Panduan pembelian menjelang lebaran, Beat Fi VS Mio Fi series (Mio J, Mio J teen, Mio GT), Mana yang lebih baik?

Banyak email masuk ke dapur pacu gue dalam seminggu ini, beberapa diantaranya bertanya macam-macam, tetapi entah kenapa ada 5 email yang mempertanyakan tentang Mio Fi series (Mio J, Mio J teen, Mio GT) yang minta dibandingkan dengan Beat Fi. Menurut Gue fenomena ini menarik, pasalnya 3 dari 5 email tersebut meminta Beat Fi Vs Mio GT sedang 1 email meminta Mio J Vs Beat F1, sedang 1 email lagi meminta Mio GT dan Mio J teen Vs Beat Fi. Kok baru sekarang pada tanya borongan gini, kok tidak dari kapan hari pas Beat Fi atau pun Mio GT launching.

Fenomena yang menarik>>>

Ya mulai mendekati Puasa menjelang Lebaran, fase konsumen mulai melakukan pemilihan keputusan mau beli yang mana, sesudah keputusan didapat pas keluar duit HR-an saatnya meminang motor baru.

Ini artinya ada indikasi demand motor Matic cc kecil bisa meningkat tajam dibanding kategori produk yang lain. (subjectif sich karena cuma dari email yang masuk, tapi secara intuisi bisnis demikianlah yang akan terjadi nanti.)

beat fi vs mio fi series
promo Yamaha tentang komparasi produknya vs produk kompetitornya.

Nah bicara tentang Beat Fi VS Mio Fi series, mana yang lebih baik?

Oke bicara soal market matic cc kecil, tentunya ini market yang cukup gurih, bayangkan betapa banyak produk berjibaku di market ini. Mulai dari Yamaha, Mio J, Mio J Teen, Mio GT, Soul GT, Fino series, Honda Beat Fi, Spacy, Scoopy, Suzuki nex atau apa ya sampai lupa? wah gak brand recall nich di otak Gue 🙂 Lain halnya dengan Matic 125cc yang sudah dikuasai oleh Honda secara mutlak dengan Vario seriesnya, sehingga kompetitornya tak sanggup lagi bicara. Justru di market matic cc kecil ini pertarungan penjualan akan begitu sengit.

JESSMART rak toko

Soal Market Share Beat Fi jagoannya, diadu head to head dengan 3 pasukan Yamaha, yaitu Mio J, Mio J teen dan Mio GT, tentunya Beat Fi masih menang mutlak secara luar biasa. Ini berarti harga second Beat Fi tentunya lebih bagus jika nanti berfikir untuk dijual lagi setelah masa market euphoria ini selesai. 🙂

Soal Brandnya walau sama-sama kuat (baik Mio maupun Beat saat ini), Brand Honda tentunya lebih perkasa dibanding Yamaha, lihat aja market share honda yang semakin naik meninggalkan Yamaha yang semakin turun. Ini berarti untuk kepemilikan jangka panjang, Beat FI lebih meyakinkan dibanding Mio Fi series.

Bagaimana dengan teknologi Fuel Injection-nya? Saling claim terjadi di kedua kubu. Yamaha mengclaim mereka injection no.1 yang lebih dahulu hadir dipasar Indonesia (kenyataannya Honda lebih dahulu dengan supra pgmfi-nya). Yamaha meng-claim bahwa service Fi terbaik dan terluas di Indonesia. (soal ini masih pro dan kontra? terbaik bagaimana dan terluas bagaimana secara network atau yang sudah benar-benar siap teknologi FI baik peralatan maupun sdm-nya). Sedangkan seperti tak mau kalah Honda juga balik claim bahwa produk mereka memiliki teknologi FI yang jauh lebih baik dibanding kompetitornya (soal ini no komen dech), dengan jaringan service FI yang terluas. (soal ini juga masih pro dan kontra juga seperti halnya dengan claim Yamaha). Nah bagaimana menurut anda menyikapi claim teknologi FI kedua pabrikan ini.

