Menelanjangi Langkah dan Ambisi Honda di tahun 2012

Tahun 2011 ini adalah tahunnya Honda Indonesia (AHM), perolehan prestasi penjualan dan peningkatan market share secara significat berhasil mereka raih dengan gemilang. Selain Grand Strategy Honda yang telah terencana dengan baik, Honda juga all out menerapkan strategy yang telah mereka rencanakan dengan baik. Pada tahun 2011 dan 2012 ini mereka akan melakukan strategy Pressure Superiority All Out War dimana hasilnya terbukti dapat mempora-porandakan posisi competitor-nya.

Sampai di bulan ke 10 tahun 2011 ini, Posisi Honda sudah sangat Dominant  terutama di pulau Jawa. Peperangan di Jawa Dwipa ini telah berhasil dimenangkan secara mutlak oleh Honda. Area ini berhasil dikuasai dengan manis. Mengapa harus pulau Jawa terlebih dahulu yang dikuasai? kita telaah bersama-sama berikut ini;

  1. Pulau Jawa memiliki posisi Strategic bagi market Indonesia secara total. Dimana dengan keseragaman budaya-sosioculture market yang tak jauh berbeda (catatan; Market Jawa Timur agak sedikit Unique). Demand motor disini mencapai lebih dari 50% total Indonesian Market. Lain halnya luar pulau Jawa yang memiliki perbedaan yang sangat mendasar pada budaya-sosioculture marketnya, akan perlu waktu lebih lama dan effort lebih untuk penyesuaian satu-persatu.
  2. Pulau Jawa dianggap sebagai Trend Setter bagi area Luar Pulau Jawa. Media Televisi dengan aneka sinetrone dan beritanya yang khas akan sangat memberikan pengaruh akan keadaan ini. Maka lebih mudah penanaman image dimulai dari pulau Jawa terlebih dahulu. Trend di Luar Pulau Jawa akan mengikuti dengan sendirinya. Demikian pula dengan Brand Image Honda.
  3. Grand Strategy yang di Planning-kan sudah dirumuskan dalam Plan Tactical penguasaan area secara tepat. Kuasai yang lebih mudah terlebih dahulu, baru yang lebih susah akan mengikuti arus, sehingga pada akhirnya akan lebih mudah ditaklukan dibanding sebelumnya. Arus informasi yang lebih deras dan cepat di pulau Jawa sangat membantu penguasaan area.
  4. Plan Honda dalam penguasaan Area sudah sinkrone dengan Product Planning Schedule-nya. Tahun 2011 Honda lebih banyak memperkuat Low-End dan Mid Level productnya. Dimana pasar Low-End Product lebih banyak ada di pulau Jawa. Secara Contribution penjualan by type, Type-type Low-End Product menguasai Penjualan di Pulau Jawa. Jelas bahwa Demand Market untuk Product Low-End ada di pulau Jawa.
  5. dst.

Setelah penguasaan area pulau Jawa berhasil sukses, maka pada tahun 2012 tak lagi diragukan Luar Pulau Jawa PASTI jadi sasaran untuk ditaklukkan pada giliran selanjutnya.

Adapun persiapan Honda untuk menguasainya adalah sebagai berikut;

  1. Plan Honda dalam penguasaan Area Luar Pulau Jawa telah dirumuskan dan di-sinkrone-kan dengan Product Planning Schedule tahun 2012. Dimana Honda akan memperkuat Premium productnya. Baik Scooter Matic Premium, maupun Sporty Cub Premium akan menjadi senjata yang cukup berbicara. Dimana pasar Luar Pulau Jawa cukup didominasi oleh Premium product. Demand Luar Pulau Jawa lebih terkonsentrasi di Mid sampai Hi-End product. Tentu saja kabar tentang Vario 125cc dengan mesin Injeksi yang lebih Premium bukanlah isapan Jempol belaka. Begitu pula dengan Bebek Premium pengganti CS-1. Beberapa Sport Honda akan keluar juga di tahun 2012. Disamping untuk penguasaan Market Share Sport di tahun 2012(tahun 2011 sebelumnya penguasaan Mind Share-Heart Share di category Sport sudah dilakukan), category Sport akan membantu secara image dan sekaligus untuk menambah sedikit kontribusi penjualan di area Luar Pulau Jawa.
  2. Honda akan melakukan Copy Paste Strategy yang telah berhasil menaklukkan area Pulau Jawa ke area Luar Pulau Jawa dengan sedikit modifikasi sesuai dengan area character lokasi sasarannya.
  3. Perkuatan Jaringan di Luar Pulau Jawa sudah dilakukan di tahun sebelumnya guna menunjang suksesi penguasaan tahun 2012.
  4. Penyeragaman discount dan penarikan nilai Discount yang ada di pulau Jawa, bisa jadi dijadikan senjata untuk melakukan penetrasi market Luar Pulau Jawa melalui serangan penetrasi Discount yang seragam di Luar Pulau Jawa.
  5. Alokasi barang yang sebelumnya difokuskan untuk mengisi Pulau Jawa, kini dengan perencanaan yang matang akan cukup banyak mengisi Luar Pulau Jawa. 2012 Honda akan Focus memberikan alokasi barang untuk area Luar Pulau Jawa dengan Plan Produksi yang matang dan cukup tinggi untuk mengisi dan menguasai pasar.
  6. Tahun 2012 Honda akan banyak melakukan innovation pada technology. Walaupun Luar Pulau Jawa cenderung tertinggal, akan tetapi marketnya memiliki passion untuk memiliki barang yang dianggap berteknologi tinggi. Injection akan jadi pilihan yang menarik.
  7. Beberapa area di Luar Pulau Jawa mulai terkena dampak dari Image dan keperkasaan barisan product Honda. Tentunya gempuran Image ini semakin gencar dengan berbagai berita tentang kondisi market motor di Pulau Jawa. Pulau Jawa sebagai sumber berita, informasi dan acuan Image akan mencuri perhatian pelaku pasar di Luar Pulau Jawa itu sendiri. Competitor Honda (Yamaha khususnya) mulai melakukan discount besar-besaran, bahkan terjadi perang harga antar Jaringan / Dealer sesama merk Non Honda karena mengejar target penjualan yang tak tercapai. So dengan kondisi ini, akan menjadi semakin mudah bagi Honda untuk menaklukan market Luar Pulau Jawa yang biasanya lebih keras.
  8. Dst.

