33 TOP Sekolah Dasar terbaik se-Indonesia dalam bidang Sains Terapan. (pada tahun 2023)

Dalam perkembangan jaman yang semakin canggih ini, manusia tidak hanya berkompetisi dengan sesamanya, namun juga harus berkompetisi dengan AI (kecerdasan buatan), yang tidak saja mulai menggantikan pekerjaan pekerjaan manusia namun juga eksistensinya. Bagaimana tidak? Mesin yang dibekali dengan kecerdasan buatan tidak hanya mampu bekerja lebih cepat, lebih presisi dan lebih minim kesalahan, bahkan tidak hanya itu… mereka kini mampu berpikir lebih cepat, memiliki data base pengetahuan jaringan internet tak terbatas, sekaligus lebih terampil dalam menghadapi permasalahan yang timbul dalam proses kerja tersebut, dan kini bahkan mulai menyentuh sisi kreatifitas juga. Sungguh masa depan yang menakutkan.

Bagaimana nasib anak anak kita di masa depan yang dipenuhi dengan Mesin mesin canggih yang di gerakkan oleh AI? Dunia akan benar benar berubah dan tantangannya tak akan sama lagi, sungguh menakutkan untuk dibayangkan bagaimana kompetisi di masa depan, didunia yang dihuni oleh anak anak kita. Kabar baiknya kini dunia pendidikan juga telah berbenah dan bersiap diri. Knowledge base sudah tidak lagi menjadi rujukan dunia edukasi masa depan, Kemampuan otak manusia akan sangat terbatas jika harus diadu dengan knowledge mesin dan Artificial Intelligence yang mampu mengakses segala data base pengetahuan di seluruh dunia dalam hitungan milisecond dalam jaringan tak terbatas yang dapat diakses dari mana saja di dunia yang serba terkoneksi ini. Sebaliknya kemampuan “judgement by wisdom” yang dimiliki oleh anak manusia tidak (belum) tergantikan oleh mesin komputasi modern dan bahkan AI. Karena itu kemampuan berkonseptual yang benar dan kemampuan mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara cerdik dan kreatif justru menjadi Advantages utama manusia agar dapat berkompetisi di masa depan. Bahasa sederhananya siapkan anak anak kita dengan pendidikan terbaik yang siap menyongsong masa depan, Edukasi dengan dasar pembelajaran secara holistik, konseptual dan aplikatif, bukan hanya menyodorkan, bahkan menjejali otak anak dengan teori dan hapalan text book saja seperti pendidikan konvensional di banyak skolah sekolah dasar pada umumnya.

Kabar baiknya ada beberapa sekolah di Indonesia yang memiliki pendidikan dengan sistem yang maju dan sudah mulai mempersiapkan anak anak didiknya dalam menghadapi ketidakpastian masa depan. Memang belumlah sempurna, tapi sudah cukup meyakinkan. Indikasinya kami memakai hasil dan prestasi sekolah sekolah tersebut dalam ajang IASO yaitu International Applied Science Olympiad.

Sedikit mengenai IASO; ….. tidak seperti olimpiade sains pada umumnya yang lebih menekankan test kemampuan pengetahuan anak, baik berupa teori dan hapalan. Justru sebaliknya pada IASO kemampuan judgement anak berlandaskan konseptual SAINS yang benar akan benar benar diuji. Dibutuhkan pemikiran yang kreatif agar dapat mengaplikasikan pengetahuan SAINS dalam kondisi khusus yang di berikan dalam problematika soal soal uji. Nah singkat cerita bagi anak anak dan tentunya sekolah yang lolos dan mendapatkan prestasi award dalam IASO, tentunya sudah jaminan mutu yang dapat memberikan gambaran serta merefleksikan kualitas sistem pendidikan di sekolah dan kualitas kemampuan anak anak didiknya dalam menghadapi tantangan IASO yang tidak biasa ini. Demikianlah kami menggunakan hasil IASO dengan periode kumulatif tahun 2020-2023 sebagai acuan kualitas sistem pendidikan di sekolah dalam kesiapan menghadapi masa depan khususnya dalam bidang SAINS.