Hara International Indonesia

Harga dan Value, jika melihat Harga dan Value tentunya harus dilihat dari Customer Precieved, yang tentunya bisa disederhanakan lewat survei kecil-kecilan, dari survei kecil-kecilan ini, MG mendapatkan hasil yang dapat memberi gambaran. Beat FI mendapatkan 9.5 bintang dari full 10 bintang, sedang Mio J mendapat 7.5 bintang dari full 10 bintang, Mio J teen mendapatkan 8 bintang dari total full 10 bintang dan terakhir Mio GT mendapatkan total 9 bintang dari full 10 bintang.

Soal Model, dari hasil survei kecil kecilan dengan metode Customer Precieved, maka didapatkan hasil sebagai berikut; Beat FI mendapatkan 8 bintang dari full 10 bintang, sedang Mio J mendapat 6 bintang dari full 10 bintang, Mio J teen mendapatkan 7.5 bintang dari total full 10 bintang dan terakhir Mio GT mendapatkan total 9.5 bintang dari full 10 bintang.

Soal Handling, dari hasil survei kecil kecilan dengan metode Customer Precieved, maka didapatkan hasil sebagai berikut; Beat FI mendapatkan 8 bintang dari full 10 bintang, sedang Mio J mendapat 7.5 bintang dari full 10 bintang, Mio J teen mendapatkan 8.5 bintang dari total full 10 bintang dan terakhir Mio GT mendapatkan total 9 bintang dari full 10 bintang.

Soal Kenyamanan, dari hasil survei kecil kecilan dengan metode Customer Precieved, maka didapatkan hasil sebagai berikut; Beat FI mendapatkan 10 bintang dari full 10 bintang, sedang Mio J mendapat 7.5 bintang dari full 10 bintang, Mio J teen mendapatkan 8.5 bintang dari total full 10 bintang dan terakhir Mio GT mendapatkan total 8.5 bintang dari full 10 bintang.

Soal Fuel Consumption, (ini yang paling rame dan ditunggu-tunggu), dari hasil survei kecil kecilan dengan metode Customer Precieved, maka didapatkan hasil sebagai berikut; Beat FI mendapatkan 9.5 bintang dari full 10 bintang, sedang Mio J mendapat 9 bintang dari full 10 bintang, Mio J teen mendapatkan 8.5 bintang dari total full 10 bintang dan terakhir Mio GT mendapatkan total 7 bintang dari full 10 bintang.

Silahkan disimpulkan sendiri mana yang lebih baik?

Note: hasil analisa survei dengan teknik Customer Precieved adalah teknik yang paling mendekati mind set konsumen tentang produk yang disurvei sesuai dengan masing-masing target marketnya, jadi bukan yang terukur secara real output secara teknis. Walaupun demikian hasil survei Customer Precieved yang paling ampuh jika berbicara soal output penjualan di real marketnya. Karena result survei ini telah memenuhi aspek customer insight di masing-masing target market yang disurvei. Toyota dan AHM seringkali menggunakan metode ini jika hendak melakukan R&D pada produk-produknya.

Pelajaran Berharga: Berfikirlah dari sudut pandang Konsumen, bukan lagi dari sudut pandang Produsen.

Semoga hasil Komparasi ini bermanfaat.

Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

54 thoughts on “Panduan pembelian menjelang lebaran, Beat Fi VS Mio Fi series (Mio J, Mio J teen, Mio GT), Mana yang lebih baik?”

  1. @ Bro Tulus Budi
    wah kalau dijelaskan isa puanjaaaaaaaaaag sekali. mungkin next time lah kalau ada kesempatan waktu yang panjang untuk nulis. bisa jadi satu buku sendiri ini. 🙂

  2. Aku punya beat biasa yang karbu aja masih lebih irit dari mio j yang sudah FI, kalau beli baru ya pasti pilih Beat . Beli yang jelas – jelas aja Honda, Honda jelas lebih irit. Yamaha dari dulu juga boros melulu, mau pake karbu mau pake FI tetap Yamaha Boros. Aku berani taruhan mending Beat FI aja. sudah jelas terbukti di versi karbunya yang jauh lebih irit.

  3. Bingung aku… jok Beat FI kan masih keras, kok dibilang nyaman ya? (Laen halnya Scoopy FI, rada empukan) Mungkin yang kejaring survey konsumen yang terbiasa pake motor Honda kale ya?

  4. Soal Market Share Beat Fi jagoannya, diadu head to head dengan 3 pasukan Yamaha, yaitu Mio J, Mio J teen dan Mio GT, tentunya Beat Fi masih menang mutlak secara luar biasa. Ini berarti harga second Beat Fi tentunya lebih bagus jika nanti berfikir untuk dijual lagi setelah masa market euphoria ini selesai. 🙂
    Like it so Much!