Kita nantikan PERTEMPURAN yang akan berjalan SEMAKIN SERU di tahun 2012. Selanjutnya LUAR PULAU JAWA akan menjadi MEDAN PERANG UTAMA yang penuh dengan Darah.

Gak terasa ketak-ketik di keyboard hari ini membuat Gue cukup mengantuk, pembahasan lebih mendalam bisa dilakukan di kolom komentar seperti biasanya dengan komen-komen bermutu dari para Komentator tercinta, Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

92 responses to “Menelanjangi Langkah dan Ambisi Honda di tahun 2012

  1. Bro komeng, kenapa diluar jawa justru produk mid danhigh end ya ? koq kebalik dengan pemikiran saya. Dan daerah mana luar jawa yang bakalan terjadi perang seru antara Honda dan Yamaha ?

  2. tukang underestimate

    ..disini ndak ada yg cari podium….;)

  3. podium lagi uhuuuy !!!

  4. iya yah, kenapa yah di luar jawa lebih banyak mid-hi end ?

  5. Pingback: Bebek Premium Pengganti CS1? . . . Hmmm kayaknya Rival FU sebenarnya nih « TMCBlog – Motorcycle News

  6. Di kalimantan dan sulawesi akan jadi tempat pertempuran paling dahsyat. Dua wilayah ini udah di kuasai yamaha sejak beberapa tahun ini. Sekarang di kaltim. Honda makin merajalela. (Dulu hanya di kota2 besar sekarang merambah daerah2 terpencil). Sulawesi mungkin daerah paling terakhir yang bakal jadi pertarungan honda vs yamaha. Di daerah ini image yamaha sebagai motor kencang sangat terasa (f1zr adalah motor idola anak muda). Tanpa usaha keras dan cerdas dari yamaha, maka kalimantan akan dikuasi mutlak oleh honda dan sulawesi segera menyusul. Salam uhuuuuuuuuy

  7. Menurutku Sumatra aakan menjadi tempat pertempuran terdasyat. Terutama Sumatera Utara. Disini Yamaha selalu bersaing ketat dengan Honda sejak lama. Dengan kondisi terakhir semakin ketat saja.

  8. Competitor Honda (Yamaha khususnya) mulai melakukan discount besar-besaran, bahkan terjadi perang harga antar Jaringan / Dealer sesama merk Non Honda karena mengejar target penjualan yang tak tercapai. So dengan kondisi ini, akan menjadi semakin mudah bagi Honda untuk menaklukan market Luar Pulau Jawa yang biasanya lebih keras.

    ==========================================================

    tempat ane udah terjadi lho…, bukan cuma diskon tp hadiah langsung bisa berupa TV, HP, dll. malah ada undian yamaha leXam

  9. gaung indoprix…dimana yamaha kuasai total semua kelas kurang terasa…kalah sama gaung MotoGP yang motornya malah tidak diproduksi massal sama sekali..hm….menarik melihat next battle di indonesia taun 2012

  10. dari data bang edo hanya sulawesi yang belum di kuasai, walaupun sumatra dan kalimantan honda sudah mulai menguasai walaupun belum mutlak

  11. Hanya di Bangka Belitung Honda Memble, ane kebetulan domisili di Bangka di sini secara mindset Yamaha lah sang juara, boleh di cek di Polreg, ada yang tahu kenapa ?

  12. smartinnovation

    Kl area strategy nya Yamaha yg turun diperhatikan, yg naik dibiarin, skrg pasti lg bingung ama pulau jawa. Luar pulau dibiarin. Trus tahun depan, kl semua udh jelek gmn??? Bikin Indian 10 milyar?? Hue he he

  13. Sudah pasti akan terjadi discount gede gedean yang dilakukan Yamahal untuk mengejar target yang gak tercapai, mau tercapai bagaimana lawong produknya aja banyak yang operpresss

  14. Yamaha masih kuat di kalimantan dan sumatera, tidak seperti kondisi di jawa yang jomplang beda jauh. 2012 bakal menarik untuk kita ikuti.

