Ntar susah lho bikin derivative product dan kalau mau develope di kategory baru. Tapi kalau mau focus di moge ya monggo aja….???

Brand Yamaha memiliki potensi dengan sport image sebesar 60.3point, jika mau fokus di image ini akan sangat terbantu dengan BVIP yang sudah besar dan tinggi.

Sedangkan Honda perlu berjuang lebih keras lagi….Ciayooo!!!

Kok tiba-tiba males nulis ya. berhenti dulu ah…biar dilanjutkan diskusi maniz, monggo para komentator yang budiman…Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuy!!!!

About these ads

29 responses to “Astaga!!! Potential Value di Sport Category untuk 5 Pabrikan Motor Indonesia

  1. mana password top secret nya bro?

  2. ayo yg jago analisa tuangkan coretan masbro

  3. Buset.. nama Ninja mengalahkan merk Yamaha dan Honda…
    Berarti sebetulnya merk kawasaki cuman 6.2% doank donk.. CMIIW

  4. Jadi apapun kalau pake merk ninja bakal laku? Kok pas kawasaki ngeluarin ZX-130 dengan julukan baby ninja gak banyak yg beli ya….? Nasib yg sama menimpa Suzuki pas jualan hayate v.1.0 yg dikasih julukan Skywave….

  5. bisa jadi nama vixion mengalahkan nama yamaha nih…

  6. Ya walau pake nama baby ninja,tapi tetap ja bebek,bro tw sndiri nama ninja identik dgn motor sport,scara power dan tampilan saling mnguatkan aura sport.

  7. stevant | April 28, 2013 at 4:50 pm |
    Jadi apapun kalau pake merk ninja bakal laku?

    betul bro, apalagi sedot ninja. :lol:

  8. brand value Honda tetap kuat yah walaupun di kategori sport, honda jelas kalah dengan Yamaha dan Kawasaki.
    Semua nya terjadi karena di saat 2 brand lain sdh mulai memfokuskan diri pada motor sport, honda masih berjuang merebut MS skutik dari Yamaha, sehingga fokus honda pada sport tidak bisa maksimal. Semoga tahun ini dan tahun depan honda berusaha memperbaiki motor sport mereka sehingga bisa bersaing dengan Yamaha V-ixion dan Kawak Ninja Series..

  9. kepingin tau, sport image Ninja lawan CBR plus Vixion atau sekalian masukin Tiger.. :)

  10. Gila itu nama ninja ngalahin nama 2 pabrikan ms terbesar saat ini
    Emang konsistennya kawasaki sama brand ninja terbalas sekarang
    Soal image sport honda emang kurang dianggep dibanding yamaha ama kawasaki. Udah terlanjur identik dengan irit dan nyaman bukan kenceng n sporty.
    Yang heran suzuki padahal di masa lalu image sportnya bagus2. Tapi sekarang malah lenyap.

  11. Wow, baru tau kalo ternyata brand Ninja sangat besar.
    itu hasil survey? di kota besar atau ke daerah-daerah juga mas MindGenesis?
    Jangan-jangan di daerah nama Ninja memang lebih besar dari nama Kawasaki..

  12. Hm…berarti honda punya potensi…walau image mereka hancur di sport…hati hati vixion series(yamaha)…
    Ambil aksi dan percrpat reaksi..

  13. wajar sich, honda ngak fokus di segment sport premium

  14. pending di artikel ber password untuk member non pabrikan only.
    ==================================
    justru harus ada member pabrikan biar nambah omset dan branding di kalangan pabrikan lha :D

  15. saya rasa 1~2 tahun ni sport yamaha masih diatas angin jk amunisi honda cm gt doanx

  16. itu aja Kawasaki belum nelurin motor sport yang benar2 head to head dengan YAmaha n Honda,kalau udah nelurin.hmmmm mgkn bisa lebih besar lage tuh

  17. ehmmm

    Mheeem.. Kalau lihat dan menganalisa dari grafik saji riset di atas….Kawasaki dalam kondisi BAHAYA….benar-benar BAHAYA.

  18. Pingback: Kawasaki bisa Terancam lho!!! | Mind Genesis

  19. Pingback: Yamaha Indonesia Akan Produksi MoGe . . . Ini Sinyalemen Apa? | TMCBlog - Motorcycle News

  20. mas metode apa yg sampean ambil dlm pengambilan sampling data tersebut??? terima kasih

  21. Brand NINJA?????? Emng ada ya?? Setahu saya yg ada kawasaki, ninja cm model..hadehhhhhhh….ato mungkin saya yg ketinggalan jaman ya.ada pabrikan baru lagi …

  22. @mattews
    kalau pas survei biasanya emang muncul seperti itu, saya pernah survei air mineral , keluarnya mulai aqua, cleo, sampai biru, sampai air isi ulang merknya keluar semua.
    Itu namanya survey yang real dari mindset konsumen.

  23. Love Ninja

  24. ya gak mungkin ninja lebih hot dari pada kawasaki, jangan liat bajaj pulsar. ninja karena keluaran kawasaki makan nya orang suka. Bahasa sederhananya patokan prestige di kalangan mayoritas user adalah dikelas 250 cc dan kawasaki ninja adalah yang kasih kesan pertama. Pandangan pertama sdh bagus tinggal di lanjutkan, padahal CBR udah lama tapi jarang yang pakai karena kelas 250 nya terlambat keluar di level user. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s