  5. blade-in | July 2, 2013 at 11:11 am |

    Bingung aku… jok Beat FI kan masih keras, kok dibilang nyaman ya? (Laen halnya Scoopy FI, rada empukan) Mungkin yang kejaring survey konsumen yang terbiasa pake motor Honda kale ya?
    ========================
    nyaman secara keseluruhan kali mas.

    beat ada fitur sss,
    artinya pengendara merasa nyaman jika lupa naikin standar, ngak takut ndlsosor kalu jalan.

    kalu di mio-j ngak ada, ( koreksi kalu salah) jadi pikiran ngak nyaman

  6. Pelajaran Berharga: Berfikirlah dari sudut pandang Konsumen, bukan lagi dari sudut pandang Produsen.
    ============================================================
    bahasa ini baru mantaf. zetuju bro

  7. blade-in | July 2, 2013 at 11:11 am |
    Bingung aku… jok Beat FI kan masih keras, kok dibilang nyaman ya? (Laen halnya Scoopy FI, rada empukan) Mungkin yang kejaring survey konsumen yang terbiasa pake motor Honda kale ya?

    ===============================================

    well dapet kompensasi dari shockbreaker yang lembut. walau shock lembut berpengaruh ke handling. tapi konsumen entry level biasanya kurang peduli handling.
    setuju soal scoopy yang empuk. apalagi joknya lebar jadi nyaman sama kayak fino yang juga lebar.

    mio GT is good tapi kekurangannya tetap pada batok kepalanya. tebeng depan sudah bagus sekali. bahkan gw lebih suka daripada beat. tapi batok lamunya masih pake model mio j yang ga nyambung sama sudut tajam lampu tebengnya.

  8. Aku punya pesawat honda jet aja masih lebih irit dari mio j yang sudah FI, kalau beli baru ya pasti honda robot asimo . Beli yang jelas – jelas aja Honda, Honda jelas lebih irit. Yamaha dari dulu juga boros melulu, mau pake karbu mau pake FI tetap Yamaha Boros. Aku berani taruhan mending honda aja deh teknologi pesawat jet sama robot asimo sudah terbukti canggih sejagat raya sedunia akherat

  9. tergantung idolnya, kalau ngefan sm jkt y pilih mio j, kalau ngefans sm cibicibi y pilih beat

  10. hehehe itu kocak juga yah perbandingannya , perbandingannya itu adalah counter dari aksi honda … contohnya yang injektor cleaner , setau gua honda pernah meledek yamaha di sisi injector cleaner…..honda saat itu meledek motor injeksi yamaha itu kolektor injektor cleaner , yang makan banyak biaya/boros untuk beli injector cleaner ….dan honda ngeledek yamaha , injector murahan yamaha yang perlu perawatan injector cleanerceaner

  11. andaikata Mio series saat ini mengalami pembenahan d sektor kelistrikan,CVT dan suspensi (kenyamanan),mungkin bisa bersaing juga tuh.

    tapi masalahnya apakah Yamaha tidak punya tindakan pembenahan??toh Mio J datangnya udah lama,apakah dr sektor RnD gak ada masukan dari pihak Customer Service (yang sering menerima keluhan)??

    jika tidak ya siapkan aja “stamina” untuk berjuang dtengah persaingan yang ketat ini.

  12. untuk surver beginian, agaknya konsumen masih terlalu memandang merk, jadi hasilnya gak objektif.
    ada juga yg masih memandang model hasilnya juga kacau.
    lihat aja soal handling, mio-j dan j-teen, dimana model sama tapi survey handling beda hasilnya, gila gak tuh?

  13. @pak tarno
    Survei Customer Precieved ini setau saya adalah survei melihat value suatu produk dari sudut pandang presepsi konsumen sesuai target market masing-masing.

    Bisa terjadi suatu fitur yang teruji secara teknis melalui alat ukur yang ilmiah, misalnya kecepatan puncak, Motor A max 95km/jam motor B max 105km/jam. Akan tetapi mungkin saja setelah disurvei, target market kedua motor tersebut bisa berpresepsi sebaliknya, motor A lebih kencang dari motor B. Namanya juga presepsi market, akan tetapi saya setuju hasil survei semacam ini lebih berpengaruh terhadap penjualan dari pada real kondisi yang terukur. Namanya juga presepsi market, so keputusan pembelian oleh konsumen yang bersangkutan sangat terpengaruhi presepsi ini pula.