  15. lae togar anak medan

    dengan keadaan skrg aza kompetitor udh ngos2xan

  16. 2012 Honda bakalan menguasai Nusantara …. !!! memang Honda Jauh Lebih Berkelas …

  17. Competitor Honda (Yamaha khususnya) mulai melakukan discount besar-besaran, bahkan terjadi perang harga antar Jaringan / Dealer sesama merk Non Honda karena mengejar target penjualan yang tak tercapai. So dengan kondisi ini, akan menjadi semakin mudah bagi Honda untuk menaklukan market Luar Pulau Jawa yang biasanya lebih keras.

    ——————————————————————-

    Akibat stock yang menumpuk dan MD terus mendelivery unit ke jaringan sesuai target bulanan menyebabkan banyak problem cash flow . Terutama jaringan yang baru di set-up (menikmati panen hanya sesaat dan tiap siap mental menghadapi situasi yang sulit).
    Ini benar2 terjadi di beberapa daerah yang ane ketahui, tahun depan sepertinya jaringan dealer Y yg lemah (rata2 relatif lebih lemah dibanding dealer H secara financial) bakal akan berguguran bilamana tidak ada policy yang tegas terhadap delivery dan pricing.
    Apakah ini bagian dari strategy H atau emang karena kesalahan kebijakan Y sendiri?

  18. Yamaha 2012 mau bangkit??? Semua sudah terlambat buat Y. Momentum kebangkitan Y itu dah lewat di 2009-2010. Sayang… terpaksa 2012 kita akan melihat pertarungan 2 petinju, dimana satu lawan terlalu kuat, dan lainnya terlalu lemah …. Apa boleh buat! Selama konsumen diuntungkan, nikmati aja pertarungannya !!!

  19. Brand Honda sudah melekat kuat dihati dan pikiran masyarakat Indonesia,baik di pulau Jawa maupun luar Jawa. Sepertinya susah utk mempengaruhi mereka berpindah kelain hati. Hehe…

  20. ::IKUT MEMANTAU SAJA::

  21. Competitor Honda (Yamaha khususnya) mulai melakukan discount besar-besaran, bahkan terjadi perang harga antar Jaringan / Dealer sesama merk Non Honda karena mengejar target penjualan yang tak tercapai. So dengan kondisi ini, akan menjadi semakin mudah bagi Honda untuk menaklukan market Luar Pulau Jawa yang biasanya lebih keras.
    ————————–
    Seperti ini munginkah?

    http://rs1blog.wordpress.com/2011/11/24/main-curangdealer-pun-tak-dapat-jatah-kiriman-selama-4-bulan/

  22. Luar jawa dgn pdb perkapita yang jauh lebih tinggi dari jawa memiliki karakteristik tingkat SES yang lebih baik. Harga bahan baku lebih mahal, biaya hidup lebih tinggi membuat pengeluaran uang menjadi lebih mudah dan serasa lebih ringan. Karaktteristik gengsi yng tinggi membuat produk Mid-Premium lebih dicari dan dibeli. Betul begitu?

  23. manteb nih strateginya…
    lanjutkan…
    uhuuuuuuyyyy……………

  24. smartinnovation

    Grand strategy H benar2 berjalan dgn baik, terbukti strategy utk masing2 bagian berjalan scr sinkron dan seirama. Dimulai dari image H sbg motor yg irit namun juga KENCANG, bahkan lebih kencang dr Y, ini adalah salah satu “selera” market luar pulau jawa, mereka menyukai performa mesin. Begitu pula dgn marketing mix nya, mulai penyediaan product high end utk luar pulau, price war di jawa dihentikan utk fight di luar pulau, promotion fokus di jawa dulu utk kuatkan image di jawa dulu, toh image tsb penularannya adalah dr pulau jawa ke luar pulau jawa, bkn sebaliknya, sampai mslh alokasi unit yg difokuskan network area jawa dulu baru ke luar pulau, sehingga lost sales dibiarkan tjd di luar pulau agar image barang indent krn laris manis itu terbentuk scr alamiah di luar pulau, sinkron dgn informasi yg saat itu mereka terima bahwa H mulai mendominasi di pulau jawa. Tampak sekali bahwa setiap kebijakan yg diambil H telah melalui sebuah pertimbangan yg matang mengenai sikon yg akan tjd sbg efek kebijakan tsb dan apakah efek tsb telah sinkron dgn grand strategy yg telah ditetapkan sblm nya, sehingga tdk saling tumpang tindih, namun ibarat naik sepeda, kaki kiri dan kanan mengayuh bergantian sambil badan menjaga keseimbangan, mata mencari jalan yg mulus, tangan mengarahkan arah sepedanya, semua berjalan scr sinkron sehingga sepeda berjalan dgn baik bahkan bisa ngebut. Ga seperti kompetitornya yg setelah semakin jauh tertinggal, justru saling menyalahkan antara tangan, kaki kiri, kaki kanan, kepala, dan matanya. Yg kaki merasa mata dan pikiran tdk bs menemukan jalan yg terbaik, yg tangan merasa kaki mengayuhnya terlalu pelan dan malas2an, dll. Rasanya ga lama lagi tuh sepeda bakal jatuh, sehingga tangan dan kaki pengendaranya terluka… He he he

