Halo kawan, jika jeli nih beberapa pemilik CBR250RR sering mengeluhkan keluarnya bunyi HP geterrrrr, “brrrreeertt breeerrrrt ……brrrrreeeerrt breeeeeeerrrt ” githu pada unit CBR250RR milik mereka.
Nah keluhan ini sering disadari sang Owner apabila unit CBR250RR milik mereka ditaruh dalam ruangan / garasi dalam rumah, sehingga bunyi bunyi minor akan terdengar atau beberapa kasus saat mencuci motor miliknya dengan tangan sendiri. Tentu saja kontan kaget khan kok ada bunyi hp geter di dalam mesin Honda CBR250RR miliknya, padahal kejadian ini saat kunci kontak OFF. Halo…engine kondisi mati kawan.
Beberapa kasus kejadian terjadi saat motor habis dibawa lari berputar putar, kemudian di cuci. Tetapi ada juga yang mengalami setelah motor habis dibawa jalan saat kehujanan, kemudian diparkir dan dalam kondisi mesin mati timbul bunyi geter hp tersebut. Namun ada juga yang mengalami hal ini dalam kondisi kering, artinya motor tidak pernah kena air atau hujan.
Tentunya kondisi ini bikin sebagian pemilik honda CBR250RR jadi was was donk, bunyi apakah itu yang mirip suara HP geter dari mesin CBR250RR yang mesinnya dalam kondisi mati. Apakah ada kerusakan sektor kelistrikan atau bocornya fungsi kerja capasitor? tentu saja pertanyaan ini cukup menghantui dan bikin tidak nyaman para owner CBR250RR.
Nah info dari seorang teman yang mengamati kondisi CBR250RR miliknya karena motor beliau ini dipakai sendiri dan tidak pernah sekalipun dipakai riding saat hujan atau cuci siram/semprot (jika cuci menggunakan teknik lap basah). Bunyi tersebut ditengarainya berasal dari sektor bagian dalam-bawah tangki bahan bakar, bukan sektor mesin. Nah loh…… Dari hasil pengamatan sistematisnya berulang ulang kali, Beliau menemukan bahwa bunyi HP getar ini memiliki ciri ciri sebagai berikut:
- Siklus bunyi HP getar ini memiliki interval waktu yang semakin lama dan panjang setiap terjadi perulangan/periodik bunyi.
- Makin lama bunyinya makin halus dan lirih.
- Bunyi tersebut bisa terjadi/bertahan sampai 5 hari dalam kondisi mesin dimatikan total dan tidak pernah dihidupkan sekalipun dengan memutar posisi kunci ke ON (always OFF dalam kurun waktu 5 hari).
- Bunyi akan keras dan getaran lebih hebat saat motor ini habis dipakai Riding Kencang (mesin panas).
- Sumber bunyi positif berasal dari bagian dalam tangki bensin sebelah bawah/dasar tangki.
Tambahan dari beberapa rider lain:
- Bunyi Getar makin keras saat motor habis dicuci.
- Bunyi Getar makin keras saat habis dipakai riding waktu hujan hujan atau cuaca dingin.
Nah jika kawan kawan adalah owner CBR250RR dan kebetulan menemukan bunyi yang sama, HP Getar tadi jangan panik dan takut. Kebetulan teman MG tadi sudah menanyakan langsung keluhan yang dialaminya kepada Department Servis AHM yang kebetulan mengadakan kunjungan Survei CBR250RR kepada pemilik pemilik awal CBR250RR. Dimana setiap pemilik motor ini disurvei tingkat kepuasan dan keluhan yang mungkin ada pada motor yang dimilikinya.
Menurut info teman MG ini, jawaban resmi dari AHM adalah noise yang wajar, jadi tidak perlu kuatir akan mempengarui unjuk kerja dan keawetan mesin. Bunyi tersebut berasal dari klep valve pembuangan tekananan dan penguapan dari tangki bahan bakar apabila tekanan di dalam tangki berlebih. So wajar jika habis dipakai, panas dari mesin akan mempengaruhi suhu sekaligus tekanan di dalam tangki bensin, sehingga akhirnya klep atau katup valve akan bekerja. Jadi mulai sekarang tidak perlu takut atau was was lagi. Semoga info yang Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy ini bisa bermanfaat.
dalam beberapa kasus bunyinya kaya meja digeser atau kaya bunyi kentutt.. brrrttt.. NMax ngalamin, PCX ngalamin, cbr juga sama..
ternyata owner MG ini baru ya hahaha.. yg lama kemana om? pensiun?
Sama kok, masih yang lama. Dari mana ada isue serendah ini?
Gue masih sama dari jaman Jupiter MX spek racing 🙂 kalau ngikutin kiprah Gue sebelum Gue nulis blog sendiri. Pasti tau lah!!! kecuali anak kemarin sore Heu heu heu. Uhuuuuuuuuuuuuuuy om Kobayogas ha ha ha.
habis katanya ada yang seperti itu. atau kesannya seperti itu hehe
Kata siapa? Heu heu heu. Uhuuuuuuy donk Om. Paling juga isue dari anak bau kencur.
Kalau di NMax yang bunyinya kaya kentut itu.
Kalau di PCX lebih seperti suara meja di geser dari lantai.
Kalau yg di CBR ya bener seperti bunyi hp geteer.
jadi gak perlu di recall?
Gak perlu. Iya kalau motor merk sebelah yang bolak balik recall karena part part yang tidak beres mutunya dan standart keselamatannya terancam.
Saya tidak punya CBR250RR sih, jadi no comment dech.
Kalau yang di nmax, saya punya nmax tidak pernah mengalami ya. Apa tidak kedengaran karena nmax selalu parkir di luar rumah. Dihalaman maksutnya, tidak di dalam garasi.
Wah ta kira bunyi apa, soalnya mirip2 yg dialami Ninja 250 Karbu, dan ternyata memang bener hal yg normal.
btw saya sdh nyuci sendiri motor CBR250RR ini 2x (bahkan sempat kena hujan lebat sehingga motor terlihat sangat dekil) dan nyucinya juga seperti nyuci motor yg lain (bukan teknik lap basah), sampe saat ini fine2 saja ga ada masalah, walau memang kayaknya harus hati2 nyuci bagian TBW-nya (ga boleh asal nyemprot).
Tapi apakah pernah ada yg kena problem sehabis nyuci CBR250RR ? dan apakah bener selain TBW-nya ada bagian lain yg ga boleh kena air ? klo boleh tau bagian yg sebelah mana ?
Iya kayak suara hp getar di meja
cbr150r sy (baru 6 bulan pemakaian) barusan keluar bunyi dr dalam tanki, seperti getaran hp tp halus.. Jd gk masalah to ya,, thanks om infonya.. Jd lega..
Motor cb 150 r SE saya juga seperti itu … Suaranya seperti meja diseret … Dan berulang ulang kali … Asli panik karna baru kali ini saya dengar …
beberapa suara memang seperti meja diseret, namun ada juga kasus kasus tertentu yang mengalami suara terburuk seperti suara kentut yang panjang dan keras
All new cb saya juga sering kayak gitu
Suaranya kaya kusi di geser padahal kunci kontak posisi off
Punya saya cb150r juga gitu. Tiap kali hbis dipake perjalanan pasti bunyi. Drrrtttt drtttt gitu. Tpi kok bisa sih. Punya temen enggak loh padahal
Punya saya juga gitu om hadehhh cbr 150 padahal