Berikut adalah TOP List 33 SD Terbaik di Indonesia dalam bidang Applied Science (Sains Terapan) sebagai indikator kemampuan dan kualitas sistem pendidikan yang baik serta membekali anak anak didiknya dengan sistem edukasi yang tepat sebagai persiapan untuk ber-kompetisi di masa depan.

List Top Rangking SD 2023 di Indonesia yang redaksi susun merupakan kumulatif dari hasil prestasi sekolah berdasarkan perolehan jumlah medali dari hasil IASO 2020-2023.

3 Peringkat Top sekolah dasar terbaik masih diisi oleh sekolah dari kota Jakarta, dengan 2 Top tier perolehan hasil prestasi yang jauh meninggalkan sekolah lainnya yaitu dicapai oleh SDK 6 Penabur dan SDK 2 Penabur yang memang sudah terkenal dengan kualitas pendidikannya yang memang terbaik dari yang terbaik.

Untuk area provinsi Jawa Timur nampak sekolah Gloria 2 dari kota Surabaya terbukti memiliki kualitas pendidikan terbaik dalam bidang Sains jauh menonjol diatas sekolah sekolah pesaingnya dari Jawa Timur lainnya. Sedangkan di Malang ada SDI Salbillilah Malang yang menduduki peringkat 2 terbaik di provinsi Jatim.

Sedangkan dari Jawa Barat ada SD BPK Penabur Bogor dan SDK Plus Penabur Cirebon bersaing ketat menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya dapat kita lihat dan simpulkan untuk area Jawa Barat, Jawa Timur dan Jakarta cukup siap terbukti beberapa sekolah dari area ini dapat mencetakkan prestasi yang luar biasa dalam ajang IASO 2020-2023, sedangkan sekolah sekolah dasar dari area Jawa Tengah nampak masih tertinggal jauh. Justru diluar dugaan ada beberapa sekolah dasar yang berada di Luar Jawa menonjol dan tak kalah bersaing, seperti di Kupang-NTT, Lampung, Medan, dan Palembang yang tentunya terdapat sekolah unggulan masing masing.

Semoga dengan adanya List 33 TOP Sekolah Dasar terbaik di Indonesia ver. 2023 ini dapat membantu orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik bagi anak anaknya dalam menghadapi masa depan dapat memilih pendidikan terbaik bagi buah hati tercinta.

Start with the right education system , chose the best, be leader be champion for better future!!!

15 thoughts on “33 TOP Sekolah Dasar terbaik se-Indonesia dalam bidang Sains Terapan. (pada tahun 2023)”

  1. Kalau Sekolah Sekolah Penabur sih tidak kaget, itu memang jaringan sekolah terbaik yang selalu ikut perkembangan jaman. Di bagian barat pulau jawa (Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bekasi dst) sekolah sekolah penabur selalu eksis menjadi yang terbaik.

    Justru yang diluar dugaan adalah di bagian Timur pulau jawa sekarang malah SD Gloria 2 nampaknya sekarang menjadi yang paling bagus ya, sudah jauh meninggalkan kompetitornya.

    1. Saya jadi gatal mengomentari komen ini, intinya kalau sekolah itu merasa sudah hebat pasti akan sombong. Tidak ikut perubahan jaman dan tetap konservatif, merasa kurikulumnya dan sistem pendidikan ya sudah paling wah, biaya spp muahal sekali tapi fasilitas sekolah minim. Wifi aja suruh bawa sendiri ke sekolah loh. Sekolah Fav tapi pelittt, jadi jadoel githu loh.
      Inilah yg terjadi dengan kelompok sekolah sekolah konservatif tersebut. Gak heran kalau di Jawa timur, khususnya surabaya terjadi pergerakan peringkat sekolah yang berubah sangat banyak.

Leave a comment