  25. Satu lagi di luar pulau Jawa prasarananya tidak seperti di pulau Jawa. Contohnya daerah Kepulauan Riau dan Riau yg pesisir, disana kecuali pulau batam, hampir seluruh daerah lahan gambut, jalanan kecil dan bahkan pemda membatasin mobil beroperasi, SPBU malah banyak belum ada, bahan bakar dijual literan pake botol minuman air mineral. Di sini juragan juragan daerah mainannya motor, bukan mobil, jadi produk premium bisa laku disini.
    Coba saja ada pembaca yang dari Bagan Siapi-api, Selat panjang, bengkalis, tanjung samak, tanjung batu dll kasih komen.
    Soal pendapatan perkapita, jangan tanya karena hasil bumi luar biasa.

    Contoh lain juga di kalimantan yang jalannya tidak dapat dilalui mobil (karena kecil, tapi mulus pake beton). Sedangkan daerah perkebunan di sumatra dan kalimantan pendapatan bagus, tapi duit susah untuj entertainment, jadinya beli motor premium utk aktualisasi diri.

  26. terjawab lengkap sudah.

  27. Bro Smart,
    Apa yang bro utarakan benar demikian, sekali lagi harus saya akui anda dapat memberikan perumpamaan yang perfecto, tadi makan siang ama petinggi leasing dan dealer (nama leasing dan dealer dirahasiakan wkwkwkwk…..), berita armagedon sdh meruak kesana sini, malah katanya lagi krisis pemimpin karena ada rumor banyak yang mau mengkudeta Mr.D. dan BOD saling menyalahkan. Akibatnya ada perusahaan leasing yang mulai mengurangi atau hati hati support karena alasan krisis manajemen, sementara petinggi kompetitor malah akan lebih gencar lagi gebrakannya untuk memancing di air keruh, benarkah Bro SAS?

  28. @bro komeng
    satu :
    Krismon sudah berkali2 menerpa negeri ini, dan berdampak buruk terhadap perekonomian tak luput juga persepedamotoran. Kira2 segera terulang kembalikah ?? kalo liat di LN kok banyak negara2 maju berhutang…
    Dan kapan pula sepedamotor di Indonesia akan mengalami penurunan volume produksi ??

    dua :
    Kalo mbaca di lapaknya mbah Edo, Sumatra mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding Jawa, apakah gak ada yang ingin buka pabrik di Sumatra, secara dengan mendekatkan diri ke konsumen, maka akan banyak cost yang bisa dipangkas

    thank youuuuuhuyyyyyy

  29. ヤマハ を つぶす!

    Bro komeng kalo ada waktu dan berkenan ..minta tolong dibuatkan artikel tentang prediksi strategy yamaha 2012 …. kami di ahm penasaran dengan pemikiran bro komeng…uhuuuy

  30. @ ヤマハ
    katanya di AHM, lah kok namanya ヤマハ (YA MA HA)

  31. @ Kamen Rider, yang belakangnya kan sadis, wo tsubusu wkwkwkwk……..

  32. @Kakang Ali
    siapa tahu barisan sakit hati Bro…wk kw kw kw kw

  33. manteb pemaparannya bro…
    banyak belajar ane di sini

  34. @Awakku
    satu :
    Krismon sudah berkali2 menerpa negeri ini, dan berdampak buruk terhadap perekonomian tak luput juga persepedamotoran. Kira2 segera terulang kembalikah ?? kalo liat di LN kok banyak negara2 maju berhutang…
    Dan kapan pula sepedamotor di Indonesia akan mengalami penurunan volume produksi ??
    ========================================================
    Eropa Jatuh, Amerika Terguncang, Asia Kuat. Indonesia masih aman-aman aja he he he.
    Volume Produksi akan turun kalau demand Marketnya turun.

    he he he, betul khan.
    Kapan Demand Market akan turun? kalau sudah mencapai titik jenuh di rasio kepemilikan 1 orang memiliki lebih dari 1 motor, sehingga motor harus menjadi fashion dan life style kalau mau masih eksis untuk tetap jualan.

    Bisa jadi jika pemerintah concern terhadap mass public transportation dengan penyediaan sarana dan kebijakan yang mendukungnya, maka demand market motor akan turun drastis. Selama mass public transportation masih mahal, jorok, kotor, tidak aman dan semerawut, dll….motor masih eksis eksis aja.

    ========================================================dua :
    Kalo mbaca di lapaknya mbah Edo, Sumatra mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding Jawa, apakah gak ada yang ingin buka pabrik di Sumatra, secara dengan mendekatkan diri ke konsumen, maka akan banyak cost yang bisa dipangkas
    ========================================================
    Takut SDM dan Prasarananya tidak sememadai di Jawa. Belum lagi urusan perijinanan dan trend yang dipantau tidak se-strategic di Jawa.
    Banyak sekali faktornya sih Bro.