    Bisa pula terjadi hasil yang berbeda walaupun fitur yang teruji sama persis, hal ini disebabkan target market yang berbeda memiliki mindset dan pola pikir yang berbeda pula. Misalnya dari contoh pak Tarno masalah handling ini. mio j dan mio j teen, keduanya memang produk yang sama cuma berbeda stiker saja. akan tetapi saya merasa target marketnya memang jauh berbeda, yang satu memiliki rentang usia lebih muda, yang satu memiliki rentang usia lebih tua. yang satu cenderung up date sedang yang satu konvensional minded, yang satu cenderung dinamis, sedangkan yang satu cenderung statis, tentu saja keduanya memiliki mindset dan pola pikir yang berbeda bukan. Dalam merasakan handling yang baik atau enak, tentu keduanya memiliki tingkatan kepuasan yang berbeda, penilaian yang berbeda tentang bagaimana handling yang enak menurut mereka, titik berat yang berbeda pula. So pasti hasilnya akan berbeda.

    Nah pastinya menurut saya secara pribadi survey jenis ini lebih tepat digunakan untuk mencari posisi produk yang disurvei terhadap produk kompetitor berdasarkan presepsi konsumen. Buat apa memiliki produk yang superior secara teknis apabila di presepsi konsumen dianggap produk yang kurang baik. Inilah yang berpengaruh cukup besar terhadap keputusan pembelian, sehingga ujung-ujungnya menentukan besarnya sales/penjualan dan pada akhirnya market share.

    Tentunya survei ini akan menjawab mengapa produk yang hebat kadangkala memiliki angka penjualan yang jelek atau sebaliknya produk yang biasa saja mampu mencetak angka penjualan yang luar biasa.

    Salam S-I-C Movement, silahkan main-main ke blog saya di http://www.wiyantosudjono.wordpress.com

  14. xixixi pak tarno kena skak mat… khan dah ditulis ma bro komeng .. berfikirlah dr sudut pandang konsunen, tidak lg dr sudut pandang produsen ..

  15. saya sebagai mantan pengguna mio sport (juga mio soul ) menurut saya kekurngan mio series banyak,,
    1. suspensi yg keras
    2. tarikan/akselerasi yg rada berat
    3. boros bbm
    4. cvt yg belon setahun udh bunyi
    5. stang getar
    6. velg yg cepat peyang
    7. suara mesin kasar

  16. gue muak dengan pembohongan publik ala yamaho yang buat komparasi ngibul. aibatnya yamaho makin nyungsep sep sep…………jualan seperti honda yang jujur

  17. Survei yang bagus sekali, out ofthe box, ini yang dicari-cari para marketer modern. Uhuuuiii om MG.

    @Wiyanto Sudjono
    Terima pak, penjelasan anda sangat berguna bagi saya, membantu menerangkan isi artikel blog ini. Saya jadi lebih paham dengan penjelasan anda.

  18. Wah. Berbeda ma yg ane rasain. Ane bru nyoba yg namanya beat fi, bru di beli feb 2013. Ane bisa bandingin ma Soul GT yg biasa ane pake.
    Beat bru 7000km, Soul 20000km
    Handling lebih enak Soul GT
    konsumsi bahan bakar lebih irit Soul GT (cara pake hampir selalu gaspoll, maklum jalan luar kota)
    tp satu hal yg paling mengganggu, jog Beat tipis, g nyaman buat jalan jauh, bru 20km aja dah sakit pantat, padahal shockbreaker Soul GT keras banget.
    Ane g tau apakah tu Beat dah g std ato gmn, klo Soul GT kondisi std.
    Satu hal yg ane suka banget dari Beat, tarikannya enak banget.