    Mudah-mudahan bisa membantu, Uhuuuuuuuuuy!!!

  35. @ ヤマハ を つぶす! San
    Bro komeng kalo ada waktu dan berkenan ..minta tolong dibuatkan artikel tentang prediksi strategy yamaha 2012 …. kami di ahm penasaran dengan pemikiran bro komeng…uhuuuy
    ========================================================
    Okey, akan Gue masukkan dalam agenda Gue, thanks buat masukannya, Uhuuuuuuuuuuy!!!

  36. Liat tulisan di atas ヤマハ を つぶす, jadi penasaran artinya apa…
    Liat mbah google, ternyata…
    http://gtf.org/yef/yamaha_wo_tsubusu.html

    Apa di Indonesia juga mau seperti itu?

  37. mantebs …
    * mas komeng tolong bikin prediksi tentang perang motor karbu vs injeksi, gimana keberterimaan masyarakat mulai dari sekarang hingga 5 tahun ke depan … thanks …

  38. Ternyata motor2 kencang bukan jaminan laris,kencang tapi boros ya sami mawon.Yang jelas mayoritas masyarakat kita dah pintar dalam memilih produk yg benar2 unggul dalam segala hal dan gak terpengaruh sama iklan jembatan robohnya sikomeng yg 4l4y itu…………………

  39. @Kakang Ali
    Ibarat Sebuah kapal Tanker salah arah, akhirnya harus berjuang menerobos barisan gunung es. Saat lambung kapal mulai pecah, seisi kapal sibuk saling menyalahkan. Walau tahu nantinya kapal ini akan tetap tenggelam. Semua krunya masih ngotot untuk mempertahankan pekerjaan masing2. Bukannya sibuk memperbaiki kapalnya, mereka malah sibuk berkompetisi satu sama lain dan berkelompot mendongkel nahkoda kapal. Ironis padahal kapal yang bobrok ini akan tenggelam sebentar lagi. Hiu2 ganas sudah menanti makanan lezat. Tapi dengan dalih profesioanlisme mereka telah menggali kubur seendiri dilautan yang paling dingin dan dalam.

  40. ヤマハ を つぶす!

    Terima kasih bro komeng atas kesediaannya …salam Uhhuyyyy..

    ヤマハ を つぶす! ini hanyalah reaksi dari aksi ymki yg sejak dulu membahana “how to kill honda”, yang mau ngak mau honda di paksa bangkit secara total dari tidurnya dan jika sudah bereaksi susah untuk mengeremnya.

  41. smartinnovation

    @ Bro SAS : perumpamaan yang sangat tepat dan menohok!!! Very Sharp!!!

  42. @ Bro SAS,
    Terima kasih untuk perumpamaan yang sangat tepat, bagaimana dengan sikap Bos induk perusahaan kapal melalui radio com? Katanya Bos juga ikutan menyalahin, bukan memberikan solusi.

  43. @Kakang Ali
    Secuil transmisi radio yang saya dengar…
    “Rogeeel….rogeeel l..rl..l
    Dasaaaal kalian,,,,ti dahk beguna…kaalian orang I******* malasu malasu…baka ne…tidaa bisa belpikil
    Dengan benal semuana. Telpaksa kita olang Nihong halus taku overu way em ka i.
    Tidaak bisa kerja kelasss semuua ne, malket hancul semua gala gala kalian, Bakaa ne.”

  44. @ Bro SAS

    Hahahahahahaha……………………… :D

    Selera humor yang luar biasa tinggi, kayaknya ini pertama kali Bro Sas membuat kami tertawa terpingkal-pingkal.

  45. @ Bro SAS
    Buahhhahahahaaaa!
    Teatrical yg lucu..
    Sngat lucu..
    Sori. mau kebelakang dulu buat ngakak spuasnya :))

  46. Bro Komeng, Masalah Strategi Honda mungkin sudah bisa dibaca dan dipelajari dari artikel Grand Strategi AHM, masalahnya sekarang bagi kompetitornya terutama YMKI apakah mampu membendung Grand Strategi tersebut?.saya rasa sudah terlambat.

    Ibarat main catur ketika perwira sudah habis sementara perwira lawan sangat lengkap dengan posisi pion yang juga kalah banyak, maka Strategi yang se-sempurna apapun tidak akan berhasil jika lawan tidak melakukan Blunder. Oleh sebab itu AHM hanya akan bisa disaingi jika melakukan kesalahan sendiri. Kalau dengan kondisi saat ini (sangat sangat siap) bertahan di MS 40 % tahun 2012 sudah hal yang luar biasa bagi YMKI IMHO.

  47. @nha
    Very Good Bro NHA
    Jujur sebenarnya Gue mau tulis artikel “To Late & To Little for Yamaha”
    Sudah terlambat dan terlalu sedikit effort Yamaha untuk Strike Back.
    penjelasan seperti komentar Bro NHA sudah mewakili isi artikel ini.
    Jadi gak jadi keluar dech udah keduluan analisis luar biasa dari Bro NHA. Uhuuuuuuuuuuuy!!!

    Oh iya Bro. kenapa dulu Gue berani mengeluarkan artikel “Belajar dari Grand Strategy Honda”, karena Gue memiliki keyakinan dengan keluarnya artikel Gue tidak akan merubah apapun dalan Sejarah Peperangan Yamaha Honda di Indonesia kali ini.
    Yamaha akan terlambat belajar dan meremehkan lawan.

    Justru sayang sekali artikel Gue yang “Yamaha Indonesia akan kalah telak 2011″ justru telah merubah peperangan ini, Yamaha lebih cepat sadar dan berbenah. Walau tentu saja jalannya sejarah dan hasil kalah atau menang tak akan berubah.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  48. ヤマハ を つぶす!

    Bro Mind Genesis …maka dari itu adalah sangat baik kalo ada prediksi dari bro segala kemungkinan strategy yg akan di lakukan yamaha ….celah selalu ada koq ..hehehe

  49. ^^^^ Lhoo bukankah “perwiranya” Yamaha masih banyak, Bro. 1 varian Mio-J aja ada 5 model (desain striping) dengan 12 (warna). Belum lagi Fino! (mungkin 33 warna khas, sebanyak provinsi di Indonesia). Eh satu lagi Bebek Injeksi, ntah mau dibuat berapa warna …. Banyak kan? xixixi …..

  50. Bro Komeng,

    Wah terima kasin atas tangapannya balik, mengenai artikel baru jika memang ada sebaiknya tetap di publish saja karena banyak yang bisa dipelajari oleh pengunjung di sini termasuk saya mengenai Marketing Strategi. Walau bukan bagian marketing saya selalu berusaha untuk mengimplemntasikan Perencannaan pada diri sendiri jauh jauh hari, seperti planning kapan saya punya Motor, kapan punya rumah dan kapan punya mobil.

    Dari perencanaan itu hampir semuanya terujut walaupun ada yang molor dan ada yang didapat lebih cepat dari yang saya rencanyalkan. Jika berkenan Barangkali bisa juga mebahas faktor-faktor yang menyebabkan Strategi tidak mampu mencapai tujuannya baik faktor intern maupun extern.

    Salam

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy.

  51. @NHA
    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy juga.
    @ヤマハ を つぶす!
    ini lagi siapin artikel pesenan Bro.

  52. Habis atau tidaknya Yamaha tergantung dgn strategi kedepannya. Seorang Pemimpin / Organisasi mungkin menentukan operasionalnya Perusahaan bila anak2 perusahaannya masih mengacu pada Induknya.
    Yang membuat Yamaha besar bukan hanya Pimpinan yang tangguh tapi juga anak2nya yang dulunya memang Tangguh2 & Mandiri.
    Yang membuat Honda besar adalah Induk perusahaannya yang Tangguh ( Grup Astra yg besar & Tangguh, Modal kuat, SDM banyak & berkualitas ) & bukan anak2nya / SD yg tangguh.
    Pandangan ini timbul karena di masa Honda masih merajai pasar nasional, sangat sedikit sekali orang yg mau menjadi bagian dari Team Yamaha sehingga kebanyakan orang2 yg menjadi bagian dari Yamaha punya background finansial yg lebih kuat & punya jaringan yg kuat yg membuat mereka sanggup bertahan menghadapi Honda di masa jayanya dulu.
    Sedangkan SD Honda dgn tanpa perjuangan mereka sudah sukses & hal ini lah yg menyebabkan kekalahan Honda selain tentunya Produk yg inovatif ( Matic ) & iklan yg tepat pada masanya ( Iklan Alay & Iklan Edukasi Pasar ).
    Dulu di Yamaha ada semboyan “No Price War”. Skrg semboyan itu basi krn nggak pernah ada sanksi yg jelas bagi yg melanggar ( Apalagi bila yg melanggar MD atau Grup Dealer ).
    Dulu di Yamaha ada yg namanya order by Type & Color. Skrg !!! Ini ada barang, mau tidak mau harus mau !!!
    Akibatnya SD Independent yg dulunya Tangguh2 menjadi seperti boneka yg hanya bisa terima saja & usulnya masuk keranjang sampah. Sehingga SD Independent tsb banyak yg beralih ke bisnis lain atau menerima tawaran dari Produk lain. Bagi Yamaha sih nggak masalah krn banyak yg mau jadi SD Yamaha ( Baik itu Independent maupun Grup ). Yg jadi masalah adalah SD yg baru ini kadang2 financialnya nggak sebagus SD yg lama atau financialnya kuat tapi bagian dari suatu grup yg juga bagaikan robot ( bisa & pintar kerja tapi kaku & tidak punya sense ke lingkungan sekitarnya ).
    SD punya Grup / MD apabila armagedon datang maka dia akan lebih rapuh dari SD Independent karena financial & Strateginya sama sehingga sekali hancur akan di ikuti oleh semua anak2nya. Contoh ini bisa kita lihat pada waktu krisis 1998 dimana perusahaan besar banyak yg bangkrut sedangkan UKM bertahan.