  19. Wah mio gt q top speed 110km konsumsi BBM harian 35km/liter beda 2 km ma smash titan q..
    Krna q ada 2 motor..

  20. wuih, pak Tarno apes sekali tuh. ditampar langsung oleh pak Wi, yang tau banyak tentang Yamaha. Itu orang paham betul pak Tarno. Bukan sekedar FBY. parah banget nasibmu

  21. makanya Pak Tarno, jangan asal nyolot,
    mas Fa74 mungkin bisa belajar dari Pak Tarno juga, soalnya yg punya opini begitu minoritas sekali

  22. Soal Market Share Beat Fi jagoannya, diadu head to head dengan 3 pasukan Yamaha, yaitu Mio J, Mio J teen dan Mio GT, tentunya Beat Fi masih menang mutlak secara luar biasa.
    ===================================================
    Dari sini aja udah ketahuan kualitas Beat F1. Masa masih di bikin komparasi lagi? hadehhhh

  23. wah,brarti ketauan dong produk r2 yg laris manis di indo itu cuma karna udah mengena dihati. Mau inferior mau cacat,tetep laris. Gitu bukan?

  24. sayang kalian semua ribut pada bela n mnjelekkan.. tp bgmnpun jgn bangga dg penjajahan.. kita hrs brfkir bgmn kita bs ngalahin honda dkk.. bangkit indonesia.. jk pun brat.. mka lihatlah produk lain misal tvs dr awal lahir sktr thn 2009 di indonesia sdh brani garansi 5 thn..bnyak penghargaan tp hrg bersahabat dg bnyk fitur bgus dan trbukti hingga skrg awet.. bajaj misal.. model nya di tiru oleh new fixion.. sblm bajaj lahir cb bgmn keadaan mtor laki di indonesia.. jepun.. memble.. tp stlh hdr motor predator bajaj prabrikan jepun lomba” bikin pesaing.. brt dpt dsimpulkan kn.. kurang kreatifitas pengembangan teknologi mesin n fitur buat kenyamanan pengendara.. dg hrg 18jt beli honda dpt keistimewaan apa? awet ? g juga pasti trgntung pemakaian..toh rekor ketahanan mesin oleh muri di raih tvs tormax bukan suzuki shogun..penghrgaan kualitas bnyk di raih motor bukan jepun..kl jepun pnghrgaan penjualan.. jd sifat saya dsni mnghimbau jgn mau di bodohi produk mnang nama..

  25. dsad | July 2, 2013 at 4:06 pm |

    hehehe itu kocak juga yah perbandingannya , perbandingannya itu adalah counter dari aksi honda … contohnya yang injektor cleaner , setau gua honda pernah meledek yamaha di sisi injector cleaner…..honda saat itu meledek motor injeksi yamaha itu kolektor injektor cleaner , yang makan banyak biaya/boros untuk beli injector cleaner ….dan honda ngeledek yamaha , injector murahan yamaha yang perlu perawatan injector cleanerceaner
    =====================================================
    bukan menjelekkan suatu produk tetapi skrg Soul GT-ku rontok tapi YIMM diam seribu bahasa meski sudah dihubungi via e-mail….bgm pendapatmu???

  26. BUKTINYA HONDA BEAT LEBIH LAKU DIPASARAN DIBANDINGKAN MIO. KALO INFO DIATAS LEBIH KE ARAH BLACK CAMPAIGN MERK Y, YANG PRODUKNYA KURANG DIRESPON PASAR. KASIAN DEHHH, CARI PEMBENARAN!!!!!

  27. Artikel yang sangat bagus sekali, mencoba mengedepankan fakta dan hal-hal prinsip dan nyata dalam marketing, tapi sayang tujuan awal yg mulia ditengah jalan terdistorsi dengan bahasa sinis dan cenderung berat sebelah, semoga kedepannya lebih baik lagi sob

  28. maaf, penilaian yg dari awal sudah berat sebelah. ane bukan pendukung honda atau yamaa. tapi anda lebih berat sebelah dg hanya menyebutkan kelemahan yamaha, tapi slalu memuji honda. baik honda atau yamaha punya kelebihan, dan anda belum bisa adil untuk menilai. terima kasih dan mohon maaf.

  29. Ehh yg bikin berita kyk gene, di mana2 yamaha gk bisa bandingin honda iritnyaaa!!!! Klw mio j irit, tp asal loooo tw semua, mio j motor banciiiii, balap sama beat pgm fi aja kalahhh, mio j gembelll, dimana2 klw di bandingin yahhh bagusan beat, stabil di bawa kenceng gk kyk mio j gembel

Leave a comment