  53. Pingback: Menelanjangi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012 | Mind Genesis

  54. Newbie. Semangat dealer honda lagi tingginya,sepertinya campaign one heart baik untuk eksternal dan internal,sehingga semua kebijakan dan strategi dapat diimplementasinya. Ya the key is “dealer spirit”

  55. smartinnovation

    @ Bro SAS : wah, alat penyadapnya Bro SAS sangat canggih nih, radio com yg antar negara pun bisa disadap…. He he he
    lha dari induk nya cuma bisa marah2 gitu, tentunya semakin ke bawah semakin ga ada solusi, yg ada cuma marah2…. Lama2 yg dianggap kerja nya bagus adalah yg bisa marah, gak perlu mikirin solusi, pokoknya bisa marahin bawahan dianggap udh bekerja dgn bagus. Wk wk wk wk

  56. @Smart
    Kebetulan aja dapat gelombang radio bocor wwkwkwkwkkwk

  57. @ Bro SAS,
    Apakah ada bocoran gelombang radio kelanjutan hasil audit dari negri nihong ke inisial I ? Hmmm… apakah armagedon ada kaitannya dengan ini untuk tujuan pembersihan?

  58. uhuy…

  59. berharap komentator2 dari warung sebelah juga ikut berkomentar dan berdiskusi yang cerdas di warung sini.. :mrgreen:

    kalo ane mah blom nyampe kali ya ilmu nya.. numpang baca aja :lol:

  60. @ Kakang Ali
    Jilid 2 dengan I? Cari channel dulu ya Bro…

    Tuiiiit tuiiiiit greesrrss…srrr..ssrr…tuui….t.zzzerszt
    Ahaaa….got chaa.!

    “…kamu tellalu…, budg**..rrrsh…bisa lossu en sela..lu lossu te..luss sepelti ini……. Kammu tidak pintal rrsh….menelola masalah uwang….srrrk ….srerrrk…bagemana bisa..rrsssh.. ovell end ovell tiap bullan.rrrsh rrrsh… Bocooru semmuwah..kkrekssh ka..mu pula pula tida tahu…rrrsd..ssrsh.. Kamu bialkan telus sepelti ini. Bakamono!…rrreekk..serrrk……reekk( koneksi terputus sejnak)
    Rrrrrshh…..rrsh….kreeerksh..Nani? ..belani kamu alasan ini itu lagi..? No exsekuse..rrsh.. lagi…kita akan belesi semua. Masakah kita tulun kelja..rrsh.. balu bisaa belesu…rrsh… ulusan semua…..rerrrs…rerrrrrshh tuiit.

    Putus.

  61. @ Bro SAS,
    wkwkwkwkk……..
    Asli ngakak abizz kalo dah urusan sadap menyadap…. hahahahahahahah..

    Tapi ane juga coba cari2 channel, suara distorsi sekali, tapi kira2 intinya ialah ada wacana “Dealing” atau “Gencatan Senjatan” dan lagi sedang cari “Moderator”
    hahahaha….
    Mungkin alat penyadap Bro yang lebih canggih bisa dapat sinyal yang lebih jernih… :D

  62. ヤマハ を つぶす!

    truce will never happen…trust me

  63. @ ヤマハ を つぶす!

    Never happen or never happen again ??
    :D

  64. ヤマハ を つぶす!

    never again … i hope saudara tua from ymki read this.
    we know Indonesia is your life line ( 49% contribution & 38% turnover ) …and we will cut your throat…eeek … now or never

  65. Konsumen Potensial Yamaha

    M/S Y skrg tinggal berapa yah..kalau lihat AISI mah sekitar 40%..kalau riil market berapa..20 % kah ? 30 % kah ?..artinya kalau hancur yang susah dibenahi itu yg susah..tapi kalo masih sekitar 35%..masih potensi lah untuk mengejar secara sales..namun image..mungkin perlu bertahun2 untuk membangun kembali..tapi menurut saya konsumen fanatik yamaha cukup banyaklah…

    so…melihat pembicaraan para pakar..kayaknya Y ngenes banget yah…
    Suzukinya gmn neh ?..mudah2an bisa ambil kesempatan..sehingga persaingan semakin baik dan ujungnya konsumen lah yang diuntungkan..konsumen akan mendapat banyak pilihan terbaik diantara yang terbaik..

    uhuuuyyyyy

  66. MS yang sekitar 40persen itu jika kita akumulasi jan-oct 2011. Tapi kalau kita lihat MS harusnya langsung kondisi terakhir berapa. Yamaha MS oct 2011 kayaknya dah 34persen by AISI data lho.

  67. knalpot guaring

    nggak ngerti nulis opo dewo dewo iki.

  68. Antek antek jepang

    bentar lagi, matilah orang-orang ymki yang goblok2 dan sombong sombong kalau pas lagi kunjungan ke dealer-dealer. kalau gak dipecat ya di jadikan budak jepang.
    ratapi nasibmu selagi sempat.

  69. Nobita saat ini sedang meratapi Nasib. Kasihan.

  70. motor batangan

    bro, saya denger kalo ada petinggi pabrikan yg ‘maen’ sama pemerintah sehingga segala peraturan yg ada membuat masyarakat beralih ke motor, dan sebagian kecil ke mobil pribadi.

    contohnya infrastruktur jalan raya yg tetap dibiarkan tidak layak, ANGKUTAN UMUM yang tidak kunjung dibenahi padahal ini adalah solusi utama, terbaik, dan termurah untuk mengatasi kemacetan dan polusi parah di kota besar, lalu juga pembatasan bbm utk mobil, bahkan katanya awal 2012 mau dilarang premium di gunakan utk mobil, kebijakan yg mempersulit pengendara mobil seperti premium yg akan dilarang bagi mereka 2012 nanti, 3 in 1, erp, menaikkan biaya tol, dll yg intinya mempersulit dan membuat masyarakat (terpaksa) beralih ke sepeda motor.

    apa bro2 ada yg tau? terutama yg empunya blog. tolong dibahas, agar mata masyarakat terbuka.

    cheers

  71. ^^^ yang pasti petinggi pabrikan tsb tersebut bukan dari AHM (Astra) krn akan mematikan bisnis roda 4 nya Astra yang sampai saat ini menguasai MS roda 4 Indonesia seperti : Toyota, daihatsu…apalagi Toyota baru mau investasi besar di Indonesia….dan yang pasti ngak ada petinggi pabrikan yg main sama pemerintah untuk bikin macet

  72. motor batangan

    ^^^

    pasti? yakin dari mana?

    gw pribadi sih heran aja kok solusi pemerintah buat ngatasin kesemrawutan transportasi ga pernah menyentuh akar masalahnya which is, imho, transportasi umum publik yg nyaman, aman, terjangkau, manusiawi. tapi tiap solusi yg mereka tawarin cuma terus ngelarang ini, batesin itu, tp hasilnya jakarta malah tambah macet tuh. fasilitas umum kaya jalan raya aja ga dibenahin secara bener, hari ini tambal besok lobang juga menganga lagi.

    gw nungguin jawaban empunya blog nih, sama bro2 disini kalo ada yg ngerti masalahnya silakan komen.

    cheers

  73. Gwa secara pribadi langkah honda di taun 2012 pasti pangsa pasar tujuan utama pasti masih tetap di pula Jawa secara Pulau Jawa merupakan tempat yang strategis secara faktor ekonomi dan geografi. Tp perlu diperhatikan juga walapun berambisi untuk menjadi no 1 tapi tetap harus diperhatikan faktor2 seperti kondisi alam dan lingkungan agar semuanya bisa seimbang

  74. Strategi perusahaan yang baik akan berpengaruh terhadap pasar sehingga akan dominan; Maka harus membuat strategi yang unik dan sesuai dengan harapan konsumen indonesia; berusaha untuk mengerti dan menggali budaya konsumen indonesia; untuk memenangkan pasar

  75. Tak kenal maka tak sayang, so klo mau diterima di luar Jawa, kenali dulu konsumennya sehingga segmentasi produk nya tidak salah sasaran nantinya

  76. powerpuffgirls

    manteeeep euy planning taon 2012 nya…
    Honda selalu siapkan strategi untuk kedepannya..yeaaAAhh..klo gitu Honda harus mengatur strategi yang kuat untuk menarik konsumen dan kuasai market..selalu terdepan dan tinggalkan kompetitor lain..
    selalu berikan yang terbaik buat konsumen nya…
    Go Honda!

  77. Honda memang Rajanya Motor Roda-2…

    Ditambah dengan Slogan barunya 2011 yg terlihat Tepat dan Elegance yaitu One HEART yg artinya Satu HATI sangat cocok untuk semua segmen: pria atau wanita, muda atau tua, pelajar atau pekerja, yg suka ngebut atau suka pelan santai, dll…

    Jempol buat Honda…

  78. HOnda membuka mata hati bray… (cieee…hehehehhe) ya kl prosesnya sudah tertata sempurna dengan management satu hati (apaan tuh??heheh), ketika datang , dan melihat pasar, di racik dengan bumbu2 strategi pemasaran sesuai dengan data yg ada …(cciieeee…. kaya mau masak).. dan akhirnya menang..mgkin 2012 medan nya akan rubah, tp ga bakaln jauh lah kisarannya…heheh.. jawa , luar jawa, mgkn tinggal poles lagi.. (SO..so an..hahahhaha)tp bukti yg berbicara…

  79. Wow..strategi jitu nih buat menanginpangsa pasar..skrg mulai keliatan klo Honda sangan agresif yaaa…tancap teruuusssss….

  80. sailormoon ^_^

    Kemenangan mutlak ini berkat strateg-strategi yang jitu di pasaran. Bisa membaca dan merangkul keinginan konsumen. Mantap…si Honda…para bikers tentunya pun jadi solid

  81. rakyat_jelata

    honda..
    waspadalah!

  82. Honda berkuasa di pulau Jawa, tetapi di pulau sumatera dan kalimantan masih butuh pembuktian kedepan.

  83. Strategi berhasil di suatu daerah, belum tentu berhasil juga di daerah lainnya. Diperlukan riset dan analisa mendalam sebelum melakukan perluasan ke suatu daerah tertentu. Pasti Honda punya strategi sendiri dengan setiap daerah yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s